Jurusan Aktuaria, Prodi dengan Lulusan yang Paling Banyak Dicari

jurusan aktuaria

Ingin terjun ke dunia kerja yang menjanjikan dan paling banyak dicari perusahaan? Yuk, kenalan dulu dengan jurusan aktuaria!

Saat kamu mendengar jurusan aktuaria, apa yang terlintas di pikiranmu?

Jurusan yang berkaitan dengan perairan? Bukan! 

Meskipun namanya terdengar seperti akuaria, jurusan aktuaria ini malah sangat dekat dengan ilmu matematika dan statistika. Di perguruan tinggi Indonesia, program studi ini tergabung ke dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Akan tetapi, prospek kerjanya sangat dekat dengan dunia akuntansi, keuangan, dan asuransi. Lho, bukannya seharusnya masuk ke ranah ekonomi dan sosial ya? 

Supaya kamu nggak keheranan lagi, yuk baca selengkapnya di artikel ini!

 

Jurusan aktuaria, program studi yang masih terbilang baru di perguruan tinggi Indonesia

Pada umumnya, jurusan aktuaria mempelajari ilmu yang berkaitan dengan asuransi, baik itu asuransi umum atau jiwa. Bukan hanya asuransi saja, program studi aktuaria ini mengajarkan para mahasiswanya untuk merancang solusi dari permasalahan dan pengelolaan risiko pada dana pensiun, jaminan sosial, investasi, serta perbankan. Nantinya, kamu sebagai mahasiswa jurusan ini juga akan belajar bagaimana cara memastikan stabilitas keuangan saat ini hingga masa depan di industri terkait. 

Dengan pendekatan ilmu matematika dan statistika, makanya program studi ini disebut sebagai jurusan matematika asuransi.

Di berbagai perguruan tinggi Indonesia, jurusan aktuaria dengan keilmuan yang lebih khusus ini masih terbilang baru. Soalnya, di Indonesia sendiri profesi aktuaris sangatlah dicari di berbagai perusahaan. Akan tetapi, tenaga kerjanya masih sangat sedikit. Bahkan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga keuangan milik pemerintah masih berupaya mencari banyak aktuaris yang andal. Terlebih di berbagai perusahaan asuransi, yang memang sangat membutuhkan tenaga kerja dengan keahlian khusus. 

Fakta menarik yang perlu kamu ketahui, jika profesi aktuaris dari lulusan prodi aktuaria ini sangatlah menjanjikan, dari jenjang karir hingga besaran gaji karyawan. Makanya, jurusan ini akhirnya jadi incaran para calon mahasiswa baru! 

Nah, kalau kamu tertarik untuk terjun ke jurusan aktuaria, kemampuan matematika menjadi hal yang wajib kamu kuasai. Meskipun berkaitan dengan ekonomi dan keuangan, jurusan aktuaria tergabung ke dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yang merupakan bagian dari SAINTEK. Jika kamu lulus sebagai sarjana aktuaria, kamu akan mendapat gelar S.Aktr setelah menimba ilmu di perguruan tinggi selama 4 tahun. 

 

Dasar ilmu yang akan dipelajari mahasiswa jurusan aktuaria

Matematika memang menjadi dasar ilmu yang wajib kamu punya nih, agar dapat mengikuti seluruh mata kuliah di jurusan aktuaria. Akan tetapi, masih ada dasar ilmu yang bisa kamu pelajari selama kuliah supaya kamu semakin terlatih di dunia kerja, misalnya statistika, algoritma dan pemrograman, akuntansi, ekonomi, manajemen, big data, serta ilmu yang berkaitan dengan data science. 

jurusan aktuaria - mata kuliah jurusan aktuaria

Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai cara komunikasi yang baik, analisis terhadap masalah, pengambilan keputusan yang solutif dan kreatif. 

 

Baca juga: Jurusan Perikanan, Menjanjikan Namun Sedikit Peminat



Peminatan di jurusan aktuaria, apa saja?

Sudah ada beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan aktuaria, yang tentunya memiliki peminatan yang berbeda. Seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), kampus teknologi di jantung kota Surabaya ini memiliki 3 peminatan untuk program S1 aktuaria:

  1. Aktuaria bencana, mengingat Indonesia sendiri sangatlah rawan terhadap bencana alam.
  2. Aktuaria kelautan, dimana Indonesia sebagai negara maritim dengan kekayaan laut melimpah. Sehingga sangat membutuhkan proteksi dan asuransi dalam pemanfaatannya.
  3. Aktuaria syariah, yang mana konsep ini telah terimplementasikan di banyak perusahaan Indonesia. 

Di Universitas Indonesia (UI) sendiri juga terdapat 3 peminatan yang bisa diambil oleh mahasiswa di semester 5 atau 6, seperti asuransi umum, asuransi jiwa, dan dana pensiun. 

 

Mata kuliah di jurusan aktuaria yang akan kamu pelajari

 

Jika nantinya kamu menjadi mahasiswa jurusan aktuaria, kamu wajib mengikuti mata kuliah dengan total 144 SKS. Berikut adalah mata kuliah S1 aktuaria UI:

 

1. Mata kuliah wajib


  • Semester 1

MPKT sains

Bahasa Inggris

Olahraga/seni

Matematika dasar 1

Kimia dasar 

Logika dan himpunan

Metode statistika

 

  • Semester 2

MPKT sosial dan humaniora

Agama

Fisika dasar

Aljabar linier

Matematika dasar 2

Algoritma dan pemrograman

 

  • Semester 3

Biologi umum

Statistika matematika 1

Metode numerik

Matematika keuangan

Kalkulus lanjut

Pengantar persamaan diferensial

 

Baca juga: Jurusan Sepi Peminat di IPB, ITB, dan ITS Beserta Daya Tampungnya

 

  • Semester 4

Statistika matematika 2

Analisis 1

Kontigensi jiwa 1

Model stokastik 1

Akuntansi 1

Kombinatorik

 

  • Semester 5

Model linear

Akuntansi 2

Teori mikroekonomi

Pemodelan risiko 1

Metodologi penelitian

Kontigensi jiwa 2

 

  • Semester 6

Teori makroekonomi

Model survival

Metode peramalan

Matematika pasar keuangan

Pemodelan risiko 2

Pengantar teori probabilitas

 

  • Semester 7 - 8

Skripsi

 

  • Mata kuliah pilihan

S1 aktuaria Universitas Indonesia menyediakan mata kuliah pilihan yang bisa mahasiswa pilih mulai semester 5-8.

 

  1. Model stokastik 2
  2. Ilmu data
  3. Manajemen risiko 1
  4. Model linear lanjut
  5. Pembelajaran mesin
  6. Manajemen risiko 2
  7. Teori investasi
  8. Pemodelan keuangan derivatif
  9. Teori dana pensiun
  10. Magang profesi
  11. Topik khusus 1
  12. Topik khusus 2
  13. Asuransi umum
  14. Perangkat lunak aktuaria

 

Perguruan tinggi Indonesia yang menyediakan jurusan aktuaria

Demi tercapainya angka aktuaris di Indonesia yang seimbang, kamu bisa mendaftarkan diri di perguruan tinggi berikut ini. Tenang saja, Brainies, sejumlah perguruan tinggi dengan jurusan Aktuaria sudah bekerjasama dengan Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) atau Risk Management, Economic Sustainability, and Actuarial Science Development in Indonesia (READI). 

Mengapa perguruan tinggi tersebut bekerjasama dengan PAI? 

Perlu kamu tahu bahwa untuk menjadi seorang aktuaris juga butuh sertifikasi. Nah, berbagai perusahaan memberi syarat kepada calon aktuaris untuk memiliki sertifikat dari PAI dan bergelar FSAI (Fellow Society of Actuaries of Indonesia). Untuk mendapat gelar ini, lulusan S1 aktuaria melakukan tes. Atau, terdapat mata kuliah yang disetarakan materi yang diujikan oleh PAI. 

Berikut daftar perguruan tinggi negeri dan swasta dengan jurusan aktuaria di Indonesia:

 

1. Program sarjana (S1)

a. Institut Pertanian Bogor (IPB)
b. Universitas Indonesia (UI)
c. Institut Teknologi Bandung (ITB)
d. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
e. Universitas Gadjah Mada (UGM)
f. Universitas Brawijaya (UB)
g. Universitas Hasanuddin (Unhas)
h. Universitas Pelita Harapan
i. Universitas Katolik Parahyangan
j. Universitas Prasetiya Mulya
k. Universitas Surya

 

2. Program diploma (D3/D4)

a. Universitas Indonesia (UI)
b. Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi (STMI) Trisakti

 

Baca juga: 25 Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan, Mana Pilihanmu?

 

Prospek kerja jurusan aktuaria, menjadi aktuaris dengan gaji fantastis!

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa jurusan aktuaria mencetak aktuaris yang akan mengelola risiko keuangan di berbagai jenis perusahaan asuransi, perbankan, investasi. Bahkan, lulusan aktuaria bisa bekerja di perusahaan startup atau e-commerce juga!

jurusan aktuaria - prospek kerja

Baik di sektor pemerintahan dan swasta, aktuaris ini sangatlah dicari. Saking langkanya, aktuaris di Indonesia ini digaji dengan angka yang fantastis. Apalagi jika kamu menjadi aktuaris dengan gelar FSAI, perlahan gaji kamu akan terus naik seiring dengan tanggung jawab yang kamu punya. 

Nah, berikut ini adalah prospek kerja dari jurusan aktuaria:

 

a. Aktuaris, dengan jabatan paling umum yaitu reserving actuary, pricing actuary, actuary analyst. 
b. Konsultan aktuaria.
c. Analis bisnis. 
d. Analis risiko.
e. Underwriter
f. Analis investasi.
g. Dosen. 

 

Menjadi mahasiswa jurusan aktuaria, kamu harus senang belajar!

Salah satu alumni dari jurusan aktuaria IPB, Muhammad Nur Farhani, membagikan tips bagi Branies yang tertarik mendaftarkan diri ke program studi ini. Apa saja ya?

  1. Jika Brainies sekarang masih duduk di bangku SMA dan sedang persiapan pendaftaran masuk perguruan tinggi, setidaknya kamu passionate dengan matematika. Karena dengan paham berlogika dan matematika, akan sangat mudah nantinya untuk mengikuti perkuliahan. 
  2. Saat masuk perkuliahan dan dunia kerja, kamu akan dihadapi dengan banyak kasus yang membutuhkan kemampuan analisis tinggi, pengambilan keputusan yang cepat, dan komunikasi yang baik. Akan lebih baik jika Brainies di SMA mengikuti organisasi untuk melatih kemampuan tersebut. Jika belum, kamu bisa mengasah skill itu di perkuliahan, kok!
  3. Salah satu kemampuan yang akan terus digunakan selama kuliah berlangsung dan dunia kerja adalah mengoperasikan Microsoft Excel. Lebih baik jika kemampuan dasar tersebut kamu sudah pelajari semasa SMA. Kamu bisa pelajari lewat Youtube atau TikTok secara gratis, kok! Tapi tenang saja, kamu akan mempelajarinya juga dari dasar di perkuliahan nanti.
  4. Saat Brainies benar-benar terjun ke dunia aktuaria harus berkomitmen kepada diri sendiri untuk senang belajar. Apalagi, untuk menjadi aktuaris harus mengikuti ujian agar bergelar FSAI. 

 

Baca juga: 3 Tips Persiapan UTBK-SBMPTN ala Zahid Ibrahim, Mahasiswa Berprestasi ITB



Tertarik untuk masuk ke jurusan aktuaria? Yuk, persiapkan dirimu dari sekarang!

Bagi Brainies yang tertarik untuk mendaftarkan diri ke jurusan aktuaria, it’s a good choice! Sekarang ini, aktuaris sedang banyak dicari oleh banyak perusahaan, baik dari sektor pemerintahan maupun swasta. Jika kamu lulus nantinya, kamu akan mudah untuk mendapat kerja dibarengi dengan usaha serta belajar yang giat. 

Maka dari itu, yuk persiapkan dirimu dari sekarang supaya kamu bisa lulus ke jurusan aktuaria di universitas impianmu. Daftarkan dirimu segera di Brain Academy terdekat, bimbingan belajar dari Ruangguru yang siap bantu kamu untuk persiapan ujian masuk perguruan tinggi. Dibimbing oleh tutor profesional yang asyik, kamu semakin semangat untuk belajar! 

BA offline

Sumber: 

Universitas Indonesia. Sarjana Ilmu Aktuaria. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. [daring]. https://www.sci.ui.ac.id/sarjana-ilmu-aktuaria/

Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Program Studi Aktuaria. [daring]. https://www.its.ac.id/aktuaria/en/academic/study-program/bachelor-degree/#1532875667775-8bbab129-c8a7

Indeed. 2021. What Is Actuary Sciences?. [daring].

https://www.indeed.com/career-advice/career-development/actuary-sciences

Senthilathiban, Kamini. 2018. 7 Jobs You Can Do With an Actuarial Science Degree. [daring].

https://eduadvisor.my/articles/jobs-you-can-do-with-an-actuarial-science-degree/

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. [daring]. https://banpt.or.id/direktori/prodi/prodi_baru.php

 

Profile

Kusariani Adinda

Lorem ipsum dolor sit amet, assalamualaikum warganet! | Freelance Content Writer at Ruangguru | kusarianiadindablog.wordpress.com