Nitrogen Cair dalam Makanan, Apakah Berbahaya?

brainies_Bertanya_-_Nitrogen_Cair_dalam_Makanan,_Apakah_Berbahaya-01

Meski unik karena bisa mengeluarkan asap, jangan remehkan bahaya yang bisa muncul dari sajian yang menggunakan nitrogen cair. Artikel ini akan membahas konsep dasar nitrogen cair dan bahaya penggunaannya. 

--

“Duh, pengen cemilan yang bisa ngeluarin asap itu, deh.”

“Hah, cemilan apa?”

“Itu yang ada di mall-mall loh, apa ya namanya, lupa aku”

“Oh, aku tau-tau, dragon's breath food itu kan?”

“Nah, itu maksud aku, hehe maaf lupa namanya”

Dragon's breath sempat jadi tren di beberapa negara, termasuk Indonesia. Cemilan tersebut berbentuk sereal atau keju puff yang diselimuti nitrogen cair dan mengeluarkan uap berkabut seperti asap. Tak lama setelah memakannya, orang-orang meniup asap dari mulut mereka agar terlihat seperti naga. Wah wah... menarik banget nggak, sih? 

Hmm, tapi, nitrogen cair itu apa, ya?

Pengertian Nitrogen Cair

Nitrogen cair atau liquid nitrogen adalah nitrogen yang berada dalam keadaan cair pada suhu yang sangat rendah, dengan titik didih −195,79 °C atau −320 °F. Kebayang nggak sih kalo kita tercebur ke dalam liquid nitrogen, pasti akan membeku. Kamu ada rencana untuk mencoba? Hihihi. Nitrogen cair ini merupakan unsur kimia yang tak berbau, tak berwarna, dan tak berasa.

brainies_Bertanya_-_Nitrogen_Cair_dalam_Makanan,_Apakah_Berbahaya-02

Nah, kamu tau nggak sih, ternyata nitrogen cair itu berbahaya loh apabila kita konsumsi. Lah, terus kenapa bahan ini masih banyak banget digunakan dalam proses pembuatan makanan? Okay, ini dia alasannya! 

Pembuatan Makanan Menggunakan Nitrogen Cair 

Ide menggunakan nitrogen cair untuk memproses makanan berangkat dari populernya konsep molecular gastronomy, atau teknik membuat makanan yang menggabungkan ilmu fisika dan kimia. Tak heran, saat ini, banyak bermunculan restoran yang mengusung konsep tersebut. 

Pembuatan Es Krim Nitrogen

Pembuatan Es Krim Nitrogen (Sumber: tenor.com)

Nitrogen cair banyak digunakan untuk membekukan es krim karena proses pembekuan terjadi lebih cepat dan membuat es krim menjadi lebih lembut. Suhu nitrogen cair yang dingin juga membantu membekukan makanan untuk mempertahankan kesegarannya. Selain itu, makanan atau minuman yang menggunakan nitrogen cair akan mengeluarkan asap. Jadi, terlihat unik dan menarik, ya. Saat kita memakannya, akan tercipta sensasi unik “dragon breath” yang membuat asap menyembur keluar  dari mulut saat menyantapnya.

Baca Juga: Alasan Makanan Pedas Bikin Pusing Jadi Hilang

Bahaya Nitrogen Cair dalam Makanan

Nitrogen cair itu sangat dingin lho, sehingga perlu langkah-langkah yang tepat jika ingin menggunakannya. Dikarenakan nitrogen cair bisa menyebabkan radang dingin dan luka bakar, terutama pada beberapa jaringan lunak, seperti kulit. Nah, ketika kita ingin mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung nitrogen cair, sebaiknya menunggu hingga semua cairan menguap. Jangan sampai tertelan karena sangat berbahaya bagi lambung dan usus kita. 

Selain itu, menghirup terlalu banyak uap yang dihasilkan oleh makanan atau minuman yang diproses menggunakan nitrogen cair juga dapat memicu kesulitan bernapas yang cukup parah. Ini karena dalam 1 liter nitrogen cair akan menghasilkan kurang lebih 700 liter gas. Hal ini semakin berbahaya jika dialami oleh penderita asma. Jadi bila tidak hati-hati, kamu bisa terluka ketika menyentuh dan mencernanya. 

ilustrasi kondisi tubuh manusia jika terlalu lama dalam nitrogen cairSeperti ini bayangan jika tangan manusia dicelup terlalu lama kedalam nitrogen cair. (sumber yt : Mrgear)

Pemakaian nitrogen cair dalam perkembangan dunia kuliner, memang tak lepas dari keinginan untuk menarik perhatian masyarakat dan meningkatkan penjualan semata. Tak salah bila kamu termasuk orang yang tertarik dengan konsep dan olahan yang menggunakan bahan yang satu ini. Namun, perlu diperhatikan bahwa jika dikonsumsi dengan sembarangan, atau dibeli dari restoran yang reputasinya tak jelas, ada bahaya terhadap kesehatan yang mengintai.

---

Meskipun unik, hidangan yang mengandung nitrogen cair tetap berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Tetap jaga kesehatanmu di masa pandemi seperti sekarang. Terima kasih sudah membaca sampai habis dan belajar bareng Brain Academy Online. Kalau punya topik yang pengen dibahas, tulis di kolom komentar ya. See you soon and bye bye, Brainies!

CTA Blog Brain Academy Brainies Bertanya

Referensi:

“FDA issues warning about food prepared with liquid nitrogen”. [Daring] Tautan: https://edition.cnn.com/2018/08/30/health/liquid-nitrogen-food-fda-warning/index.html (Diakses 31 agustus 2021)

“Bahaya Makanan dengan Nitrogen Cair!”. [Daring] Tautan:  https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3613049/awas-bahaya-makanan-dengan-nitrogen-cair (Diakses 31 agustus 2021)

“Makanan dengan Nitrogen Cair, Tren Kuliner yang BerBahaya”. [Daring] Tautan: https://www.kaskus.co.id/thread/5b8cf7931a997588708b457c/makanan-dengan-nitrogen-cair-tren-kuliner-yang-berbahaya/ (Diakses 31 agustus 2021)

“Hati-Hati Bahaya yang Mengintai Tubuh Saat Kita Makan Makanan dengan Nitrogen Cair”. [Daring] Tautan:

https://www.orami.co.id/magazine/bahaya-makanan-dengan-nitrogen-cair/ (Diakses tanggal 1 september 2021)

Sumber gif:

GIF ‘pembuatan es krim’ [Daring] Tautan: https://tenor.com/view/liquid-nitrogen-dry-ice-ice-cream-dessert-gif-3371092 (Diakses 31 agustus 2021)

GIF ‘eksperimen nitrogen cair’ [Daring] Tautan: https://www.youtube.com/watch?v=DqI9caqBHkg (Diakses 1 September 2021)

GIF ‘Liquid Nitrogen Mall Snack’ [Daring] Tautan: https://www.pinterest.com/pin/682365781018737587/ (Diakses 3 september 2021)

 

Profile

Kak Nazirah MT Saintek

Beri Komentar