Jangan Putus Asa, Kamu Bisa Lakukan 5 Hal Ini Jika Tidak Lolos SNMPTN

lakukan hal ini jika tidak lolos snmptnArtikel ini membahas tentang hal-hal yang bisa kamu lakukan ketika gagal seleksi SNMPTN

--

Alexander Graham Bell pernah berkata, When one door closes another door opens; but we so often look so long and so regretfully upon the closed door, that we do not see the ones which open for us.” Ungkapan ini dapat dimaknai bahwa ketika suatu ‘pintu’ tidak bisa membawamu menuju PTN yang diimpikan, maka yakinlah bahwa masih ada ‘pintu’ lain yang bisa membawa kamu menuju PTN tersebut. Namun, rasa galau yang berlebih sering kali membuat kamu buta akan ‘pintu’ yang mungkin adalah rezeki kamu.

Gagal seleksi SNMPTN bukan akhir dari segalanya kok teman-teman. Meskipun rasa kecewa dan sedih pasti ada, tapi jangan sampai rasa sedih itu berlarut hingga kamu menyerah untuk masuk PTN yang diimpikan. Pertahankan rasa optimis kamu ya! Sebab, ketika kamu tidak lolos SNMPTN, kamu masih bisa lakukan 6 hal di bawah ini!

1. Masuk PTN Lewat Jalur SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang disingkat SBMPTN memberikan kesempatan bagi teman-teman yang memiliki tekad kuat untuk bisa masuk PTN impiannya. Tapi tentunya, teman-teman harus berusaha extra agar dapat diterima melalui jalur SBMPTN.

belajar untuk sbmptnTingkatkan intensitas belajar jika ingin masuk PTN jalur SBMPTN (sumber: tenor.com)

Kenapa? Karena saat mengikuti tes SBMPTN nanti, kamu akan bersaing tidak hanya dengan anak-anak dengan nilai terbaik–tetapi juga dengan semua siswa yang ada di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Selain meningkatkan intensitas dalam belajar, kamu juga tentunya harus pintar dalam menyusun strategi dalam memilih kampus dan jurusan yang menjadi sasaran.

2. Jalur Mandiri Juga Tersedia

Kalau jalur SBMPTN juga belum bisa mengantarmu menuju PTN impian, mungkin kamu bisa mencoba jalur mandiri. Ujian mandiri PTN adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diadakan dan dikelola oleh perguruan tinggi itu sendiri. Ujian ini tentunya diluar SNMPTN dan SBMPTN, makanya jalur disebut sebagai jalur Seleksi Mandiri.

jalur mandiriJalur mandiri diadakan dan dikelola oleh pihak kampus sendiri (sumber: tenor.com)

Contoh dari ujian seleksi mandiri PTN diantaranya yaitu SIMAK UI (Universitas Indonesia), UTUL UGM (Universitas Gadjah Mada), Seleksi Mandiri ITB (Institut Teknologi Bandung), Ujian Mandiri UNAIR (Universitas Airlangga), dan masih banyak lagi.

Setiap PTN tentunya memiliki kriteria yang berbeda dan akan melaksanakan ujian di tanggal tertentu. Maka dari itu, kamu harus up-to-date agar tidak tertinggal informasi penting terkait ujian mandiri yang kamu minati.

3. Perguruan Tinggi Swasta Bisa Jadi Pilihan

Nggak ada salahnya lho untuk menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Swasta, teman-teman. Banyak juga PTS yang ‘tak kalah keren dengan PTN. Faktanya, ada 11 PTS Indonesia yang ikut bersaing dengan PTN ternama dalam pemeringkatan universitas Asia terbaik versi QS Asia University Rankings 2021.

Bersaing dengan 600+ universitas se-Asia lainnya, beberapa PTS Indonesia yang berhasil mengukir nama dalam peringkat tersebut di antaranya:

  • Binus University (BINUS)
  • Telkom University
  • Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Universitas Islam Indonesia (UII)
  • Universitas Katolik Parahyangan
  • Universitas Pelita Harapan
  • Universitas Surabaya
  • Universitas Ahmad Dahlan
  • Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Universitas Tarumanegara

4. Mendaftar Sekolah Tinggi Kedinasan

Kalau kamu tertarik, mendaftarkan diri ke sekolah kedinasan juga bisa menjadi alternatif, lho. Berbeda dengan kuliah bisa, sekolah kedinasan pastinya lebih ketat dan lebih keras. Kamu diwajibkan untuk menggunakan seragam, dituntut untuk disiplin, dan tentunya belajar lebih tekun.

sekolah kedinasanSekolah kedinasan menawarkan karier yang menjanjikan (sumber: inibaru.com)

Tapi, semua itu tidak akan sia-sia. Sebab, biasanya lulusan dari sekolah kedinasan akan langsung ditempatkan atau direkrut oleh kementerian atau lembaga yang menaungi sekolah kedinasan tersebut. Beberapa contoh sekolah kedinasan yang dinaungi oleh kementrian contohnya adalah STAN, IPDN, STPI, Poltekkes, dan masih banyak lagi.

5. Memutuskan Untuk Gap Year, Tapi…

Nah, jika jalur SBMPTN dan mandiri telah kamu tempuh tapi masih tetap tidak berhasil menggapai PTN impian, tidak ada salahnya kok memilih untuk gap year dan mencobanya lagi tahun depan.

marshallMemilih gap year agar bisa mencoba lagi di tahun berikutnya (sumber: tenor.com)

Tapi, ada baiknya kamu memanfaatkan gap year ini dengan baik ya, teman-teman. Gap year bisa diisi dengan melakukan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas diri – seperti memaksimalkan belajar agar dapat diterima di PTN, ikut kursus untuk mengasah keahlian, mencari uang dengan menjadi freelancer atau melakukan part-time, bahkan kamu juga bisa memulai bisnis sendiri. Selain memanfaatkan waktu dengan baik, kegiatan-kegiatan ini juga bisa mempermudah kamu ketika berkarier di masa depan.

Winners are not people who never fail, but people who never quit.” -Unknown

Mengalami kegagalan tidak berarti teman-teman tidak akan mendapatkan kesuksesan di masa depan, lho. Asalkan tidak ada keinginan untuk menyerah, kamu pasti bisa menggapai apapun yang diimpikan! Selain berdoa dan tetap optimis, kamu tentunya harus tetap berusaha dalam meningkatkan kemampuan akademik kamu, ya! Nah, agar pede ketika mengerjakan ujian masuk PTN nanti, yuk persiapkan diri kamu dengan ikut bimbel bersama Brain Academy Online!

BA online

Referensi:

Aufi Ramadhania Pasha. Solusi Alternatif Buat Kamu yang Tidak Lulus SNMPTN. cermati.com 22 Maret 2019. [Daring]. Tautan: https://www.cermati.com/artikel/solusi-alternatif-buat-kamu-yang-tidak-lulus-snmptn (Diakses: 18 Januari 2021)

Jangan Galau! Ini yang Harus Dilakukan Jika Kalian Tidak Lulus SNMPTN. quipper.com. 6 April 2020. [Daring]. Tautan: https://www.quipper.com/id/blog/snmptn/jangan-galau-ini-yang-harus-dilakukan-jika-kalian-tidak-lulus-jalur-undangan-snmptn/ (Diakses: 18 Januari 2021)

Fiany Intan Vandini. Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Gak Lulus SNMPTN. genmuda.om. [Daring]. Tautan: https://www.genmuda.com/yang-harus-kamu-lakukan-ketika-gak-lulus-snmptn/ (Diakses: 18 Januari 2021)

JS de Britto. Bersaing dengan PTN, Inilah 11 PTS Terbaik Versi QS Asia University Rankings 2021. kalderanews.com. 4 Desember 2021. [Daring]. Tautan: https://www.kalderanews.com/2020/12/bersaing-dengan-ptn-inilah-11-pts-terbaik-versi-qs-asia-university-rankings-2021/ (Diakses: 18 Januari 2021)

Sumber Gambar:

Tingkatkan intensitas belajar jika ingin masuk PTN jalur SBMPTN. tenor.com. [Daring]. Tautan: https://tenor.com/view/studying-study-fast-study-gif-19257267 (Diakses: 18 Januari 2021)

Jalur mandiri diadakan dan dikelola oleh pihak kampus sendiri. tenor.com. [Daring]. Tautan: https://tenor.com/view/study-gif-4593794 (Diakses: 18 Januari 2021)

Sekolah kedinasan menawarkan karier yang menjanjikan. inibaru.com. [Daring]. Tautan: https://inibaru.id/hits/pendaftaran-sekolah-dinas-resmi-dibuka-hari-ini-lihat-kuotanya (Diakses: 18 Januari 2021)

Memilih gap year agar bisa mencoba lagi di tahun berikutnya. tenor.com. [Daring]. Tautan: https://tenor.com/view/himym-marshall-jason-segal-studying-gif-5692576 (Diakses: 18 Januari 2021)

Beri Komentar