Beda Universitas, Politeknik, Institut, Akademi, dan Sekolah Tinggi

Salsabila Nanda Jan 10, 2022 • 7 min read


Beda Politeknik, Akademi, Sekolah Tinggi, Institut, dan Universitas

Yuk, kenali jenis-jenis perguruan tinggi di Indonesia. Mulai dari universitas, politeknik, institut, akademi, dan sekolah tinggi. Cari tahu perbedaan dan jalur masuknya.

---

Tahukah kamu, perguruan tinggi di Indonesia bukan cuma universitas atau politeknik. Ada juga institut, sekolah tinggi, dan akademi. Perbedaannya terletak pada program studi yang ditawarkan, jenjang studi, jalur masuk, dan gelar yang diperoleh setelah lulus. Baca artikel ini supaya kamu nggak bingung lagi!

1. Politeknik

Politeknik adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan keterampilan dan ilmu terapan. Berbeda dengan universitas, politeknik hanya menyediakan jenjang studi vokasi yang terdiri dari D3 dan D4. Tujuannya adalah mencetak lulusan yang siap bersaing di dunia kerja. Maka dari itu, mata kuliah di politeknik lebih mengutamakan praktik dibanding teori.  Jenis perguruan tinggi ini cocok untuk kamu yang berasal dari SMK.

Meskipun cuma vokasi, pilihan jurusan di politeknik cukup banyak lho, di antaranya sebagai berikut:

Jalur masuk politeknik ada 2. Pertama, mendaftar di Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) di bulan Januari - Maret tanpa dipungut biaya. Kedua, kamu bisa mengikuti UTBK-SBMPTN di bulan Mei - Juni jika belum lolos SNMPN dengan biaya 250.000 sampai 300.000 ribu rupiah.

 

2. Universitas

Universitas adalah perguruan tinggi yang terdiri dari fakultas yang menyelenggarakan berbagai disiplin ilmu. Biasanya terdapat 5 sampai 15 fakultas dengan puluhan program studi di satu universitas. Contoh: Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial Politik, Fakultas Peternakan, Fakultas Seni, dan sebagainya.

Universitas juga menawarkan jenjang studi dengan gelar berbeda. Mahasiswa D3 akan memperoleh gelar Ahli Madya (A.Md), mahasiswa D4 akan memperoleh gelar Sarjana Terapan (S.Tr), mahasiswa S1 akan memperoleh gelar Sarjana yang diikuti oleh nama rumpun ilmu, mahasiswa S2 dengan gelar Master, dan terakhir S3 yang bergelar Profesor.

Jalur masuk universitas ada 3 macam, yaitu:

  • SNMPTN
    Menggunakan nilai rapor, portofolio (khusus Seni dan Olahraga), dan prestasi akademik lainnya. SNMPTN diselenggarakan pada awal tahun di bulan Februari - Maret tanpa dipungut biaya apapun. SNMPTN hanya boleh diikuti oleh siswa eligible.

  • UTBK-SBMPTN
    Menggunakan nilai UTBK TPS, TKA, Bahasa Inggris serta melampirkan portofolio (khusus Seni dan Olahraga). SBMPTN diselenggarakan antara bulan Mei - Juni dengan biaya 250.000 hingga 300.000 rupiah. SBMPTN hanya boleh diikuti oleh siswa yang belum diterima di SNMPTN

  • Ujian atau Seleksi Mandiri
    Dapat menggunakan nilai UTBK, prestasi akademik, prestasi non akademik, atau nilai ujian mandiri yang diselenggarakan oleh pihak universitas. Seleksi mandiri berlangsung setelah pengumuman UTBK-SBMPTN, biasanya sekitar bulan Juni sampai Agustus. 

BA Pojok Kampus - Beda Politeknik, Akademi, Sekolah Tinggi, Institut, dan Universitas-02

3. Institut

Pilihan jurusan di institut tidak sebanyak di universitas atau politeknik. Sebuah institut hanya berfokus pada 1 sampai 3 rumpun ilmu pengetahuan. Contoh: Institut Teknologi Bandung (ITB) yang memiliki fakultas Teknik, Bisnis, dan Desain. Ada pula Institut Kesenian Jakarta yang khusus mengajarkan ilmu Film, Seni Rupa, dan Seni Pertunjukan. Pilihan jenjang studinya dimulai dari diploma hingga pascasarjana. Sedangkan jalur masuk Institut sama dengan universitas, yaitu melalui SNMPTN, UTBK-SBMPTN, dan Seleksi Mandiri.

Daftar Institut Negeri di Indonesia:

  • Institut Seni Budaya Aceh
  • Institut Seni Budaya Bandung (ISBI)
  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS)
  • Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Institut Seni Indonesia Yogyakarta
  • Institut Teknologi Kalimantan
  • Institut Seni Budaya Tanah Papua

Daftar Institut Swasta di Indonesia:

  • Perbanas Institute
  • Institut Bisnis Nusantara
  • Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • dan lain-lain

 

4. Sekolah Tinggi

Menyelenggarakan pendidikan vokasi, sarjana, dan pascasarjana dalam satu rumpun ilmu. Contoh: London School Public Relations (LSPR) yang terkenal sebagai  pelopor sekolah komunikasi di Jakarta. Kampus ini memiliki jurusan public relations, marketing communication, digital media and broadcasting, performing arts, design communication, serta film and photography.  Selain itu, ada Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung yang menyelenggarakan pendidikan perhotelan dan pariwisata. Jenjang studi di sekolah tinggi dimulai dari D3 sampai S3. Kamu dapat mendaftar melalui seleksi mandiri di masing-masing kampus.

Baca Juga: Profil dan Informasi Lengkap Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)

 

5. Akademi

Menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu rumpun ilmu. Contoh: Akademi Militer, Akademi Kepolisian, Akademi Angkatan Laut, Akademi Kebidanan, Akademi Keperawatan, dan sejenisnya. Pilihan jenjang studinya dimulai dari Diploma III dan Diploma IV yang setara dengan Sarjana Terapan. Setelah lulus, kamu memperoleh gelar Ahli Madya (A.Md) atau Sarjana Terapan (S.Tr). Jalur masuk akademi yakni melalui seleksi mandiri masing-masing kampus. 

---

Semoga pembahasan tadi cukup jelas ya. Di mana pun kampusnya, pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan finansialmu. Masih ada waktu untuk meningkatkan prestasi akademik dengan bantuan bimbel Brain Academy. Fiturnya super lengkap, bisa diakses online maupun datang langsung ke cabang terdekat di kotamu, Kalau ragu, coba gratis aja dulu!

BA offline

Referensi:

Pengertian Jenis-jenis Perguruan Tinggi [Daring]. Tautan: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/

Daftar Institut di Indonesia [Daring]. Tautan: https://www.webometrics.info/en/asia/indonesia%20?page=1 

Jurusan di LSPR [Daring]. Tautan: https://www.lspr.edu/faculty-of-communication/

Jurusan di STP Bandung [Daring]. Tautan: https://www.stp-bandung.ac.id/

(diakses 6 - 10 Januari 2022)

 

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!

Beri Komentar