Kenal Lebih Dekat dengan Jurusan Ilmu Komunikasi, Yuk!

Jurusan Ilmu KomunikasiAda beberapa hal yang perlu kamu tahu sebelum menjadi mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi. Mulai dari ilmu turunannya sampai prospek kerjanya. Yuk, cari tahu disini!

--

Jurusan Ilmu Komunikasi sampai sekarang masih menjadi salah satu prodi yang paling diminati oleh calon mahasiswa baru. Hal ini disebabkan karena komunikasi sendiri adalah salah satu bidang yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga selalu berkembang dan selalu dibutuhkan.

Pada pendaftaran SBMPTN 2021 kemarin, Ilmu Komunikasi juga menjadi salah satu prodi dengan pendaftar terbanyak di beberapa PTN. Salah satunya di Universitas Padjadjaran, Ilmu Komunikasi menempati urutan nomor satu prodi paling diminati SBMPTN 2021, dengan peminat 3.134 dan daya tampung 32. 

Apa itu Ilmu Komunikasi dan apa saja ilmu turunannya?

Jurusan Ilmu Komunikasi adalah prodi yang mempelajari tentang bagaimana proses penyampaian pesan secara efektif agar dapat sampai kepada sasaran yang dituju. Selain itu, jurusan Ilmu Komunikasi mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, seperti antar individu, media, dan lain sebagainya.

Jurusan Ilmu KomunikasiJurusan Ilmu Komunikasi (Sumber: Pintek.id)

Ilmu Komunikasi merupakan induk dari beberapa ilmu turunannya, seperti Public Relation, Jurnalistik, Manajemen Komunikasi, Periklanan, Marketing Communication, dan sebagainya. Maka dari itu, saat kamu masuk ke prodi Ilmu Komunikasi, biasanya kamu akan diarahkan untuk mengambil peminatan.  Tapi, di setiap kampus memiliki peminatan yang berbeda-beda, lho. 

Apa yang akan dipelajari di Ilmu Komunikasi?

Pada perkuliahan tahun pertama, sebagai anak Ilmu Komunikasi, kamu masih akan belajar mata kuliah umum, seperti Pengantar Ilmu Komunikasi, Teori Komunikasi, Komunikasi Massa, Sosiologi Komunikasi, dan Psikologi Komunikasi. Lalu mulailah pada semester 3 atau 4, mata kuliah sudah mengarah pada peminatan yang dipilih.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi

Misal, kamu memilih Jurnalistik sebagai peminatan, maka mata kuliah yang akan kamu dapatkan adalah yang berkaitan dengan Jurnalistik. Contohnya, Dasar-dasar Jurnalistik, Hukum dan Etika Jurnalistik, Bahasa Jurnalistik, Teknik wawancara, dan masih banyak lagi. 

Skill apa yang harus kamu miliki?

Di Ilmu Komunikasi, salah satu soft skill dasar yang harus kamu punya adalah skill public speaking. Public speaking itu sendiri berarti kemampuan menyampaikan pesan yang baik kepada audiens. 

“Oh, cuma modal ngomong aja dong berarti?” 

Eits, jangan salah! Public Speaking juga harus dilatih dan banyak tekniknya, lho. Salah satunya body gesture atau bahasa tubuh. 

Public speaker

Public Speaking (Sumber: Polkadotpowerhouse.com)

Selain soft skill, di Ilmu Komunikasi hard skill kamu juga akan diasah. Kamu akan belajar cara menulis yang baik, belajar tentang videografi, fotografi, dan masih banyak lainnya. Jadi, bakal banyak banget ilmu yang bisa berguna untuk masa depan kamu. Bukan hanya di dunia kerja, tapi juga untuk kehidupan sehari-hari.

Prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi

Prospek kerja dari lulusan Ilmu Komunikasi juga beragam dan menjanjikan, lho. Kamu bisa menjadi Public Relations Officer atau Hubungan Masyarakat. PR atau Humas singkatnya adalah profesi yang memiliki peran untuk menjembatani perusahaan dengan publik maupun pihak lain, untuk mencapai tujuannya. 

Baca Juga: Intip Jurusan Administrasi Bisnis, Jadi Favorit di UTBK

Selain PR atau humas, kamu juga bisa jadi reporter. Yaitu bertugas dalam melaporkan berita di lapangan, bisa dalam bentuk tulisan media online maupun media cetak. Selain itu, kamu juga bisa menjadi wartawan. Yang tugasnya menulis dan melaporkan berita atau informasi dari suatu kejadian.

ReporterReporter (Sumber: freepik.com) 

Selain itu, kamu juga bisa berprofesi sebagai blogger, penyiar radio, fotografer, dosen, event organizer (EO), editor, MC, copywriter, dan masih banyak lainnya. Gaji awal dari fresh graduate Ilmu Komunikasi pun bervariasi. Umumnya gaji awal lulusan komunikasi berkisar antara 5 juta - 7 juta rupiah.

---

Gimana Brainies, apa kamu tertarik untuk masuk jurusan Ilmu Komunikasi? Selain meningkatkan skill public speaking, kamu juga harus mempersiapkan diri agar bisa diterima oleh salah satu jurusan Ilmu Komunikasi di PTN ternama. Yuk, tingkatkan kemampuan akademik kamu bersama Brain Academy Online!

BA online

Referensi

HC Indonesia Editor (2016), Jurusan Komunikasi dan Prosper Kerjanya [daring]. Tautan: https://www.hotcourses.co.id/study-abroad-info/subject-info/jurusan-komunikasi-dan-prospek-kerjanya/. Diakses pada 19 Mei 2021. 

Kampus Aja (2021), 25 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi [daring]. Tautan: https://kampusaja.com/prospek-kerja-lulusan-ilmu-komunikasi/. Diakses pada 19 Mei 2021. 

Sumber foto:

Jurusan Ilmu Komunikasi [daring]. Tautan: https://pintek.id/blog/ilmu-komunikasi/. Diakses pada 21 Mei 2021. 

Public Speaking [daring]. Tautan: https://www.polkadotpowerhouse.com/images/com_eventbooking/speaker.jpg. Diakses pada 21 Mei 2021. 

Reporter [daring]. Tautan: https://www.freepik.com/premium-photo/reporter-woman-holding-microphone-reporting-news-isolated-blue-wall-points-finger-you_6786107.htm. Diakses pada 21 Mei 2021. 

Profile

Ratu Kanaya Thalita Mirza

Beri Komentar