Masih Bingung dengan Minat dan Bakat Kamu? Yuk Coba 5 Tes Ini!

Tiara Syabanira Dewantari Jan 8, 2021 • 8 min read


5 tes minat bakat

Artikel ini berisikan 5 tes dari Brain Academy yang dapat mengungkapkan kepribadian serta minat dan bakat kamu

--

Siapa di sini yang masih galau dengan jurusan yang akan diambil saat kuliah nanti? Atau boro-boro kepikiran dengan jurusan kuliah, minat dan bakat diri sendiri aja belum ketahuan. Tenang, gak usah bingung! Ada 1001 cara kok untuk mengetahui semua itu, dan salah satunya adalah dengan mengikuti tes minat bakat dari Brain Academy!

Baca Juga: 7 Cara Menemukan Passion Sebelum Memilih Jurusan Kuliah Paling Tepat

Yup, tak butuh waktu lebih dari 10 menit saja kamu sudah bisa mengetahui hal-hal yang kamu butuhkan untuk mengenal kepribadian serta passion yang kamu miliki. Tidak hanya itu, 5 tes di ini juga sangat membantu kamu untuk menentukan karier yang kamu banget, lho

1. Tes Kepribadian

“Menurutku, aku introvert karena tidak suka keramaian!”

“Aku sih extrovert banget, soalnya kata teman-teman aku itu social butterfly.”

Eits, jangan sampai salah kaprah ya! Kesalahpahaman stereotip terkait pengelompokkan jenis kepribadian ini sering banget terjadi. Seperti misalnya tentang introvert yang dianggap sebagai penyendiri dan sulit bergaul. Padahal, mereka juga senang bergaul, namun biasanya hanya dalam suatu kelompok kecil atau orang terdekat saja. Kesalahpahaman stereotip lainnya yaitu bahwa seorang extrovert selalu ramai dan banyak bicara. Padahal, tidak semuanya seperti itu. Bagi para extrovert, yang terpenting adalah mereka selalu bersama dengan orang lain.

perbedaan introvert dan extrovert

Kepribadian introvert dan extrovert (Sumber: stanfordbrown.com.au)

Jenis kepribadian ini terbagi kedalam 3 kelompok, yaitu introvert, extrovert, dan ambivert. Kalau kamu, masuk tim mana nih? Agar tidak salah, mending kamu coba cari tahu di sini!

Baca juga: Mau Mengetahui Tipe Kepribadian Kamu? Ini Website yang Bisa Dicoba

2. Tes Mengelola Konflik

Konflik adalah sesuatu yang tak terhindarkan. Jenis-jenis konflik yang akan ditemui semasa hidup pun akan beragam dan semua konflik dapat diselesaikan dengan cara yang sama. Penting bagi kita untuk memahami seperti apa cara kita menyelesaikan suatu konflik.

mengelola konflikTes mengelola konflik untuk mengetahui cara kamu mengatasi suatu masalah (Sumber: Rencanamu.id)

Setiap pribadi tentu memiliki cara menyelesaikan konflik yang berbeda-beda. Ada yang akan berusaha mencari win-win solution agar berhasil mendapatkan jalan tengah untuk kedua belah pihak, namun ada juga yang menyelesaikan suatu konflik dengan memaksakan solusi yang ia berikan. Nah, kalau kamu termasuk tipe yang mana nih? Yuk cari tahu di sini.

3. Tes RIASEC

Ingin tahu jenis pekerjaan yang cocok sesuai dengan kepribadian kamu tidak? Kalau iya, kamu wajib banget cobain tes RIASEC. Holland’s Personality Test atau yang dikenal juga sebagai tes RIASEC merupakan salah tes kepribadian yang terkenal. Dalam teorinya, John Holland menjelaskan bahwa terdapat 6 golongan kepribadian, yaitu realistis, investigatif, artistik, sosial, enterprising, dan conventional.

teori 6 kepribadianTeori 6 kepribadian John Holland (Sumber: sites.google.com)

Hasil dari tes ini bisa lho dijadikan acuan untuk kamu yang masih bingung mau ambil jurusan dan merintis karier di bidang apa. Agar tidak penasaran, langsung saja coba di sini.

4. Tes Intelegensi Sederhana

Gardner menjelaskan bahwa setiap individu memiliki tipe kecerdasan dominan yang berbeda-beda, di antaranya yaitu verbal/linguistik, logis/matematis, visual/spasial, kinestetik, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis. Melalui tes ini, kamu bisa mengetahui tipe kecerdasan seperti apa nih yang kamu miliki.

tes intelegensi sederhana

Tes intelegensi sederhana untuk mengetahu tipe kecerdasan yang kamu miliki (Sumber: kompasiana.com)

Tapi perlu diingat juga ya, memiliki hasil tes yang berbeda dengan teman bukan berarti kamu tidak lebih pintar darinya. Kita semua pintar, hanya saja dalam bidang yang berbeda! Yuk segera coba di sini.

5. Tes RMIB

Tes Rothwell Miller Interest Blank atau disingkat RMIB ini merupakan tes yang ampuh lho untuk mengungkap minat serta karier apa yang sesuai dengan pribadi kamu! Jangan dianggap remeh, mengetahui minat sejak dini dapat membantu kamu untuk mengasah serta mengembangkan skill yang kemudian mempermudah kariermu nantinya!

Baca juga: 9 Trik Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Menyesal Nantinya

tes RMIB dapat mengungkapkan karir yang sesuai dengan bakat

Mengungkap karir yang sesuai bakat dengan tes RMIB (sumber: rawpixel.com)

Dengan memberikan penilaian pribadi terhadap beberapa bidang pekerjaan, tes ini dapat memberikan jawaban terkait pekerjaan yang nantinya sangat cocok untuk kamu tekuni. Tunggu apa lagi, klik di sini untuk mengetahui karier apa yang cocok untukmu!

Gimana, sudah coba semua tesnya? Kalau sudah, jangan lupa catat dan konsultasikan hasilnya dengan counsellor kamu di Brain Academy Online agar minatmu dapat diasah dan diarahkan dengan tepat ya!

BA online

 

Referensi:

Banyak yang Salah Kaprah, Ini Perbedaan antara Karakter Introvert dan Extrovert. kumparan.com. 20 Mei 2020. [Daring]. Tautan: https://kumparan.com/kumparanwoman/banyak-yang-salah-kaprah-ini-perbedaan-antara-karakter-introvert-dan-ekstrovert-1tQ2LQyd42s (Diakses: 17 Desember 2020)

Mengenal Holland’s Personality Test. jurusanku.com. [Daring]. Tautan: http://jurusanku.com/mengenal-hollands-personality-test/ (Diakses: 17 Desember 2020)

Dr. Elly Yuliandari, MSi.  Tes Rithwell Miller. [Daring]. Tautan: http://repository.ubaya.ac.id/38086/1/Test%20inventory%20Rothwell-Miller%20(RMIB).pdf (Diakses: 17 Desember 2020)

Sumber Gambar:

Kepribadian introvert dan extrovert. [Daring]. Tautan: https://stanfordbrown.com.au/tag/retireees/ (Diakses: 17 Desember 2020)

Tes mengelola konflik untuk mengetahui cara kamu mengatasi suatu masalah. [Daring]. Tautan: https://rencanamu.id/post/life/how-to/cara-efektif-menyelesaikan-konflik-dengan-komunikasi-yang-baik (Diakses: 17 Desember 2020)

Teori 6 Kepribadian John Holland. [Daring]. Tautan: https://sites.google.com/site/cispcare/inventory (Diakses: 17 Desember 2020)

Tes intelegensi sederhana untuk mengetahu tipe kecerdasan yang kamu miliki. [Daring]. Tautan: https://www.kompasiana.com/yennyrohmahm/5f83f89a2d0589285c0713d2/intelegensi-hubu ngannya-dengan-bakat-serta-kreativitas?page=all (Diakses: 17 Desember 2020)

Mengungkap karir yang sesuai bakat dengan tes RMIB. [Daring]. Tautan: https://www.rawpixel.com/image/436389/working-creative-projects (Diakses: 17 Desember 2020)

Beri Komentar