Segala Hal tentang Jurusan Ilmu Perpustakaan, Jangan Salah Kaprah Lagi!

Tri Janarti Nov 2, 2021 • 7 min read


Jurusan Ilmu Perpustakaan

Kesalahpahaman bahwa Jurusan Ilmu Perpustakaan hanya belajar mata kuliah terkait mengurus buku sehingga peluang kerjanya hanya pustakawan masih sering terjadi. Duh, jangan biarkan dirimu ikut salah kaprah, yuk!

--

Temanmu    : Kamu udah tau pengen masuk kuliah ke jurusan apa?

Brainies       : Kayaknya aku mau kuliah di Jurusan Ilmu Perpustakaan deh.

Temanmu    : Sayang banget, lho, capek-capek kuliah ujungnya jagain perpustakaan. Mending nggak usah kuliah kalo gitu.

Brainies       : Emang peluang kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan cuma itu, ya?

Temanmu    : Lho, ‘kan emang Jurusan Ilmu Perpustakaan cuma belajar ngatur buku-buku di perpustakaan biar nggak berantakan.

Duh, jangan didengerin, Brainies. Salah kaprah itu. Mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Ilmu Perpustakaan bukan hanya menyusun buku biar rapi kok. Prospek kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan pun nggak sempit alias bukan hanya menjadi pustakawan.

Masih ragu? Yaudah, kita kenalan lebih dalam dengan Jurusan Ilmu Perpustakaan, yuk!

Mengenal Jurusan Ilmu Perpustakaan

Perkenalan ini kita awali dengan menjawab pertanyaan: apa itu Jurusan Ilmu Perpustakaan? 

Jurusan Ilmu Perpustakaan adalah jurusan yang mempelajari cara mengumpulkan, menganalisis, mengolah, mengelola, dan mengomunikasikan informasi dari berbagai media, seperti dokumen, buku, ataupun digital.

Berdasarkan pengertiannya, maka lulusan Jurusan Ilmu Perpustakaan akan memiliki perananan untuk mengumpulkan informasi kemudian menganalisisnya untuk mengetahui asal-usul suatu informasi, mengidentifikasi kata kunci, bahkan mencari tahu kemungkinan adanya plagiarisme. Kok bisa ya mereka melakukan hal-hal tersebut?

Jawabannya, karena mereka dibekali dasar-dasar teknologi dan sistem informasi, Brainies. Makanya, kamu jangan mengira jurusan ini masih pakai cara kuno, ya.

Baca Juga: Inilah 6 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Si Introvert

Nah, berkat bekal ilmu tersebut juga, masa depan lulusan Jurusan Ilmu Perpustakaan pun semakin cerah. Sebab seiring berkembangnya zaman, urusan mengolah, mengelola, dan mengomunikasikan informasi dari berbagai sumber dikerjakan secara modern dengan memanfaatkan teknologi, lho. Dengan begitu, lulusan jurusan ini pun akan terus dibutuhkan di masa depan.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Perpustakaan

Mahasiswa jurusan ini bukan hanya belajar mengatur buku agar tersusun rapi dan urut, Brainies. Lalu mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan belajar apa sih?

Sebelumnya udah disinggung bahwa mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan dibekali dasar-dasar teknologi dan sistem informasi ‘kan? Itu baru segelintir ilmu yang dipelajari di jurusan ini, lho.

Selain belajar teknologi dan sistem informasi, mata kuliah Jurusan Ilmu Perpustakaan juga belajar administrasi, manajemen, hubungan masyarakat, psikologi, katalogisasi, dan kearsipan tentunya. Makanya, sebenarnya Jurusan Ilmu Perpustakaan merupakan jurusan yang bersifat interdisipliner, Brainies.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Perpustakaan

Mengapa Jurusan Ilmu Perpustakaan perlu belajar ilmu-ilmu tersebut? Karena lulusan jurusan ini ditempa untuk memiliki kemampuan mengalokasikan informasi dan mengomunikasikannya kepada orang yang membutuhkan suatu informasi. Jadi, jangan anggap kemampuan lulusan Jurusan Ilmu Perpustakaan itu “receh” ya, Brainies. Hehe.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan

Kalau awam ditanya lulusan Jurusan Ilmu Perpustakaan bakal kerja apa? Jawaban yang sering muncul pasti pustakawan. Ya ‘kan? Entah pustakawan di sekolah dasar, menengah, atau perguruan tinggi. Eits, tapi nggak itu doang kok profesi yang bisa dinikmati lulusan jurusan ini di masa depan.

Setiap perusahaan ataupun lembaga, baik di tingkat pemerintahan maupun sektor swasta, pasti akan menghasilkan suatu pekerjaan dalam bentuk data, dokumen, hingga video bukan? Tentunya, hasil kerja tersebut perlu disimpan sebagai rekam pekerjaan. Nah, saat itulah kemampuan seorang lulusan Jurusan Ilmu Perpustakaan dibutuhkan, Brainies.

Jadi, lulusan Jurusan Ilmu Perpustakaan kerja apa? Oke, berikut aku sebutin beberapa prospek kerja untuk lulusan Jurusan Ilmu Perpustakaan.

  •         Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  •         Tata Usaha (TU)
  •         Peneliti
  •         Pustakawan
  •         Arsiparis
  •         Kurator
  •         Staf Administrasi
  •         Spesialis Manajemen Dokumen
  •         Konsultan Perpustakaan dan Informasi
  •         Akademisi
  •         Ahli Dokumentasi
  •         Information Specialist
  •         Data Scientist
  •         System Analyst

Perguruan Tinggi dengan Jurusan Ilmu Perpustakaan

Brainies, ternyata ada banyak lho kampus yang memiliki Jurusan Ilmu Perpustakaan. Ada yang berjenjang diploma maupun sarjana. Hal ini menandakan bahwa lulusan Jurusan Ilmu Perpustakaan masih dibutuhkan di masa depan.

Baca Juga: Jurusan Ini Sepi Peminat Tapi Prospek Kerjanya Menjanjikan? Mungkin Cocok Untukmu!

Meskipun begitu, peminat jurusan ini masih minim, lho. Misalnya, pada SBMPTN tahun 2020, peminat Jurusan Ilmu Perpustakaan di Universitas Sumatera Utara (USU) hanya berjumlah 573 dengan daya tampung 45 dan peminat Jurusan Perpustakaan dan Informasi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)  berjumlah 271 dengan daya tampung 18.

Tuh, cukup minim ‘kan peminatnya? Padahal prospek kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan nggak sedikit. Jadi, gimana, kamu mau memanfaatkan kesempatan itu nggak, Brainies? Kalau iya, nih aku kasih tahu kampus dengan Jurusan Ilmu Perpustakaan terakreditasi A di Indonesia.

D-III Jurusan Perpustakaan

  • Universitas Lampung (Unlam)
  • Universitas Negeri Malang (UM)
  • Universitas Sumatera Utara (USU)

D-III Jurusan Teknisi Perpustakaan

S-1 Jurusan Ilmu Perpustakaan

S-1 Jurusan Perpustakaan dan Informasi

  • Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

S-1 Jurusan Perpustakaan dan Sains Informasi

  • Universitas Yarsi

--

Itulah perkenalan kita dengan Jurusan Ilmu Perpustakaan. Gimana, udah nggak salah kaprah lagi ‘kan dengan mata kuliah dan prospek kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan? Masih belum yakin juga buat masuk ke jurusan ini? Yuk, coba konsultasi ke konselor Brain Academy Online! Tanyakan perihal kegalauanmu dengan jurusan kuliah sekaligus dapatkan strategi dan motivasi belajar untuk persiapan ujian. Buruan!

BA online

Referensi:

Mengenal Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Prospek Kerjanya [Daring]. Tautan: https://perpustakaan.iain-tulungagung.ac.id/index.php/2020/05/27/mengenal-jurusan-ilmu-perpustakaan-dan-prospek-kerjanya/ (Diakses 29 Oktober 2021)

Apa Menariknya Kuliah di Prodi Ilmu Perpustakaan? [Daring]. Tautan:  https://tirto.id/apa-menariknya-kuliah-di-prodi-ilmu-perpustakaan-ecUz (Diakses 29 Oktober 2021)

Kurikulum Merdeka 2020 Program Studi Ilmu Perpustakaan [Daring]. Tautan: https://ilpus.fib.undip.ac.id/language/id/kurikulum (Diakses 29 Oktober 2021)

Daftar PTN (Program Diploma IV dan Sarjana) [Daring]. Tautan: https://sidata-ptn.ltmpt.ac.id/ptn_sb.php (Diakses 29 Oktober 2021)

Profile

Tri Janarti

Beri Komentar