Jurusan Sains Data, Prodi Primadona di Era Digital?

Jurusan sains dataKenalan dengan Jurusan Sains Data, ilmunya sangat dibutuhkan dan kariernya menjanjikan!

Lahirnya era Revolusi Industri 4.0 diiringi dengan banyaknya teknologi baru yang bermunculan menjadikan Sains Data (Data Science) salah satu ilmu yang banyak dipelajari. Apalagi kini, sudah banyak perusahaan besar yang “bermain” menggunakan Big Data dan Data Science dalam melakukan analisis terhadap data untuk mengembangkan bisnisnya. Tren ini tentunya membuat kebutuhan perusahaan akan seorang data scientist jadi meningkat.

Sebuah survey dari Institute of Business Management for Business Value (IBM) menunjukkan bahwa kebutuhan akan lulusan studi Sains Data mengalami lonjakan yang sangat signifikan, yaitu dari 364 ribu menjadi 2,7 juta di seluruh dunia. Saking populernya, Jurusan Sains Data ini bahkan sampai disebut sebagai jurusan primadona di tahun 2022!

Wah, jadi penasaran, deh. Memangnya, apa sih Sains Data itu? Terus, apa saja yang akan dipelajari ketika masuk jurusan Sains Data nantinya? Untuk menjawab rasa kepo Brainies, ayo simak penjelasan tentang Jurusan Sains Data berikut ini!

Baca Juga: 25 Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan, Mana Pilihanmu?

 

Apa itu Sains Data?

Definisi dari data sendiri yaitu segala sesuatu kumpulan data yang dapat diolah menjadi informasi, yang kemudian informasi tersebut digunakan sebagai medium untuk mengambil keputusan. Data terdiri dari berbagai jenis, mulai dari yang terstruktur, semi-terstruktur, hingga tidak terstruktur.

Sains Data (Data Science) adalah ilmu terapan yang mempelajari dan menganalisis data, khususnya data kuantitatif (numerik), baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur. Ilmu ini merupakan bidang ilmu gabungan yang meliputi statistika, ilmu komputer, dan bisnis.

Secara umum, Jurusan Sains Data merupakan bidang studi yang mempelajari tentang tata cara pengolahan dan menginterpretasi data, tujuannya untuk menemukan pola-pola tersembunyi yang ada pada data tersebut.

 

Apa yang Dipelajari di Jurusan Sains Data?

Buat kamu yang memiliki minat terhadap data dan pemecahan masalah, jurusan Sains Data ini cocok banget buat kamu! Karena ketika menempuh pendidikan di jurusan ini, kamu akan sering banget bergulat dengan data, baik itu terstruktur maupun tidak terstruktur.

Baca Juga: Bedah Jurusan Statistika: Mata Kuliah, Prospek Kerja, dan Kampus

 

Jurusan ini juga sangat cocok buat kamu yang ingin mempelajari banyak hal sekaligus dalam satu jurusan. Yup, karena ilmu yang ada di jurusan Sains Data bersifat multidisipliner yang mencakup berbagai macam disiplin ilmu lainnya. Jadi selain belajar tentang matematika, dan statistika, kamu kamu juga akan bertemu dengan beberapa ilmu penunjang lainnya seperti algoritma pemrograman, text mining, hingga artificial Intelligence (AI).

mata kuliah jurusan sains data

 

Kampus dengan Jurusan Sains Data

Meskipun tergolong baru, Jurusan Sains Data sudah ada di beberapa kampus di Indonesia. Beberapa kampus yang membuka Jurusan Sains Data diantaranya yaitu:

Prospek Karier

Memasuki era digitalisasi, data scientist kini menjadi salah satu profesi yang sangat dibutuhkan. Hampir semua bidang industri membutuhkan tenaga seorang data scientist, beberapa di antaranya termasuk bisnis start-up, manufaktur, pemerintahan, perbankan, keuangan, pemasaran, kesehatan, dan industri jasa lainnya. Berikut beberapa prospek karier untuk lulusan program studi sains data:

  • Data Scientist
    Profesi yang bertanggung jawab dalam mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data sehingga dapat digunakan untuk mengambil sebuah keputusan.
  • Data Analyst
    Profesi yang bertanggung jawab untuk meneliti informasi data dan menerjemahkan data tersebut dengan tools analisis data.
  • Data Engineer
    Secara umum, data engineer memiliki tugas untuk membangun sistem infrastruktur, mengatur, dan mengelola proses arsitektur data di sebuah perusahaan. Meliputi pipeline, database (basis data), hingga data warehouse.

Baca Juga: Bedah Teknik Informatika, Jurusan Favorit Rumpun Saintek

 

Gimana, Brainies? Setelah kenalan dengan Jurusan Sains Data, apakah kamu tertarik untuk masuk jurusan tersebut? Nah, supaya bisa lolos seleksinya, yuk segera mantapkan persiapan kamu dengan Paket Siap Ujian Mandiri dari  Brain Academy! Klik banner dibawah ini untuk info lebih lanjut!

[IDN] CTA Banner Ujian Mandiri Blog Brain Academy

Sumber:

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Data Science. Danacita. [Daring]. Tautan: https://danacita.co.id/blog/informasi-terbaru-jurusan-data-science/#:~:text=data%20yang%20tersedia.-,Prospek%20Kerja%20Program%20Studi%20Data%20Science,banyak%20dicari%20oleh%20perusahaan%2Dperusahaan.. Diakses 27 April 2022.

Mengenal “Data Science”, Ilmu yang Tawarkan Prospek Kerja Era Digital. Kompas. [Daring]. Tautan: https://edukasi.kompas.com/read/2020/12/25/111005371/mengenal-data-science-ilmu-yang-tawarkan-prospek-kerja-era-digital?page=all. Diakses 27 April 2022.

Mengenal Lebih Dekat Prodi Sains Data. UPN Jatim. [Daring]. Tautan: http://sada.upnjatim.ac.id/kata-sambutan/#:~:text=Sains%20Data%20merupakan%20ilmu%20terapan,penting%20dalam%20berbagai%20sektor%20industri. Diakses 27 April 2022.

Bachelor of Data Science Telkom University. [Daring]. Tautan: https://bds.telkomuniversity.ac.id/rencana-studi/. Diakses 27 April 2022.

Tiara Syabanira Dewantari