Kupas Tuntas Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat

Jurusan Kesehatan Masyarakat

Jurusan kesehatan bukan cuma Kedokteran, tetapi ada juga Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat. Lalu adakah perbedaan materi kuliah dan prospek kerjanya? Simak artikelnya, yuk!

Selain Jurusan Farmasi, masih ada jurusan kesehatan lain yang tidak berinteraksi langsung dengan pasien, yakni Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jurusan ini berbeda dengan Jurusan Ilmu Kedokteran dan Jurusan Ilmu Keperawatan karena tidak bertugas merawat dan menyembuhkan pasien. Terus apa itu Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat?

 

Mengenal Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat adalah jurusan yang mempelajari ilmu tentang peningkatan mutu kesehatan masyarakat dan pencegahan terhadap penyakit. Yups, kalau Jurusan Ilmu Kedokteran lebih mengarah pada tindakan kuratif (penyembuhan) dan rehabilitasi (pemulihan) orang sakit, maka Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat melakukan tindakan promotif (peningkatan) dan preventif (pencegahan) orang sehat agar tidak sakit. Gimana, bisa dipahami ‘kan perbedaannya, Brainies?

Kalau kita kulik dari namanya, bisa ditebak jurusan ini nggak cuma berkaitan dengan kesehatan, tapi juga sosial. Eits, meski ada unsur sosialnya, jurusan ini hanya bisa dimasuki oleh lulusan IPA atau anak Saintek lho, ya.

Baca Juga: 8 Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Menghitung

Oh iya, Brainies, karena jurusan ini berkaitan dengan masyarakat sebagai kelompok sosial, maka pelayanannya pun tertuju pada skala besar, seperti keluarga, komunitas, bahkan rakyat suatu negara atau dunia. Jadi, bukan cuma terbatas pada individu saja layaknya dokter ya.

 

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat

Di Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, mata kuliah yang dipelajari sangat beragam. Ada yang berkaitan dengan kesehatan, sosial, administrasi, hingga ekonomi. Pokoknya banyak deh, Brainies! Sebagai contoh, yuk kita lihat beberapa mata kuliah Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat di Universitas Negeri Semarang (Unnes) berikut ini.

Mata Kuliah Jurusan Kesehatan Masyarakat

Semester 1 dan 2

Mata kuliah yang dipelajari pada semester awal umumnya berupa pengantar atau dasar yang akan membuka wawasanmu tentang jurusan ini. Misalnya,

  • Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat,
  • Dasar Kependudukan,
  • Sosio Antropologi Kesehatan,
  • Anatomi,
  • Fisiologi,
  • Biokimia,
  • Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, dan
  • Gizi Kesehatan Masyarakat.

Semester 3 dan 4

Melewati semester awal, kamu udah mulai meninggalkan mata kuliah dasar-dasar di jurusan ini. Lalu apa saja mata kuliah yang dipelajari? Contohnya,

  • Promosi Kesehatan,
  • Ekonomi Kesehatan,
  • Sistem Informasi Kesehatan,
  • Epidemiologi Penyakit Menular,
  • Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif,
  • Penulisan Ilmiah,
  • Komunikasi Kesehatan, dan
  • Surveilans Kesehatan Masyarakat.

Baca Juga: Kenapa Kita Merasa Lapar dan Kenyang?

Semester 5 dan 6

Pada semester tengah, kamu hanya akan belajar mata kuliah sesuai dengan bidang peminatan yang diambil. Nah, di Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Unnes ada enam peminatan yang ditawarkan, yaitu,

  • Epidemiologi dan Biostatistik,
  • Gizi Kesehatan Masyarakat,
  • Keselamatan dan Kesehatan Kerja,
  • Kesehatan Lingkungan,
  • Promosi Kesehatan, serta
  • Administrasi Kebijakan Kesehatan.

Semester 7 dan 8

Layaknya jurusan lain, semester akhir akan diisi dengan kegiatan praktik lapangan dan tugas akhir tentunya. Adapun kegiatanmu pada semester akhir di antaranya mengikuti Kuliah Kerja Nyata dan Praktik Kerja Lapangan, serta membuat Skripsi.

 

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat

Lulusan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat jadi apa? Nggak usah takut, prospek kerja untuk lulusan jurusan ini terbuka lebar kok. Apalagi selama belajar di jurusan ini, kamu nggak cuma belajar tentang kesehatan, tetapi juga sosial, ekonomi, bahkan administrasi.

Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

 

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Terakreditasi A

Aku yakin deh kamu pasti kepengen masuk universitas yang Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakatnya terakreditasi A. Nggak perlu galau, ada banyak kok universitas yang udah menyandang akreditasi A untuk jurusan ini. Biar kamu nggak galau lagi, aku sebutin deh 10 universitas dengan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat telah terakreditasi A.

1. Universitas Airlangga

2. Universitas Negeri Semarang

3. Universitas Andalas

4. Universitas Sumatera Utara

5. Universitas Diponegoro

6. Universitas Indonesia

7. Universitas Hasanuddin

8. Universitas Dian Nuswantoro

9. Universitas Muhammadiyah Semarang

10. Universitas Muhammadiyah Aceh

Sekian pembahasan kita tentang Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, mulai dari mata kuliah, prospek kerja, hingga universitas terakreditasi A. Gimana, kamu merasa tertarik nggak sama jurusan ini? Kalau iya, berarti kamu harus rajin belajar dan berlatih mengerjakan soal-soal ala UTBK nih biar persiapanmu lebih matang. Bingung caranya? Gabung saja ke Brain Academy Online agar kamu bisa mengikuti Tryout UTBK dengan tipe-tipe soal terbaru. Klik banner di bawah ini, ya!

BA online - Brain Academy

Referensi:

Kurikulum Prodi Kesehatan Masyarakat [Daring]. Tautan: https://ikm.unnes.ac.id/wp-content/uploads/2020/11/Kurikulum-Prodi-Kesmas-Tahun-2020-Reguler.pdf

Yuk, Kenal Lebih Dalam dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat [Daring]. Tautan: https://www.ruangguru.com/blog/yuk-kenal-lebih-dalam-dengan-fakultas-kesehatan-masyarakat

Prospek Kerja S-1 Kesehatan Masyarakat [Daring]. Tautan: https://stikes-bhm.ac.id/read/11/s1-kesehatan-masyarakat

Direktori Hasil Akreditasi Program Studi [Daring]. Tautan: https://www.banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.php

(Diakses 16 September 2021)

Tri Janarti