Perbedaan AKPOL, SIPSS, BINTARA, dan TAMTAMA di Kepolisian

Perbedan AKPOL, SIPSS, BINTARA, dan TAMTAMA

Apa saja hal yang membedakan Akpol, Bintara, SIPSS, dan Tamtama?

Hai calon Taruna Taruni Polri! Udah nyiapin apa aja nih? Selain berkas, latihan fisik, dan berlatih materi ujian, jangan lupa buat berdoa ya! Ngomong-ngomong, kamu udah tahu belum jenis-jenis seleksi yang ada di Kepolisian RI? Yup, untuk menjadi anggota Polri, kamu bisa mengikuti salah satu dari 4 jalur yang tersedia. Ada Akpol, SIPSS, Bintara, dan Tamtama.

Kira-kira apa sih perbedaannya? Apakah dari persyaratan atau pangkat yang didapat setelah pendidikan berakhir? Biar penasaranmu terjawab, kita bahas di artikel ini, yuk!

 

1. Akpol

Akademi Kepolisian (disingkat Akpol) adalah jalur penerimaan anggota Polri yang dikhususkan untuk membina calon perwira pertama. Dibandingkan dengan jalur lainnya, AKPOL menempuh durasi pendidikan terlama yaitu 4 tahun. Setelah lulus, kamu akan memperoleh gelar Sarjana Ilmu Kepolisian (S.IP) dan langsung berpangkat Inspektur Tingkat Dua (IPDA). AKPOL ibarat jalur fast track bagi mereka yang ingin berkarir sebagai Kapolsek, Kapolres, Kapolda, dan jajaran tinggi lain di Kepolisian.

Perlu kamu garisbawahi, AKPOL hanya menerima lulusan SMA/MA jurusan IPA/IPS dengan usia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun saat memulai pendidikan di Semarang. Kamu juga harus melampirkan skor TOEFL minimal 500. Karena bertujuan untuk menghasilkan lulusan terbaik, seleksi AKPOL bisa dibilang lebih ketat daripada seleksi Polri lainnya.

Nah, selain pangkat, Taruna/Taruni AKPOL juga memiliki ciri khusus nih. Mereka mengenakan seragam dengan ornamen merah di bagian lengan atas kiri dan kanan. Kalau kamu nonton siaran langsung Upacara 17 Agustus di Istana Merdeka, seragam mereka cukup mencolok, lho. Hihi.

 

Baca juga: 9 PTN Terbaik di Semarang Beserta Alamat, Jurusan, dan Biaya Kuliah

 

2. SIPSS

Selanjutnya kita bahas SIPSS, ya. SIPSS adalah singkatan dari Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana. Kalau AKPOL dibuka untuk lulusan SMA, SIPSS adalah jalur khusus bagi mereka yang memiliki ijazah D4, S1, dan S2 dari perguruan tinggi terakreditasi A atau B dengan IPK minimal 2,75.

Usia minimal SIPSS Polri adalah 18 tahun, maksimal 26 tahun untuk D4/S1, maksimal 28 tahun untuk S1 Profesi, maksimal 30 tahun untuk S2/S2 Profesi, dan maksimal 40 tahun untuk Dokter Spesialis.

“Terus bedanya AKPOL dan SIPSS apalagi?”

Nah, kamu pasti mengira kalau polisi tugasnya hanya di lapangan. Padahal ada beberapa satuan kerja (saker) khusus, seperti dokter, psikolog, sampai ahli nautika. Jadi, SIPSS adalah jalur seleksi masuk Kepolisian, namun tetap sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari di bangku kuliah.

Kegiatan SIPSS berlangsung di Lemdiklat Polri Semarang selama 6 bulan. Layaknya lulusan AKPOL biasa, pangkat yang diperoleh Taruna/Taruni SIPSS adalah IPDA.

 

CTA Handbook Kedinasan

 

3. BINTARA

BINTARA adalah penghubung antara perwira Akpol dengan Tamtama. Bisa dibilang, posisinya berada satu tingkat di atas AKPOL dan satu tingkat di bawah TAMTAMA. BINTARA diperuntukkan untuk lulusan SMA/MA/SMK kecuali jurusan Tata Busana dan Kecantikan. Kamu yang punya ijazah D1 sampai S1 juga bisa mendaftar, lho.

Mengenai batasan usia, ada beberapa penyesuaian nih. Bagi lulusan SMA/MA/SMK usia untuk mendaftar BINTARA Polri adalah 17 sampai 21 tahun. Sedangkan batas usia lulusan Diploma adalah 23 tahun, dan Sarjana 25 tahun.

 

Macam-macam BINTARA Polri

BINTARA dibagi lagi menjadi 4 bagian. Apa saja? Yuk, kita pahami tugasnya masing-masing!

a. Bintara Polisi Tugas Umum (PTU)

BINTARA PTU adalah anggota polisi yang bertugas mengatur, mengawasi, dan memelihara ketertiban di lingkungan masyarakat umum.

b. Bakomsus

BAKOMSUS adalah singkatan dari Bintara Kompetensi Khusus. Bisa dibilang, BAKOMSUS hampir mirip dengan SIPSS, yang membedakannya adalah pangkat setelah lulus. 

c. Bintara Brimob

BRIMOB adalah satuan khusus Polri yang bertanggungjawab untuk menanggulangi ancaman keamanan dan ketertiban tingkat tinggi. Misalnya, saat ada kerusuhan unjuk rasa.

d. Bintara Polair

BINTARA POLAIR adalah unit kepolisian yang ditugaskan di wilayah perairan. Tugasnya meliputi  patroli, penegakan hukum di perairan, pembinaan masyarakat pantai, serta pencarian dan penyelamatan kecelakaan di perairan (SAR)

Durasi dan Tempat Pendidikan BINTARA

Berbeda dengan kegiatan pendidikan AKPOL dan SIPSS yang berlangsung di Semarang, pendidikan BINTARA Polri diselenggarakan di 4 tempat terpisah sesuai dengan formasi masing-masing:

  • SPN Polda untuk Bintara PTU, Bakomsus, dan Bintara Rekpro pria;
  • Pusdik Brimob untuk Bintara Brimob
  • Pusdik Polair untuk Bintara Polair
  • Sepolwan untuk Bintara PTU, Bakomsus, dan Bintara Rekpro wanita.

Masa pendidikan berlangsung selama 5 bulan. Setelah lulus, pangkat yang kamu dapatkan adalah Brigadir Tingkat Dua (BRIPDA).

 

Baca juga: Syarat Pendaftaran, Jadwal, dan Materi Ujian Seleksi Polri

 

4. TAMTAMA

Oke, jalur seleksi Polri terakhir adalah TAMTAMA. Jalur ini dibuka hanya untuk lulusan SMA/MA/SMK kecuali jurusan Tata Busana dan Kecantikan. Usia minimal 17 tahun 7 bulan dan maksimal 22 tahun. TAMTAMA dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Tamtama Brimob serta Tamtama Polair.

Layaknya BINTARA, masa pendidikan TAMTAMA berlangsung selama 5 bulan. Tempat pendidikan berada di Pusdik Brimob dan Pusdik Polair. Setelah lulus, pangkat yang kamu dapatkan adalah Bhayangkara Dua (BHARADA).

Semoga artikel ini bisa menjadi gambaran untuk kamu yang bercita-cita masuk Kepolisian. Bukan cuma fisik dan mental, tes akademik pun harus disiapkan. Kabar baiknya, kamu bisa mulai persiapanmu dari sekarang dengan belajar intensif bareng Brain Academy Online!

Dapatkan diskon s.d. 45% harga mulai Rp235rb per bulan, dengan menggunakan Kode Diskon LOLOSKEDINASAN. 

Apa saja sih yang bisa kamu dapatkan dengan ikutan paket Kedinasan?

  • 1. Live Teaching hingga 10 sesi/minggu
  • 2. Klinik PR (tanya soal eksklusif dengan guru terbaik)
  • 3. Akses ruangbelajar
  • 4. Modul digital
  • 5. dan masih banyak fasilitas lainnya

Tunggu apalagi? Buruan daftar di tinyurl.com/KedinasanBAO atau klik banner di bawah ini!

Paket TNI/Polri

 

Referensi:

AKPOL [Daring]. Tautan: https://penerimaan.polri.go.id/uploads/pdf/PENGUMUMAN_PENERIMAAN_TARUNA_AKPOL_TAHUN_ANGGARAN_2023.pdf

SIPSS [Daring]. Tautan: https://penerimaan.polri.go.id/uploads/pdf/PENGUMUMAN_PENERIMAAN_SIPSS_TA_2022.pdf

BINTARA [Daring]. Tautan: https://penerimaan.polri.go.id/uploads/pdf/PENGUMUMAN_BINTARA_POLRI_GELOMBANG_II_TAHUN_ANGGARAN_2023.pdf

PTU dan BRIMOB [Daring]. Tautan: https://kumparan.com/berita-terkini/memahami-perbedaan-antara-bintara-ptu-dan-brimob-dalam-kepolisian-indonesia-20AIc2ozUSg/full

BAKOMSUS [Daring]. Tautan: https://olcedukasi.com/berita/read/berminat-menjadi-bintara-polri-inilah-jalur-masuk-yang-bisa-kalian-pilih#:~:text=Bakomsus%20Bidan,yaitu%20mengenai%20dengan%20urusan%20kebidanan.

POLAIR [Daring]. Tautan: https://resbuleleng.bali.polri.go.id/satuan-polisi-perairan-satpolair/#:~:text=Sat%20Polair%20bertugas%20menyelenggarakan%20fungsi,kecelakaan%20di%20perairan%20(SAR).

TAMTAMA [Daring]. Tautan: https://penerimaan.polri.go.id/uploads/pdf/PENGUMUMAN_TAMTAMA_POLRI_GELOMBANG_II_TAHUN_ANGGARAN_2023.pdf

(Diakses 08 Mei 2023)

Salsabila Nanda