Belajar Pakai Teknik Feynman, Lebih Cepet Ngertinya!

Salsabila Nanda Jun 4, 2021 • 4 min read


Brainies_Bertanya_-_Tips_Belajar_ala_Richard_Feynman-01

Artikel ini membahas cara belajar menggunakan teknik dari Richard Feynman agar lebih mudah dalam memahami beragam topik.

---

Kita semua pasti pernah mengalami kesulitan dalam belajar. Entah rumus yang njelimet atau terlalu banyak poin yang harus dihafal. Apalagi pas PJJ kayak sekarang. Kadang pengen nanya, tapi sinyal internet di rumah jelek. Jumlah tugas yang dikerjakan juga tak sebanding dengan penjelasan yang diberikan oleh Bapak dan Ibu Guru.

Untuk mengatasi hal di atas, aku mau ngenalin metode belajar ala Richard Feynman. Konon katanya, kalau belajar pakai teknik ini bisa lebih cepat ngerti lho. Bahkan, bisa dilakukan sendiri atau berdua dengan orang rumah. Yuk, cari tahu caranya!

Baca Juga: Apakah Insecure Tanda Kurang Bersyukur?

Siapa Richard Feynman?

Sebelum mengetahui teknik belajarnya, kita kenalan dulu sama mendiang Opa Richard Feynman. Beliau adalah peraih nobel tahun 1965 berkat kontribusinya dalam menyederhanakan teori elektrodinamika kuantum menjadi sebuah diagram.

Dari kecil, Opa Feynman seneng banget ngotak ngatik perkakas di rumahnya. Ngebongkar radio rusak, terus dibenerin lagi. Bahkan, ia belajar matematika lewat penyusunan pola ubin di kamar mandi. Orangtua Feynman sengaja membiarkan anaknya bermain dengan benda-benda di sekelilingnya. Dia pun tumbuh menjadi individu yang selalu penasaran dan mencari jawaban atas masalah yang ditemui.

Baca Juga: Mengenang Kisah Hidup Richard Feynman

Brainies_Bertanya_-_Tips_Belajar_ala_Richard_Feynman-03

Waktu kuliah di Princeton, beliau terbiasa untuk mencatat dan merekam materi, kemudian menuliskannya kembali dalam kalimat yang lebih simpel. Pokoknya, dibikin sesederhana mungkin. Hal ini membantu Feynman dalam memahami topik tanpa penjelasan yang rumit. 

Tak berhenti sampai disitu, Feynman juga mengajarkan rumus-rumus Fisika ke orang awam hingga mereka paham. Dia pun dijuluki sebagai The Great Explainer

Dari cerita hidup beliau, kita jadi sadar bahwa belajar nggak cuma menghafal dan menulis jawaban benar di kertas ujian. Belajar diartikan sebagai proses menyerap informasi untuk bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

Penjelasan Teknik Belajar Feynman

Kalau Opa Feynman memahami Matematika lewat ubin toilet, apakah kita harus melakukan hal serupa? Ooo tentu tidak.  Ada 4 langkah yang dapat kamu lakukan:

1. Pilih topik yang ingin dipelajari

Ambil selembar kertas. Tulis judul beserta hal-hal yang related dengan materi yang ingin dibahas. Kemudian baca dan jelaskan menggunakan bahasamu sendiri. Bayangkan seolah-olah ada orang yang mendengarkan presentasimu. Kamu juga bisa berlatih di depan kaca atau merekam suara sendiri.

2. Pelajari bagian yang belum dimengerti

Lagi asyik-asyiknya latihan presentasi, eh tiba-tiba lupa. It’s okay, buka kembali kertasnya dan pahami bagian yang belum dimengerti. Kamu dapat menambahkan sumber dari buku, internet, atau powerpoint yang diberikan guru.

Brainies_Bertanya_-_Tips_Belajar_ala_Richard_Feynman-02

3. Tuliskan dalam bentuk catatan

Setelah topik berhasil dikuasai, saatnya mengorganisir catatan menjadi lebih rapih. Nggak harus mirip dengan buku, yang penting kamu ngerti intinya. Gunakan gambar, diagram, atau dibuat mindmap sesuka hatimu.

4. Ajarkan ke orang lain

Langkah terakhir yakni mengajarkannya ke orang lain. Ajak teman, adik, atau pacar buat dengerin penjelasan kamu mengenai topik tadi. Buka sesi tanya jawab biar lebih menantang. Pertanyaan yang mereka ajukan membantu kamu untuk memahami materi lebih dalam.

Pentingnya Menggunakan Teknik Feynman

Kita terbiasa menghafal berlembar-lembar tanpa memahami inti topik yang dibicarakan. “Pokoknya definisi A tuh blablabla, pengertian B blablabla,”. Belum tentu materinya bakal kita ingat di semester selanjutnya. Giliran mau ujian lagi, buka buku lagi deh. Huft.

Melalui teknik Feynman, kita diajak untuk memahami topik sampai ke akarnya. Nggak harus terpaku dengan buku atau bahasa yang kaku. Pakai kalimat sendiri dan gunakan analogi simpel yang bisa dimengerti orang awam sekalipun.

---

Itu dia sekilas tips belajar ala tokoh dunia Richard Feynman. Coba share dong, gaya belajar kamu selama PJJ kayak apa sih? Lebih nyaman sendiri atau bareng temen? Di Brain Academy Online, ada komunitas diskusi soal loh. Kamu bisa tanya jawab seputar konsep pelajaran dengan teman-teman di seluruh Indonesia. 

BA online

Referensi:

Teknik Belajar Richard Feynman [Daring]. Tautan: https://fs.blog/2021/02/feynman-learning-technique/

https://medium.com/taking-note/learning-from-the-feynman-technique-5373014ad230

https://deepstash.com/article/57197/the-feynman-learning-technique#idea=75001 (diakses 02-03 Juni 2021)

Sumber Gambar:

Richard Feynman dan Tragedi Pesawat Challenger [Daring]. Tautan: http://www.feynman.com/science/the-challenger-disaster/

https://internasional.kompas.com/read/2019/01/28/19072341/membedah-mitos-ledakan-pesawat-luar-angkasa-challenger-pada-33-tahun?page=all (diakses 03 Juni 2021)

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!

Beri Komentar