Informasi Lengkap Politeknik Siber dan Sandi Negara (STSN)

Pojok Kampus - Poltek SSN-01

Politeknik SSN adalah perguruan tinggi kedinasan di bawah Badan Siber dan Sandi Negara. Simak jurusan, prospek kerja, dan syarat, dan jadwal pendaftarannya.

Apa itu Poltek SSN?

Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) adalah perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara. Dahulu, perguruan ini bernama Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN). Pada tahun 2019. Sekolah Tinggi Sandi Negara berubah nama menjadi Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) berdasarkan pertimbangan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara dan Kemenristekdikti demi meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia di bidang siber serta persandian.

 

Jurusan, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja Poltek SSN

Belajar apa sih di Polteknik SSN? Sesuai dengan namanya, kamu akan mempelajari ilmu yang berhubungan dengan keamanan jaringan komputer, intelijen, kriptografi, serta cara membuat hardware yang aman untuk menjaga kerahasiaan data negara. Bisa dibilang, mirip-mirip jurusan Teknik Informatika gitu deh. Peserta didik dilatih untuk mempertahankan keamanan negara di dunia siber, seperti internet.

Ada 3 pilihan program studi D4 yang terdapat di Politeknik Siber dan Sandi Negara dengan masa tempuh selama 4 tahun, yaitu: Rekayasa Keamanan Siber, Kriptografi, dan Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi. Alumni STSN akan memperoleh gelar Sarjana Terapan S(Tr) dan langsung diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

 

1. Rekayasa Keamanan Siber (RKS)

Di jurusan Rekayasa Keamanan Siber, mata kuliah yang akan kamu peroleh seputar teori jaringan komputer dan komunikasi, teori keamanan informasi, dan teori intelijen. Setelah lulus, kamu diharapkan mampu melakukan rekayasa keamanan jaringan komputer dan informasi, merancang pengelolaan keamanan siber, serta mengoperasikan fitur keamanan perangkat jaringan yang meliputi sistem operasi, perangkat lunak dan perangkat keras.

Prospek kerja jurusan Rekayasa Keamanan Siber antara lain:

  • Cyber Security Incident Analyst/ Cyber Security Analyst
  • Vulnerability Assessment Analyst
  • Digital Evidence First Responder
  • Cyber Security Administrator
  • Cyber Security Awareness Officer
  • Network Security Administrator

 

2. Rekayasa Kriptografi (RK)

Program studi Rekayasa Kriptografi STSN memiliki 2 konsentrasi atau peminatan, yaitu:  Rekayasa Sistem Kriptografi dan Rekayasa Perangkat Lunak Kriptografi. Tapi, apa sih kriptografi itu? Kriptografi adalah teknik yang digunakan untuk melindungi kerahasiaan informasi atau data menggunakan kode tersembunyi. Kode tersebut dapat berbentuk angka, simbol, atau kata-kata aneh. Psstt, kriptografi juga ditemukan dalam soal bahasa panda di UTBK, lho.

Prospek kerja jurusan Rekayasa Kriptografi antara lain:

  • Cryptographic Analyst
  • Digital Forensic Analyst

 

3. Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi (RPK)

Mata kuliah jurusan Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi (RPK) antara lain; hardware security engineering, cyber intelijen, kriptografi, pemrograman perangkat keras, information security system, dan lain-lain. Setelah lulus, kamu akan memiliki kemampuan merancang hardware yang aman, menganalisa potensi ancaman, serta mengamankan infrastruktur kritis nasional.

Prospek kerja jurusan Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi antara lain:

  • Akademisi
  • Asisten Peneliti
  • Penyuluh Keamanan Informasi/Keamanan Siber
  • Perekayasa Perangkat Keras Modul Kripto
  • Teknisi Perangkat Keras Modul Kripto

 

Baca juga: 12 Perguruan Tinggi Kedinasan di Indonesia, Lulus Langsung Kerja

 

Alur Pendaftaran Poltek SSN

  • Mendaftar melalui portal https://sscasn.bkn.go.id lalu pilih menu Sekolah Kedinasan
  • Peserta membuat Akun SSCN Sekolah Kedinasan tahun 2022 melalui menu Registrasi, kemudian Cetak Kartu Informasi Akun
  • Login menggunakan Password dan NIK yang telah didaftarkan, unggah foto, memilih Sekolah Kedinasan POLITEKNIK SIBER DAN SANDI NEGARA, dan melengkapi data yang diminta
  • Peserta mencetak kartu Pendaftaran SSCN Sekolah Kedinasan Tahun 2022
  • Peserta dapat melihat hasil verifikasi dengan cara LogIn ke portal SSCN Sekolah Kedinasan pada tanggal yang telah ditentukan oleh Panitia SPTB Poltek SSN
  • Peserta yang dinyatakan lulus verifikasi administrasi akan mendapatkan kode pembayaran dengan cara LogIn ke portal SSCN Sekolah Kedinasan.
  • Cetak Kartu Peserta Seleksi untuk dibawa pada setiap tahapan seleksi.
  • Pengumuman Peserta yang lulus seleksi berkas dan berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan diinfokan pada website resmi PoltekSSN https://poltekssn.ac.id/pendaftaran

Fasilitas di Poltek SSN

Kuliah di STSN nggak perlu repot mikirin mau ngekost di mana nih, Brainies. Ada asrama gratis yang bisa kamu tinggali selama 4 tahun masa pendidikan. Kamu juga akan memperoleh seragam dan makanan yang bergizi. Politeknik Siber dan Sandi Negara memiliki 4 laboratorium sebagai penunjang kegiatan belajar, di antaranya:

  1. Laboratorium Komputer, yang digunakan untuk praktikum pemrograman, pengenalan sistem operasi, praktikum pengenalan hardware, praktikum perangkat jaringan, praktikum keamanan jaringan, dan penetration testing.
  2. Laboratorium Elektro, yang digunakan untuk mendukung pelajaran elektronika dasar dan rancang bangun.
  3. Laboratorium Bahasa, yang digunakan untuk pembelajaran listening dan speaking. Poltek SSN menyediakan pembelajaran bahasa Inggris, TOEFL, bahasa Jerman, bahasa Arab, bahasa Mandarin, dan bahasa Perancis. Kamu juga bisa menonton film atau membaca buku yang berkaitan dengan bidang persandian. Seru ya!
  4. Laboratorium Sandi, yang digunakan untuk praktek pembelajaran Mesin Sandi dan Alat Pendukung Utama (APU).

Alamat dan Nomor Telepon Poltek SSN

Alamat: Jl. Raya Haji Usa, Putat Nutug, Ciseeng, Putat Nutug, Kec. Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16120

Kontak: 0811 886 6565 / (0251) 8541742 / 8541754

Email: [email protected]

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk menjadi mahasiswa Politeknik SSN selanjutnya? Yuk, mulai persiapanmu dengan belajar intensif bareng Brain Academy Online!

Dapatkan diskon s.d. 45% harga mulai Rp235rb per bulan, dengan menggunakan Kode Diskon LOLOSKEDINASAN. 

Apa saja sih yang bisa kamu dapatkan dengan ikutan paket Kedinasan?

  • 1. Live Teaching hingga 10 sesi/minggu
  • 2. Klinik PR (tanya soal eksklusif dengan guru terbaik)
  • 3. Akses ruangbelajar
  • 4. Modul digital
  • 5. dan masih banyak fasilitas lainnya

Tunggu apalagi? Buruan daftar di tinyurl.com/KedinasanBAO atau klik banner di bawah ini!

Paket Kedinasan

 

Referensi:

Seputar SSN [Daring]. Tautan: https://poltekssn.ac.id/

Sumber Gambar:

Gedung Poltek SSN [Daring]. Tautan: https://poltekssn.ac.id/tentang/

Taruna Poltek SSN [Daring]. Tautan: https://poltekssn.ac.id/

Salsabila Nanda