Kuliah Jurusan Tata Rias, Untuk Kamu yang Hobi Makeup

Pojok Kampus - Jurusan Tata Rias

Artikel ini membahas tentang jurusan Tata Rias, mata kuliah, dan prospek kerjanya.

---

Makeup is art, beauty is spirit.

Yup! Makeup merupakan sebuah seni yang dapat memberikan sentuhan kecantikan bagi siapapun yang memakainya. Kecantikan tersebutlah yang kemudian dapat membangkitkan rasa semangat dan percaya diri seseorang. Khususnya bagi seorang perempuan, bereksperimen dengan makeup mungkin sudah dilakukan sejak usia remaja. Biasanya sih, dimulai dengan sering menonton tutorial makeup di YouTube. Kemudian muncul rasa penasaran untuk mencobanya.

Coba..

Coba..

Eh, nagih!

Hingga pada akhirnya, makeup menjadi sebuah hobi yang nggak bisa ditinggal deh~

Nah, kalau kamu berminat untuk menekuni hobi makeup tersebut, jurusan Tata Rias atau cosmetology bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin menjadikan kegemaran terhadap dunia kecantikan sebagai profesi.

jurusan tata riasJurusan Tata Rias bisa jadi pilihan bagi kamu yang hobi makeup (sumber: pinterest.com)

Mata kuliah di Jurusan Tata Rias

Saat kuliah nanti, kamu akan diajarkan berbagai ilmu yang kelak bisa membantu kamu sebagai penata rias profesional. Mulai dari perawatan wajah, dasar rias, rias fantasi, riasan pengantin tradisional dan internasional, hingga ilmu bedah plastik, menggambar mode tata rias, pengelolaan usaha tata rias, serta anatomi dan fisiologi tubuh manusia. 

Lho, anatomi dan fisiologi ‘kan mata kuliah kedokteran. Kok jurusan tata rias juga belajar sih?”

Nah, ini merupakan tantangan pertama sebagai mahasiswa jurusan Tata Rias. Anatomi dan Fisiologi merupakan salah satu mata kuliah wajib yang akan mengajarkan tentang cara mendiagnosa berbagai penyakit terkait kulit, rambut, tulang, dan bagian tubuh lain yang harus dijaga kecantikan serta kesehatannya.

Mata Kuliah Jurusan Tata Rias

Ada mata kuliah unik di jurusan Tata Rias, yaitu Dasar Graha. Di Universitas Negeri Padang, Dasar Graha merupakan mata kuliah wajib yang mengajarkan tentang sanitasi, penataan, dan estetika barang. Seorang make up artist harus memperhatikan kebersihan serta kerapian peralatan makeup mereka, sehingga klien merasa nyaman saat dirias. Mahasiswa Tata Rias juga dibekali dengan mata kuliah Kewirausahaan, Kerajinan Hantaran Pernikahan, dan Produk Inovasi Kecantikan. Diharapkan, kamu bisa membuka bisnis selain menawarkan jasa sebagai MUA.

Tantangan lainnya adalah praktikum selama kuliah nanti. Setiap mata kuliah mengharuskan mahasiswanya untuk memiliki model dalam praktikum. Sehingga secara tidak langsung, kamu dituntut agar memiliki relasi yang luas dan kemampuan berkomunikasi yang baik agar tidak kesulitan untuk mencari model untuk praktikum. Tapi nggak apa-apa, hal ini membantu kamu meningkatkan skill public speaking, negosiasi, hingga berwirausaha. Siapa tahu, model yang kamu rias akan menjadi client di kemudian hari.

 

Prospek Kerja Jurusan Tata Rias

Untuk prospek kerjanya tidak perlu dipertanyakan lagi! Dengan bekal keterampilan serta ilmu yang dimiliki, kamu dapat bekerja sebagai menjadi Makeup Artist (MUA) profesional untuk wisuda dan pernikahan, beauty vlogger, atau bahkan membuka bisnis produk kecantikan dan perawatan kulit. Profesi MUA sangat dibutuhkan di industri kreatif, lho! Sehingga tidak menutup kemungkinan kamu akan menjadi penata rias selebriti!

Perguruan Tinggi dengan Jurusan Tata Rias

Di Indonesia sendiri, terdapat 4 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang membuka program studi khusus Tata Rias dan Kecantikan. Pertama yaitu Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang menawarkan jenjang Diploma 3 (D3) dan Diploma 4 (D4)  dengan akreditasi A untuk Prodi Tata Rias dan Kecantikan. Selanjutnya, yaitu Universitas Negeri Padang dengan Studi Pendidikan Tata Kecantikan. Ada pula Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang telah mendirikan Program Studi Pendidikan Tata Kecantikan pada tahun 2 Juni 2010. Terakhir,  Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang menawarkan jenjang S1 untuk Pendidikan Tata Rias.

Jurusan Tata Rias biasanya termasuk program studi di Fakultas Pendidikan atau Fakultas Teknik. Akan tetapi, jurusan ini diperuntukkan untuk siswa IPS. Jika kamu berasal dari SMA IPA dapat memilih lintas jurusan di UTBK dan Ujian Mandiri.

Apakah Jurusan Tata Rias hanya untuk perempuan?

Kalau laki-laki, boleh tidak mengambil jurusan Tata Rias?” 

makeup artist indonesia ryan ogilvy

Makeup Artist Ryan Ogilvy saat merias model internasional Gigi Hadid (sumber: sociolla.com)

Eits, kata siapa tata rias hanya dapat ditekuni oleh perempuan? Laki-laki juga bisa lho menjadi ahli di bidang ini!  Kini, dunia kecantikan telah digandrungi oleh semua orang, tanpa mengenal gender. Nama-nama terkenal seperti Bretman Rock, Ryan Ogilvy, Bubah Alfian, atau Bennu Sorumba bisa menjadi contoh bahwa laki-laki juga tak kalah hebat dalam hal tata rias layaknya perempuan. Jadi untuk kaum laki-laki, jangan ragu untuk mengambil jurusan Tata Rias ya!

---

Gimana, tertarik untuk menjadi seorang penata rias (MUA) profesional? Selain mempersiapkan alat rias untuk belajar nanti, kamu juga harus mempersiapkan diri agar bisa diterima oleh salah satu jurusan Tata Rias PTN ternama di Indonesia. Yuk, matangkan kemampuan akademik kamu bersama Brain Academy!

Paket UTBK Brain Academy

Referensi:

Mata Kuliah Jurusan Tata Rias [Daring]. Tautan: https://www.unesa.ac.id/page/akademik/fakultas-teknik/s1-pendidikan-tata-rias/kurikulum http://kurikulum.unp.ac.id/  (diakses 03 Februari 2022)

4 Kampus Negeri yang Buka Program Studi Tata Rias dan Kecantikan. highlight.id. 3 November 2020. [Daring]. Tautan: https://highlight.id/kampus-universitas-perguruan-tinggi-negeri-ptn-membuka-jurusan-program-studi-prodi-pendidikan-tata-rias-kecantikan/ (Diakses: 23 Desember 2020)

Dian Pertiwi Joshua. Ini 5 Hal Pahit Manis Jadi Mahasiswa Jurusan Tata Rias UNJ. idntimes.com. [Daring]. Tautan: https://www.idntimes.com/life/education/dian-pertiwi-joshua/ini-5-hal-pahit-manis-jadi-mahasiswa-jurusan-tata-rias-unj-c1c2/4 (Diakses: 23 Desember 2020)

Pendidikan Tata Kecantikan. [Daring]. Tautan: https://unnes.ac.id/prodi/pendidikan-kesejahteraan-keluarga-tata-kecantikan-s1 (Diakses 23 Desember 2020)

Azlazalia. Kuliah Jurusan Tata Rias, Ngapain Aja Sih?. editorial.femaledaily.com. 5 Oktober 2017. [Daring]. Tautan: https://editorial.femaledaily.com/blog/2017/10/05/kuliah-jurusan-tata-rias/ (Diakses: 23 Desember 2020)

Mauliyana Puspa. 6 Profesi Ini Cocok Banget Buat Kamu yang Hobi Makeup. ilmupedia.co.id.  23 Februari 2020. [Daring]. Tautan: https://ilmupedia.co.id/articles/profesi-hobi-makeup/full (Diakses: 23 Desember 2020).

Sumber Gambar:

Jurusan Tata Rias bisa jadi pilihan bagi kamu yang hobi makeup. [Daring]. Tautan: https://id.pinterest.com/pin/463518986627295284/ (Diakses: 23 Desember 2020)

Kuliah Tata Rias tidak melulu belajar merias. pinterest.com. [Daring]. Tautan: https://id.pinterest.com/pin/1337074881150814/ (Diakses: 23 Desember 2020)

Laki-laki juga bisa belajar makeup. preview.ph. [Daring]. Tautan: https://www.preview.ph/beauty/bretman-rock-makeup-tips-a1237-20161219 (Diakses: 23 Desember 2020)

Jurusan dengan prospek kerja yang sangat luas. [Daring]. Tautan: https://journal.sociolla.com/beauty/makeup-artist-indonesia-yang-berhasil-go-international  (Diakses: 23 Desember 2020)

Profile

Tiara Syabanira Dewantari