5 Prodi Saintek Paling Diminati di UTBK-SBMPTN 2021

Pojok_Kampus_Jurusan_Saintek_Terketat_di_UTBK_2021-01

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN tinggal beberapa bulan lagi. Berikut daftar jurusan Saintek yang paling banyak diminati di UTBK 2021. Ayo, cari tahu bersama!

---

Halo, Brainies! Selain PTS dan PAS, kamu yang duduk di bangku SMA juga perlu mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan UTBK-SBMPTN. Meskipun masih beberapa bulan lagi, pemilihan jurusan di UTBK mempengaruhi lolos atau tidaknya kamu menjadi mahasiswa baru lho. Kamu harus bisa membandingkan passing grade tiap jurusan dengan kemampuan diri sendiri.

Selain jurusan Soshum, beberapa jurusan Saintek ini memiliki banyak peminat di UTBK. Bisa tebak apa saja? Yuk, kita cari tahu prodi Saintek dengan keketatan tertinggi pada UTBK-SBMPTN 2021!

1. Kedokteran

Dari tahun ke tahun, jumlah siswa yang memilih jurusan Kedokteran tak pernah sedikit. Di Universitas Sebelas Maret (UNS) peminat prodi Kedokteran pada UTBK yaitu 3924 dengan daya tampung 63 mahasiswa. Di Universitas Gadjah Mada (UGM) peminat prodi Kedokteran mencapai 3565 dengan daya tampung 62 kursi. Sedangkan di UI menampung hanya menerima 54 kursi untuk 3045 peminat jurusan Kedokteran.

Jurusan Kedokteran mempelajari anatomi tubuh manusia, diagnosis penyakit, dan cara mengatasinya. Untuk menjadi seorang dokter umum, kamu harus menjalani pendidikan selama 6 tahun. Dimulai dari masa kuliah (preklinik), koas, ujian kompetensi, dan internship. Setelah itu, barulah kamu bisa bekerja di rumah sakit atau membuka klinik sendiri. Jika ingin menjadi dokter spesialis, kamu harus menjalani masa residen.

Baca Juga: Mau Jadi Dokter? Ini Tahapan yang Harus Kamu Lewati

2. Teknik Informatika

Beralih ke rumpun teknik, jurusan ini jadi favorit di kelompok ujian Saintek. Jurusan Teknik Informatika UNPAD memiliki peminat sebanyak 2465 dengan daya tampung 28 kursi. Sedangkan jumlah siswa yang memilih Teknik Informatika Universitas Brawijaya mencapai 1968 orang dengan daya tampung 96 kursi. Di Sekolah Teknik Informatika ITB kuota yang disediakan berjumlah 178 kursi dengan peminat 2752 siswa.

Mata kuliah Teknik Informatika antara lain bahasa pemrograman, algoritma komputer, dan kecerdasan buatan. Prospek kerja lulusan Teknik Informatika cukup luas, mengingat saat ini hidup manusia bergantung pada teknologi. Kamu bisa bekerja sebagai software engineersystem analyst, game developer, konsultan IT, dan sebagainya.

3. Farmasi

Prodi Saintek yang paling diminati selanjutnya adalah Farmasi. Ada 18 kursi yang diperebutkan oleh 1581 siswa di jurusan Farmasi Universitas Negeri Surakarta (UNS). Di UGM, jumlah peminat prodi Farmasi mencapai 2201 dengan daya tampung 88 mahasiswa. Sementara UI menampung 27 kursi dari 1.059 pendaftar. Ketat banget ya, Brainies? 

Jika masuk ke jurusan ini, kamu akan meracik dan menganalisis bahan obat sesuai standar kelayakan. Kamu juga belajar tata cara pendistribusian obat-obatan. Bukan cuma untuk pasien, ilmu Farmasi juga digunakan dalam membuat kosmetik dan makanan. Cocok nih buat kamu yang senang bereksperimen di laboratorium. 

Baca Juga: Jurusan Farmasi Bukan Cuma Ngurusin Obat-Obatan

4. Ilmu Keperawatan

Masih di bidang kesehatan, Ilmu Keperawatan turut menjadi incaran peserta UTBK-SBMPTN. Sebanyak 1214 siswa mendaftar ke jurusan Ilmu Keperawatan UNAIR dengan kuota 69 kursi. Di UNPAD, jumlah peminatnya mencapai 1184 dengan daya tampung 80. Sedangkan Universitas Brawijaya (UB) 80 kursi diperebutkan oleh 1127 pendaftar.

Mata kuliahnya antara lain Ilmu Biomedik, Dasar Keperawatan, Psikologi, Keperawatan Gawat Darurat, Antropologi Kesehatan, Komputer Kesehatan, dan sebagainya. Untuk menjadi perawat di rumah sakit, kamu diwajibkan menjalani program profesi NERS selama satu tahun. Nggak hanya mengurus pasien, kamu juga berpeluang bekerja di sektor manajemen rumah sakit atau layanan kesehatan lainnya.

5. Teknik Industri

Mau masuk jurusan ini? Kamu harus bersaing dengan 1435 peserta di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), karena mereka hanya menyediakan 60 kursi untuk jurusan Teknik Industri. Sedangkan Teknik Industri UNDIP memiliki peminat sebanyak 1230 dengan kuota 60. Di Insitut Teknologi Bandung (ITB) 111 kursi diperebutkan oleh 1515 pendaftar. 

Hampir serupa dengan jurusan Manajemen, di Teknik Industri kamu akan belajar cara mengoptimalkan mesin, sumber daya manusia, dan bahan baku untuk menghasilkan sebuah produk.  Maka dari itu, lulusan Teknik Industri bisa bekerja di semua bidang, dari keuangan hingga pertambangan. Siap masuk jurusan ini?

---

Tuh, kan, ternyata saingan kamu banyak banget. Tapi nggak usah khawatir, cicil materi UTBK dengan bantuan Brain Academy Online. Ada live teaching, kelas akselerasi, e-book persiapan UTBK dan try out hingga 29 kali! Kamu juga bisa konsultasi jurusan dan sharing soal yang sulit dijawab. Ayo daftar sekarang!

BA online

Referensi:

Jurusan Saintek Paling Diminati di UTBK SBMPTN [Daring]. Tautan: https://www.suara.com/news/2021/03/17/132445/5-prodi-paling-diminati-di-sbmptn-2021-daya-tampung-dan-jumlah-peminat?page=all

Passing Grade Jurusan Saintek [Daring]. Tautan: https://sidata-ptn.ltmpt.ac.id/

(diakses 22 September 2021)

 

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!

Beri Komentar