Informasi Lengkap Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN)

informasi kampus PKN STAN

Suka mapel Akuntansi dan Ekonomi? Mungkin kamu cocok jadi mahasiswa STAN. Berikut syarat dan jadwal pendaftaran, fasilitas, info kost, serta jurusan yang terdapat di STAN.

---

Selama ini, nggak jarang kita hidup di bawah ekspektasi orangtua (duh, serius amat bahasanya). Apalagi perkara masa depan, mereka lebih banyak mengambil keputusan soal pendidikan dan pekerjaan yang akan kita ambil. But, it's totally fine. Orang tua lahir lebih dulu daripada kita dan terkadang opini mereka terbukti kebenarannya.

Opini kayak gimana tuh contohnya?

Misalnya...."lulus SMA masuk STAN aja biar kerjanya gampang,"

Emang bener alumni STAN cepat dapat kerja? Sejak didirikan tahun 1954, STAN jadi idaman para orangtua dan siswa SMA. Kampus ini punya reputasi yang sangat bagus untuk jurusan Akuntansi maupun Keuangan. Buat kamu yang lagi mikirin gimana caranya masuk STAN, baca artikel ini sampai habis ya!

 

Sejarah PKN-STAN

Awalnya, STAN merupakan salah satu Pusdiklat yang berada di bawah Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan (BPLK). Gedung pertama STAN terletak di Jalan Purnawarman, Bintaro. Pada tahun 1988, STAN memiliki gedung baru yang diberi nama Kampus Ali Wardhana. Nama Ali Wardhana diambil sebagai penghargaan terhadap Menteri Keuangan Indonesia yang menjabat di tahun 1968 hingga 1983.

Baca Juga: Terbaru! Info SNMPTN 2022: Jadwal, Syarat, dan Tahap Pendaftarannya

Nah, tanggal 15 Juli 2015, sesuai dengan instruksi Kementerian Keuangan, STAN berganti nama menjadi Politeknik Keuangan Negara (PKN-STAN). Hal ini selaras dengan komitmen untuk menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan lulusan berkompeten di bidang keuangan. Hingga saat ini, PKN-STAN menyediakan program studi jenjang Diploma sampai Doktoral.

 

Jurusan di PKN STAN

Mulai tahun 2021, PKN-STAN memiliki 3 jurusan untuk mahasiswa baru, yaitu sebagai berikut:

1. D4 Akuntansi Sektor Publik

Program studi ini mempelajari cara menyusun dan menganalisis laporan keuangan, audit internal dan eksternal, analisis transaksi keuangan dan sistem informasi, serta merumuskan kebijakan di bidang akuntansi. D4 Akuntansi Sektor Publik hanya menerima 64 mahasiswa.

2. D4 Manajemen Aset Publik

Program studi ini mempelajari cara menganalisis keuangan dan investasi, tata laksana keuangan satuan kerja, merumuskan kebijakan keuangan publik, serta tata kelola perpajakan dan kepabeanan. D4 Manajemen Aset Publik mempunyai daya tampung sebanyak 159 mahasiswa. Terdapat 2 konsentrasi yang bisa dipilih, yaitu Manajemen Treasury Negara dan Manajemen Penerimaan Negara.

3. D4 Manajemen Keuangan Negara

Program studi ini mempelajari cara mengelola aset, menganalisis kekayaan negara dan kelayakan bisnis, menilai bisnis dan properti, mengelola piutang dan pengadaan, serta tata laksana kegiatan lelang. D4 Manajemen Keuangan Negara mempunyai daya tampung sebanyak 52 mahasiswa. Terdapat 2 konsentrasi yang bisa dipilih, yaitu Konsentrasi Manajemen & Perencanaan Strategis serta Penilaian Bisnis & Properti.

Jenjang studi D4 setara dengan Sarjana Terapan. Jika lulus, kamu akan memperoleh gelar Sarjana Sains Terapan Akuntansi. (S.Tr.Ak.)

Baca Juga: Beda Universitas, Politeknik, Institut, Akademi, dan Sekolah Tinggi

 

Jadwal dan Syarat Pendaftaran Masuk PKN STAN

Tidak seperti kampus lain, STAN hanya memiliki satu jalur pendaftaran setiap tahun. Berikut syarat dan tahapan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Politeknik Keuangan Negara STAN:

 

Persyaratan Umum SPMB PKN-STAN:

  1. Belum menikah, sehat jasmani dan rohani, bebas narkoba.
  2. Berusia sekurang-kurangnya 15 tahun dan maksimal 21 tahun.
  3. Memiliki rata-rata nilai rapor dan ijazah tidak kurang dari 70.00.
  4. Belum pernah diterima dan menjadi mahasiswa PKN-STAN sebelumnya.
  5. Lulusan SMA/SMK/MA dari semua jurusan di tahun yang sama atau satu tahun sebelumnya.
  6. Mengikuti UTBK di tahun yang sama dengan nilai Tes Potensi Skolastik (TPS) minimal 600 dan Tes Bahasa Inggris (TBI) minimal 450 untuk peserta program reguler atau TPS minimal 400 dan TBI minimal 375 untuk peserta program afirmasi.
  7. Membayar biaya pendaftaran sebesar 350 ribu rupiah

Persyaratan Khusus Jalur Afirmasi SPMB PKN-STAN:

  1. Peserta dari Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat: Memiliki surat keterangan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan peserta ADEM Provinsi Papua dan Papua Barat.

  2. Peserta dari Afirmasi non-ADEM Papua, non-ADEM Papua Barat serta Afirmasi Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur:

    - Telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat di provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur;

    - Memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur; dan

    - Mendapat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat.

Jadwal Pendaftaran PKN-STAN

BA - Pojok Kampus - Jadwal SPMB PKN STAN 2022

Pendaftaran PKN-STAN tahun 2022 dibuka sejak tanggal 16 April - 6 Mei 2022. Sebelum itu, kamu harus mendaftar online terlebih dahulu di website dikdin.bkn.go.id. Pengumuman hasil seleksi SPMB PKN-STAN akan diselenggarakan tanggal 29 Agustus 2022. Sedangkan pendaftaran ulang bagi mahasiswa baru dimulai sejak 5 September hingga 9 September 2022.


Baca Juga: 10 PTN yang Paling Diminati di UTBK-SBMPTN, Mana Pilihanmu?

 

Tahapan Pendaftaran PKN-STAN

  • Peserta mengakses portal sscasn.bkn.go.id dan mengikuti instruksi pendaftaran sampai selesai.
  • Peserta login ke laman spmb.pknstan.ac.id menggunakan username dan password yang telah didaftarkan.
  • Peserta memasukkan jumlah semester dan rata-rata nilai rapor per semester. 
  • Peserta memilih lokasi seleksi. Pastikan lokasi yang kamu pilih mudah diakses dari tempat tinggal. 
  • Peserta memilih 3 program studi berdasarkan urutan prioritas.
  • Setelah semua data terisi, peserta menekan tombol Simpan -> Kunci Data. Perlu diingat, data sudah terkunci dan tidak dapat diedit kembali.

Pihak kampus akan melakukan verifikasi berkas. Jika peserta dinyatakan lolos, maka langkah selanjutnya yaitu mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Lanjutan.

  • Peserta memperoleh kode pembayaran
  • Peserta mencetak Kartu Peserta Ujian (KPU) di portal sscasn.bkn.go.id

Materi Seleksi SPMB PKN-STAN

 

1. Seleksi Kompetensi Dasar

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN). SKD terdiri dari:

  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan jumlah soal sebanyak 30 butir dan skor minimum 65.
  • Tes Intelegensi Umum (TIU) dengan jumlah soal sebanyak 35 butir dan skor minimum 80.
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan jumlah soal sebanyak 45 butir dan skor minimum 156.

Baca Juga: 12 Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di Indonesia, Lulus Langsung Kerja!

 

2. Seleksi Kompetensi Lanjutan

Peserta yang dinyatakan lolos SKD akan mengikuti Seleksi Kompetensi Lanjutan di lokasi yang sudah ditentukan. SKL terdiri dari:

  • Tes Kesehatan, yaitu pemeriksaan tinggi dan berat badan, mata, tekanan darah, atau pemeriksaan kesehatan lainnya yang ditentukan oleh Panitia Pusat.
  • Tes Kebugaran, yaitu lari mengelilingi lintasan dan shuttle runpull up/chinning, push up, sit up atau aktivitas fisik lain yang ditentukan oleh Panitia Pusat.
  • Wawancara. Di tahap ini, jawablah pertanyaan dengan singkat, jelas, dan ramah. Jika ragu, kamu bisa berlatih terlebih dahulu agar tidak gugup di hari seleksi.

Lulusan STAN Langsung Jadi PNS?

Bener nggak sih kalau alumni STAN punya peluang lebih besar untuk bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil? Jawabannya, lulusan D4 STAN dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah sesuai dengan formasi dan kebutuhan yang tersedia pada tahun tersebut. Akan tetapi, mereka harus mengikuti tes kompetensi terlebih dahulu ya.

kuliah di PKN STAN-1

 

Fasilitas di PKN STAN

Penasaran nggak berapa luas kampus ini? Yup, 22 hektar! Pastinya luas dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, mulai dari Perpustakaan, Laboratorium, Mini Office, Poliklinik, Sarana Olahraga, Ruang Kegiatan Mahasiswa, Ruang Pelatihan Bahasa Asing, Kantin, Area Parkir, dan ATM. Kalau bosan belajar di kelas, mahasiswa bisa memanfaatkan gazebo dan belajar di ruang terbuka hijau dengan kapasitas 500 orang.

 

Lokasi dan Akses Kampus PKN STAN

Pertanyaan yang paling banyak orang ingin tahu jawabannya adalah, gimana caranya biar aku bisa sampai ke kampus STAN ini? Nah, kita punya nih jawaban dari pertanyaan kamu.

 

Alamat STAN:

Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya Tangerang Selatan, Banten, Indonesia. 15222.

 

Akomodasi di Sekitar Kampus STAN:

Kost daerah Ceger, Sarmili, Pondok Jaya, Kali Mongso, PJMI (Perumahan Jurangmangu Indah), Ciputat

 

Transportasi di Sekitar Kampus STAN:

  • Stasiun Jurangmangu
  • Stasiun Pondok Ranji
  • Stasiun Rawabuntu
  • Stasiun Palmerah

---

Itu dia informasi PKN-STAN mulai dari jurusan, biaya, sampai kost di sekitar kampus. Buat kamu yang mau kuliah di sini, yuk mulai belajar UTBK dari sekarang. Sebab, skor nilai UTBK juga diperlukan pada saat pendaftaran PKN-STAN. Kalau butuh bantuan, kamu bisa ikutan bimbel offline dan online di Brain Academy!

Paket UTBK Brain Academy

Referensi:

Sejarah STAN [Daring]. Tautan:

https://stanbrain.com/sejarah-berdirinya-kampus-pkn-stan/

https://ens-stan.com/blog/tahukah-kamu-sejarah-didirikannya-kampus-pkn-stan

Jurusan yang ada di STAN [Daring]. Tautan: https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-5550701/daftar-sekolah-kedinasan-pkn-stan-2021-ini-3-prodi-baru-dan-kuotanya 

Pendaftaran STAN [Daring]. Tautan: https://e-dropbox.kemenkeu.go.id/index.php/s/lhjEhEFIDOgh09y

https://e-dropbox.kemenkeu.go.id/index.php/s/7SxjH7m9uXgCkk9u 

Rasanya Kuliah di STAN [Daring]. Tautan: https://id.quora.com/Bagaimana-rasanya-berkuliah-di-STAN

Artikel ini terakhir diperbarui tanggal 19 April 2022

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!