Bedah Jurusan Statistika: Mata Kuliah, Prospek Kerja, dan Kampus

Tri Janarti Okt 19, 2021 • 10 min read


Jurusan Statistika

Punya sifat teliti dan jujur? Yuk, masuk ke Jurusan Statistika! Meski mata kuliahnya sulit, prospek kariernya menjanjikan lho!

--

Brainies, kalau ngomongin jurusan yang lulusannya dibutuhkan di masa depan, kita nggak bisa melewatkan Jurusan Statistika. Yups, kemampuan lulusan jurusan ini akan sesuai lho dengan perkembangan dan kebutuhan dunia di masa mendatang. Bahkan, lulusannya kemungkinan akan selalu dicari karena hasil kerja mereka yang bisa menjadi dasar pengambilan keputusan pada berbagai sektor.

Meskipun begitu, peminat Jurusan Statistika belum seramai jurusan dari rumpun Saintek lainnya, seperti Jurusan Kedokteran atau Jurusan Teknik Informatika. Padahal jenjang pendidikan awal untuk jurusan ini beragam, yakni D-III, D-IV, dan S-1.

Pada SBMPTN 2020, peminat Jurusan Statistika untuk jenjang S-1 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) hanya ada 781 orang dengan daya tampung 59, sedangkan untuk jenjang D-IV yang baru dibuka tahun 2019 memiliki 0 peminat. Sementara itu, pendaftar D-III di Politeknik Statistika STIS yang merupakan kampus kedinasan di tahun 2021 ada 2.023 orang, lebih sedikit dari jumlah pendaftar untuk jenjang D-IV.

Setelah baca penjelasan panjang lebar di atas, kamu mungkin jadi bertanya-tanya, “Kalau peluang kerja Jurusan Statistika emang bagus di masa depan, kenapa peminatnya sedikit? Apa karena mata kuliahnya susah?” Wah, pas banget, nih! Karena artikel ini akan mengulik perkuliahan di Jurusan Statistika, mulai dari mata kuliah, prospek kerja, hingga kampus terbaiknya. Yuk, simak!

Kenalan dengan Jurusan Statistika

Sebelum melangkah lebih jauh, kita awali pembahasan dengan menjawab pertanyaan apa itu Jurusan Statistika terlebih dahulu, oke? Jurusan Statistika adalah jurusan yang mempelajari proses pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan penganalisisan data untuk kemudian dijadikan pijakan pengambilan keputusan.

Adapun data-data yang diproses pada Jurusan Statistika adalah data yang valid tanpa rekaan sama sekali. Makanya, mahasiswa jurusan ini anti sama perilaku bohong. Tuh, jadi mau cari jodoh anak Jurusan Statistika nggak? Kalau mau, biar lebih gampang dapatnya kamu kudu masuk ke jurusan ini, Brainies. Hahaha.

Oh iya, Jurusan Statistika merupakan bagian dari studi Matematika, lho. Hanya saja fokus utama pembelajaran jurusan ini ialah pengolahan data. Jadi, jangan shock bila selama perkuliahan nanti kamu sering bertemu dengan hitung-hitungan, ya.

Baca Juga: 8 Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Menghitung

Mata Kuliah Jurusan Statistika

Apa yang dipelajari di Jurusan Statistika? Penuh hitung-hitungan dan rumus ala Jurusan Matematika? Ada sih beberapa mata kuliah yang membutuhkan kegiatan menghitung dengan rumus, tetapi nggak semuanya kok. Mahasiswa jurusan ini juga nggak mesti jago banget dalam menghitung karena banyak perhitungan yang diselesaikan menggunakan kalkulator scientific atau software-software statistik, seperti SPSS dan R, agar hasilnya lebih akurat.

Nah, buat mata kuliahnya, kita ambil contoh dari kurikulum Jurusan Statistika Universitas Gadjah Mada (UGM), ya. Kayak jurusan lainnya, mata kuliah Jurusan Statistika UGM juga terbagi menjadi mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan.

Jurusan Statistika

Mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Statistika hampir selalu berkaitan dengan data dan hitungan. (Sumber: freepik.com) 

Mata kuliah wajib adalah materi-materi kuliah yang harus diikuti oleh mahasiswa selama masa studi berlangsung. Berikut beberapa mata kuliah wajib Jurusan Statistika dikutip dari kurikulum UGM.

  •         Metode Statistika
  •         Kalkulus 1
  •         Fisika Dasar 1
  •         Kimia Dasar 1
  •         Pemrograman
  •         Eksplorasi dan Visualisasi Data
  •         Aljabar Matriks
  •         Matematika Diskrit dan Kombinatorik
  •         Basis Data
  •         Analisis Regresi Terapan
  •         Probabilitas dan Proses Stokastik
  •         Metode Survei Sampel
  •         Pengantar Statistika Matematik I
  •         Komputasi Statistika I
  •         Statistika Multivariat Terapan
  •         Statistika Ofisial
  •         Pengantar Data Sains
  •         Pengantar Data Mining

Selain itu, ada juga mata kuliah wajib yang membutuhkan praktik lapangan, yaitu Kerja Praktik dan Kuliah Kerja Nyata. Kemudian, pada tahun keempat, kamu juga dituntut untuk mengerjakan Tugas Akhir sebagai tahapan untuk mengakhiri status mahasiswa.

Jurusan Statistika UGM juga memberikan beberapa mata kuliah pilihan yang bebas diikuti oleh mahasiswanya. Untuk mata kuliah pilihan, utamakan memilih mata kuliah yang sesuai dengan kebutuhan tugas akhirmu, minat dan bakat, serta profesi impianmu di masa depan, ya, Brainies. Adapun mata kuliah pilihannya sebagai berikut.

  •         Manajemen Risiko Kuantitatif
  •         Biostatistika dan Epidemiologi
  •         Pengantar Matematika Finansial I
  •         Pengantar Matematika Aktuaria I
  •         Demografi
  •         Metode Peramalan
  •         Metode Statistika Nonparametrik
  •         Pengantar Ekonometri

Prospek Kerja Jurusan Statistika

Lulusan Jurusan Statistika bakal kerja apa? Kayak yang udah disebutkan di awal, lulusan jurusan ini bakal memiliki peluang kerja yang bagus hingga masa mendatang.

Hal itu dikarenakan kemampuan memproses data dengan akurat dibutuhkan oleh instansi, baik pemerintahan atau swasta, agar bisa memberikan informasi atau mengambil keputusan dengan tepat berdasarkan data yang ada. Misalnya, informasi mengenai perhitungan hasil pemilu atau pemutusan pembuatan suatu kebijakan berdasarkan data jenjang pendidikan penduduk Indonesia.

Jurusan StatistikaLulusan Jurusan Statistika kerja apa? Nggak usah bingung karena peluang kerja Jurusan Statistika terbuka lebar kok. (Sumber: freepik.com)

Lulusan Jurusan Statistika tentu akan menjadi seorang ahli statistik. Nah, sebagai ahli statistik, kamu yang memiliki keahlian mengumpulkan, mengolah, menyajikan, dan menganalisis data bisa berkarier di instansi pemerintahan, seperti Badan Pusat Statistik (BPS). Bahkan, jika kuliah di Politeknik Statistik STIS, maka kamu bisa langsung diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk BPS, lho!

Sementara buat yang nggak tertarik bekerja di BPS, berikut contoh prospek kerja Jurusan Statistika di instansi swasta.

  •         Analis Kontrol Kualitas
  •         Analis Bisnis
  •         Analisis Riset Operasional
  •         Data Scientist
  •         Aktuaris
  •         Peneliti Survei
  •         Pegawai Bank
  •         Tenaga Pengajar

Kampus dengan Jurusan Statistika

Meskipun Jurusan Statistika sepi peminat, kampus Indonesia yang menawarkan jurusan ini nggak sedikit, lho. Artinya, kampus-kampus di Indonesia menilai Jurusan Statistika masih sesuai dengan permintaan dari dunia kerja. Makanya, nggak heran jurusan ini memiliki jenjang D-III, D-IV, dan S-1 sebagai pendidikan awalnya. Nah, aku bakal sebutin beberapa kampus dengan Jurusan Statistika yang terakreditasi A dan B berdasarkan jenjangnya, ya.

Baca Juga: Apa Sih Bedanya Kuliah S-1 dengan D-3?

Kampus dengan D-III Jurusan Statistika

  •         Universitas Negeri Semarang – A
  •         Universitas Halu Oleo – B
  •         Politeknik Statistika STIS – B
  •         Universitas Negeri Padang – B
  •         Universitas Sumatera Utara – B
  •         Akademi Statistika – B

Kampus dengan D-IV Jurusan Statistika

  •         Politeknik Statistika STIS – B

Kampus dengan S-1 Jurusan Statistika

  •         Institut Pertanian Bogor – A
  •         Institut Teknologi Sepuluh Nopember – A
  •         Universitas Islam Indonesia – A
  •         Universitas Brawijaya – A
  •         Universitas Airlangga – A
  •         Universitas Diponegoro – A
  •         Universitas Hasanuddin – A
  •         Universitas Padjadjaran – A
  •         Universitas Terbuka – B
  •         Universitas Riau – B

--

Gimana, udah menentukan mau masuk ke kampus dengan Jurusan Statistika yang mana? Terus udah siap berhadapan dengan mata kuliah dan bersaing mendapatkan peluang kariernya? Biar persiapanmu makin mantap, yuk gabung ke Brain Academy Online! Manfaatkan kesempatan mengikuti Tryout Ujian Sekolah dan UTBK serta melatih diri melalui Modul Belajar. Buruan!

BA online

Referensi:

Penerimaan Mahasiswa Baru Ikatan Dinas Politeknik Statistika STIS Tahun Akademik 2021/2022 [Daring]. Tautan: https://spmb.stis.ac.id/ (Diakses 13 Oktober 2021)

Informasi Umum Prodi Statistika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) [Daring]. Tautan: https://sidata-ptn.ltmpt.ac.id/ptn_sb.php?ptn=382&prodi=3821032&jenis=0 (Diakses 13 Oktober 2021)

Perkenalkan, Ini Jurusan Statistika yang Sering Disangka Bakal Jadi Tukang Sensus [Daring]. Tautan: https://mojok.co/terminal/perkenalkan-ini-jurusan-statistika-yang-sering-disangka-bakal-jadi-tukang-sensus/ (Diakses 13 Oktober 2021)

Program Studi Sarjana Statistika Universitas Gadjah Mada, Kurikulum [Daring]. Tautan: https://s1stat.fmipa.ugm.ac.id/id/curriculum/ (Diakses 13 Oktober 2021)

Program Studi DIV Statistika [Daring]. Tautan: https://stis.ac.id/hal/31/program-studi-div-statistika (Diakses 13 Oktober 2021)

Hari Statistik: Mengenal Jurusan Statistika [Daring]. Tautan: https://www.ruangguru.com/blog/jurusan-statistika (Diakses 13 Oktober 2021)

Direktori Hasil Program Studi [Daring]. Tautan: https://www.banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.php (Diakses 13 Oktober 2021)

Sumber Gambar:

Mata Kuliah Jurusan Statistika [Daring]. Tautan: https://www.freepik.com/free-vector/opened-business-plan-documents-binder_1311556.htm#page=1&query=calculate&from_query=menghitung&position=0&from_view=search (Diakses 19 Oktober 2021)

Peluang Kerja Jurusan Statistika [Daring]. Tautan: https://www.freepik.com/free-vector/couple-professionals-analyzing-graphs_6974868.htm#page=1&query=statistik&position=29&from_view=search (Diakses 19 Oktober 2021)

Profile

Tri Janarti

Beri Komentar