Apa Sih Hubungan Kelinci dengan Bilangan Fibonacci?

Header Bilangan Fibonacci

Artikel ini akan menceritakan sejarah dan fakta seru mengenai bilangan fibonacci. Dibaca yuk!

--

Guys, kalian pernah denger bilangan fibonacci belum?

“Waduh bilangan apatuh?”

Hmm… sebenarnya ya di awal SMP kalian udah dikenalin sama bilangan fibonacci loh. Tapi kayaknya banyak yang lupa nih. Padahal bilangan fibonacci nggak kalah tenar kalo dibandingin sama bilangan matematika lainnya.

Aku remind deh, bilangan fibonacci itu biasanya muncul dimateri pola bilangan. 

1,1,2,3,5,8,13,21,...

Eitss, artikel kali ini kita nggak ngitung kok, tapi lebih ke pengenalan sama bilangan fibonacci. Nah, kamu tau nggak gimana bilangan fibonacci ini lahir? 

Ceritanya unik, sini aku ceritain!

Penemu dan Sejarah Bilangan Fibonacci

Diawali dari seorang putera pedagang dari Pisa, yaitu Leonardo Pisano atau yang akrab disapa Fibonacci (artinya anak dari Bonacci). Karena tumbuh di lingkungan perdagangan, tiap hari ia bersentuhan sama angka atau notasi aritmatika. 

Gambar Leonardo Pisano (Sumber Gambar: Wikipedia.org)

Singkat cerita, ayahnya ditugasi bekerja mewakili pedagang Pisa ke Aljazair. Disana tuh banyak banget matematikawan Arab yang punya segudang pengetahuan dimana saat itu belum diperoleh sama orang Eropa. Contohnya, perhitungan matematis pedagang Pisa yang masih menggunakan angka romawi. 

Padahal Pisa termasuk pusat perdagangan yang sedang pesat-pesatnya, jadi penggunaan angka romawi tuh nggak efisien banget. Bikin susah waktu transaksi dan pengoperasian bilangan justru lebih rumit.

Nah, Fibonacci juga ngerasain hal yang sama, makanya ia langsung belajar sistem penomoran baru kayak 1-9 dan angka 0 sama seorang guru arab. Ditambah lagi belajar algoritma komputasi yang biasanya ada di transaksi bisnis. Saat ilmunya udah cukup matang dan makin luas, Fibonacci menuangkan semua pengetahuannya itu ke beberapa buku. Salah satu bukunya yang paling terkenal berjudul “Liber Abaci” (artinya buku perhitungan). 

Buku Liber Abaci ini menjadi pintu pengetahuan masyarakat Eropa tentang angka yang saat ini kita gunakan. Ohya, bisa dibilang juga saat buku Liber Abaci dibuat, disitu bilangan fibonacci lahir. Loh kenapa gitu ya? 

Buku Liber Abaci

Buku Berjudul “Liber Abaci” (Sumber gambar: MAA.org)

Fibonacci menuliskan semua ide dan pemikirannya dengan pertanyaan kayak gini:

“Dimulai dengan satu pasang kelinci (satu jantan dan satu betina), berapa pasang kelinci yang akan lahir dalam setahun, jika setiap bulan setiap kelinci jantan dan betina melahirkan sepasang kelinci baru, dan pasangan kelinci baru itu mulai melahirkan pasangan kelinci tambahan setelah umur satu bulan?”

Ternyata jawaban dari Fibonacci di bukunya adalah:

Pada bulan pertama cuma ada 1 pasang, di bulan kedua ada 1 pasang dewasa dan 1 pasang bayi, di bulan ketiga akan ada 2 pasang dewasa dan 1 pasang bayi, begitu seterusnya. 

Supaya lebih jelas, bisa liat gambar di bawah ini!

Hubungan Kelinci dengan Bilangan Fibonacci

Oke hasilnya 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55,.... dan seterusnya, sesuai sama yang biasa kita pelajari. Itu semua dinamakan dengan deret Fibonacci.

Wih keren banget ya, ternyata persoalan mengenai regenerasi kelinci bisa menghasilkan suatu deret matematika. 

Kamu juga bisa baca beberapa fakta lainnya tentang pola deret fibonacci di bawah ini!

Fakta Seru Bilangan Fibonacci

Yap, dari artikel ini kita bisa menyimpulkan kalo deret bilangan fibonacci memberikan kekuatan dan pengaruh luar biasa untuk seluruh dunia. Termasuk dalam hal sistem bilangan dan matematika yang berguna banget dalam semua aspek kehidupan. 

Nah, dari hasil penemuan Fibonacci yang luar biasa sampai akhirnya kita bisa belajar pola bilangannya di sekolah, jadi mulai sekarang jangan dilupain lagi ya! Kamu bisa memperdalam konsep bilangan fibonacci dan materi matematika lainnya bareng sama Star Master Teacher. Itu semua bisa kamu dapetin kalo kamu langganan di  Brain Academy. Sampai bertemu di artikel selanjutnya!

Live Teaching Brain Academy Online

Referensi:

Anna Grigas. 2013. “Fibonacci Sequence: It’s History, Significance, and Manifestation”. Tesis. Liberty University

Mathematical Treasure: Liber Abaci of Leonardo of Pisa. [Daring] Tautan: https://www.maa.org/press/periodicals/convergence/mathematical-treasure-liber-abaci-of-leonardo-of-pisa (diakses tanggal 4 Maret 2022)

 

Profile

Kak Efira MT Saintek