Informasi Lengkap Politeknik Siber dan Sandi Negara (STSN)

Pojok Kampus - Poltek SSN-01

 

Apa itu Poltek SSN?

Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) adalah perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara. Dahulu, perguruan ini bernama Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN). Pada tahun 2019. Sekolah Tinggi Sandi Negara berubah nama menjadi Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) berdasarkan pertimbangan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara dan Kemenristekdikti demi meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia di bidang siber serta persandian.

 

Jurusan, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja Poltek SSN

Belajar apa sih di Polteknik SSN? Sesuai dengan namanya, kamu akan mempelajari ilmu yang berhubungan dengan keamanan jaringan komputer, intelijen, kriptografi, serta cara membuat hardware yang aman untuk menjaga kerahasiaan data negara. Bisa dibilang, mirip-mirip jurusan Teknik Informatika gitu deh. Peserta didik dilatih untuk mempertahankan keamanan negara di dunia siber, seperti internet.

Ada 3 pilihan program studi D4 yang terdapat di Politeknik Siber dan Sandi Negara dengan masa tempuh selama 4 tahun, yaitu: Rekayasa Keamanan Siber, Kriptografi, dan Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi. Alumni STSN akan memperoleh gelar Sarjana Terapan S(Tr) dan langsung diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

 

1. Rekayasa Keamanan Siber (RKS)

Di jurusan Rekayasa Keamanan Siber, mata kuliah yang akan kamu peroleh seputar teori jaringan komputer dan komunikasi, teori keamanan informasi, dan teori intelijen. Setelah lulus, kamu diharapkan mampu melakukan rekayasa keamanan jaringan komputer dan informasi, merancang pengelolaan keamanan siber, serta mengoperasikan fitur keamanan perangkat jaringan yang meliputi sistem operasi, perangkat lunak dan perangkat keras.

Prospek kerja jurusan Rekayasa Keamanan Siber antara lain:

  1. Cyber Security Incident Analyst/ Cyber Security Analyst
  2. Vulnerability Assessment Analyst
  3. Digital Evidence First Responder
  4. Cyber Security Administrator
  5. Cyber Security Awareness Officer
  6. Network Security Administrator

 

2. Rekayasa Kriptografi (RK)

Program studi Rekayasa Kriptografi STSN memiliki 2 konsentrasi atau peminatan, yaitu:  Rekayasa Sistem Kriptografi dan Rekayasa Perangkat Lunak Kriptografi. Tapi, apa sih kriptografi itu? Kriptografi adalah teknik yang digunakan untuk melindungi kerahasiaan informasi atau data menggunakan kode tersembunyi. Kode tersebut dapat berbentuk angka, simbol, atau kata-kata aneh. Psstt, kriptografi juga ditemukan dalam soal bahasa panda di UTBK, lho.

Prospek kerja jurusan Rekayasa Kriptografi antara lain:

  1. Cryptographic Analyst
  2. Digital Forensic Analyst

 

3. Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi (RPK)

Mata kuliah jurusan Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi (RPK) antara lain; hardware security engineering, cyber intelijen, kriptografi, pemrograman perangkat keras, information security system, dan lain-lain. Setelah lulus, kamu akan memiliki kemampuan merancang hardware yang aman, menganalisa potensi ancaman, serta mengamankan infrastruktur kritis nasional.

Prospek kerja jurusan Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi antara lain:

  1. Akademisi
  2. Asisten Peneliti
  3. Penyuluh Keamanan Informasi/Keamanan Siber
  4. Perekayasa Perangkat Keras Modul Kripto
  5. Teknisi Perangkat Keras Modul Kripto

 

Syarat Pendaftaran Politeknik SSN

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Pria, dengan usia minimal 17 tahun dan tidak melebihi dari 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 31 Desember 2022
  • Siswa Kelas XII atau lulusan:
    1. SMA Jurusan IPA
    2. Madrasah Aliyah Jurusan IPA
    3. SMK Teknik Elektronika
      • Teknik Audio Video
      • Teknik Elektronika Industri
      • Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi
    4. SMK TI Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi
      • Rekayasa Perangkat Lunak
      • Teknik Komputer dan Jaringan
      • Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi

Baca juga: Macam-macam Jurusan SMK dan Prospek Kerjanya

  • Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 80 pada semester IV dan V, menyertakan surat keterangan konversi nilai rapor skala 0-100 yang telah dilegalisir dan ditandatangani oleh kepala sekolah bersangkutan
  • Menyertakan transkripsi nilai rapor dalam bahasa Indonesia (bagi sekolah yang menggunakan selain bahasa Indonesia)
  • Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna (partial maupun total), tidak cacat fisik dan mental, serta tidak memiliki penyakit bawaan atau menular yang dapat mengganggu proses belajar
  • Tinggi badan minimal 165 cm dengan berat badan seimbang yang dibuktikan dengan surat hasil pemeriksaan dari dokter Puskesmas setempat
  • Tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik/bekas tindik, kecuali yang disebabkan ketentuan agama/adat
  • Apabila berkacamata, maksimal ukuran 1 baik plus (+) atau minus (-) serta TIDAK silindris 
  • Belum menikah dan belum pernah memiliki anak
  • Tidak pernah drop out (DO) dari Poltek SSN atau perguruan tinggi kedinasan kementerian/ lembaga lainnya
  • Tidak sedang menjalani Ikatan Dinas dengan instansi lain
  • Bersedia membayar biaya pelaksanaan seleksi SKD yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) sesuai PP Nomor 63 Tahun 2016 sebesar Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah)
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan bersedia bekerja selama 1×24 jam dengan sistem shift
  • Bersedia menjalani Ikatan Dinas selama 10 tahun

siswa poltek ssn

Taruna STSN (sumber: https://poltekssn.ac.id/)

 

Tahapan, Jadwal, dan Materi Ujian Poltek SSN

  • Pendaftaran dan Seleksi Administrasi
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  • Seleksi Akademik
  • Seleksi Kesehatan
  • Seleksi Kesamaptaan, Psikologi dan Wawancara Penelitian Personil
  • Pantukhir (Pemantauan Terakhir)

Pendaftaran Politeknik SSN dibuka mulai tanggal 09 April - 30 April 2022. Pelaksanaan ujian SKD dilaksanakan sekitar bulan Mei dan Juni 2022. Sedangkan seleksi lanjutan akan diumumkan dalam waktu dekat.

Untuk kamu yang bertanya-tanya tentang materi ujian SKD, biasanya terdapat 3 jenis soal, yaitu: Tes Wawasan Kebangsaan untuk menguji pengetahuan seputar NKRI, Tes Intelegensi Umum untuk mengukur kemampuan verbal, numeris, dan logika, serta Tes Karakteristik Pribadi untuk melihat karakter peserta.

 

Alur Pendaftaran Poltek SSN

  • Mendaftar melalui portal https://sscasn.bkn.go.id lalu pilih menu Sekolah Kedinasan, atau Peserta dapat mendaftar melalui portal https://dikdin.bkn.go.id
  • Peserta membuat Akun SSCN Sekolah Kedinasan tahun 2022 melalui menu Registrasi, kemudian Cetak Kartu Informasi Akun
  • Login menggunakan Password dan NIK yang telah didaftarkan, unggah foto, memilih Sekolah Kedinasan POLITEKNIK SIBER DAN SANDI NEGARA, dan melengkapi data yang diminta
  • Peserta mencetak kartu Pendaftaran SSCN Sekolah Kedinasan Tahun 2022
  • Peserta dapat melihat hasil verifikasi dengan cara LogIn ke portal SSCN Sekolah Kedinasan pada tanggal yang telah ditentukan oleh Panitia SPTB Poltek SSN
  • Peserta yang dinyatakan lulus verifikasi administrasi akan mendapatkan kode pembayaran dengan cara LogIn ke portal SSCN Sekolah Kedinasan. 
  • Cetak Kartu Peserta Seleksi untuk dibawa pada setiap tahapan seleksi.
  • Pengumuman Peserta yang lulus seleksi berkas dan berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan diinfokan pada website resmi PoltekSSN https://poltekssn.ac.id/pendaftaran

Baca juga: 12 Perguruan Tinggi Kedinasan di Indonesia, Lulus Langsung Kerja


Fasilitas di Poltek SSN

Kuliah di STSN nggak perlu repot mikirin mau ngekost di mana nih, Brainies. Ada asrama gratis yang bisa kamu tinggali selama 4 tahun masa pendidikan. Kamu juga akan memperoleh seragam dan makanan yang bergizi. Politeknik Siber dan Sandi Negara memiliki 4 laboratorium sebagai penunjang kegiatan belajar, di antaranya:

  1. Laboratorium Komputer, yang digunakan untuk praktikum pemrograman, pengenalan sistem operasi, praktikum pengenalan hardware, praktikum perangkat jaringan, praktikum keamanan jaringan, dan penetration testing.

  2. Laboratorium Elektro, yang digunakan untuk mendukung pelajaran elektronika dasar dan rancang bangun.

  3. Laboratorium Bahasa, yang digunakan untuk pembelajaran listening dan speaking. Poltek SSN menyediakan pembelajaran bahasa Inggris, TOEFL, bahasa Jerman, bahasa Arab, bahasa Mandarin, dan bahasa Perancis. Kamu juga bisa menonton film atau membaca buku yang berkaitan dengan bidang persandian. Seru ya!

  4. Laboratorium Sandi, yang digunakan untuk praktek pembelajaran Mesin Sandi dan Alat Pendukung Utama (APU).

 

Alamat dan Nomor Telepon Poltek SSN

Alamat: Jl. Raya Haji Usa, Putat Nutug, Ciseeng, Putat Nutug, Kec. Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16120

Kontak: 0811 886 6565 / (0251) 8541742 / 8541754

Email: humas@poltekssn.ac.id

---

Tahun 2022, Politeknik Siber dan Sandi Negara hanya menyediakan 100 kursi untuk calon Taruna. Apakah kamu salah satunya? Masih ada waktu untuk mempersiapkan diri sebelum tes Seleksi Kemampuan Dasar. Kamu bisa mencoba Brain Academy yang menyediakan ribuan latihan soal dan pembahasan secara live bersama STAR Master Teacher berpengalaman. Yuk!

BA offline

Referensi:

Seputar SSN [Daring]. Tautan: https://poltekssn.ac.id/

Sumber Gambar:

Gedung Poltek SSN [Daring]. Tautan: https://poltekssn.ac.id/tentang/

Taruna Poltek SSN [Daring]. Tautan: https://poltekssn.ac.id/



 

 

 

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!