Profil dan Informasi Lengkap Politeknik Statistika (STIS)

politeknik-statitstika

Simak syarat pendaftaran, mata kuliah, gaji, dan prospek kerja Politeknik Statistika!

Siapa di sini yang suka menghitung? Wah, cocok banget nih jadi Taruna Taruni STIS. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik atau Politeknik Statistika merupakan kampus ikatan dinas yang punya peluang kerja cemerlang di masa depan. Masa pendidikannya berlangsung 3 sampai 4 tahun. Setelah wisuda, kamu langsung diangkat menjadi CPNS di BPS atau Kementerian lain.

Mau tahu lebih lanjut tentang persiapan dan serba-serbi perkuliahan di sini? Baca sampai habis ya!

 

Sejarah Politeknik Statistika

Bagaimana asal mula pembentukan STIS? Pada tanggal 11 Agustus 1958, Perdana Menteri Indonesia, Ir. H. Djuanda, memutuskan untuk mendirikan Akademi Ilmu Statistik (AIS). Tujuan pembentukan akademi ini adalah mendidik tenaga pelaksana di bidang statistik dengan bantuan dana dan tenaga ahli dari PBB.

Tahun 1964, BPS membuka Perguruan Tinggi Ilmu Statistik (STIS). Namun, pada tahun 1965, bantuan dari PBB terhenti karena Indonesia keluar dari organisasi tersebut.

Nah, di tanggal 24 Februari 1997, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi mengizinkan BPS untuk menyelenggarakan program studi Diploma IV. Kemudian, terbit Keppres No 163/1998, yang menyatakan bahwa STIS berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik dengan dua pilihan jurusan, yaitu Statistika dan Komputasi Statistik.

Selanjutnya, pada tanggal 3 Oktober 2016, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia menerbitkan surat keputusan Nomor 429/KPT/I/2016 tentang Pembukaan Program Studi D4 Komputasi Statistik, Program Studi D4 Statistika, dan Program Studi D3 Statistika dalam rangka perubahan bentuk STIS menjadi Politeknik Statistika. Akhirnya, Politeknik Statistika resmi di-launching pada tanggal 28 Maret 2018.

 

Jurusan dan Mata Kuliah di STIS

Politeknik Statistika menawarkan 3 program studi dengan fokus pembelajaran yang berbeda. Teori yang dipelajari masih berhubungan dengan mata pelajaran Matematika, Ekonomi, Sosiologi, serta Sains dan Teknologi. Karena ilmu yang dipelajari bersifat terapan, Politeknik Statistika terbuka bagi lulusan SMA IPA, IPS, maupun SMK.

 

1. D III Statistika

D3 Statistika dapat ditempuh selama 3 tahun dengan beban studi 111 SKS. Terdapat 42 mata kuliah yang terdiri dari 18 mata kuliah kurikulum inti dan 24 mata kuliah kurikulum institusional. Di sini, kamu akan memperoleh 35% teori dan 65% praktikum.

Mata Kuliah D III Statistika STIS

Mahasiswa prodi ini mempelajari Statistika secara umum, mulai dari teknik pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data. Lalu ada juga matkul pengantar ekonomi, demografi, manajemen sumber daya manusia, manajemen administrasi, hingga teknik wawancara. Artinya, kamu nggak cuma mendalami ilmu hitung-hitungan, tetapi cara berkomunikasi yang baik dengan penduduk.

prodi-d3-stis

Tugas akhir mahasiswa D3 STIS berupa karya ilmiah dalam bentuk desain, penelitian, studi kasus, dan pemecahan masalah keilmuan dengan menggunakan data primer atau data sekunder. Karya ilmiah tadi disusun oleh 3-4 orang dalam satu kelompok. Setelah lulus, kamu memperoleh gelar Ahli Madya Statistik (A.Md.Stat).

2. D IV Statistika

D4 Statistika STIS dapat ditempuh selama 4 tahun dengan beban studi 145 SKS. Berbeda dengan prodi lainnya, D4 Statistika mempunyai peminatan Statistika Ekonomi dan Statistika Sosial Kependudukan. Mata kuliahnya terdiri dari 37 matkul wajib dan 6 matkul peminatan. Sedangkan bobot studinya yaitu 40% teori dan 60% praktikum.

Mata Kuliah D IV Statistika STIS

Nah, pasti kamu bertanya-tanya dong, apa sih perbedaan Statistika Ekonomi dan Sosial Kependudukan? Statistika Ekonomi adalah gabungan ilmu Statistik dengan teori-teori Ekonomi, sehingga lulusannya mampu memecahkan masalah perekonomian di masa depan. Sedangkan Statistika Sosial Kependudukan menggabungkan teori statistik, antropologi, demografi, dan isu-isu sosial yang berkembang di masyarakat.

prodi-d4-stis

Tugas akhir mahasiswa D4 Statistik berupa skripsi yang disesuaikan dengan peminatan masing-masing dan disusun secara perorangan. Setelah lulus, kamu memperoleh gelar Sarjana Terapan Statistik (S.Tr.Stat).

3. D IV Komputasi Statistik

Jurusan ini ditempuh selama 4 tahun dengan beban studi 144 SKS. Prodi ini merupakan salah satu prodi yang berhubungan dengan kemampuan programming. Mata kuliahnya tak jauh-jauh dari data mining, perancangan sistem informasi, Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) serta matkul penunjang lainnya.

Mata Kuliah D IV Komputasi Statistik STIS

prodi-d4-komputasi-stis

Tugas akhir mahasiswa D4 Komputasi Statistik STIS berupa skripsi yang disusun secara perorangan. Setelah lulus, kamu memperoleh gelar Sarjana Sains Terapan (S.ST).

Baca juga: 12 Perguruan Tinggi Kedinasan di Indonesia, Langsung Jadi PNS!

Serba Serbi Perkuliahan di STIS

Bagaimana sih rasanya berkuliah di Politeknik Statistika? Biar terbayang, kamu bisa simak beberapa hal di bawah ini!

1. Ospek

Meskipun termasuk perguruan tinggi ikatan dinas, Politeknik Statistika tidak menerapkan aturan militer kepada mahasiswanya. Meski begitu, kamu tetap wajib mengenakan seragam selama pendidikan berlangsung.

Masa pengenalan kampus diisi dengan seminar. Tidak ada perpeloncoan, latihan fisik, maupun kewajiban untuk tinggal di asrama. Mahasiswa STIS bisa tinggal secara terpisah di kost, kontrakan, atau rumah pribadi.

2. Sistem Belajar dan Penilaian

Karena seleksinya yang ketat, dapat dipastikan mahasiswa Politeknik Statistika memiliki kemampuan akademis di atas rata-rata. Tetapi, kamu nggak perlu merasa rendah diri, sebab menjelang UTS atau UAS, dosen bakal membentuk Kelompok Studi Mahasiswa (KSM), yaitu mereka yang dianggap pintar akan membimbing mahasiswa lain yang belum memahami materi.

Kamu juga harus tahu bahwa STIS menerapkan Sistem Drop berdasarkan 2 mekanisme penilaian:

  • Evaluasi pada tahun pertama perkuliahan dilakukan tiap semester dengan ketentuan jika mahasiswa tidak mencapai nilai minimum yang disyaratkan, maka dinyatakan Drop Out (DO).
  • Evaluasi pada tahun kedua, ketiga, dan keempat perkuliahan dilakukan tiap akhir tahun akademik dengan ketentuan jika mahasiswa tidak mencapai nilai minimum yang disyaratkan, maka diberikan kesempatan mengulang kelas sebanyak 1 kali.

Adapun syarat yang harus dipenuhi mahasiswa STIS untuk lulus atau naik kelas, yaitu sebagai berikut:

  • Tidak ada nilai E untuk setiap mata kuliah yang diujikan
  • Nilai D atau D+ tidak lebih dari satu pada mata kuliah inti yang telah ditentukan.
  • Memiliki nilai Indeks Prestasi (IP) lebih dari 2.00
  • Mahasiswa dinyatakan lulus dan berhak diwisuda apabila memiliki IPK minimal 2,5 dan poin pelanggaran nonakademik tidak melebihi kriteria yang telah ditetapkan.

 

3. Dosen

Dosen di Politeknik Statistika ada dua macam, yaitu dosen tetap yang sehari-hari mengajar di kampus serta dosen dari BPS yang ditugaskan untuk mengajar. Jadi, kamu nggak perlu khawatir karena tenaga pengajar di sini merupakan praktisi berpengalaman.

 

Fasilitas dan UKM di STIS

Keuntungan yang diperoleh mahasiswa Politeknik Statistika yakni tidak perlu membayar uang kuliah sampai wisuda. Kamu juga akan diberikan seragam dan atribut gratis, kecuali tas. Akan tetapi, untuk pendaftaran seleksi dan daftar ulang bagi mahasiswa yang lolos dikenakan biaya sebesar 300.000 rupiah. Oh iya, mulai tahun 2019 dan seterusnya, mahasiswa STIS tidak lagi menerima uang saku seperti angkatan sebelumnya.

Fasilitas lain yang terdapat di STIS yaitu ruang kelas full AC berkapasitas 30 sampai 40 mahasiswa, laboratorium, ruang kesenian, perpustakaan, auditorium, kantin, klinik dan mesin absen fingerprint. Bagi kamu yang ingin mengembangkan minat, tersedia pilihan ekstrakurikuler atau UKM, mulai dari akademis, kesenian, rohani, dan olahraga. Beberapa UKM yang populer di STIS yaitu KOMNET (Komputasi) dan paduan suara EXCELSIOR.

Prospek Kerja dan Gaji Lulusan STIS

Semua mahasiswa Politeknik Statistika langsung diangkat menjadi CPNS. Jenjang D3 masuk ke Golongan II-C sebagai Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) dan akan ditempatkan di kantor BPS di seluruh wilayah Indonesia terutama di tingkat kabupaten/kota.  Khusus jenjang D4 masuk ke Golongan III-A dan akan ditempatkan di kantor BPS tingkat provinsi, kabupaten/kota, maupun kementerian lain.

Menariknya lagi, mahasiswa dengan 10 besar nilai terbaik memperoleh hak istimewa untuk bekerja di BPS atau kementerian pusat. Kamu juga bisa melanjutkan kuliah gratis bila sudah bekerja selama 4 tahun. Selama kuliah, kamu tetap memperoleh gaji, tunjangan, bahkan uang saku, lho.

Berapa gaji pokok lulusan Politeknik Statistika? Untuk lulusan D3 berkisar di angka 2.300.000 dan D4 sebesar 2.500.000. Gaji bulanan ini belum termasuk tunjangan mulai 3 juta sampai 30 juta per bulan tergantung level jabatan.

 

Baca juga: Profil dan Informasi Lengkap Politeknik Keuangan Negara STAN

 

Kuota dan Syarat Pendaftaran STIS

Pendaftaran STIS dilaksanakan bersamaan dengan pendaftaran sekolah kedinasan lainnya, seperti STAN, IPDN, POLTEKKIM, dan lain-lain.

Pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) STIS 2022, hanya ada 500 mahasiswa yang akan diterima dengan rincian sebagai berikut:

  • Program Studi DIII Statistika: 100 mahasiswa
  • Program Studi DIV Statistika: 250 mahasiswa
  • Program Studi DIV Komputasi Statistik: 150 mahasiswa

Adapun syarat masuknya adalah sebagai berikut:

  • Sehat jasmani, rohani, dan bebas narkoba;
  • Tidak buta warna (baik total maupun parsial), untuk pengguna kaca mata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dapat diberikan toleransi di bawah ukuran 6.
  • Lulusan atau siswa kelas 12 SMA/MA Peminatan MIPA/IPS atau SMK/MAK Peminatan Teknik Komputer dan Informatika
  • Nilai Matematika (Kelompok A/Umum) dan Bahasa Inggris minimal 80,00 (skala 1-100) atau 3,20 (skala 1,00-4,00) pada Ijazah atau nilai raport semester gasal kelas 12;
  • Umur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun.
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan sampai dengan pengangkatan PNS
  • Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain
  • Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi
  • Bersedia ditempatkan di Badan Pusat Statistik sesuai pilihan formasi.
  • Tidak mengajukan pindah antar unit kerja Eselon II di lingkungan BPS maupun pindah instansi dengan alasan apapun sekurang-kurangnya 7 (tujuh) tahun sejak terhitung mulai tanggal PNS, kecuali terdapat kebutuhan organisasi.
  • Program afirmasi ditujukan untuk Orang Asli Papua yang bersuku asli di Provinsi Papua/Papua Barat atau orang yang diterima dan diakui sebagai orang asli Papua oleh masyarakat adat dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Pemda setempat.

Tak hanya itu, para pelamar diwajibkan melampirkan sejumlah dokumen berupa:

  • Pas Foto Kartu Identitas (KTP/KIA)
  • Kartu Keluarga
  • Akta Kelahiran
  • Ijazah dan Transkrip Nilai/Rapor Kelas 12 Semester Ganjil untuk siswa kelas 12
  • Surat Keterangan Orang Asli Papua dari Pemerintah Daerah setempat untuk pendaftar program afirmasi

 

Lokasi  dan Transportasi Menuju STIS

Alamat Kampus:

Politeknik Statistika berada di Jl. Otto Iskandardinata No.64C Jakarta Timur. Bila ada hal yang ingin ditanyakan, kamu bisa mengajukan pertanyaan di laman Instagram Polstatis atau melalui telepon di (021) 8191437 serta 8508812.

 

Akses Transportasi Umum:

  • Stasiun KRL Matraman.
  • Stasiun KRL Jatinegara.
  • Stasiun KRL Pondok Jati.
  • Busway koridor 5C, 5D, 5E, M5, 5N, 7, 11Q
  • Jaklingko/Mikrotrans rute Duren Sawit-Kampung Melayu.

Seleksi masuk perguruan tinggi kedinasan bisa dibilang ketat karena melalui serangkaian tahapan. Kamu harus bersaing dengan ribuan pelajar untuk menjadi salah satu yang terpilih. Kabar baiknya, kamu bisa mulai persiapanmu dari sekarang dengan belajar intensif bareng Brain Academy Online!

Dapatkan diskon s.d. 45% harga mulai Rp235rb per bulan, dengan menggunakan Kode Diskon LOLOSKEDINASAN. 

Apa saja sih yang bisa kamu dapatkan dengan ikutan paket Kedinasan?

  • 1. Live Teaching hingga 10 sesi/minggu
  • 2. Klinik PR (tanya soal eksklusif dengan guru terbaik)
  • 3. Akses ruangbelajar
  • 4. Modul digital
  • 5. dan masih banyak fasilitas lainnya

Tunggu apalagi? Buruan daftar di tinyurl.com/KedinasanBAO atau klik banner di bawah ini!

Paket Kedinasan

Referensi:

Sejarah, Jurusan, dan UKM [Daring]. Tautan: https:// www.stis.ac.id

Fasilitas dan Kehidupan Kampus [Daring]. Tautan: https://id.quora.com/Apa-suka-duka-berkuliah-di-STIS

https://id.quora.com/Bagaimana-rasanya-berkuliah-di-STIS-1

https://id.quora.com/Bagaimana-rasanya-sekolah-di-Sekolah-Tinggi-Ilmu-Statistik-STIS-dilihat-dari-kehidupan-sosialnya-dll

Angkutan Umum [Daring]. Tautan: https://www/moovitapp.com

Gaji PNS [Daring]. Tautan: https://money.kompas.com/read/2021/03/29/071200726/langsung-jadi-cpns-bps-berapa-gaji-lulusan-sekolah-kedinasan-stis?page=all

(Diakses 6-7 Oktober 2022)

Salsabila Nanda