Apa Sih Bedanya Kuliah S1 dengan D3?

Salsabila Nanda Jun 28, 2021 • 6 min read


BA_-_(Pojok_Kampus)_Bedanya_S1_dengan_D3-01

Mau tahu perbedaan kuliah jenjang Sarjana dengan Vokasi/Diploma? Yuk cari tahu bersama! Psstt, ada tips memilih program studi juga loh.

--


Brainies, kamu suka overthinking nggak? Mikirin mau jadi apa, kerja dimana, siapa jodohnya (eh, masih lama itu mah). Pikiran tadi seringkali datang menghampiri, terutama buat kamu yang sedang duduk di bangku SMA. Udah mulai pusing nentuin jurusan dan universitas.

Sesuai dengan judulnya, kali ini kita bakal membahas perbedaan kuliah Sarjana vs Diploma (Vokasi). Pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi yang berfokus pada penguasaan keahlian terapan tertentu. Sedangkan sarjana berfokus pada pengetahuan teoritis.

Ada yang bilang kalau lulusan D3 itu jarang dicari perusahaan. Ah, jangan percaya mitos dulu! Yuk, cari tahu perbedaan dan cara memilih jenjang kuliah yang tepat buat kamu!

Baca Juga: 8 Semester Kuliah Psikologi, Belajar Apa Aja?

 

Oke, jadi apa perbedaan sarjana dengan diploma?

 

1. Lama program studi

Kalau kamu kuliah S1, setidaknya ada 144 SKS yang harus ditempuh selama 4 tahun. Sedangkan gelar D3 diperoleh dengan 112 SKS selama 3 tahun. Tapi, nggak semua orang bisa lulus tepat waktu. Ada yang telat setahun, atau bahkan lebih cepat. Semua tergantung ketekunanmu saat kuliah.

SKS adalah Satuan Kredit Semester, yang menunjukan besarnya beban studi mahasiswa. Dari jumlah SKS, kamu bisa tau apakah mata kuliah tersebut mudah atau sulit. SKS juga menandakan waktu belajar per minggu.

Satu mata kuliah biasanya terdiri dari 2 sampai 6 sks. Contoh: Pengantar Akuntansi memiliki 3 sks. Artinya, dalam seminggu kamu belajar Akuntansi selama 3 jam. Semakin besar jumlah sks, semakin berat pula mata kuliahnya.

2. Materi yang diajarkan

Jenjang S1 umumnya mempelajari hal-hal yang bersifat teoritis. Komposisi kuliahnya terdiri dari 60% teori dan 40% praktek. Sedangkan inti pengajaran pada program D3 lebih mengutamakan keterampilan dan keahlian. Nggak heran kalau mata kuliahnya 60% praktek dan 40% teori.

Berikut contoh perbandingan mata kuliah S1 Komunikasi dengan D3 Hubungan Masyarakat

BA_-_(Pojok_Kampus)_Perbedaan Mata Kuliah S1 dengan D3

 

Dari gambar di atas terlihat mata kuliah S1 didominasi oleh pelajaran yang bersifat teoritis, seperti Pengantar Ilmu Politik atau Sosiologi. Sedangkan D3 lebih banyak mengutamakan mata kuliah praktek, seperti Dasar Desain Grafis dan Manajemen Program Radio.

3. Tugas Akhir

Katanya mahasiswa D3 bisa lulus tanpa skripsi? Bener banget. Akan tetapi, kamu wajib mengerjakan laporan hasil kerja magang atau membuat karya sesuai program studi yang diambil. Misalnya, kamu kuliah D3 Periklanan, tugas akhirmu bisa berupa video iklan atau sejenisnya.

Sedangkan skripsi diwajibkan untuk mahasiswa S1. Kamu diminta menggali, menganalisis dan memecahkan fenomena yang ada di masyarakat berdasarkan teori yang telah dipelajari. Proses penulisannya pun lebih lama, sekitar 6 bulan atau 1 tahun. Tergantung tingkat kesulitan tema yang diteliti dan dosen pembimbing.

4. Gelar kelulusan

S1 memperoleh gelar Sarjana Ilmu sesuai program studi yang diambil, misalnya Sarjana Ilmu Pendidikan (S.Pd), Sarjana Ilmu Komunikasi (S.IKom), atau Sarjana Ilmu Ekonomi (S.E).

Tenang aja, lulusan D3 juga menyandang gelar berupa Ahli Madya atau A.Md. Setelah lulus, kamu bisa melanjutkan ke program ekstensi jika ingin mengambil gelar Sarjana. Kalau mau langsung kerja juga nggak masalah loh.

 

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Jenjang Kuliah S1 dan D3

 

1. Minat dan kemampuan diri sendiri

Penting banget mengenal minat dan kemampuan yang dimiliki. Caranya, dengan mengikuti 5 jenis tes minat bakat untuk mengetahui jurusan dan jenjang kuliah yang cocok. Kalau kamu senang berpikir kritis dan mendalam, S1 jadi pilihan yang tepat. Namun, jika senang terjun langsung ke lapangan, nggak ada salahnya daftar D3.

2. Prospek Kerja

Mengenai prospek kerja, tidak ada diskriminasi antara lulusan D3 dengan S1. Semua tergantung dari individu dan skill yang dimiliki. Sebelum lulus, kamu bisa ikut program magang atau freelance. Selain menambah pengalaman, hal ini membantu kamu untuk memperluas koneksi dari berbagai kalangan. BTW, sudah tahu program Magang Kampus Merdeka belum?

BA_-_(Pojok_Kampus)_Magang Bersertifikat Kampus Merdeka

Baca Juga: 5 Skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa, Kamu Udah Punya?

3. Durasi dan Biaya Kuliah

Nah, poin ini juga wajib banget didiskusikan bareng Papa Mama. Meskipun kuliah D3 lebih cepat setahun, bukan berarti biaya yang dikeluarkan jadi sedikit. Beberapa mata kuliah mengharuskan kamu untuk praktek dan membeli peralatan guna menunjang proses belajar.

Kuliah S1 pun begitu. Biasanya, mahasiswa banyak menghabiskan biaya saat menyusun skripsi. Mulai dari nge-print, fotokopi, hingga membeli buku jika perlu. Lama penulisan skripsi bergantung dari tingkat kesulitan topik yang diteliti dan dosen pembimbing. Untuk S1, kamu bisa lulus dalam waktu 4 hingga 6 tahun.

4. Akreditasi kampus

Terakhir, kualitas kampus. Luangkan waktu untuk mengecek akreditasi universitas di laman banpt.or.id. Cari tahu sebanyak-banyaknya mengenai jurusan, mata kuliah, serta program beasiswa (jika ada). Jangan ragu bertanya di media sosial kampus, forum seperti Quora, atau kakak alumni.

---

Itu dia perbedaan dan hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih kuliah S1 atau D3. BTW, kamu bisa dapetin tips masuk PTN favorit hingga konsultasi prospek karir di Brain Academy Online. Mau coba?

BA online

Referensi:

Sekolah Vokasi Universitas Indonesia. [Daring]. Tautan: 

https://www.ui.ac.id/akademik/program-vokasi.html (diakses 21-22 Juni 2021)

Mata Kuliah Sarjana dan Diploma Universitas Indonesia [Daring]. Tautan:

https://psdk.ui.ac.id/download/daftar_mata_kuliah.pdf

http://www.sap.ui.ac.id/main/period/06.00.15.01/20111 diakses 21-22 Juni 2021)

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!

Beri Komentar