Profil dan Informasi Lengkap Universitas Udayana (UNUD)

Pojok Kampus - Universitas Udayana

Universitas Udayana adalah perguruan tinggi yang terletak di Bali. Berikut informasi jurusan, biaya kuliah, dan akses di sekitar kampus.

Adakah di antara kamu yang ingin melanjutkan studi di Bali? Wah, pasti seru banget ya. Kalau capek belajar, tinggal healing ke pantai, hihihi. Selain tempat wisata yang memanjakan mata, Bali dikenal dengan masyarakatnya yang ramah dan hangat, sehingga kamu merasa tak sendirian. Banyak perguruan tinggi negeri atau swasta yang bisa menjadi pilihan untuk meraih cita-cita di Denpasar, Bali, salah satunya Universitas Udayana (UNUD).

 

Sejarah Universitas Udayana (UNUD)

Cikal bakal Universitas Udayana dimulai dari Fakultas Sastra Universitas Airlangga (UNAIR) yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia I.R. Soekarno pada tanggal 29 September 1958. Empat tahun kemudian, tepatnya tanggal 17 Agustus 1962, Universitas Udayana resmi berdiri dan menjadi perguruan tinggi pertama di provinsi Bali. Akan tetapi, karena hari lahir kampus ini bersamaan dengan hari proklamasi kemerdekaan, peringatan ulang tahun Universitas Udayana dialihkan menjadi tanggal 29 September 1958 sesuai dengan waktu berdiri Fakultas Sastra.

 

Akreditasi dan Ranking Universitas Udayana (UNUD)

  • Terakreditasi A oleh BAN-PT
  • Ranking #16 di Indonesia versi UniRank
  • Ranking #132 di Asia Tenggara versi Webometrics

 

Fakultas dan Jurusan Universitas Udayana (UNUD)

Universitas Udayana mempunyai 13 fakultas dan 49 program studi. Jurusan favorit di UNUD antara lain: Pendidikan Dokter, Farmasi, Akuntansi, Manajemen, dan Hukum. Sedangkan jurusan sepi peminat di Universitas Udayana yaitu Ilmu Sejarah, Sastra Bali, Arkeologi, Arsitektur Lankap, serta Fisika.

Fakultas dan Jurusan Universitas Udayana

Pendaftaran dan Jalur Masuk Universitas Udayana (UNUD)

1. SNMPTN

  • Menggunakan nilai rapor semester 1 s/d 5
  • Jadwal seleksi antara bulan Januari-Februari
  • Terbuka untuk calon mahasiswa S1 dan D4
  • Seleksi secara online
  • Gratis

2. UTBK SBMPTN

  • Menggunakan nilai UTBK-SBMPTN
  • Jadwal seleksi antara bulan April – Mei
  • Terbuka untuk calon mahasiswa S1 dan D4
  • Seleksi ujian online atau di beberapa titik lokasi
  • Biaya pendaftaran sebesar 200.000 – 300.000 rupiah

3. Jalur Mandiri UNUD

  • Menggunakan nilai UTBK-SBMPTN dan ujian tulis mandiri
  • Jadwal seleksi antara bulan Mei – Juni
  • Terbuka untuk calon mahasiswa S1 dan D4
  • Seleksi ujian online
  • Biaya pendaftaran sebesar 450.000 rupiah

Biaya Kuliah Universitas Udayana (UNUD)

Universitas Udayana menetapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk mahasiswa jalur SNMPTN, UTBK SBMPTN, dan Mandiri. Khusus mahasiswa jalur mandiri dikenakan UKT golongan lima dan wajib membayar Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) sebanyak satu kali saat mendaftar. UKT tertinggi di UNUD yaitu jurusan Kedokteran sebesar 23.200.000 rupiah per semester. Sedangkan UKT terendah di UNUD yaitu jurusan Fisika, Ilmu Sejarah, Sastra Bali, dan Sastra Jawa Kuno sebesar 2.500.000 rupiah.

Biaya Kuliah Universitas Udayana-1

 

Alamat dan Akses di Sekitar Universitas Udayana

 

1. Kampus Sudirman

Kampus Sudirman Universitas Udayana terdiri dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Teknik, Fakultas Pariwisata, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, dan Fakultas Peternakan.

Alamat: Jalan P.B. Sudirman, Denpasar, Bali.

Telp: +62 (361) 223797 / +62 (361) 701907

 

2. Kampus Jimbaran

Kampus Jimbaran Universitas Udayana terdiri dari Rektorat, Rumah Sakit Universitas Udayana, Perpustakaan Pusat Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Fakultas Pertanian, Fakultas MIPA, Fakultas Sastra, dan Fakultas Hukum.

Alamat: Jalan Kampus Bukit Jimbaran, Badung, Kabupaten Bali.

Telp: +62 (361) 701812 / +62 (361) 701907

 

3. Kampus Nias

Kampus Nias Universitas Udayana terdiri dari Fakultas Program Pasca Sarjana.

Alamat: Jl. Pulau Nias No.13, Dauh Puri Klod, Kec. Denpasar Timur. Kota Denpasar, Bali 80113

Telp: +62 (361) 224121 / +62 (361) 701907

 

4. Akses Transportasi dan Kost

Di Bali, kamu tidak akan menemukan angkutan umum. Namun, jangan khawatir, kamu bisa menyewa motor atau memesan transportasi online untuk berpergian. Harga kost di Bali mulai dari 800 ribu hingga 3 juta per bulan tergantung fasilitas yang didapat. Kamu bisa menemukan kost di kawasan Denpasar Barat, Denpasar Timur, Denpasar Selatan, dan Kuta Selatan.

Itu dia informasi seputar Universitas Udayana (UNUD). Persiapkan dirimu dengan nilai terbaik dan semangat belajar yang tinggi untuk menggapai cita-citamu. Dengan bantuan Brain Academy, kamu bisa memperoleh fasilitas belajar yang lengkap dan layanan konselor. Yuk, coba trial class-nya gratis di cabang terdekat dari kotamu!

[IDN] CTA Blog Cabang Brain Academy Center

Referensi:

Sejarah Universitas Udayana [Daring]. Tautan: https://www.unud.ac.id/in/tentang-unud17-Sejarah-Universitas-Udayana.html 

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Udayana [Daring]. Tautan: https://www.unud.ac.id/in/pengumuman3636-PENERIMAAN-MAHASISWA-BARU-UNIVERSITAS-UDAYANA-PROGRAM-SARJANA-DAN-DIPLOMA-MELALUI-JALUR-MANDIRI-TAHUN-AKADEMIK-2021-2022.html  

Biaya Kuliah Universitas Udayana [Daring]. Tautan: https://biayakuliah.net/biaya-kuliah-universitas-udayana-unud-denpasar/ 

(diakses 21-23 Maret 2022)

Salsabila Nanda