Ternyata ini 5 Jurusan Kuliah Tersulit di Indonesia! Ada pilihan Kamu?

Tiara Syabanira Dewantari Mar 1, 2021 • 9 min read


jurusan tersulit

Artikel ini membahas jurusan-jurusan kuliah tersulit yang ada di Indonesia

--

Memilih jurusan kuliah memang bukan perkara yang mudah. Bahkan jika tidak berhati-hati, kita terancam sulit lulus dan menjadi mahasiswa abadi! Duh, amit-amit deh!

Kita semua pastinya memiliki tujuan serta alasan tersendiri ketika memutuskan untuk menjalani kuliah di suatu jurusan, baik itu berdasarkan cita-cita, menyesuaikan dengan kemampuan dan bakat, hingga menginginkan jurusan tersebut karena bergengsi dan memiliki prospek kerja yang cerah.

Tapi, kamu perlu tahu, nih. Bahwa beberapa jurusan yang tersedia di kampus ternyata memiliki reputasi sebagai jurusan yang ‘sulit masuk, sulit keluar’. Penasaran gak, sama jurusan yang dimaksud? Berdasarkan hasil rangkuman dari beberapa sumber, kami persembahkan, ini dia 5 jurusan kuliah tersulit di Indonesia!

1. Jurusan Farmasi

Jurusan Farmasi merupakan salah satu jurusan yang paling banyak diincar di Indonesia. Di jurusan ini, kamu akan banyak belajar tentang seluk-beluk obat-obatan, mulai dari yang sintetik hingga alami. Tapi, perlu kamu ketahui juga, nih, kalau Jurusan Farmasi tidak melulu mempelajari tentang obat, lho. Selama kuliah, para mahasiswanya juga akan turut mempelajari tentang anatomi tubuh, Matematika, Kimia, Fisika, Biologi sel, tumbuhan obat, kosmetik, Kesehatan Masyarakat, bahkan sampai ke Manajemen dan Pemasaran

farmasiJurusan Farmasi (sumber: kompasiana.com)

Tidak aneh jika Jurusan Farmasi dinobatkan sebagai salah satu jurusan tersulit di Indonesia dan di seluruh dunia. Pada tahun 2014, Ditjen Dikti mengakui bahwa Jurusan Farmasi adalah jurusan di perguruan tinggi dengan peminat terbanyak ke-5 di Indonesia. Bahkan kini Jurusan Farmasi masuk dalam 10 jurusan kuliah yang paling sulit dimasuki.

Baca juga: Jurusan Farmasi: Belajar Meracik dan Bereksperimen dengan Obat-Obatan

2. Jurusan Teknik

Untuk kamu yang tertarik untuk masuk jurusan ini harus kuat-kuat, ya! Sebab, kamu harus belajar ekstra demi memahami materi-materi Fisika, Kalkulus, Statistik, Biologi, hingga Geologi. Konon, sangat sulit untuk bisa mendapatkan nilai yang tinggi di jurusan ini. Tidak aneh jika mahasiswa Jurusan Teknik dikatakan memiliki nilai lebih rendah dari mahasiswa di jurusan lain. Bahkan–dilansir dari merdeka.com–hampir 60% setiap tahunnya mahasiswa di jurusan ini kena DO (drop out). Ih, seram!

teknikJurusan Teknik (sumber: stemstudy.com)

Baca juga: 10 Jurusan di Bidang Teknik dengan Prospek Kerjanya yang Menjanjikan

Saking sulitnya, Jurusan Teknik bahkan sampai disebut sebagai ‘jurusan neraka’ oleh National Center for Education Statistics. Semua cabang dari ilmu Teknik ini dianggap tidak mudah. Mulai dari Teknik Kimia, Teknik Elektro, dan yang menjadi bintang utama dalam pembahasan kali ini, yaitu Jurusan Teknik Sipil.

Kompas.com dan Liputan6.com menyebutkan bahwa jurusan Teknik Sipil merupakan salah satu cabang Jurusan Teknik tersulit. Ilmu yang dipelajari di Teknik Sipil memiliki memiliki cakupan yang luas. Sebab, ilmunya dikembangkan sejalan dengan kebutuhan manusia dan pergerakannya. Jangan heran jika anak Teknik Sipil mahir dalam merancang, membangun, dan merenovasi gedung dan infrastruktur lainnya yang mencakup lingkungan demi kepentingan hidup manusia.

Peluang kerja yang ditawarkan untuk para lulusan Teknik Sipil juga sangat luas dan beragam. Jadi, wajar saja jika cabang ilmu teknik satu ini menjadi incaran banyak orang dan termasuk jurusan yang paling sulit untuk dimasuki.

3. Jurusan Matematika dan Statistika

Mendengar nama ‘Matematika’ saja pasti sudah membuat sebagian dari kita takut dan mundur. Apalagi, bagi kamu yang sudah musuhan dan frustasi dengan Matematika sejak rumus-rumus rumit mulai ikut campur di pelajaran sekolah. Matematika disebut sebagai ibu dari segala ilmu. Sebab, Matematika menjadi ilmu pengetahuan dasar bagi berbagai pengetahuan terapan dan kehadirannya dapat mempermudah penyelesaian permasalahan dalam ilmu-ilmu lainnya.

matematika dan statistikJurusan Matematika dan Statistika (sumber: ak5.picdn.net)

Memang dalam memahami ilmu Matematika, kamu membutuhkan dedikasi, ketekunan, dan usaha yang ekstra. Sebab selama kuliah, kamu akan dipertemukan dengan Aljabar, Geometri, Analisis Matematika, komputasi, aktuaria, hingga riset operasi, yang tentunya penuh dengan angka, rumus, dan teori.

Baca juga: Hari Statistik: Mengenal Jurusan Statistika

Sedangkan Jurusan Statistika merupakan turunan dari Jurusan Matematika. Jurusan statistika akan mengajak kamu untuk belajar mengolah dan menyajikan data dalam bentuk analisa yang dapat diterapkan dalam menciptakan perencanaan yang berguna bagi kemajuan masa depan.

4. Jurusan Kedokteran

Ada beberapa alasan yang menjadikan Jurusan Kedokteran salah satu jurusan yang sulit untuk dijalankan. Pertama, kuliah Jurusan Kedokteran mengharuskan kamu untuk menguasai ilmu-ilmu tentang sistem, ragam penyakit, hingga pengobatan penyakit yang menyerang tubuh manusia. Sehingga ketika selesai menempuh pendidikan, kamu diharapkan dapat menguasai tentang cara mendiagnosis, mengobati, hingga cara-cara pencegahan suatu penyakit. Tidak hanya dari aspek medis, tapi juga dari aspek psikis, sosial, dan budaya.

kedokteranJurusan Kedokteran (sumber: aamc.org)

Alasan kedua adalah lamanya durasi pendidikan yang harus ditempuh oleh seorang mahasiswa Jurusan Kedokteran. Ketika jurusan lain hanya membutuhkan waktu kuliah selama 3,3–4 tahun, Jurusan Kedokteran mewajibkan mahasiswanya untuk menempuh pendidikan setidaknya 5–6 tahun hingga mereka dapat menerima gelar Dokter. Sebab, sebelum seorang sarjana kedokteran bisa melakukan praktek, banyak tahapan yang harus mereka lalui–seperti koas, ujian sertifikasi, dan pendidikan spesialis–hingga akhirnya mereka bisa menerapkan ilmu di lapangan. Repotnya!

Baca juga: Ketahuilah Hal-hal Ini Sebelum Kamu Memilih Jurusan Kedokteran

5. Jurusan Arsitektur

Jurusan terakhir yang masuk ke dalam list jurusan tersulit di Indonesia yaitu Jurusan Arsitektur. Jurusan Arsitektur merupakan perpaduan antara teknik dan dan seni. Selama kuliah, kamu akan banyak belajar tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan. Selain itu, kamu juga akan turut belajar tentang cara merancang interior, eksterior, kawasan, hingga mempelajari perencanaan kota.

arsitekturJurusan Arsitektur (sumber: dqarchitects.in)

Tidak hanya skill menggambar saja yang harus dimiliki oleh mahasiswa Jurusan Arsitek, tapi kamu juga harus memiliki ide yang kreatif, kepedulian terhadap lingkungan, serta pengetahuan yang luas tentang segala hal agar dapat merancang sebuah bangunan yang baik.

Baca juga: Hari Arsitektur: Siapkan 7 Hal Ini Sebelum Memilih Jurusan Arsitektur

Saking populernya, Jurusan Arsitek menjadi salah satu jurusan yang paling banyak peminatnya di Indonesia. Bahkan di ajang SBMPTN 2020, Jurusan Arsitektur menjadi jurusan yang paling sulit untuk ditembus di Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada.

Setuju tidak dengan list di atas? Kalau kamu punya jurusan tersulit versi kamu, bisa langsung tambahkan di kolom komentar ya! Tapi, perlu diingat juga, setiap individu memiliki kemampuan serta tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Nah, agar kamu pede dan semangat bersaing dengan para pejuang lainnya, mending matangkan persiapan kamu bersama Brain Academy Online! Dengan fasilitas bimbel yang oke dan beda dari yang lain, Brain Academy siap membantu dalam meningkatkan kualitas akademis kamu! Yuk segera daftar!

BA online

Sumber:

Dian Ihsan. 6 Jurusan Kuliah Sulit Masuk dan Lulus, Ada Pilihanmu?. kompas.com. 13 Desember 2020. [Daring]. Tautan: https://edukasi.kompas.com/read/2020/12/13/194723471/6-jurusan-kuliah-sulit-masuk-dan-lulus-ada-pilihanmu?page=all (Diakses: 2 Februari 2021)

Sulung Lahitani. 7 Jurusan Kuliah Paling Sulit di Indonesia. liputan6.com. 11 Februari 2016. [Daring]. Tautan: https://www.liputan6.com/citizen6/read/2433531/7-jurusan-kuliah-paling-sulit-di-indonesia (Diakses: 2 Februari 2021)

Mustiana Lestari. Hasil Survei Sebut Inilah Jurusan Neraka dan Surga di Kampus. merdeka.com. 20 April 2015. [Daring]. Tautan: https://www.merdeka.com/peristiwa/hasil-survei-sebut-ini-lah-jurusan-neraka-dan-surga-di-kampus.html (Diakses: 2 Februari 2021)

Sumber gambar:

Jurusan Farmasi. kompasiana.com. [Daring]. Tautan: https://www.kompasiana.com/diasashari3517/5f951c8e8ede487f65637082/mau-kuliah-farmasi-persiapkan-yuk?page=all (Diakses: 2 Februari 2021)

Jurusan Teknik. stemstudy.com. [Daring]. Tautan: https://stemstudy.com/how-to-get-into-engineering-school/ (Diakses: 2 Februari 2021)

Jurusan Matematika dan Statistika. ak5.picdn.net. [Daring]. Tautan: https://ak5.picdn.net/shutterstock/videos/8456386/thumb/1.jpg?i10c=img.resize(height:160) (Diakses: 2 Februari 2021)

Jurusan Kedokteran. aamc.org. [Daring]. Tautan: https://www.aamc.org/news-insights/us-medical-school-enrollment-rises-30 (Diakses: 2 Februari 2021)

Jurusan Arsitektur. dqarchitects.in. [Daring]. Tautan: https://www.dqarchitects.in/architecture-as-a-career/ (Diakses: 2 Februari 2021)

Beri Komentar