Profil dan Informasi Lengkap Universitas Terbuka (UT)

Universitas Terbuka

Siap masuk Universitas Terbuka? Yuk, simak profil dan informasi lengkapnya, mulai dari fakultas, jurusan, sampai biayanya di bawah ini.

Apa yang terlintas di pikiranmu saat mendengar Universitas Terbuka? Kampus yang terbuka untuk siapa saja? Ya… nggak salah, sih. Lebih tepatnya, sistem pembelajaran Universitas Terbuka (UT) itu, terbuka dan bisa dilakukan dengan jarak jauh, dengan tujuan untuk meningkatkan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi di Indonesia. Bahkan, sistem terbuka ini nggak terbatas oleh daerah terpencil di Indonesia, melainkan sampai ke luar negeri.

Sistem “terbuka” ini meliputi, penerimaan mahasiswa yang dibuka sepanjang tahun, tidak ada jangka waktu penyelesaian studi, penggunaan multimedia untuk pembelajaran, serta terbuka untuk semua kalangan dan usia. Hal yang perlu kamu ketahui juga, UT ini termasuk salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) loh. Makin penasaran, kan? Coba kepoin informasi tentang UT yang sudah Brain Academy rangkum di bawah ini.

 

Sejarah Universitas Terbuka

Cikal bakal pendirian UT, karena adanya isu dalam dunia pendidikan, yaitu rendahnya mutu dan kualitas guru, serta terbatasnya daya tampung pendidikan tinggi. Akhirnya, pada akhir 1970-an, banyak guru yang dididik secara darurat dalam program singkat. Alasannya? Karena adanya keterbatasan biaya, serta mereka yang harus meninggalkan tugasnya sebagai pengajar untuk menempuh pendidikan lanjutan.

Melihat situasi tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pun melaksanakan program Pendidikan Jarak Jauh PGSLP D2 kepada guru-guru tingkat sekolah menengah pada tahun 1981. Program ini diberi nama Program Belajar Jarak Jauh Proyek Pengembangan Pendidikan Diploma Kependidikan.

Lantas, pada akhir tahun 1981, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan untuk mendirikan sebuah universitas yang non-konvensional dengan sistem terbuka. Universitas ini diberi nama Universitas Terbuka Indonesia, dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden No. 41 Tahun 1984.

Baca juga: Profil dan Informasi Lengkap LSPR Communication & Business Institute

 

Akreditasi dan Ranking

  • Akreditasi B oleh BAN-PT
  • #34 di dunia versi UI GreenMetric 2020
  • #48 di Indonesia versi Webometrics

 

Fakultas dan Jurusan

UT menawarkan program dari diploma, sarjana, pascasarjana, doktor, dan program sertifikat. Ada 4 (empat) fakultas dan belasan jurusan di UT. Selain itu, ada juga program khusus mahasiswa luar negeri seperti dari Arab Saudi, Malaysia, Singapura, dan negara lainnya. Untuk lebih detailnya, kamu bisa cek info grafis di bawah ini, ya!

universitas terbuka

 

Pendaftaran dan Jalur Masuk

Buat kamu yang mau masuk UT, perlu banget nih tahu cara pendaftarannya. Untuk tahun 2021 kemarin, UT hanya membuka jalur masuk SNMPTN dan mandiri. Layaknya PTN lain, syarat ketentuan SNMPTN UT pun sama, sedangkan untuk jalur mandiri, tidak ada tes masuk untuk kalian calon mahasiswa.

SNMPTN

  • Mempunyai NPSN
  • Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)
  • Merupakan siswa SMA/MA/SMK sederajat kelas 12 dengan prestasi unggul
  • Memiliki nilai rapor semester 1 – 5 yang diunggah di PDSS

Jalur Mandiri

  • Berijazah SLTA atau sederajat/D1/D2/D3
  • Berasal dari program studi terakreditasi BAN-PT, atau memiliki SK izin operasional Dikti
  • Melengkapi dokumen persyaratan pendaftaran
  • Calon mahasiswa wajib punya akun aktif dan melakukan pendaftaran secara mandiri melalui https://admisi-sia.ut.ac.id/auth/registrasi/mahasiswa-baru 
  • Mengisi dan mengunggah berkas digital. Berkas dapat diperoleh dari cabang Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) setempat (ada 49 kantor layanan dan 1 pusat pengelolaan mahasiswa luar negeri, bisa dicek di
    https://www.ut.ac.id/upbjj-ut/alamat) atau unduh dari laman resmi UT
  • Khusus calon mahasiswa FKIP, harus berstatus sebagai guru dengan pengalaman mengajar minimal satu (1) tahun sejak ijazah SMA/sederajat diterbitkan
  • Membayar biaya pendaftaran Rp 100.000

Baca juga: Jurusan Ilmu Murni dan Pendidikan, Serupa, tapi Tak Sama

 

Biaya Kuliah

UT memiliki sistem biaya kuliah yang unik. Terdapat layanan Sistem Paket Semester (SIPAS), dan Non-SIPAS. Layanan SIPAS sendiri dibagi lagi menjadi 5 (lima) layanan, yaitu SIPAS Non TTM, SIPAS Semi, SIPAS Penuh, SIPAS Plus, dan SIPAS Online. Perbedaannya terdapat dari komponen layanan setiap jenis tersebut. 

Untuk layanan Non-SIPAS, biaya kuliah dihitung berdasarkan jumlah SKS yang diikuti per semesternya. Perbedaannya, mahasiswa Non-SIPAS tidak mendapat layanan lain seperti transkrip sementara, alih kredit, praktikum, pelatihan pengembangan diri, dsb. Mereka harus membayar secara terpisah semua biaya tersebut.

Daftarnya uang kuliah per semester dan biaya matkul per sks bisa dilihat di bawah ini.

biaya kuliah universitas terbuka

Berikut adalah contoh skema pembayaran layanan SIPAS dan Non-SIPAS:

Mahasiswa SIPAS

Untuk jurusan Kearsipan dengan registrasi ulang 6 SKS

Rp 1.600.000 + (6 x Rp 38.000) = Rp 1.828.000

 

Mahasiswa Non-SIPAS

Untuk jurusan Kearsipan dengan registrasi ulang 12 SKS

12 x Rp 38.000 = Rp 456.000

 

Fasilitas

Karena sebagian besar pengajaran melalui media online, UT lebih menekankan fasilitas online-nya untuk para mahasiswa. UT memiliki perpustakaan digital, toko buku online, dan sistem online learning. Selain itu, UT juga memiliki beberapa fasilitas yang bisa disewakan kepada masyarakat umum, seperti Wisma UT, training institute, toko buku, meeting room, sampai gazebo. Harga sewanya bervariasi. Misalnya untuk Wisma UT, harga sewanya mulai dari Rp 550.000 - Rp 700.000 per malamnya.

 

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Meskipun pengajarannya lebih banyak online, UT memiliki beberapa UKM untuk meningkatkan bakat dan minat mahasiswanya loh. Ada UT Sport Center, Forum Belajar setiap program studi, paduan suara, Menwa, Persekutuan Oikumene UT Jakarta, dan program olahraga, seni, sampai bansos lainnya.

Baca juga: 20 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Dibutuhkan di Masa Depan

 

Lokasi dan Akses Sekitar Kampus UT

Alamat Kampus 

Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan 15437, Banten

UPBJJ-UT (tempat mahasiswa melakukan kegiatan administratif akademik dan kegiatan akademik) terdapat 49 kantor yang tersebar di berbagai wilayah, di Indonesia.

 

Kost di Sekitar UT

Mahasiswa lebih fleksibel dalam memilih indekos, karena sistem pembelajaran jarak jauh yang memungkinkan mereka bisa belajar di mana saja. Namun, jika mencari info kos dekat kampus UT agar lebih mudah, kamu bisa mencarinya di daerah Pamulang, dengan harga Rp 700.000 - Rp 2.000.000 per bulan, dengan fasilitas yang tentunya disesuaikan.

 

Akses Transportasi

Bandara Soekarno-Hatta

  • Dari bandara, naik JA Connexion Damri jurusan Soekarno Hatta - Pondok Cabe
  • Turun di perempatan Gaplek
  • Naik Angkot D15 jurusan Pamulang - Lebak Bulus, atau D106 jurusan Parung - Lebak Bulus, atau TransJakarta S14 jurusan Pondok Cabe - Tanah Abang
  • Turun di UT

 

Bandara Halim Perdanakusuma

  • Dari bandara, naik JA Connexion Lorena jurusan Bandara Halim Perdanakusuma - POIN Square
  • Turun di POIN Square
  • Naik Angkot D15 jurusan Pamulang - Lebak Bulus, atau D106 jurusan Parung - Lebak Bulus, atau TransJakarta S14 jurusan Pondok Cabe - Tanah Abang
  • Turun di UT

 

Pelabuhan/Stasiun/Terminal Tanjung Priok

  • Halte TransJakarta Terminal Tanjung Priok no. 12 rute Tanjung Priok - Penjaringan
  • Turun di Kota
  • Naik TransJakarta 9B rute Kota - Pinang Ranti, turun di Tosari
  • Naik TransJakarta S12 rute Tosari - Ciputat, turun di Lebak Bulus
  • Naik Angkot D15 jurusan Pamulang - Lebak Bulus, atau D106 jurusan Parung - Lebak Bulus, atau TransJakarta S14 jurusan Pondok Cabe - Tanah Abang
  • Turun di UT

 

Stasiun Gambir

  • Keluar di Pelataran Timur, menyebrang ke depan Gereja Immanuel
  • Naik TransJakarta 6H rute Senen - Lebak Bulus, turun di Terminal Lebak Bulus
  • Naik Angkot D15 jurusan Pamulang - Lebak Bulus, atau D106 jurusan Parung - Lebak Bulus, atau TransJakarta S14 jurusan Pondok Cabe - Tanah Abang
  • Turun di UT

 

UT memang memiliki sistem pembelajaran yang berbeda dengan universitas lain karena lebih menekankan pembelajaran jarak jauh melalui online. Namun, bukan berarti kamu bisa santai-santai aja kalau mau masuk UT. Ingat, ada pepatah yang bilang kau usaha nggak akan mengkhianati hasil. So? Nggak ada alasan lagi, kan, buat nggak gabung sama Brain Academy. Mulai dari PR sampai persiapan ujian kamu akan terasa lebih mudah ketika diajar oleh Star Master Teacher!

Live Teaching Brain Academy Online

Referensi

Laman resmi Universitas Terbuka, sumber daring https://www.ut.ac.id/ (diakses: 25-1-2022)

Saptoyo, Rosy Dewi, Kuliah di Universitas Terbuka, Simak Cara Daftar dan Biayanya, sumber daring https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/24/190500165/kuliah-di-universitas-terbuka-simak-cara-daftar-dan-biayanya?page=all. (diakses 27-1-2022)

Novriandi, Irman, Universitas Terbuka (UT) Kampus Pamulang, sumber daring: https://irman-novriandi.com/travel/indonesia/jawa/universitas-terbuka-ut-kampus-pamulang/ (diakses 27-1-2022)

Mamikos, sumber daring https://mamikos.com/kost/kost-dekat-ut-tangerang-selatan-murah (diakses 27-1-2022)



Profile

Fauzia Astuti