Masih di Bidang Kesehatan, 4 Jurusan ini Ternyata Jarang Peminat

Tiara Syabanira Dewantari Feb 26, 2021 • 7 min read


HEADER1-01

Artikel ini membahas tentang jurusan-jurusan berkaitan dengan bidang kesehatan yang jarang diminati

--

Ketika berbicara tentang dunia kesehatan, pasti jurusan yang paling sering disebut adalah Jurusan Kedokteran, Jurusan Farmasi, Jurusan Kesehatan Masyarakat, atau Jurusan Keperawatan. Yup, mereka adalah sebagian dari barisan para jurusan yang sangat diminati oleh banyak siswa SMA dan SMK.

Tapi, apa hanya itu saja ilmu kesehatan yang bisa menjadi opsi kamu? Tentu saja tidak!

Ternyata, ada beberapa jurusan yang masih menjadi bagian dari ilmu kesehatan yang jarang diketahui oleh siswa. Sampai-sampai, mereka disebut sebagai jurusan dengan jumlah peminat yang cenderung sedikit. Wah, apa saja tuh? Biar gak penasaran, yuk simak artikel ini sampai selesai!

1. Jurusan Teknik Biomedik

Punya minat yang besar terhadap teknik dan medis? Jurusan Teknik Biomedik mungkin ditakdirkan untuk kamu. Jurusan ini akan mengajak kamu untuk belajar tentang aplikasi elemen-elemen ilmu teknik dalam memanfaatkan teknologi–seperti mesin Magnetik Resonance Imaging (MRI), implan, rekayasa regenerasi jaringan–yang berguna untuk meningkatkan kesehatan pasien.

teknik biomedikJurusan Teknik Biomedik (sumber: unews.com)

Jangan ragu untuk masuk jurusan ini. Sebab, meskipun kurang populer di kalangan pelajar, Jurusan Teknik Biomedik menawarkan prospek kerja yang luas dan dengan gaji menjanjikan, lho. Asal kamu tahu saja, dilansir dari situs passinggrade.co.id, lulusan dari Jurusan Biomedik di negara maju seperti Amerika ternyata kisaran gajinya sebesar US$62,700–US$104,000 atau jika dirupiahkan sebesar Rp.846.450.000–Rp.1.404.000.000!

Baca juga: 9 Jurusan dengan Lulusan Bergaji Tinggi

Masih dari situs yang sama, lowongan kerja di bidang teknik biomedik juga diperkirakan akan terus meningkat. Tidak menutup kemungkinan bahwa Jurusan Teknik Biomedik akan menjadi jurusan keahlian yang terdepan.

Di Indonesia, Jurusan Teknik Biomedik sendiri sudah tersedia di beberapa universitas, seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Airlangga (UNAIR).

2. Jurusan Fisioterapi

Meskipun kehadirannya sangat dibutuhkan dalam dunia kesehatan, ternyata kehadiran Jurusan Fisioterapi masih asing bagi siswa. Fisioterapi merupakan cabang ilmu kesehatan yang erat dengan penanganan kelainan fisik dengan mengoptimalkan, menstabilkan, atau memperbaiki fungsi alat gerak/tubuh manusia yang mengalami gangguan. Maka dari itu, selama 3–5 tahun menempuh pendidikan, kamu akan belajar tentang anatomi tubuh manusia beserta fungsinya.

jurusan fisioterapiJurusan Fisioterapi (sumber: curtincollege.edu.au)

Setelah lulus, kamu bisa bekerja di klinik, rumah sakit, atau pusat kebugaran sebagai seorang Fisioterapis. Selain itu, kamu juga bisa kok membuka jasa praktek sendiri sebagai konsultan layanan Fisioterapi, misalnya untuk atlet atau orang-orang dengan penyakit tertentu.

Ada beberapa universitas di Indonesia yang menyediakan Jurusan Fisioterapi, di antaranya yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Udayana, dan Universitas Hasanuddin.

3. Jurusan Radiologi

Ingin bermain dengan alat-alat modern nan canggih kedokteran seperti sinar-x, ultrasonografi (USG), dan Magnetik Resonance Imaging (MRI)? Atau kamu tertarik untuk memiliki keahlian dalam membaca hasil rontgen? Jurusan Radiologi bisa banget jadi pilihan kamu!

jurusan radiologiJurusan Radiologi (sumber: mediaindonesia.com)

Jurusan Radiologi merupakan cabang ilmu kesehatan yang mempelajari tentang radiodiagnostik dan radioterapi untuk memindai dan mendiagnosis tubuh manusia. Seorang Radiografer biasanya akan bekerja di rumah sakit, laboratorium, atau lembaga kesehatan sebagai orang yang mengoperasikan alat-alat canggih yang telah disebutkan sebelumnya.

Kalau kamu tertarik, Jurusan Radiologi ini tersedia di beberapa universitas, di antaranya Universitas Airlangga (UNAIR), Politeknik Kesehatan Jakarta II, dan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang.

4. Jurusan Keselamatan da Kesehatan Kerja (K3)

Sesuai dengan namanya, Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan jurusan yang mempelajari tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan keselamatan di dunia kerja–mulai dari jaminan hingga aturan yang perlu ditetapkan dan dipatuhi demi menjamin keselamatan karyawan di suatu perusahaan .

Lulusan dari jurusan ini sangat dibutuhkan lho, khususnya bagi perusahaan di bidang; konstruksi bangunan, jalan, dan jembatan; pertambangan gas dan minyak; perkapalan; perhotelan; pabrik; perkapalan; rumah sakit; dan manufaktur. Apalagi kini, pemerintah semakin tegas dalam menekankan keselamatan karyawan hingga memberi sanksi kepada perusahaan yang tidak menetapkan aturan keselamatan kerja.

jurusan k3Jurusan K3 (sumber: safetysignindonesia.id)

Jurusan ini sudah tersedia di berbagai universitas, seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Sebelas Maret, Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), dan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPN Veteran Jakarta).

Meski dijuluki sebagai jurusan yang sepi peminat, tidak berarti keempat jurusan tersebut tidak sulit untuk ditembus, ya! Ayo, jangan besar kepala dulu. Sepi peminat bukan berarti sepi saingan, lho. Kalau kamu lengah, bisa-bisa jatah kursi kamu diambil sama siswa yang lebih rajin. Lebih baik, kamu persiapkan diri kamu dengan ikut bimbel di Brain Academy! Selain meningkatkan kemampuan akademis, Brain Academy Online juga menyediakan Klinik PR yang siap membantu kamu dalam menyelesaikan berbagai tugas dari sekolah. Yuk segera daftar!

BA online

Sumber:

Erwin Hutapea. 3 Jurusan Bidang Kesehatan Ini Sangat Dibutuhkan Sepi Peminat. kompas.com. 17 Juli 2019. [Daring]. Tautan: https://edukasi.kompas.com/read/2019/07/17/18294991/3-jurusan-bidang-kesehatan-ini-sangat-dibutuhkan-tapi-sepi-peminat (Diakses: 3 Februari 2021)

Nadira Salsabila Budiman. Jarang Diminati, 5 Jurusan Ini Ternyata Punya Prospek Kerja Menjanjikan. campuspedia.id. [Daring]. Tautan: https://campuspedia.id/news/jarang-diminati-5-jurusan-ini-ternyata-punya-prospek-kerja-menjanjikan/ (Diakses: 3 Februari 2021)

25 Kampus Keren Dengan Jurusan yang Sepi Peminat. mamikos.com. [Daring]. Tautan: https://mamikos.com/konten/25-kampus-keren-dengan-jurusan-yang-sepi-peminat (Diakses: 3 Februari 2021)

Prospek Kerja Teknik Biomedik. passinggrade.co.id. 26 November 2020. [Daring]. Tautan: https://passinggrade.co.id/%E2%88%9A-prospek-kerja-teknik-biomedik/ (Diakses: 3 Februari 2021)

Sumber gambar:

Jurusan Teknik Biomedik. unews.com. [Daring]. Tautan: https://www.usnews.com/education/best-graduate-schools/top-engineering-schools/slideshows/discover-the-11-best-graduate-biomedical-engineering-schools (Diakses: 3 Februari 2021)

Jurusan Fisioterapi. curtincollege.edu.au. [Daring]. Tautan: https://www.curtincollege.edu.au/courses/health-sciences/ (Diakses: 3 Februari 2021)

Jurusan Radiologi. mediaindonesia.com. [Daring]. Tautan:https://mediaindonesia.com/humaniora/155025/uii-ciptakan-aplikasi-tingkatkan-kinerja-dokter-radiologi.html (Diakses: 3 Februari 2021)

Jurusan K3. safetysignindonesia.id. [Daring]. Tautan:https://safetysignindonesia.id/osha-partisipasi-pekerja-dalam-implementasi-program-k3-itu-penting/ (Diakses: 3 Februari 2021)

Beri Komentar