KIP Kuliah 2024: Jadwal, Cara Daftar, Syarat & Keunggulannya

WhatsApp Image 2021-12-20 at 14.07.15 (1)

Artikel ini memuat informasi tentang jadwal, persyaratan, keunggulan, serta cara mendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah).

Wah, nggak kerasa sudah masuk semester baru. Kalian yang berada di kelas 12, pasti lagi sibuk-sibuknya melakukan persiapan ujian masuk perguruan tinggi. Banyak yang harus dipersiapkan, mulai dari mental, latihan soal-soal, sampai biaya. Yap, di satu sisi, masalah biaya seringkali menjadi hambatan untuk berkuliah.

Tapi, kamu tahu, nggak? Berdasarkan UU no 12/2012 tentang pendidikan tinggi, pemerintah telah memberikan kemudahan melalui Program Indonesia Pintar (PIP) yang mencakup bantuan uang tunai, perluasan akses pendidikan, serta kesempatan belajar kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu secara finansial. Nah, program ini direalisasikan dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah. 

 

Apa Itu KIP-Kuliah?

Kartu Indonesia Pintar (KIP-Kuliah) adalah bantuan pendidikan yang diberikan pemerintah kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. Bantuan ini berlaku bagi mereka yang lolos melalui jalur SNBP, SNBT, dan Ujian Mandiri di perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.

 

Syarat Penerima KIP-Kuliah 2024

1. Merupakan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sederajat yang lulus pada tahun 2024, 2023, dan 2022.

2. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk, di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), ataupun swasta (PTS) pada program studi yang telah terakreditasi.

3. Mahasiswa pemegang atau pemilik Kartu Indonesia Pintar (KIP) Pendidikan Menengah.

4. Masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau menerima program bantuan sosial yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial seperti:

  • Bansos Program Keluarga Harapan (PKH)
  • Bansos Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK)
  • Bansos Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

5. Masuk dalam kelompok masyarakat miskin/rentan miskinmaksimal pada desil 3 (tiga) Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang ditetapkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

6. Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan

7. Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 4 kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah Merdeka selama memenuhi persyaratan miskin/rentan miskin sesuai dengan ketentuan yang dibuktikan dengan:

  • Bukti pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp4.000.000 setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750.000.
  • Bukti keluarga miskin dalam bentuk Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan dandilegalisasi oleh pemerintah, minimum tingkat desa/ kelurahan untuk menyatakan kondisi suatu keluarga yang termasuk golongan miskin atau tidak mampu.

Baca juga: Mengenal DTKS, Desil, dan NJOP Meter pada KIP Kuliah

 

Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2024

  • Pendaftaran Akun Siswa KIP Kuliah: 12 Februari – 31 Oktober 2024
  • Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP): 13 Februari – 27 Februari 2024
  • Pengumuman Hasil SNBP: 26 Maret 2024
  • Pendaftaran UTBK-SNBT : 21 Maret – 5 April 2024
  • Pelaksanaan UTBK Gel I : 30 April dan 2 – 7 Mei 2024
  • Pelaksanaan UTBK Gel II : 14 – 20 Mei 2024
  • Pengumuman Hasil SNBT : 13 Juni 2024

Baca juga: Jadwal UTBK SNBT, Syarat, Tahapan & Ketentuan Jurusan

 

Keunggulan KIP Kuliah

Berikut manfaat atau keunggulan KIP Kuliah yang akan kamu dapatkan:

1. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk SNBT, serta seleksi mandiri yang diusulkan masing-masing perguruan tinggi. 

2. Biaya kuliah gratis sampai lulus yang disesuaikan dengan akreditasi program studi. Akreditasi A maksimal 12 juta untuk prodi kesehatan dan maksimal 8 juta untuk prodi non kesehatan. Akreditasi B maksimal sebesar 4 juta, dan Akreditasi C maksimal sebesar 2,4 juta rupiah.

3. Bantuan biaya hidup yang digolongkan menjadi 5 klaster wilayah sesuai indeks biaya hidup kota/kabupaten masing-masing. Terdiri dari 800 ribu, 950 ribu, 1.1 juta, 1.25 juta dan 1.4 juta rupiah per bulan.

 

Jangka Waktu Pemberian KIP-Kuliah

Meskipun bisa kuliah gratis sampai lulus dan dapat bantuan biaya hidup, bukan berarti kamu jadi malas belajar ya. Sebab, KIP-Kuliah ini ada jangka waktunya loh. 

Program Regular

  • Sarjana maksimal 8 (delapan) semester
  • Diploma Empat maksimal 8 (delapan) semester
  • Diploma Tiga maksimal 6 (enam) semester
  • Diploma Dua maksimal 4 (empat) semester

 

Program Profesi

  • Dokter maksimal 4 (empat) semester
  • Dokter Gigi maksimal 4 (empat) semester
  • Dokter Hewan maksimal 4 (empat) semester
  • Ners maksimal 2 (dua) semester
  • Apoteker maksimal 2 (dua) semester
  • Guru maksimal 2 (dua) semester.

 

Cara Daftar KIP Kuliah

.Bagi kamu yang sudah lolos ujian masuk perguruan tinggi dari segala jalur (SNBP/SNBT/Mandiri) bisa langsung mendaftar atau login melalui laman KIP Kuliah di kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Kamu juga bisa mendaftar melalui HP dengan terlebih dahulu mengunduh dan melakukan instalasi KIP Kuliah di smartphone berbasis android di Play Store. Pendaftaran ini bisa dilakukan mandiri atau melalui perguruan tinggi. Jadi, kampus kamu yang akan melakukan registrasi untuk mahasiswa yang lolos.

Untuk pendaftaran akun, calon penerima KIP Kuliah harus memasukkan data sebagai berikut:

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  • Alamat e-mail aktif untuk pengiriman nomor pendaftaran dan kode akses

Untuk lengkapnya, yuk simak alur pendaftaran KIP Kuliah berikut ini.

Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah

 

Pertanyaan Seputar KIP Kuliah

1. Kapan pengumuman penerima KIP Kuliah?

Pengumuman penerima KIP Kuliah dilakukan setelah mahasiswa lolos dan mendaftar ulang di perguruan tinggi pilihannya masing-masing.

2. Apakah mahasiswa aktif boleh mendaftar KIP Kuliah?

Tidak bisa. KIP Kuliah hanya diberlakukan untuk calon mahasiswa/lulusan SMA sederajat tahun berjalan atau lulus dua tahun sebelumnya. 

3. Mengapa saya gagal mendapatkan KIP Kuliah?

KIP Kuliah diperuntukkan bagi mahasiswa dengan kondisi ekonomi kurang mampu. Apabila dalam proses verifikasi terdapat aduan dari masyarakat atau berkas yang tidak sesuai, maka peserta tidak berhak menerima KIP Kuliah.

4. Apakah bisa mendaftar KIP Kuliah dengan akun tahun sebelumnya?

Bisa. Namun, perlu diingat, KIP Kuliah hanya diperuntukkan bagi calon mahasiswa (bukan mahasiswa aktif di perguruan tinggi).

5. Apakah penerima KIP Kuliah boleh pindah jurusan/program studi?

Tidak boleh.

6. Bagaimana proses penyaluran bantuan dana KIP Kuliah?

  • Pihak kampus mengirimkan SK/Surat dari pimpinan kampus terkait daftar calon penerima KIP Kuliah disertai data pendukung (pelaporan IPK dan atau softcopy data penerima dan rekening) (cepat atau lambatnya tergantung mekanisme internal kampus)
  • PLPP Kemmdikbud melakukan proses SPP, SPM ( kira kira 1-2 Minggu jika data pada tahap 1 lengkap)
  • KPPN menerbitkan SP2D (Maksimal 1 hari kerja) dan transfer ke rekening penampungan Satker PLPP Kemdikbud (Izin dari Kementerian Keuangan)
  • PLPP Kemdikbud memerintahkan Bank penyalur untuk melakukan proses transfer (1-2 hari kerja)
  • Bank penyalur melakukan transfer ke rekening penerima (mekanisme internal bank mandiri)

Masih bingung dengan penjelasan di atas? Jika ada kendala, kamu dapat menghubungi Helpdesk di laman SIM KIP Kuliah Merdeka, mengirim email pengaduan di [email protected] , atau melalui akun Instagram resmi KIP Kuliah.

Naah, sekarang kamu sudah tau kan cara daftar KIP Kuliah? Duuuuh jadi nggak sabar lihat teman-teman pakai almamater kampus impian masing-masing. Selain mempersiapkan berkas yang diperlukan, kemampuan akademik kamu juga perlu diasah dong. Langsung aja, ikutan bimbel di Brain Academy yang tersebar di seluruh Indonesia. Fasilitasnya lengkap, kualitas STAR Master Teacher-nya juga nggak kaleng-kaleng!

[IDN] CTA Blog Cabang Brain Academy Center

Referensi:

Pedoman Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah [Daring]. Tautan: https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ (Diakses: 5 Maret 2024)

Salsabila Nanda