Jadwal Pendaftaran SPAN PTKIN 2022 Beserta Syarat dan Tahapannya

BA - Pojok Kampus - Pendaftaran SPAN PTKIN

Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri sudah dibuka! Ketahui jadwal, syarat, alur pendaftaran, daftar kampus, beserta jurusan yang bisa kamu pilih.

---

Halo, Brainies! Jalur masuk ke perguruan tinggi banyak macamnya, lho. Ada yang menggunakan nilai rapor, tes tulis, atau prestasi non akademik. Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke kampus islam negeri, kamu bisa mendaftar lewat jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN). Biar nggak terlewat, simak jadwal dan syarat pendaftarannya yuk!

Apa itu SPAN PTKIN?

SPAN PTKIN merupakan seleksi masuk perguruan tinggi islam negeri yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Terdapat 59 kampus yang tersebar di seluruh Indonesia, meliputi UIN, STAIN, IAIN, dan Universitas Singaperbangsa Karawang. Proses seleksi ini tidak dipungut biaya alias gratis.

 

Syarat Pendaftaran SPAN PTKIN 2022

Persyaratan Umum

  1. SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio tanpa ujian tertulis.
  2. Madrasah/Sekolah/Pesantren Mu’adalah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah Madrasah/Sekolah/Pesantren Mu’adalah yang secara sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.
  3. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Mu’adalah masing-masing.

Persyaratan Khusus

  1. Siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah kelas terakhir pada tahun 2022.
  2. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi.
  3. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  4. Memiliki nilai rapor kelas 10 sampai kelas 12 semester 1 yang telah diisikan di PDSS.


Alur Pendaftaran SPAN PTKIN 2022

Registrasi Akun Sekolah

  1. Sekolah melakukan registrasi di laman https://pdss.span-ptkin.ac.id/
  2. Sekolah memperoleh bukti validasi akun yang dikirimkan ke email sekolah dan kepala sekolah.
  3. Sekolah login di laman https://pdss.span-ptkin.ac.id/, kemudian mengisi data dan nilai siswa.

Registrasi Akun Siswa

  1. Siswa melakukan registrasi menggunakan NISN dan email aktif di laman https://siswa.span-ptkin.ac.id/ 
  2. Siswa memperoleh bukti validasi akun yang dikirimkan ke email masing-masing.
  3. Siswa login di laman https://siswa.span-ptkin.ac.id/
  4. Siswa memasukkan bukti rapor dan prestasi tambahan. Jika data yang dimasukkan belum sesuai, siswa dapat mengajukan revisi ke operator sekolah. 
  5. Siswa mencetak bukti pendaftaran


Jadwal Pendaftaran SPAN PTKIN 2022

Jadwal Seleksi SPAN PTKIN

Kapan sih pendaftaran SPAN PTKIN dibuka? Pihak sekolah sudah bisa menginput data siswa sejak tanggal 07 Februari hingga 03 Maret 2022 pukul 23.59 WIB. Sedangkan siswa dapat memilih kampus dan jurusan di SPAN PTKIN pada tanggal 04 Maret sampai 31 Maret 2022. Adapun pengumuman kelulusan SPAN PTKIN  dapat dilihat pada laman https://pengumuman.span-ptkin.ac.id/ dengan memasukkan nomor pendaftaran peserta.

 

Daftar Perguruan Tinggi dan Jurusan SPAN PTKIN 2022

BA - Pojok Kampus - Kampus dan Jurusan di SPAN PTKIN

Jurusan yang ditawarkan di SPAN PTKIN juga bermacam-macam. Ada Astronomi Islam, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Bahasa Arab, Tadris Bahasa Inggris, Ekonomi Syariah, Akuntansi Syariah, Sosiologi Agama, Hukum Islam, Ilmu Hadist, Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Komunikasi Penyiaran Islam, Manajemen Dakwah, Bimbingan dan Konseling, Pemikiran Politik Islam, Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Psikologi Islam, Jurnalistik Islam, Pariwisata, Sejarah Peradaban Islam, Tashawuf dan Psikoterapi, Pendidikan Anak Usia Dini, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Mau Masuk D3 di Politeknik? Yuk, Daftar SNMPN Sekarang!

 

Ketentuan Pemilihan Kampus dan Program Studi SPAN PTKIN 2022

  1.  Siswa dapat memilih 2 (dua) PTKIN yang diminati.
  2.  Siswa dapat memilih 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTKIN.
  3. Urutan pilihan PTKIN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  4. Proses seleksi dilakukan dengan melihat Kualitas Siswa (nilai rapor, prestasi lainnya); Kualitas Sekolah (Akreditasi, index daftar ulang) dan Indeks kewilayahan untuk siswa yang berasal dari daerah 3T.

---

Banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Nggak perlu panik, semua yang kamu butuhkan untuk persiapan kuliah ada di Brain Academy. Satu-satunya kombinasi bimbingan belajar online dan offline yang tersebar di seluruh Indonesia. Kalau ragu, bisa coba gratis dulu kok!

Live Teaching Brain Academy Online

Referensi:

SPAN PTKIN [Daring]. Tautan: https://span-ptkin.ac.id/ (diakses 02 Maret 2022)




 

 

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!