Jurusan Ilmu Murni dan Pendidikan, Serupa, tapi Tak Sama

Pojok Kampus - Beda Jurusan Pendidikan dan Ilmu Murni-01 (1)

Jurusan Ilmu Murni dan Pendidikan sama nggak, sih? Yuk, cari perbedaan dari keduanya, termasuk mata kuliah, prospek karier, dan gelarnya.

---

Pendaftaran SNMPTN semakin dekat, dan Brainies pasti lagi bingung, nih, buat nentuin jurusan yang bakal dipilihnya. Kamu yang suka banget pelajaran Biologi, berniat ingin masuk jurusan Biologi. Tapi, kok, pas dicari tahu lebih lanjut tentang jurusan itu, kamu justru semakin bingung karena ada jurusan Biologi dan Pendidikan Biologi.

Apa, sih, bedanya?

 

Perbedaan Jurusan Pendidikan dan Ilmu Murni

Secara garis besar, jurusan Ilmu Pendidikan, nggak jauh berbeda dengan jurusan ilmu murninya. Misalnya, jurusan Pendidikan Biologi dengan jurusan Ilmu Biologi, atau jurusan Pendidikan Sosiologi dengan jurusan Ilmu Sosiologi. Namun tentu saja, ada beberapa faktor yang membuat mengapa jurusan itu dipisahkan, mulai dari tujuan, mata kuliahnya, karier, dan gelar. Yuk, cari tahu!

 

Tujuan Jurusan Pendidikan dan Ilmu Murni

Tujuan dari dua jenis jurusan itu cukup berbeda satu sama lain. Jurusan ilmu murni biasanya terfokus pada ilmu itu sendiri. Lulusan jurusan ilmu murni diharapkan bisa mengembangkan dan menerapkannya di kehidupan. Seperti yang kita tahu, ilmu itu selalu berkembang.

Setiap universitas itu punya badan risetnya sendiri untuk mengembangkan ilmunya. Biasanya, jurusan ilmu murni akan mendapatkan mata kuliah pilihan yang membuat kamu lebih fokus kepada cabang ilmu tertentu. Istilahnya adalah ilmu terapannya.

Kalau jurusan Pendidikan, selain untuk menguasai ilmu murninya, lulusan jurusan ini juga diharapkan bisa menyelenggarakan pembelajaran atau mengajarkan ilmu tersebut baik formal maupun informal. Jadi, jurusan Pendidikan tidak hanya terfokus pada teori dan praktek ilmu itu sendiri, tapi juga bagaimana cara mengajarkannya.

Baca juga: Beda Universitas, Politeknik, Institut, Akademi, dan Sekolah Tinggi

 

Mata Kuliah Jurusan Pendidikan dan Ilmu Murni

Kalau dari tujuannya aja udah ada perbedaannya, tentunya mata kuliah yang diajarkan dua jurusan ini berbeda. Kalau ilmu murni akan dipelajari ilmu itu secara keseluruhan—dari A sampai Z.

Untuk tahun-tahun awal, kamu akan diajarkan ilmu itu dari hal mendasarnya. Sedangkan jika sudah di tahun-tahun akhir, biasanya akan lebih spesifik berdasarkan minat atau fokus studi. Misalnya, jurusan di jurusan Ilmu Biologi itu ada peminatan Kesehatan, Biodiversitas, dan sebagainya.

Sedangkan jurusan Pendidikan, selain terdapat mata kuliah dasar-dasar ilmu murni itu, ada juga mata kuliah tentang pendidikan. Kalau dipersentasekan, sih… 1:4 dibandingkan ilmu murninya, jadi bisa disimpulkan kalau mata kuliah pendidikannya lebih banyak. Antara lain, tentang strategi pengajaran, evaluasi, psikologi peserta didik, teknik komunikasi media, dan sebagainya.

Oh, iya, ada satu lagi perbedaan yang berhubungan dengan mata kuliah, yaitu untuk praktek lapangan. Kalau jurusan ilmu murni, biasanya mereka akan melakukan Kerja Praktek Lapangan (PKL) yang dimaksudkan untuk belajar menerapkan ilmu yang mereka pelajari langsung di masyarakat melalui pelayanan dan sebagainya.

Sedangkan jurusan ilmu pendidikan biasanya akan melakukan praktek lapangan di sekolah-sekolah. Yups, tentunya untuk mengajar. Hal ini juga berhubungan dengan skripsi yang akan mereka tulis, yaitu harus berhubungan dengan sisi pendidikannya.

ppl_jurusan_pendidikan

PPL Jurusan Pendidikan (sumber: berita.upi.edu)

Sudah banyak universitas negeri yang menyediakan jurusan Pendidikan berakreditasi A. Seperti:

Baca juga: Jurusan Sepi Peminat di SBMPTN UNAIR, UNDIP, dan UB

 

Gelar dan Karier Jurusan Pendidikan dan Ilmu Murni

Kali ini kita membahas tentang Pendidikan duluan, ya… seperti namanya, lulusan jurusan ini akan mendapatkan gelar S.Pd (sarjana pendidikan). Sejalan dengan tujuan jurusan ini, diharapkan juga para lulusan bisa menjadi pendidik atau pengajar baik di bidang formal atau non formal.

Sedangkan jurusan ilmu murni akan mendapat gelar sesuai fakultas atau bidangnya masing-masing. Misalnya lulusan jurusan Ilmu Sosiologi akan mendapat gelar S.Sos (sarjana sosiologi), atau lulusan Ilmu Biologi akan mendapatkan gelar S.Si (sarjana sains).  Nah, lulusan ini memiliki peluang karier sebagai peneliti, pengajar, atau bahkan entrepreneur. Kalian juga bisa bekerja di perusahaan swasta maupun BUMN milik pemerintah.

Namun, nggak menutup kemungkinan dua jurusan ini akan saling bersinggungan di dunia karier loh. Jadi, jangan takut kamu kalah satu sama lain. Dua-duanya keren kok, asalkan kamu belajar dengan giat dan berusaha sampai akhir. Untuk itu, Brain Academy hadir untuk membantu kamu bersama Star Master Teacher hebat. Tetap semangat, ya, teman-teman!

Live Teaching Brain Academy Online

Referensi:

Aulia, Elsa Dianita. PERBEDAAN Jurusan Biologi Murni, Pendidikan Biologi, dan Biologi Terapan. Sumber video daring https://youtu.be/0Sa377s4-MQ (diakses 16 Jan. 2022)

Aditya, M. 7 Universitas Berbasis Keguruan Terbaik di Indonesia 2020. sumber daring https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/10/30/inilah-7-universitas-berbasis-keguruan-terbaik-di-indonesia-2020 (diakses 19 Jan. 2022)

Profile

Fauzia Astuti