Tips Belajar Bahasa Asing secara Otodidak

Elisabeth Garnistia Mar 4, 2021 • 11 min read


HEADER-07

Artikel ini membahas tentang tips jitu belajar bahasa asing secara mandiri. 

--

Memahami bahasa asing merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap orang di dunia. Karena dengan kemampuan berbahasa asing juga dapat membuka kesempatan untuk mengenal dunia lebih luas tanpa batasan.

Penelitian yang dilakukan oleh EF English Proficiency Index (EX EPI) pada tahun 2019, diadakan di 100 negara yang berbahasa nasional bukan bahasa Inggris, meneliti kemahiran berbahasa Inggris orang dewasa berumur 18-40 tahun.

Hasilnya, Indonesia menduduki peringkat ke 61 dalam kemahiran berbahasa Inggris dari 100 negara lainnya yang  bahasa nasional non Inggris. Tingkat kemahiran berbahasa Inggris masyarakat Indonesia berada di bawah Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Filipina.

Tentu saja, hasil tersebut menunjukan masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memahami bahasa asing dengan baik. Padahal kemampuan berbahasa asing merupakan modal yang kuat untuk mendapatkan pekerjaan di zaman sekarang. 

Keterbatasan akses belajar merupakan kendala paling besar yang dirasakan sebagian masyarakat untuk memulai belajar bahasa asing. Namun, jika kamu mempunyai niat yang kuat untuk mempelajari bahasa asing, tidak ada salahnya kamu mulai belajar bahasa asing dengan otodidak!

Berikut beberapa tips efektif untuk mempelajari bahasa asing secara mandiri. Disimak yuk!

Baca Juga: 10 Alasan Kamu Wajib Menguasai Bahasa Asing

1. Bangun Kegiatan Memakai Bahasa Asing 

Belajar Banyak Bahasa

Mulai Mencari Tahu Bahasa asing dari Setiap Kegiatan yang Dilakukan (Sumber: kampungcourse.id)

Tips pertama ntuk pemula, yuk mulai kenali bahasa asing yang ingin dipelajari. Kamu bisa mencari berbagai referensi bahasa asing dari buku, majalah, podcast, lirik lagu, film, petunjuk di bungkus makanan, selebaran, dan referensi lainnya yang biasa kamu temui dalam bahasa asing. 

Kamu harus selalu penasaran dengan makna di balik kalimat bahasa asing yang kamu temui. Misalnya, pada saat pergi ke supermarket, kamu menemukan bahasa asing bertuliskan “buy one get one” atau “ special offer for today."

Kamu bisa langsung mencatat kalimat kamu temui di handphone, agar kamu dapat segera mencari terjemahan di balik kalimat bahasa asing tersebut.

Jika kamu tidak menemukan kalimat atau kata bahasa asing di luar rumah, cara mudah lainnya cari melalui lirik lagu bahasa asing. Kamu bisa mengakses lirik lagu yang kamu temui di handphone, lalu catat kata-kata yang sekiranya belum kamu pahami.

Kelebihan belajar dari lirik lagu, kamu akan menemukan segudang kata-kata yang dipakai untuk sehari-hari. Jadi kamu tidak akan terlalu sulit untuk mempelajarinya.

Setelah mengumpulkan kata bahasa asing, selanjutnya kamu bisa mencari terjemahannya melalui internet atau kamus bahasa asing. Hal ini juga berlaku untuk kamu yang memulai belajar bahasa asing melalui film, buku, maupun podcast.

Pengingat: Pelajari dari kata-kata dan kalimat pendek sederhana yang sering kamu temui. Jika kamu mulai belajar dari kalimat panjang dan rumit, hal itu akan menambah kebingungan dalam proses awal belajar. 

Baca Juga: 5 Bahasa Asing Ini Wajib Kamu Kuasi

2. Pelajari Kosakata Bahasa Asing

Pelajari Kosakata Bahasa Asing

Hafalkan kata-kata bahasa asing (Sumber.malangtimes.com)

Setelah menemukan begitu banyak kosakata asing, tips kedua adalah menghafal kosakata yang sudah dikumpulkan. Menghafal kosakata merupakan bagian terpenting dalam mempelajari bahasa asing.

Tidak mau dong, usahamu menjadi sia-sia karena kamu terlalu malas menghafal? Atau kamu sudah banyak menghafal kata, namun saat kamu mencoba mengingatnya malah kamu lupa apa yang telah dipelajari.

Nah, untuk mengatasi ini, kamu harus menggunakan metode belajar yang unik agar kamu tidak mudah melupakan kata-kata yang sudah dipelajari. 

Kamu bisa menggunakan metode mnemonik. Metode mnemonik adalah sebuah metode yang memanfaatkan otak manusia untuk memaksimalkan ingatan dan dapat membantu manusia dalam mengingat informasi dalam jangka panjang

Metode mnemonik berhubungan dengan imajinasi seseorang dalam mengasosiasikan suatu informasi. Imajinasi bisa melalui visualisasi kata-kata, menghubungkan kata, membuat cerita dari kata, dan lainnya. Manfaat asosiasi ini dapat memancing otak untuk mengingat informasi dengan waktu yang lama. 

Contohnya, kamu ingin menghafal kata bahasa Perancis dasar, “Je suis anglais”. Arti dari kata tersebut adalah “saya adalah orang Inggris”. Namun jika kamu menemukan kesulitan mengingat kalimat tersebut, kamu dapat mengingat dalam kalimat bahasa Inggris “just squeeze on glass.” 

Kalimat bahasa Inggris tersebut memiliki kesamaan pengucapan pada kalimat bahasa Prancis, sehingga kamu tidak terlalu susah mengingat pengucapan dari bahasa Prancis.

Pilihlah dari bahasa yang sering kamu gunakan untuk membuat familiar pengucapan atau terjemahan dari bahasa asing yang kamu pelajari. 

3. Gunakan pada Percakapan Sehari-hari 

Gunakan Bahasa Asing dalam Percakapan

Gunakan Bahasa Asing dalam Percakapan Sehari-hari (Sumber: blog.elevenia.co.id)

Setelah kamu berhasil menghafal bahasa asing, tidak ada salahnya jika kamu mulai menerapkan sebagai percakapan sehari-hari. Ini merupakan tips ketiga belajar bahasa asing yang paling manjur, lho!

Tidak perlu menunggu 100 persen andal dalam berbahasa asing, cukup dengan mengetahui makna dan pengucapan kata dengan benar. Coba mulai terapkan kata-kata tersebut dalam percakapan sehari-hari bersama teman maupun keluarga.

Menerapkan bahasa asing pada percakapan sehari-hari dapat membantu kamu mengingat kosakata lebih mudah.

Suatu penelitian yang meneliti efektivitas penerapan percakapan bebas bahasa Arab terhadap kecakapan berbicara siswa, menunjukan hasil bahwa penerapan model dengan percakapan bebas dapat melatih siswa meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab 

Menerapkan bahasa asing pada percakapan sehari-hari merupakan cara belajar baru yang dapat kamu coba, agar tidak mudah merasa bosan dengan metode belajar menghafal. 

Jadi jangan takut untuk menerapkan bahasa asing pada percakapan sehari-hari.

4. Percaya Diri 

percaya-diri

Belajar Percaya Diri atas Kemampuan Berbahasa Asing (Sumber: fispol.com)

Cara terakhir belajar bahasa asing adalah kamu harus percaya diri. Meskipun teman kamu sering mengejek kemampuanmu, terus lanjutkan usahamu untuk belajar bahasa asing. 

Kesalahan merupakan hal yang wajar dalam mempelajari sesuatu hal yang baru dalam hidup kamu, namun kamu hanya perlu terus berlatih dengan konsisten agar kamu semakin ahli berbahasa asing. 

Jangan lupa juga untuk menambah kemampuanmu. Kalau kamu merasa sudah cukup ahli dalam percakapan sehari-hari, kamu boleh lho berpindah materi yang lebih sulit lagi agar kamu semakin tertantang mempelajari bahasa asing. 

Namun, jangan lupa untuk percaya diri dalam menerapkan bahasa pada kehidupan sehari-hari. 

Cara-cara di atas dapat kamu ikuti untuk belajar bahasa asing secara mandiri. Pastikan kamu tidak menyerah di tengah jalan ya.

Kalau kamu ingin menambah kemampuan lain selain bahasa asing, Brain Academy Online menyediakan kelas pengembangan diri, agar kamu dapat mengasah kemampuan kamu menjadi lebih baik. Dijamin pasti seru deh!

BA online

Referensi: 

Kelas Bahasa Perancis. Tautan: Sumber: app.memrise.com (daring). (Diakses: 4 Februari 2021).

Henry. 12 Desember 2019. Daftar 100 Negara dengan Kemampuan Bahasa Inggris Terbaik, Indonesia Nomor Berapa?. Tautan: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4132073/daftar-100-negara-dengan-kemampuan-bahasa-inggris-terbaik-indonesia-nomor-berapa (daring). (Diakses: 4 Februari 2021). 

Muasyaroh, H. 2014. Efektifitas Penerapan Model Percakapan Bebas Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Viii Mts Negeri Kendal. Tautan: https://www.google.com/search?q=efektivitas+penerapan+bahasa+asing+di+percakapan+sehari-hari&rlz=1C1CHBF_enID835ID835&oq=efektivitas+penerapan+bahasa+asing+di+percakapan+sehari-hari&aqs=chrome..69i57.14107j0j4&sourceid=chrome&ie=UTF-8#. (daring). (Diakses: 4 Februari 2021). 

Oktriwina, S. 23 Agustus 2020. 7 Tips Anti Gagal Belajar Bahasa Asing Secara Autodidak. Tautan: https://glints.com/id/lowongan/belajar-bahasa-asing-autodidak/#.YBvL4ugzbIW (daring). (Diakses: 4 Februari 2021). 

Sari, R. 2018. MNEMONIK SEBAGAI ALTERNATIF DALAM MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA ARAB MAHASISWA. Jurnal Tarbiyatuna. Vol. 3 (2). Tautan: https://core.ac.uk/download/pdf/231315837.pdf. (daring). (Diakses: 4 Februari 2021). 

Quamila, A. 7 Januari 2021. 7 Trik Mudah Belajar Banyak Bahasa Asing Sekaligus. Tautan: https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/7-tips-belajar-bahasa-asing/#gref (daring). (Diakses: 4 Februari 2021). 

Sumber Gambar: 

Mulai Mencari Tahu Bahasa asing dari Setiap Kegiatan yang Dilakukan Tautan: :https://www.kampungcourse.id/rekomendasi-novel-bahasa-inggris/. (daring). (Diakses: 4 Februari 2021). 

Hafalkan kata-kata bahasa asing. Tautan:https://www.malangtimes.com/baca/23764/20180103/092804/ini-dia-empat-bahasa-aneh-di-dunia-salah-satunya-ada-di-malang-lho (daring). (Diakses: 4 Februari 2021).  

Gunakan Bahasa Asing dalam Percakapan Sehari-hari. Tautan: https://blog.elevenia.co.id/cara-berbicara-yang-baik-dan-sopan/ (daring). (Diakses: 4 Februari 2021). 

Belajar Percaya Diri atas Kemampuan Berbahasa Asing. Tautan: https://www.fispol.com/8-tips-menambah-rasa-percaya-diri-terbaru-2017/. (Daring). (Diakses: 4 Februari 2021). 

 

Beri Komentar