Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis, Belajar Apa dan Kerja Dimana?

Salsabila Nanda Nov 12, 2021 • 8 min read


BA Pojok Kampus - Pendidikan Bahasa Prancis-01

Apa yang membedakan jurusan Pendidikan Bahasa Perancis dengan jurusan Sastra Prancis pada umumnya? Yuk, kita cari tahu lewat mata kuliah dan peluang karirnya.

---

"Bonjour, comment allez-vous?"

(Selamat pagi. Bagaimana kabarmu?")

"Je vais bien merci, et vous?"

(Kabarku baik. Kalau kamu?")

"Moi aussie,"

(Aku juga baik-baik saja.")

Dulu, sekolahku punya mata pelajaran peminatan bahasa, salah satunya Bahasa Perancis. Jujur, belajarnya bikin pusing tujuh keliling. Percakapan tadi cuma satu-satunya yang masih kuingat sampai sekarang. Sisanya? Hilang entah kemana. Terus, kenapa tiba-tiba mau bahas jurusan ini? Karena kemarin aku baru saja reuni SMP (tentunya dengan protokol kesehatan ya) dan ngobrol bareng temenku yang kuliah di Jurusan Pendidikan Bahasa Perancis.

Dan ternyata, jika dilihat dari mata kuliah, jurusan ini berbeda dengan jurusan Sastra Perancis lho. Penasaran? Baca artikelnya sampai habis, oke?

Apa Itu Pendidikan Bahasa Perancis?

Jurusan Pendidikan Bahasa Perancis dapat ditemui di Fakultas Seni & Sastra maupun Fakultas Pendidikan. Jika Sastra lebih banyak membahas literatur, program studi Pendidikan Bahasa Perancis fokus mempelajari tata bahasa, teknik mengajar, dan kebudayaan. Meski begitu, karir kamu nggak mentok jadi guru aja. Kamu bisa berkarir sebagai editor, penerjemah, atau content writer seperti aku. Hihi. Setelah lulus, kamu menyandang gelar S.Pd alias Sarjana Pendidikan.

Baca Juga: Penjelasan Tentang Bahasa Panda dalam Soal UTBK

Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Perancis

Di semester 1 dan 2, kamu boleh santai dulu nih. Soalnya, mata kuliah yang diajarkan masih bersifat dasar. Ada beberapa mata kuliah umum seperti Agama, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Kewarganegaraan, atau Bahasa Inggris. Kamu juga nggak langsung disuruh ngomong Bahasa Perancis, melainkan diajarkan lewat mata kuliah pengantar sebagai berikut:

  • Reception Orale I (mendengar)
  • Reception Erite I (menulis)
  • Production Orale I (berbicara)
  • Production Erite I (membaca)

Terus, karena jurusan ini berkaitan dengan pendidikan, pastinya kamu dibekali dengan keterampilan mengajar. Oleh sebab itu, mahasiswa akan bertemu mata kuliah Landasan Pendidikan, Ilmu Pendidikan, serta Psikologi Perkembangan. Cukup beragam ya? Jangan takut, yang dipelajari masih dasar kok :p

Baca Juga: 12 Perguruan Tinggi Kedinasan Indonesia, Lulus Langsung Kerja

Masuk ke semester 3 dan 4, mulai tuh dikenalkan dengan pengantar profesi tenaga didik. Ada Psikologi Pendidikan, Antropologi Pendidikan, Media Pembelajaran dan Penyusunan Kurikulum. Di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), mahasiswa semester 3 diperbolehkan memilih matkul peminatan bahasa lain, contohnya Bahasa Jerman. Makin seru atau tambah pusing ya?

Oh iya, kamu juga bertemu kembali dengan 4 mata kuliah dasar Bahasa Perancis, yaitu Reception Orale, Reception Erite, Production Orale, dan Production Erite. Bisa dibilang 4 topik ini adalah grammar-nya bahasa Perancis supaya kamu makin fasih dan percaya diri. Kemudian, terdapat matkul Fonetik (bunyi huruf).

Naik ke semester 5, materi yang diajarkan bersifat advanced alias tingkat lanjut. Diantarana Civilization (kebudayaan), Discours Expositif (pidato), Morfologi, Semantik, Metodologi Penelitian Bahasa Perancis, Penilaian Pembelajaran Bahasa Perancis, dan Maitrise de Langue yang menjadi tolak ukur seberapa fasih kamu berbahasa Perancis. Diharapkan, setelah lulus, tingkat kemahiran berbahasa kamu sudah mencapai level B2.

Baca Juga: Kuliah Jurusan PG-PAUD, Gampang atau Menantang?

Di semester 6, kamu berhak memilih peminatan sesuai profesi yang akan diambil. Ada peminatan Kepariwisataan dan Penerjemahan. Mata kuliah Kepariwisataan mempelajari kosakata dunia perhotelan dan teknik berkomunikasi dengan turis. Sedangkan Penerjemahan mempelajari cara mengartikan kosakata sesuai konteks waktu dan analisis wacana.

Akhirnyaaa, sampai juga di tahun terakhir kuliah. Mahasiswa Pendidikan Bahasa Perancis bakal menjalani program magang di sekolah atau lembaga kursus. Lalu dilanjutkan dengan KKN, seminar proposal, serta skripsi. Untuk tema skripsi tidak harus terpaku dengan topik pendidikan. Kamu bisa kok meneliti film, buku, atau drama. So, be prepare!

Prospek Karir Pendidikan Bahasa Perancis

Seperti yang telah dikatakan di paragraf awal, meskipun kuliahnya pendidikan bukan berarti pilihan pekerjaan kamu hanya seorang guru. Jangan khawatir, Brainies, anak bahasa itu prospek karirnya luas banget! Nih, aku kasih tahu contohnya:

  • Editor
  • Copywriter
  • Content Writer
  • Jurnalis
  • Pramugari
  • Penerjemah
  • Staf Kedutaan
  • Public Relations
  • Pemandu Wisata
  • Penulis Naskah Film 

Kampus dengan Jurusan Pendidikan Bahasa Perancis

Perguruan tinggi mana saja yang menyediakan program studi Jurusan Pendidikan Bahasa Perancis? Simak daftarnya di bawah ini!

1. Universitas Negeri Jakarta

Peminat: 163

Daya Tampung: 14

2. Universitas Pendidikan Indonesia

Peminat: 175

Daya Tampung: 38

3. Universitas Negeri Semarang

Peminat: 73

Daya Tampung: 29

4. Universitas Negeri Yogyakarta

Peminat: 186

Daya Tampung: 32

5. Universitas Negeri Medan

Peminat: 61

Daya Tampung: 60

---

Apapun pilihan program studi kamu nanti, pastikan cocok dengan minat dan kemampuan finansial keluarga ya. Kalau masih bingung, kamu bisa konsultasi dengan kakak konselor di Brain Academy. Selain itu, ada live class gratis yang bisa membantu kamu memahami pelajaran dan soal UTBK. Mau coba?

Live Teaching Brain Academy Online

Referensi:

Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Perancis [Daring]. Tautan: https://fbs.unj.ac.id/?page_id=129 

http://pbp.fbs.uny.ac.id/kurikulum-kkni-2019

Kampus Pendidikan Bahasa Perancis [Daring]. Tautan: https://sidata-ptn.ltmpt.ac.id/ptn_sb.php?

(diakses 10 November 2021) 

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!

Beri Komentar