10 Jurusan Sepi Peminat Tapi Prospek Kerjanya Menjanjikan

Jurusan yang sepi peminat

Artikel ini cocok untuk kamu yang ingin mengetahui jurusan apa saja yang sepi peminat tapi memiliki prospek kerja yang menjanjikan. 

Memilih jurusan kuliah selalu jadi salah satu hal yang sulit untuk anak yang mau lulus SMA. Apalagi karena semakin banyak pilihan jurusannya. Minat dan bakat menjadi salah satu faktor penting untuk kamu yang mau memilih jurusan. Dengan mengetahui minat dan bakat, pasti akan lebih mudah untuk menentukan jurusan yang cocok untuk diambil. Selain itu, memilih jurusan sesuai dengan minat dan bakat akan memberikan banyak keuntungan, lho! Minat dan bakat akan bikin kamu lebih nyaman dan semangat untuk berkuliah.  

Kebanyakan anak memilih jurusan yang ramai peminat seperti Hukum, Komunikasi, Psikologi, Kedokteran, dan Teknik. Tapi nyatanya, prospek kerja yang menjanjikan dan luas bukan hanya dilihat dari jurusan yang peminatnya banyak aja, lho! Beberapa jurusan yang kurang peminat juga memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Jadi, boleh banget kamu pertimbangkan jurusan yang masih jarang peminat, tapi lulusannya banyak dibutuhkan. Kira-kira ada jurusan apa aja, ya?

 Jurusan OseanografiFoto Jurusan Oseanografi (sumber: freepik.com)

 

1. Jurusan Oseanografi

Siapa nih di antara kamu yang suka laut? Jurusan Oseanografi merupakan cabang dari ilmu kelautan, lho! Jurusan Oseanografi mempelajari berbagai fenomena laut, yang kemudian bisa diaplikasikan ke banyak bidang, seperti lingkungan, bencana laut, perikanan, dan lain-lainnya. Pada jurusan ini, kamu juga bisa mengamati fenomena kelautan, lho!

Mata kuliah yang kamu pelajari pada jurusan ini antara lain adalah Komputasi Oseanografi, Oseanografi Kimia, Selam dan Navigasi Laut, Pasang Surut, dan masih banyak lainnya. Nah, sebagai lulusan jurusan ini, kamu memiliki prospek kerja yang luas, karena kamu dapat bekerja di berbagai industri, terutama industri yang berhubungan dengan laut. 

Lulusan Oseanografi juga dapat bekerja sebagai oceanographer, coastal modeler, oceanographic surveyor, metocean engineer, marine seismic navigator (offshore navigator, hydrographic surveyor, peneliti di berbagai lembaga swasta atau pemerintahan, dan menjadi tenaga pengajar. Keren banget, ya! Selain itu, gaji yang ditawarkan untuk fresh graduate jurusan ini bisa mencapai angka Rp 10jt per bulan, lho! Kalau kamu tertarik dengan jurusan Oseanografi, ada dua PTN ternama yang menyediakan jurusan ini, yaitu Institut Teknologi Bandung dan Universitas Diponegoro.

Jurusan Arkeologi SosialFoto Jurusan Antropologi Sosial (sumber: freepik.com)

2. Antropologi Sosial

Antropologi sosial adalah cabang ilmu antropologi yang mempelajari hubungan antara orang-orang dalam suatu kelompok masyarakat dan budaya suatu etnis, mulai dari perilaku dan keanekaragamannya. Cocok banget buat kamu yang memiliki ketertarikan dalam hubungan antar manusia dan budaya. Jika kamu memilih jurusan ini, maka kamu akan mendapatkan mata kuliah Antropologi Pariwisata, Studi Tubuh Nalar dan Masyarakat, Sejarah Teori Antropologi, Kebudayaan Manusia dan masih banyak lainnya. 

Baca juga: 5 Prodi Soshum Paling Diminati di UTBK

Lulusan antropologi sosial dapat bekerja di berbagai bidang dan memiliki prospek kerja yang luas. Namun pada umumnya, lulusan dari jurusan ini berkarir di bidang akademik dan riset. Prospek kerja lulusan antropologi sosial di antaranya adalah peneliti, dosen, wartawan, PNS, manajemen sumber daya manusia, konsultan masyarakat dan masih banyak lagi. 

Kalau kamu bekerja menjadi konsultan, gaji yang akan kamu dapatkan per bulannya adalah Rp 6jt hingga belasan juta rupiah. Selain konsultan, jika kamu berprofesi sebagai staf penelitian, kamu bisa mendapatkan gaji hingga puluhan juta rupiah, lho.  Kalau kamu tertarik dengan jurusan Antropologi Sosial, PTN yang memiliki jurusan ini antara lain adalah Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, dan Universitas Sumatera Utara.

Jurusan Ilmu Perpustakaan

Foto Jurusan Ilmu Perpustakaan (sumber: freepik.com)

3. Jurusan Ilmu Perpustakaan

Banyak yang bilang kuliah jurusan Ilmu Perpustakaan cuma belajar tentang buku aja dan ujung-ujungnya menjaga perpustakaan. Nyatanya, jurusan Ilmu Perpustakaan nggak hanya mempelajari ilmu perpustakaan aja, tetapi juga meliputi bidang arsip dan informasi. Jurusan ini cocok untuk kamu yang suka bermain dengan data, berkomunikasi dengan manusia, dan berimprovisasi di lembaga informasi. Beberapa mata kuliah yang kamu dapat dalam jurusan Ilmu Perpustakaan diantaranya adalah Administrasi Lembaga Informasi, Pangkalan Data untuk Lembaga Informasi, Sistem Pemberkasan, Sumber dan Jasa Informasi, Administrasi Arsip dan masih banyak lainnya. 

Sehabis kamu lulus dari jurusan Ilmu Perpustakaan, kamu punya peluang kerja yang luas, karena hampir seluruh instansi membutuhkan tenaga ahli bidang kepustakaan dan kearsipan. Kamu bisa menjadi pustakawan, document controller, sekretaris, indexer, administrasi arsip, pemilik percetakan dan penerbitan buku. Kalau kamu jadi pustakawan yang bekerja untuk lembaga pemerintah, gaji yang akan didapatkan adalah UMR atau sekitar Rp 4jt, dan itu belum termasuk tunjangan, ya.

Jurusan Ilmu Perpustakaan di Indonesia sudah tidak jarang, kamu bisa memilih jurusan ini di Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, Universitas Sebelas Maret, Universitas Islam Syarif Hidayatullah, dan UIN di beberapa daerah.

Jurusan Astronomi

Foto Jurusan Astronomi (sumber: freepik.com)

4. Jurusan Astronomi 

Jurusan Astronomi termasuk jurusan yang sepi peminatnya, mungkin karena belum banyak yang mengetahui prospek kerja jurusan ini atau banyak yang menganggap terlalu sulit. Jurusan ini cocok buat kamu yang suka mengamati benda langit. Karena, pada jurusan ini kamu akan fokus mempelajari tentang alam semesta dan benda-benda langit. Jurusan ini membutuhkan kemampuan dan minat yang kuat dalam matematika dan fisika.

Mata kuliah yang kamu dapatkan kalau mengambil jurusan Astronomi antara lain adalah Matematika, Kimia Dasar, Pengantar Keilmuan MIPA, Mekanika, Astrofisika, Mekanika Benda Langit, Tata Surya dan lain sebagainya. Lulusan jurusan Astronomi punya prospek kerja yang cerah, lho! Profesi untuk lulusan jurusan Astronomi antara lain adalah astronom, pegawai pemerintah, peneliti di berbagai lembaga-lembaga pemerintahan seperti BMKG, dan masih banyak lainnya. 

Prospek kerja lulusan jurusan Astronomi ini terbilang menjanjikan, karena gaji yang didapatkan per bulannya kisaran Rp 4jt – Rp 33jt. Uniknya, hingga saat ini, perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Astronomi hanya Institut Teknologi Bandung (ITB). Bukan hanya satu-satunya di Indonesia, tapi juga pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara. Keren banget, kan! 

Jurusan Arkeologi

Foto Jurusan Oseanografi (sumber: freepik.com)

5. Jurusan Arkeologi 

Pada dasarnya, jurusan arkeologi adalah kajian yang mempelajari manusia pada masa lalu maupun sekarang melalui peninjauan material yang ada. Dengan begitu, pada jurusan ini, kamu akan menganalisa dan mempelajari tentang peninggalan purbakala, peristiwa masa lampau, hingga mempelajari artefak. Mata kuliah yang kamu dapatkan jika memilih jurusan ini antara lain adalah Pengantar Teori Arkeologi, Paleoantropologi dan Bioantropologi, Keramologi, Prinsip-prinsip Penelitian Arkeologi, Peradaban Kuno dan masih banyak lagi.

Meski jurusan arkeologi di Indonesia tergolong masih sedikit, tapi berikut adalah PTN yang memiliki jurusan arkeologi, yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Udayana, Universitas Jambi, Universitas Halu Oleo dan Universitas Hasanuddin. Selain itu, profesi dan karir dari lulusan jurusan Arkeologi cukup beragam, yaitu Ahli Antropologi, Jurnalis Arkeologi, Sejarawan, Arkeolog, Penulis, Dosen, dan masih banyak lagi. Gaji Arkeolog Indonesia rata-rata kisaran 4jt – 7jt per bulan. Sedangkan untuk Arkeolog yang sudah berpengalaman, gaji mereka bisa sampai ratusan juta, lho! Itulah mengapa jurusan Arkeologi menjadi salah satu jurusan yang sepi peminat tetapi memiliki prospek kerja yang menjanjikan.

6. Jurusan Kehutanan

Jurusan Kehutanan adalah ilmu yang mempelajari pelestarian kawasan hutan termasuk cara pengelolaan hasil hutan. Jurusan Kehutanan memiliki mata kuliah yang beragam. Mahasiswa tak hanya belajar seluk beluk hutan, tetapi juga ekonomi, ilmu tanah, biologi, fisika, matematika, dan ilmu sosial.

Karena mempunyai pengetahuan tentang alam, skill berwirausaha yang baik, tangguh, berani, dan empati tinggi, membuat lulusan Kehutanan cocok untuk bekerja di bidang seperti ahli konservasi hutan, auditor VLK, wirausaha, hingga pegawai negeri sipil.

 

7. Jurusan Matematika

Jurusan Matematika adalah ilmu yang mempelajari tentang angka dan kombinasi antara matematika murni dan terapan. Kamu akan belajar banyak tentang teori matematika secara mendalam seperti aljabar, geometri, statistika, komputasi, aktuaria, hingga matematika diskrit.

Di jurusan ini kamu bakal ketemu matkul Metode Numerik, Perangkat Lunak Kalkulus, Aljabar, Model Matematika, Riset Operasi, Teori Peluang, Technopreneur, dan sebagainya. Di semester 6 dan 7 ada mata kuliah peminatan yang bisa kita ambil. Mata kuliah ini dikelompokkan ke bidang keahlian tertentu.

Lulusan Matematika dapat bekerja di start-up, industri perbankan, asuransi, dan lain-lain. Sekarang banyak lowongan yang persyaratannya lulusan STEM (Sains Teknologi Engineering dan Mathematics). Kamu bisa jadi data scientist, aktuaris, analis data, bahkan seorang software engineer.

 

8. Jurusan Astronomi

Astronomi juga disebut sebagai ilmu bintang dan termasuk salah satu ilmu tertua yang dipelajari manusia. Saat kamu masuk ke jurusan Astronomi, ilmu yang dipelajari menggunakan ilmu dasar fisika.

Jurusan Astronomi sendiri dibagi menjadi tiga keahlian. Pertama adalah tata surya yang fokus mempelajari tata surya seperti planet, bintang, dan sebagainya. Kedua, fisika bintang dan terakhir adalah kosmologi. Setelah lulus, kamu bisa bekerja sebagai astronom, pegawai pemerintah, peneliti, hingga dosen.

 

9. Jurusan Filsafat

Jurusan Filsafat mempelajari berbagai fenomena yang terjadi di sekitar, mulai dari sosial, budaya, agama, dan lain-lain. Ketika melihat fenomena-fenomena tersebut, kamu dituntut untuk berpikir kritis dan logis berdasarkan fakta dan data yang ditemukan. Makanya, jurusan Filsafat cocok buat seseorang yang memiliki rasa ingin tahu tinggi, daya analisis, dan kemampuan problem solving.

Filsafat belajar apa aja sih? Ilmu ini memiliki keterkaitan dengan berbagai ilmu lain, baik sosial maupun sains. Dengan begitu, mata kuliah Jurusan Filsafat pun sangat beragam, Brainies.

Jurusan Filsafat memiliki mata kuliah yang menjadi ciri khasnya, yakni Epistemologi, Ontologi, dan Aksiologi. Pada mata kuliah Epistemologi, kamu mempelajari seputar pengetahuan, mulai dari asal-usulnya hingga cara manusia menerimanya. Ontologi mempelajari keberadaan sesuatu yang bersifat konkret (eksistensi suatu hal), sedangkan Aksiologi mempelajari nilai-nilai, yakni etika dan estetika.

 

10. Jurusan Robotika

Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan merupakan jurusan yang cukup baru di Indonesia. Bahkan, di tahun 2021, hanya Universitas Airlangga yang memiliki jurusan ini, lho. Kelahiran jurusan ini menandakan bahwa mulai dibutuhkannya SDM kompeten dalam mengembangkan integrasi antara robotika dengan kecerdasan buatan, Brainies. Nah, kamu mau jadi salah satu SDM kompeten itu nggak?

Nah, itu adalah beberapa jurusan yang sepi peminat tetapi memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Semoga daftar jurusan diatas bisa menjadi referensi jurusan yang akan kamu pilih berdasarkan minat dan bakat kamu, ya. Buat kamu yang masih bingung dengan minat dan bakatmu, jangan khawatir! Karena, Brain Academy Online menyediakan 5 macam tes minat bakat, lho!  Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, coba sekarang!

[IDN] CTA Blog Kelas Gratis Brain Academy Online Referensi

Alfari, Shabrina. (2019), Seluk-beluk Jurusan Oseanografi, untuk Kamu yang Ingin Tahu Lebih Banyak tentang Laut [daring]. Tautan: https://www.ruangguru.com/blog/seluk-beluk-jurusan-oseanografi-untuk-kamu-yang-ingin-tahu-lebih-banyak-tentang-laut. Diakses pada 18 April 2021

Prodjo, Wahyu Adityo. (2019), Mengenal Jurusan Ilmu Perpustakaan, Penjelasan hingga Prospek Kerjanya [daring]. Tautan: https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/04/19173391/mengenal-jurusan-ilmu-perpustakaan-penjelasan-hingga-prospek-kerjanya?page=all. Diakses pada 18 April 2021

Syahriza, Achmad. (2020), Apa saja yang dipelajari di jurusan Ilmu Perpustakaan? Bagaimana prospek kerja dan pandangan perusahaan atau institusi terhadap lulusan jurusan ini? [daring]. Tautan: https://id.quora.com/Apa-saja-yang-dipelajari-di-jurusan-Ilmu-Perpustakaan-Bagaimana-prospek-kerja-dan-pandangan-perusahaan-atau-institusi-terhadap-lulusan-jurusan-ini. Diakses pada 18 April 2021

Rahayu, Puji P. (2020), Kupas Tuntas Jurusan Arkeologi: Definisi hingga Prospek Karir [daring]. Tautan: https://anakrantau.id/education/kupas-tuntas-jurusan-arkeologi-definisi-hingga-prospek-karir/. Diakses pada 18 April 2021

Sumber foto:

Foto Jurusan Oseaografi [daring]. Tautan: https://www.freepik.com/premium-vector/wreck-diving-vector. (Diakses pada 18 April)

Foto Jurusan Antropologi Sosial [daring]. Tautan: https://www.freepik.com/free-vector/office-workers-analyzing-researching-business-data_6974920.htm#page=1&query=researcher%20illustration&position=1. (Diakses pada 18 April)

Foto Jurusan Ilmu Perpustakaan [daring]. https://www.freepik.com/free-vector/female-smiling-librarian-standing-counter-book-shelf-paper-flat-vector-illustration-city-library. (Diakses pada 18 April)

Foto Jurusan Astronomi [daring]. Tautan: https://www.freepik.com/premium-vector/astronomers-workplace-flat-color-illustration_13359643.htm#page=1&query=astronomic%20illustration’&position=23. (Diakses pada 18 April)

Foto Jurusan Arkeologi [daring]. Tautan: https://www.freepik.com/free-vector/archaeologist-discovering-dinosaurs-remains-men-digging-ground-quarry-cleaning-bones-vector-illustration-archeology-paleontology-science. (Diakses pada 18 April)

Ratu Kanaya Thalita Mirza