Mau Masuk Jurusan Teknik? Kenalan Dulu dengan Jurusan Planologi

Elisabeth Garnistia Jan 5, 2021 • 6 min read


04012021_BAO_Header_Artikel_Blog_JURUSAN_TEKNIK_Content_Blog_820x410_Draft1

Artikel ini berisi penjelasan mengenai jurusan Planologi di perguruan tinggi.

--

Kamu suka main permainan The Sim City atau kamu sudah pernah membangun sebuah kota megah di permainan Megapolis? Ternyata fakultas Teknik juga menyediakan jurusan yang mempelajari  hampir sama dengan permainan di atas, lho. Yup merancang sebuah kota! Kalau kamu penasaran dengan jurusan yang satu ini, kamu berada di artikel yang tepat! Karena artikel ini akan membahas seluk beluk jurusan Planologi atau Perencanaan Wilayah dan Kota di perguruan tinggi. Yuk disimak!

Jurusan Planologi

Rancangan suatu Wilayah di jurusan Planologi

Jurusan Planologi ( Sumber: Website Fakultas Teknik UGM)


Jurusan Planologi atau lebih dikenal sebagai jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota ini pertama kali didirikan di Indonesia pada tahun 1959. Institute Teknologi Bandung (ITB) merupakan pencetus berdirinya Jurusan Planologi, lho.

Siapa yang sudah pernah dengar jurusan ini? Yup, secara garis besar jurusan ini mempelajari mengenai penataan suatu kota atau wilayah tertentu.

Seperti namanya, kamu akan mempelajari perencanaan sebuah wilayah dari dasar-dasar morfologi kota, perpetaan, desain wilayah, hingga struktur tanah dengan mempertimbangkan komponen fisik seperti pertokoan, persawahan, perumahan dan komponen non-fisik seperti kepadatan penduduk hingga kemacetan. 

Jurusan Planologi tentu akan berbeda dari jurusan Arsitek. Jika jurusan Arsitek hanya mempelajari struktur atau sistem fisik dari suatu bangunan namun dalam jurusan Planologi kamu akan diajarkan menjadi arsitek dalam wilayah skala besar. 

Secara lebih detailnya, kamu akan mempelajari bagaimana menjadi seorang planner (perencana) wilayah atau kota. Seorang planner dituntut untuk mempertimbangkan wilayah lebih dari segi estetika saja namun seorang planner juga harus mempertimbangkan fungsi dan relasi suatu wilayah untuk masyarakat agar menghasilkan kondisi wilayah yang baik dan nyaman ditinggali. Maka dari itu, mahasiswa Jurusan Planologi harus dapat menguasai banyak hal seperti ilmu ekonomi, sosial, politik, kelembagaan, lingkungan dan juga fisik.

Baca juga: Belajar Memasak di Jurusan Teknik? Masuk aja Jurusan Teknik Metalurgi

 

Kenapa harus jurusan Planologi?

Tentu jurusan ini akan berbeda dari jurusan di fakultas Teknik lainnya karena kamu bisa mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk memperbaiki kota kamu.

Bayangin deh, jika suatu kota memiliki penduduk yang padat dan akan terus bertambah namun kuantitas ruang yang selalu tetap, ditambah dengan penataan ruang kota yang kurang baik, tentu hal ini akan berdampak pada kesejahteraan hidup masyarakat di wilayah tersebut dan akan membuat wilayah tersebut tidak nyaman untuk ditinggali lagi.

Jika kamu bercita-cita membuat kotamu menjadi lebih asri dan mempunyai tata letak ruang yang nyaman, maka jurusan ini jawabanya!

Rencana Pola Wilayah dan Ruang

Contoh Penataan Wilayah dan Ruang (Sumber: Website Tegalkota)

 

Mata Kuliah yang Kamu Pelajari

Foto-Bersama-Mahasiswa-dan-Pembicara-dalam-Guest-Lecture

Praktik Lapangan (Sumber: Website Esa Unggul)

Di Jurusan Planologi kamu akan mempelajari dari Ekonomi Wilayah dan kota, Pengantar Perencanaan Wilayah dan Kota, Proses Perencanaan Morfologi Kota, Pola Lokasi dan Struktur Ruang, Tata Guna Lahan, Hukum Perencanaan, Perencanaan Perdesaan,Sistem Infrastruktur Wilayah dan Kota, hingga Manajemen dan Administrasi Pembangunan

 

Peluang Kerja Jurusan Planologi

Prospek kerja yang ditawarkan bagi lulusan Planologi terbilang menjanjikan. Lulusan jurusan Planologi dapat bekerja di Instansi Pemerintahan seperti Departemen Pekerjaan Umum, Kementerian Lingkungan Hidup, Dinas Tata Ruang Kerja. Selanjutnya lulusan jurusan Planologi juga dapat bekerja di sektor swasta seperti Ahli Konsultan (Perencanaan, Pariwisata,Properti), developer dan kontraktor properti (real estate), peneliti, dan dosen di perguruan tinggi. 

Prospek Kerja Jurusan Planologi

Prospek Kerja Jurusan Planologi (Sumber: idntimes)


Baca Juga:  10 Jurusan di Bidang Teknik dengan Prospek Kerjanya yang Menjanjikan

Nah, sekarang kamu sudah semakin kenal dengan jurusan Planologi. Gimana? Makin tertarik kan untuk masuk ke jurusan kece ini?

Yuk segera persiapkan dirimu menghadapi ujian masuk perguruan tinggi dengan Brain Academy Online, yang akan selalu membantu kamu menghadapi ujian masuk perguruan tinggi agar kamu dapat meraih jurusan impianmu!

BA online

Referensi:

Gutierrez, D. ( 2020). Prospek Kerja yang Meyakinkan di Teknik Planologi. (Daring). Tautan: https://lpjk.info/teknik-planologi/. (Diakses: 22 Desember 2020). 

Kajian: Perencanaan Wilayah dan Kota, Seperti Apa Sih?. 13 Agustus 2017. Website Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (Daring). Tautan: https://hmtpwk.ft.ugm.ac.id/kajian-perencanaan-wilayah-dan-kota-seperti-apa-sih/. (Diakses: 22 Desember 2020)

Prospek Kerja Seorang Alumni Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK). Website Universitas Tanjung Pura (Daring). Tautan: https://pwk.untan.ac.id/prospek-kerja-seorang-alumni-perencanaan-wilayah-dan-kota-pwk.html. (Diakses: 22 Desember 2020)

Program Studi Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota. Website Institute Teknologi Bandung (daring). Tautan: https://www.itb.ac.id/program-studi-sarjana-perencanaan-wilayah-dan-kota. (Diakses: 22 Desember 2020)

Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota. 31 Januari 2019. Website Fakultas Teknik Universitas Pasundan (daring). Tautan: https://www.teknik.unpas.ac.id/blogs/teknik-perencanaan-wilayah-dan-kota-planologi/. (Diakses: 22 Desember 2020)


Sumber Gambar:

Jurusan Planologi. Tautan: https://hmtpwk.ft.ugm.ac.id/kajian-perencanaan-wilayah-dan-kota-seperti-apa-sih. (Diakses: 22 Desember 2020)

Contoh Penataan Wilayah dan Ruang. Tautan: https://www.tegalkota.go.id/v2/index.php?option=com_content&view=article&id=13&Itemid=152&lang=id. (Diakses: 22 Desember 2020)

Foto Bersama Mahasiswa Jurusan Plaologi dengan Dosen. Tautan: https://www.esaunggul.ac.id/membahas-masalah-air-di-jakarta-bersama-prodi-perencanaan-wilayah-dan-kota-esa-unggul/. (Diakses: 22 Desember 2020).

Prospek Kerja Jurusan Planologi. Tautan: https://www.idntimes.com/life/education/podomoro-university/5-jurusan-kuliah-yang-bisa-bikin-kota-terbaik-csc-⅕. (Diakses: 22 Desember 2020)





Profile

Elisabeth Garnistia

Beri Komentar