Apa Itu Me Time? Ini Pengertian dan Manfaatnya

melakukan me time

Artikel ini membahas tentang manfaat dari melakukan me-time

Deadline tugas menumpuk, rapat organisasi sampai malam, ditambah lagi mikirin pacar kamu lagi rewel karena kamu slow respond. Duh, yang seperti ini nih bikin kepala jadi mumet! Seharian, otak dipaksa untuk terus memikirkan banyak hal. Rasanya kepala seperti ingin meledak!

tenor (1)-1Banyak pikiran bisa membuat kamu stres (sumber: tenor.com)

Eits! Kalau sudah begini, jangan paksakan otak kamu untuk terus bekerja ya, teman-teman! Soalnya, otak kita juga harus di-cas agar dapat bekerja dengan maksimal. Coba yuk, istirahatkan otakmu dengan melakukan me time!

Me time atau menghabiskan quality time bersama diri sendiri terbukti dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan mental dan tubuh teman-teman, lho. Wah, apa saja tuh? Yuk simak manfaat me time di bawah ini!

 

Pengertian Me Time

Me time berasal dari bahas Inggris yang artinya adalah waktu untuk diri sendiri. Menurut Collins Dictionary, me time adalah waktu yang diluangkan oleh seseorang untuk dirinya sendiri dan melakukan hal-hal untuk menyenangkan dirinya.

Seperti artinya, me time dilakukan tanpa kehadiran atau gangguan dari orang lain. Me time dilakukan dengan tujuan untuk mengisi kembali semangat di dalam diri, beristirahat, dan menikmati jeda waktu untuk recharge.

 

Manfaat Me Time

Ada banyak manfaat me time yang bisa kamu rasakan. Jika dilakukan dengan baik, me time bisa mengembalikan energi positif ke dalam diri seseorang.

1. Meningkatkan kreativitas dan produktivitas

Me time dipercaya dapat menjernihkan otak dan membuat kamu lebih fokus dalam berpikir. Sebuah studi dari Washington University, Amerika Serikat, menemukan bahwa orang yang menyendiri untuk memikirkan ide cenderung memiliki lebih banyak ide ketimbang mereka yang melakukannya secara berkelompok.

meningkatkan produktivitasMenyendiri bisa meningkatkan konsentrasi serta kreativitas (sumber: rawpixel.com)

Selain itu, melakukan me time juga merupakan sebuah kesempatan kamu untuk mengesampingkan sejenak segala gangguan untuk mengistirahatkan diri dan pikiran. Alhasil, kamu akan lebih berkonsentrasi dan bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu singkat.

Baca juga: Kreatif: 6 Cara Biar Kamu Banyak Ide

 

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Me time dapat meningkatkan daya tahan tubuh, kok bisa?”

Tentu bisa! Sebab, melakukan me time ternyata dapat memberikan kita perasaan bahagia. Nah, menurut penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Psychosomatic Medicine, orang yang memiliki emosi positif – berupa rasa bahagia, berenergi, dan tenang – ternyata lebih jarang terkena penyakit flu.

meningkatkan daya tahan tubuhRasa bahagia yang diperoleh dari me time dapat meningkatkan daya tahan tubuh (sumber: rawpixel.com)

Tidak hanya itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh European Heart Journal juga membuktikan bahwa seseorang yang memiliki perasaan bahagia mengalami penurunan resiko untuk terkena penyakit jantung hingga 22%!

 

3. Kesempatan untuk mengenal diri sendiri

Sering bersosialisasi dengan beberapa kerabat tanpa disadari dapat mempengaruhi persepsi kamu terhadap berbagai macam hal. Persepsi ini ‘lah yang kemungkinan juga dapat mempengaruhi kamu dalam bertindak dan mengambil keputusan kelak.

mengenal diriKamu dapat memanfaatkan me time untuk dapat mengenal diri (sumber: rawpixel.com)

Dengan me time, kamu bisa merenungkan berbagai macam hal – bahkan yang tidak pernah terpikir oleh kamu sebelumnya – tanpa diganggu oleh pemikiran orang lain. Dengan begini, kamu juga akan lebih mantap dalam mengambil berbagai keputusan dalam hidup.

Melakukan me time juga bisa menjadi kesempatan untuk kamu mengeksplorasi berbagai macam bakat terpendam yang mungkin tanpa sadar kamu miliki, lho! Siapa tau, bakat terpendam tersebut juga dapat berguna untuk kamu kelak!

 

4. Meningkatkan kualitas hubungan dan bersosialisasi dengan orang sekitar

Terus-menerus melakukan interaksi sosial terkadang dapat membuat kamu merasa cepat jenuh dengan orang sekitar. Akibatnya, kamu jadi cepat keki dan menghadirkan berbagai konflik sepele dengan orang sekitar – entah terhadap teman, pasangan, atau bahkan keluarga.

meningkatkan kualitas hubunganMeningkatkan kualitas hubungan dengan kerabat (sumber: rawpixel.com)

Menghabiskan waktu dengan diri sendiri dan jauh dari orang lain tentu dapat membuat kamu jadi merasa lebih tenang. Sehingga, kamu akan lebih baik dalam menghadapi konflik, berinteraksi dengan orang, dan kamu juga akan lebih menghargai kehadiran orang-orang di sekitar kamu. Ini tentunya juga memberi dampak positif bagi hubungan kamu dengan kerabat.

Wah, gak nyangka, ternyata kegiatan sesimpel ini dapat memberikan banyak sekali manfaat positif bagi kesehatan kita! Nah kalau teman-teman sudah merasa fresh setelah melakukan me time, yuk lanjutkan lagi belajarnya bersama Brain Academy Online!

BA online - Brain Academy

Referensi:

Mahardini Nur Afifah. Apa Itu Me Time dan Arti Pentingnya bagi Kesehatan Mental. kompas.com. 11 Agustus 2020. [Daring]. Tautan: https://health.kompas.com/read/2020/08/11/133200868/apa-itu-me-time-dan-arti-pentingnya-bagi-kesehatan-mental?page=all#:~:text=Dilansir%20dari%20Psychology%20Today%2C%20psikolog,karena%20pikiran%20jadi%20lebih%20jernih (Diakses: 14 Januari 2021)

Dr. Valda Garcia. Manfaat Sehat di Balik Me Time. klikdokter.com. 9 September 2020. [Daring]. Tautan: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3604702/manfaat-sehat-di-balik-me-time (Diakses: 14 Januari 2021)

Dr. Verury Verona Handayani. Pentingnya Me Time Bisa Jaga Kesehatan Mental, Benarkah. halodoc.com. 10 Oktober 2019. [Daring]. Tautan: https://www.halodoc.com/artikel/pentingnya-me-time-bisa-jaga-kesehatan-mental-benarkah (Diakses: 14 Januari 2021)

Diah Ayu. Pentingnya ‘Me Time’ untuk Segarkan Tubuh dan Pikiran. hellosehat.com. 3 Juni 2019. [Daring]. Tautan: https://hellosehat.com/mental/stres/manfaat-me-time/#gref (Diakses: 14 Januari 2021)

Sumber Gambar:

Banyak pikiran bisa membuat kamu stres. tenor.com. [Daring]. Tautan: https://tenor.com/view/neds-declassified-disney-stress-school-gif-18236919 (Diakses: 14 Januari 2021)

Menyendiri bisa meningkatkan konsentrasi serta kreativitas. rawpixel.com. [Daring]. Tautan: https://www.rawpixel.com/image/545725/free-photo-image-matcha-influencer-kimono (Diakses: 14 Januari 2021)

Rasa bahagia yang diperoleh dari me time dapat meningkatkan daya tahan tubuh. rawpixel.com. [Daring]. Tautan: https://www.rawpixel.com/image/388566/girl-jumping-bed (Diakses: 14 Januari 2021)

Kamu dapat memanfaatkan me time untuk dapat mengenal diri. rawpixel.com. [Daring]. Tautan: https://www.rawpixel.com/image/417096/premium-photo-image-alone-asia-asian (Diakses: 14 Januari 2021)

Meningkatkan kualitas hubungan dengan kerabat. rawpixel.com. [Daring]. Tautan: https://www.rawpixel.com/image/71655/premium-photo-image-african-descent-after-school-asian-ethnicity (Diakses: 14 Januari 2021)

Tiara Syabanira Dewantari