16 Tipe Kepribadian MBTI dan Jurusan Kuliah yang Cocok

tipe kepribadian MBTI

Bingung cara memilih jurusan kuliah sesuai dengan karakter? Kamu bisa menentukannya lewat 16 tipe kepribadian MBTI!

Memilih jurusan kuliah tak semudah membeli makanan di kantin sekolah. Selain akreditasi dan peluang kerja, kamu harus tahu program studi apa yang cocok dengan kemampuan. Jangan sampai salah jurusan dan berhenti di tengah jalan ya!

Banyak orang yang memilih jurusan kuliah berdasarkan tipe kepribadian. Salah satunya lewat MBTI. Nah, apa sih MBTI itu? Biar semakin yakin, kita bahas bersama yuk!

 

Pengertian MBTI

MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) adalah alat ukur atau tes untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan tipe kepribadian seseorang berdasarkan empat dimensi utama: E (Ekstrovert) atau I (Introvert), S (Sensing) atau N (Intuition), T (Thinking) atau F (Feeling), dan J (Judging) atau P (Perceiving).

MBTI dikembangkan oleh Katherine Cook Briggs dan putrinya, Isabel Briggs Myers, berdasarkan teori kepribadian yang awalnya ditemukan oleh Carl Jung, psikolog asal Swiss. 

Sejak tahun 1940-an, Katherine dan Isabel mempelajari sekaligus mengembangkan instrumen ini. Kemudian, pada tahun 1962, MBTI diperkenalkan secara resmi sebagai alat pengukuran kepribadian yang dapat digunakan secara luas.

 

Baca juga: 7 Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat, Anti Galau Club!

 

Bagaimana Cara Melakukan Tes MBTI?

Untuk mengetahui tipe MBTI yang kamu miliki, kamu bisa membuka laman www.16personalities.com/id dan mencocokan pernyataan yang terdapat di dalamnya. Di setiap pernyataan, terdapat skala 1 sampai 7 untuk menentukan seberapa setuju atau tidak setuju kamu dengan pernyataan tersebut.

Perlu kamu ketahui, saat mengisi tes MBTI tidak ada jawaban yang salah maupun benar ya! Kamu harus mencocokan pernyataan itu dengan karakter yang kamu milki. So, be honest!

 

Baca juga: Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert, Mana yang Lebih Sukses?

 

16 Tipe Kepribadian MBTI dan Jurusan Kuliah yang Cocok

Nah, setelah mengetahui definisi dan cara mengikuti tes MBTI, sekarang kita kenalan dengan masing-masing karakter serta rekomendasi program studinya yuk!

 

1. ISTJ (Introverted, Sensing, Thinking, Judging)

Kamu yang memiliki tipe kepribadian ISTJ cenderung menjadi individu yang praktis, sistematis, dan berorientasi pada fakta. Kamu sangat terorganisir, bertanggung jawab, dan memperhatikan detail. Selain itu, ISTJ punya kemampuan yang baik dalam mengikuti prosedur dan tugas yang terstruktur.

Jurusan yang cocok: Akuntansi, Administrasi Bisnis, atau Teknik.

 

2. ISFJ (Introverted, Sensing, Feeling, Judging)

ISFJ adalah sosok yang berhati lembut dan penuh perhatian. Mereka sangat ramah, suka menolong, dan punya keterampilan sosial yang baik meskipun tergolong dalam kepribadian Introvert. Sayangnya, kebaikan ISFJ sering dimanfaatkan berlebihan nih. Kalau temanmu adalah seorang ISFJ, jangan lupa untuk mengapresiasi kebaikan mereka ya!

Jurusan yang cocok: Pendidikan, Kedokteran, atau Keperawatan.

 

3. INFJ (Introverted, Intuitive, Feeling, Judging)

Tahukah kamu hanya 1% dari populasi di dunia yang memiliki kepribadian ini? Meski terlihat pendiam, INFJ adalah individu yang peka terhadap perasaan orang lain, memiliki tekad yang kuat untuk mewujudkan keinginannya, serta berjiwa kreatif. Psstt, banyak yang bilang INFJ adalah tipe kepribadian yang paling introvert lho. Apakah kamu seorang INFJ?

Jurusan yang cocok: Psikologi, Sastra, atau Desain.

 

4. INTJ (Introverted, Intuitive, Thinking, Judging)

Selain INFJ, ada pula kepribadian MBTI lainnya yang langka ditemui di dunia, sekitar 0,8 hingga 2% dari populasi.  Di kehidupan sosial, INTJ sering dijuluki “si kutu buku” dan terkenal sebagai pribadi yang kaku. Namun, dibalik itu semua, INTJ merupakan sosok yang ambisius, tegas, punya rasa keingintahuan yang tinggi, dan menjaga privasi.

Jurusan yang cocok: Ilmu Komputer, Teknik, atau Manajemen.

 

5. ISTP (Introverted, Sensing, Thinking, Perceiving)

Lebih senang praktik dibanding teori? Mungkin kepribadian kamu adalah ISTP! Tipe kepribadian ini mempelajari sesuatu dengan cara terjun langsung dibanding membaca. ISTP tidak takut dengan kegagalan, memiliki keinginan tinggi untuk mencoba sesuatu yang baru, spontan, dan membiarkan orang lain terlibat atau masuk dalam hidupnya.

Jurusan yang cocok: Teknik Mesin, Seni Rupa, atau Olahraga.

 

6. ISFP (Introverted, Sensing, Feeling, Perceiving)

Pernah nggak punya teman yang diam-diam tapi ternyata punya bakat terpendam? Atau mungkin itu kamu sendiri? Ciri ini melekat pada kepribadian ISFP. Dijuluki sebagai seniman sejati, ISFP adalah individu yang kreatif, spontan, serta peka terhadap lingkungan sekitar. Meski begitu, ISFP sering memendam sesuatu karena tidak ingin menimbulkan masalah.

Jurusan yang cocok: Seni, Desain Interior, atau Musik.

 

7. INFP (Introverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)

INFP adalah sosok yang sangat idealis dan penuh empati. Nggak heran, mereka mempunyai kemampuan untuk memahami emosi orang lain. INFP senang menolong orang di sekitarnya, terutama yang berkaitan dengan luka batin. INFP sering mengamati keadaan di sekelilingnya sehingga memudakan mereka untuk berkomunikasi secara mendalam dengan orang lain.

Jurusan yang cocok: Jurnalisme, Psikologi, atau Seni Pertunjukan.

 

Baca juga: Informasi Jadwal Seleksi Masuk PTN dan PTS Terlengkap!

 

8. INTP (Introverted, Intuitive, Thinking, Perceiving)

Logika adalah hal yang terpenting bagi tipe kepribadian INTP. Angka dan pola yang rumit justru jadi tantangan bagi mereka. INTP biasanya terlihat pada individu yang menyukai Matematika. Orang dengan kepribadian INTP sering dianggap pemalu dan pendiam, padahal mereka hanya terlalu sering berpikir dan mengamati lingkungan sekitar.

Jurusan yang cocok: Ilmu Komputer, Matematika, atau Fisika.

 

9. ESTP (Extraverted, Sensing, Thinking, Perceiving)

Mereka yang memiliki tipe kepribadian ESTP biasanya senang menjadi pusat perhatian. Sangat menyenangkan, berani, menyukai tantangan, dan fleksibel. Nggak heran kalau ESTP punya teman yang banyak serta mudah beradaptasi dalam kondisi apapun. ESTP juga bertindak spontan tanpa memikirkan sesuatu terlalu lama.

Jurusan yang cocok: Bisnis, Olahraga, atau Pemasaran.

 

10. ESFP (Extraverted, Sensing, Feeling, Perceiving)

Kepribadian ESFP banyak dimiliki oleh aktor dan pemain di industri hiburan. Mereka ingin orang lain merasakan kebahagiaan dan kembali bersemangat. ESFP juga punya selera yang tinggi dalam mode serta tidak takut mengekspresikan gaya mereka. Sayangnya, ESFP kurang cocok dengan pekerjaan yang kompleks dan berhubungan dengan statistik.

Jurusan yang cocok: Komunikasi, Pariwisata, atau Seni Pertunjukan.

 

11. ENFP (Extraverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)

Kepribadian ENFP berfokus pada hubungan emosional dan sosial yang mereka bangun dengan orang lain. Mereka juga mandiri, penuh inovasi, serta dapat memberikan solusi atas masalah yang ada. ENFP haus akan ilmu pengetahuan tetapi tidak menjadikan mereka sebagai pribadi yang sombong. Justru, kebanyakan ENFP menghindari percakapan yang menyinggung.

Jurusan yang cocok: Ilmu Politik, Jurnalisme, atau Sosiologi.

 

12. ENTP (Extraverted, Intuitive, Thinking, Perceiving)

Berbanding terbalik dengan ENFP, kepribadian ENTP menyukai perdebatan. Punya ide-ide brilian, karismatik, dan senang beradu argumen dengan orang lain. Intinya, mereka sangat tertarik berada di keramaian, terlebih jika terlibat dalam percakapan tentang sesuatu yang mereka minati. Kualitas utama dari ENTP adalah mentalnya yang kuat.

Jurusan yang cocok: Bisnis, Hukum, atau Hubungan Internasional

 

13. ESTJ (Extraverted, Sensing, Thinking, Judging)

Apakah kamu sering dipercaya menjadi Panitia Acara di sekolah? Mungkin tipe kepribadian kamu adalah ESTJ. Sosok ini dikenal berjiwa pemimpin, terorganisir, percaya diri, dan dapat diandalkan. Mereka mampu menyatukan orang-orang di sebuah acara. Namun, ESTJ sering dianggap kaku, keras kepala, dan sulit beradaptasi dengan perubahan.

Jurusan yang cocok: Manajemen, Administrasi Bisnis, atau Keuangan.

 

14. ESFJ (Extraverted, Sensing, Feeling, Judging)

Kata siapa extrovert itu nggak sensitif? Tipe kepribadian ESFJ adalah orang-orang yang berhati lembut, lho. Mereka mudah tersentuh sehingga tak segan membantu orang lain yang kesusahan. ESFJ juga menyukai interaksi dengan orang banyak, ramah, populer, teliti, berorientasi pada pelayanan, serta easy going.

Jurusan yang cocok: Komunikasi, Psikologi, atau Keperawatan.

 

15. ENFJ (Extraverted, Intuitive, Feeling, Judging)

Wah, kalau ini sih tipe kepribadian aku, hihihi. ENFJ termasuk karakter yang idealis dan terkadang berusaha untuk mengubah orang lain menjadi lebih baik dari sebelumnya. Ketika ada 1 hal yang bertentangan, mereka ingin mengubahnya menjadi kesamaan, ini yang membuat ENFJ punya kemampuan komunikasi yang cukup mumpuni.

Jurusan yang cocok: Psikologi, Pendidikan, atau Hubungan Internasional.

 

16. ENTJ (Extraverted, Intuitive, Thinking, Judging)

Sampai juga di tipe kepribadian MBTI yang terakhir yaitu ENTJ. Mereka adalah individu yang ambisius, mendominasi, berpikir strategis, dan tidak mudah menyerah. Terkadang ENTJ dianggap terlalu mengintimidasi, padahal mereka hanya gigih untuk mencapai apa yang diinginkan. Mereka juga sulit mengekpresikan emosi.

 Jurusan yang cocok: Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik, atau Manajemen.

Perlu diingat, tipe kepribadian MBTI bukanlah satu-satunya faktor penentu cocok atau tidaknya kamu di sebuah program studi. Masih ada aspek lain yang bisa kamu pertimbangkan. Artikel ini hanyalah sedikit informasi agar kamu tak bingung dalam memilih jurusan.

Kalau kamu butuh persiapan untuk masuk ke perguruan tinggi, ada Brain Academy yang siap membantu! Bimbel Brain Academy punya fasilitas dan materi belajar yang lengkap, Master Teacher lulusan kampus ternama, serta konselor untuk mengenali minat dan bakat kamu.

Bisa belajar online atau datang langsung ke cabang terdekat dari rumahmu, lho. Yuk, coba kelas gratisnya sekarang!

Brain Academy Center

Salsabila Nanda