Mengenal Perbedaan Jurusan Ilmu Politik dengan Ilmu Pemerintahan

Elisabeth Garnistia Jan 7, 2021 • 10 min read


ilmu politik dan ilmu pemerintahanArtikel ini membahas tentang perbedaan antara jurusan Ilmu Politik dengan Ilmu Pemerintahan

--

Bagi kamu yang sudah duduk di bangku kelas 12 SMA, pasti ada yang sedang galau memikirkan jurusan apa yang akan diambil nanti pada saat kuliah nanti. 

Rasanya banyak sekali jurusan yang memikat hati namun susah untuk menentukan jurusan apa yang paling pas untuk dipelajari saat kuliah. Jangan sampai memilih jurusan karena melihat paling sedikit peminatnya namun setelah beberapa lama mengikuti perkuliahan baru merasakan salah jurusan.

Duh, jangan sampai kamu mengalami ini ya! 

Untuk kamu yang memiliki passion di dunia politik namun sedang galau memilih jurusan apa saat kuliah nanti, pas sekali! Artikel ini akan mengenalkanmu perbedaan jurusan Ilmu Politik dengan jurusan Ilmu Pemerintahan agar kamu semakin yakin dengan jurusan yang akan kamu pilih saat kuliah nanti!  

Yuk disimak! 

Ilmu Politik

 

kuliah jurusan ilmu politik

Lulusan Ilmu Politik (Sumber: unbc.ca)

 

Apa saja yang akan dipelajari?

Pasti kamu selalu berpikir bahwa lulusan ilmu politik akan selalu bekerja menjadi DPR atau bergabung menjadi anggota partai politik. Hmm, ada benarnya kok. Namun, tidak selalu lulusan ilmu politik akan berkarir menjadi DPR atau anggota partai politik, lho!

Jadi gini, secara garis besar ilmu politik mempelajari tentang teori dan praktik politik dengan menganalisis perkembangan sosial politik agar dapat memberikan alternatif solusi atas permasalahan sosial politik.

Intinya kamu akan mempelajari dari konsep dasar ilmu politik itu sendiri sampai mempelajari aktor-aktor politik yang berperan dalam perkembangannya Kamu akan diajarkan untuk mengamati, menganalisis, hingga memberikan solusi atas fenomena politik yang sedang terjadi.

Mata Kuliah di Jurusan Ilmu Politik

Dalam jurusan ilmu politik, kamu akan mempelajari sistem politik yang ada di Indonesia, mulai dari Pengantar Ilmu Politik, Ilmu Sosiologi, dan Ilmu Antropologi, Metodologi Ilmu Politik, selanjutnya kamu akan mempelajari bisnis dan politik sampai HAM dan Perubahan Politik.

Baca Juga: Mau Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi? Perhatikan 5 Hal Penting Ini

Skill yang Kamu Kuasai

Kalau kamu ingin masuk ke jurusan Ilmu Politik, kamu harus menguasai skill menulis, kemampuan riset, kemampuan berpikir kritis, kemampuan analisis, dan berwawasan luas. 

Peluang Kerja Ilmu Politik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau lulusan ilmu politik tidak melulu bekerja menjadi DPR atau anggota partai politik. Lulusan ilmu politik juga bisa lho menjadi peneliti atau pengamat politik, konsultan politik, birokrat di pemerintahan, jurnalis politik, hingga menjadi anggota PBB, lho!

Universitas yang Menyediakan Jurusan Ilmu Politik

Di Indonesia, sudah banyak universitas-universitas yang menyediakan jurusan ilmu politik, seperti Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Pelita Harapan, Universitas Bakrie, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. 

Baca Juga: Kamu Tertarik dengan Bidang Politik Ini 9 Jurusan yang Bisa Dipilih

Jika tadi sudah membahas jurusan Ilmu Politik, sekarang yuk disimak jurusan ilmu pemerintahan..

 

Ilmu Pemerintahan

kuliah jurusan ilmu pemerintahan

Lulusan Ilmu Pemerintahan (sumber: mip.umy.ac.id)

 

Apa saja yang akan dipelajari?

Dalam jurusan ilmu pemerintahan kamu akan mempelajari dari teori-teori ilmu pemerintahan untuk menjelaskan fenomena dalam pemerintahan, lalu kamu akan mempelajari  permasalahan organisasi, administrasi, manajemen,kepemimpinan dalam penyelenggaraan organisasi publik atau badan-badan publik seperti lembaga legislatif, yudikatif, dan eksekutif.

Mata Kuliah di Jurusan Ilmu Pemerintahan 

Dalam jurusan ilmu pemerintahan, kamu akan mempelajari seluk beluk pemerintahan dari Sistem Pemerintahan Indonesia, Sistem Administrasi Publik, Ekologi Pemerintahan, Manajemen dan Komunikasi Pemerintah, Proses Legislatif, Yudikatif, dan Eksekutif, hingga Statistik Sosial. 

Skill yang Kamu Kuasai

Meskipun kamu mempelajari ilmu pemerintahan, namun kamu juga harus mengembangkan skill komunikasi seperti public speaking dan negosiasi. Selain itu, kamu juga harus menguasai kemampuan untuk berpikir kritis dan logis, kemampuan untuk menganalisis, dan kamu juga harus berwawasan luas.

Peluang Kerja Lulusan Ilmu Pemerintahan

Lulusan Ilmu Pemerintahan dapat bekerja sebagai aktivis LSM, staf anggota legislatif pusat atau daerah, jurnalis pemerintahan atau politik, anggota partai politik, dan konsultan pemerintah. 

Universitas yang Menyediakan Jurusan Ilmu Pemerintahan

Beberapa universitas di Indonesia juga sudah menyediakan jurusan ilmu pemerintahan dengan akreditasi A, lho. Seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Padjadjaran, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Diponegoro, Universitas Islam Riau.

Setelah membaca perbedaan jurusan Ilmu Politik dengan Ilmu Pemerintahan, sekarang teman-teman sudah semakin paham dan yakin dong mau memilih jurusan apa saat kuliah nanti? 

Yuk segera persiapkan dirimu menghadapi ujian masuk perguruan tinggi nanti dengan Brain Academy Online, yang pastinya akan selalu membantu kamu menaklukan segala ujian masuk perguruan tinggi sehingga kamu dapat meraih jurusan impian!

BA online

 

Referensi: 

Accreditation. Web Ilmu Pemerintahan Ilmu Pemerintahan Universitas Diponegoro (daring). http://pemerintahan.fisip.undip.ac.id/en/accreditation/. (Diakses: 17 Desember 2020). 

Akreditasi Prodi Fakultas Sosial Politik UGM. (2011). Portal Informasi Akademik Fisipol Universitas Gadjah Mada (daring). http://akademik.fisipol.ugm.ac.id/akademik/?q=node/120. (Diakses: 17 Desember 2020)

Annistri, A. 11 November 2019. https://www.cekaja.com/info/deretan-pekerjaan-jurusan-ilmu-politik-dengan-gaji-diatas-rp-3-juta (daring). (Diakses: 17 Desember 2020).

Ilmu Pemerintahan. https://rencanamu.id/cari-jurusan/humaniora/ilmu-pemerintahan (daring). (Diakses: 17 Desember 2020).

Ilmu Politik. https://rencanamu.id/cari-jurusan/humaniora/ilmu-politik (daring). (Diakses: 17 Desember 2020). 

Ilmu Pemerintahan. Web Ilmu Pemerintahan Universitas Padjadjaran (daring). https://www.unpad.ac.id/fakultas/ilmu-sosial-ilmu-politik/ilmu-pemerintahan/. (Diakses: 17 Desember 2020).

Luthfi, H. (13 Februari 2019). Di Jurusan Ilmu Politik itu Belajar Apa, Sih?. https://tirto.id/daftar-kampus-yang-membuka-prodi-ilmu-politik-di-sbmptn-2019-d9AV. (Diakses: 17 Desember 2020).

Jurusan Ilmu Pemerintahan. https://campus.quipper.com/majors/id-ilmu-pemerintahan (daring). (Diakses: 17 Desember 2020)

Mata Kuliah Program Studi Ilmu Pemerintahan. Web FISIP Universitas Jambi. https://ipem-fisipol.unja.ac.id/index.php/mata-kuliah/. (Diakses: 17 Desember 2020)

Mata Kuliah Ilmu Politik. Web Program Studi Ilmu Politik Universitas Jambi (daring). https://ilmupolitik.unja.ac.id/mata-kuliah/. (Diakses: 17 Desember 2020). 

Program Studi Ilmu Pemerintahan S1. Web FHISIP Universitas Jambi (daring). https://fhisip.ut.ac.id/ilmu-pemerintahan-s1/. (Diakses: 17 Desember 2020)

Status and Accreditation Certificate. Web Fisip Universitas Brawijaya (daring). https://fisip.ub.ac.id/?page_id=535&lang=en. (Diakses: 17 Desember 2020). 

Sumber Gambar: 

Lulusan Ilmu Politik. Tautan: https://www.unbc.ca/political-science (Daring).  (Diakses pada tanggal 17 Desember 2020)

Lulusan Ilmu Pemerintahan. Tautan: https://mip.umy.ac.id/ (daring).  (Diakses pada tanggal 17 Desember 2020)



Beri Komentar