Wajib Tahu! Syarat, Keunggulan, dan Cara Daftar KIP Kuliah

Fauzia Astuti Des 20, 2021 • 7 min read


WhatsApp Image 2021-12-20 at 14.07.15 (1)

Berikut adalah informasi tentang persyaratan, keunggulan, serta cara mendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) 2021

Wah, nggak kerasa udah di penghujung tahun, ya, kan. Selain sudah masuk semester baru, kalian yang berada di kelas 12, pasti lagi sibuk-sibuknya melakukan persiapan ujian. Terlebih itu ujian masuk perguruan tinggi.

Memang, banyak banget yang harus dipersiapkan dalam menghadapi ujian. Mulai dari mental, latihan soal-soal, sampai biaya. Yap, di satu sisi, masalah biaya memang sering kali menjadi hambatan buat teman-teman menempuh pendidikan lanjutan di universitas.

Tapi, kamu tahu, nggak? Kalau hal itu nggak bisa jadi alasan kamu buat nggak kuliah lagi loh. Berdasarkan UU no 12/2012 tentang pendidikan tinggi, pemerintah telah memberikan kemudahan melalui Program Indonesia Pintar (PIP) yang mencakup bantuan uang tunai, perluasan akses pendidikan, serta kesempatan belajar kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu secara finansial. Nah, program ini direalisasikan dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah.

Terus, syarat untuk bisa dapat KIP Kuliah apa aja, Kak? Yuk, simak!

 

Persyaratan

1. Merupakan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sederajat yang lulus pada tahun berjalan, atau lulus dua tahun sebelumnya.

2. Memiliki potensi akademik baik, tapi memiliki keterbatasan ekonomi dengan didukung oleh bukti dokumen yang sah.

3. Merupakan siswa:

  • Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP), atau
  • Pemegang keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), atau 
  • Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau 
  • Berasal dari panti sosial atau panti asuhan, atau
  • Berasal dari keluarga yang masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 (empat) pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

4. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk, di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), ataupun swasta (PTS) pada program studi yang telah terakreditasi.

WhatsApp Image 2021-12-20 at 14.07.15

Baca juga: 5 Hal yang Harus Kamu Siapkan Kalau Mau Daftar SNMPTN

 

Keunggulan

Pastinya banyak banget yang kamu dapatkan kalau kamu punya KIP Kuliah. Keunggulan pertama yang bakal kamu dapatkan adalah pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), serta seleksi lain yang diusulkan masing-masing perguruan tinggi. Kamu juga akan dibebaskan dari biaya kuliah atau pendidikan yang disesuaikan dengan akreditasi program studi. Selain itu, peserta KIP Kuliah akan mendapat bantuan biaya hidup sesuai dengan indeks harga daerah masing-masing.

Eh, eh, eh, walaupun kamu dibebaskan dari biaya kuliah dan dapat bantuan biaya hidup, bukan berarti kamu bisa males-malesan waktu kuliah. Pembebasan biaya dan bantuan ini ada jangka waktunya loh. 

Program Regular

  • Sarjana maksimal 8 (delapan) semester
  • Diploma Empat maksimal 8 (delapan) semester
  • Diploma Tiga maksimal 6 (enam) semester
  • Diploma Dua maksimal 4 (empat) semester

Program Profesi

  • Dokter maksimal 4 (empat) semester
  • Dokter Gigi maksimal 4 (empat) semester
  • Dokter Hewan maksimal 4 (empat) semester
  • Ners maksimal 2 (dua) semester
  • Apoteker maksimal 2 (dua) semester
  • Guru maksimal 2 (dua) semester.

 

Cara Daftar

Tuh, kan, banyak banget keuntungan yang bakal kamu dapatkan kalau daftar KIP Kuliah. Tenang aja, buat daftarnya nggak sulit kok. Bagi kamu yang sudah lolos ujian masuk perguruan tinggi dari segala jalur (SNMPTN / SBMPTN / SNMPN / SBMPN /Mandiri) bisa langsung daftar online melalui laman KIP Kuliah di kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Kamu juga bisa daftar melalui mobile dengan terlebih dahulu mengunduh dan melakukan instalasi KIP Kuliah mobile apps berbasis android di Play Store. Pendaftaran ini bisa dilakukan mandiri atau melalui perguruan tinggi. Jadi, nanti kampus kamu yang akan melakukan registrasi mahasiswa yang sudah diterima masuk. 

Untuk pendaftaran akun, calon penerima harus memasukkan data yang valid sebagai berikut:

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Nomor Induk Siswa Nasioanal (NISN)
  • Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  • Alamat e-mail aktif untuk pengiriman nomor pendaftaran dan kode akses

Untuk lengkapnya, yuk simak alur registrasi berikut ini.

WhatsApp Image 2021-12-20 at 14.07.14

Duuuuh jadi nggak sabar lihat teman-teman pakai almamater kampus impian masing-masing. Selagi menunggu kesiapan berkas, nggak ada salahnya kan kamu ikut bimbel online yang kece abis di Brain Academy Online. Harganya terjangkau, tapi kualitas STAR Master Teacher-nya nggak diragukan lagi deh. Daftar sekarang!

BA offline

Referensi:

Pendoman Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) 2021 dari Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

http://lldikti10.ristekdikti.go.id/id/besaran-biaya-pendidikan-dan-biaya-hidup-kip-kuliah-tahun-2021

 

Profile

Fauzia Astuti

Beri Komentar