Yuk, Pahami Pengertian Teks Deskripsi Beserta Ciri dan Strukturnya!

Tri Janarti Nov 15, 2021 • 6 min read


Teks Deskripsi

Artikel ini akan membantumu memahami apa itu teks deskripsi serta apa saja ciri dan struktur teksnya.

--

Hai, Brainies, pernahkah kamu mencoba membuat teks deskripsi? Misalnya, teks deskripsi tentang orang tua, hewan peliharaan, atau idolamu? Hmm kalau aku sih pernah membuat teks deskripsi tentang idolaku. Ya, biasalah oppa K-Pop dan K-Drama gitu. Hehe.

Selain itu, aku juga pernah menulis teks deskripsi tentang kenampakan alam dan tempat wisata yang pernah kudatangi. Bahkan, kamar tidurku pun pernah aku deskripsikan untuk memenuhi tugas sekolah, lho!

Penasaran nggak tuh gimana caranya bisa menulis teks deskripsi dengan berbagai topik kayak gitu? Gampang kok. Pertama-tama, kita perlu memahami terlebih dahulu apa itu teks deskripsi serta ciri-cirinya. Setelahnya, baru deh kita susun teks deskripsi sesuai dengan strukturnya. Biar kamu lebih paham, yuk kita bahas bersama pengertian, ciri, dan struktur teks deskripsi!

Pengertian Teks Deskripsi

Pertanyaan pertama yang perlu kita jawab ialah apa itu teks deskripsi? Dalam KBBI, yang dimaksud dengan deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Hal yang akan dideskripsikan disebut dengan objek. Adapun objek yang digambarkan dalam teks deskripsi merupakan objek yang bisa ditangkap oleh pancaindra.

Berdasarkan hal itu, maka teks deskripsi adalah teks yang berisi penggambaran suatu objek, baik makhluk hidup, benda, tempat, atau peristiwa secara terperinci, sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, merasakan, atau mengalami sendiri hal yang dideskripsikan oleh penulis. Oleh karena itu, saat kamu akan membuat teks deskripsi, pilihlah objek-objek yang juga bisa dibayangkan oleh pembaca ya.

Baca Juga: Ini nih Contoh Cerpen & Ciri-Cirinya yang Perlu Kamu Pahami

“Kasih contoh objek teks deskripsinya, dong!”

Oke siap, Brainies. Untuk objek makhluk hidup, kamu bisa mendeskripsikan orang tua, sahabat, hewan, tumbuhan, atau idolamu kayak teks deskripsi yang pernah aku tulis. Sementara untuk benda, kamu bisa memilih objek lemari, tempat pensil, bahkan alat musik lho.

Selain itu, kamu juga bisa mendeskripsikan tempat dan peristiwa, seperti kamar, rumah adat, gunung, pantai, bencana banjir, demonstrasi, pentas seni, dan lain-lain. Gimana, udah nggak bingung lagi dong mau pilih objek apa untuk dideskripsikan?

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Kalau ngomongin apa saja ciri-ciri teks deskripsi, sebenarnya kita udah bisa menebak dari pengertiannya, Brainies. Namun biar nggak kentang (baca: kena tanggung), kita bakal tetap bahas soal ini, ya.

Ciri-ciri teks deskripsi bisa diidentifikasi dari segi tujuan, objek, dan isi teksnya. Dari segi tujuan, teks deskripsi dimaksudkan untuk menggambarkan suatu objek serinci dan semirip mungkin dengan yang sebenarnya dari sudut pandang penulis.

Mengapa harus sampai segitunya sih? Karena dengan usaha penggambaran yang seperti itu, pembaca akan bisa membayangkan objek yang dideskripsikan seakan-akan ia mengalaminya sendiri. Makanya, teks deskripsi akan melibatkan pancaindra atau kesan indra dari penulis dan pembacanya, Brainies.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Selanjutnya dari segi objek, ciri objek yang digambarkan pada teks deskripsi sebaiknya bersifat khusus. Maksudnya, penggambarannya hanya berfokus pada tiap bagian yang benar-benar ada di objek pilihannya. Misalnya, objek pilihannya ialah burung merak, maka hal yang dibicarakan khusus pada burung merak serta keistimewaannya yang membuatnya berbeda dengan burung lainnya. Jadi, teks deskripsi akan menggambarkan ciri fisik objeknya gitu deh, Brainies.

Terakhir, ciri teks deskripsi dari segi isi. Kayak yang udah disebutkan sebelumnya, teks deskripsi akan menggambarkan tiap bagian objek serinci dan semirip mungkin berdasarkan pengamatan penulisnya. Artinya, teks deskripsi didasarkan pada pendapat personal (subjektif), sehingga akan ditemukan penggunaan kata-kata emosi kuat, seperti ibuku merupakan wanita yang tangguh, kucingku sangat lucu, burung merak sangat cantik, dan sebagainya.

Baca Juga: Memahami Kalimat Kompleks: Benarkah Tidak Sekompleks Namanya?

Struktur Teks Deskripsi  

Dalam kegiatan menulis, salah satu hal penting yang perlu diketahui ialah struktur dari teks yang akan ditulis. Tanpa adanya struktur, maka susunan teks pun menjadi tidak padu, sehingga dapat membuat orang-orang tidak nyaman membacanya.

Teks deskripsi juga memiliki struktur untuk membangunnya. Kamu yang ingin menulis teks ini perlu mengetahui apa saja struktur teks deskripsi sebelum mulai menulis, ya.

Ada 3 struktur teks deskripsi, yaitu identifikasi, deskripsi bagian, dan simpulan/kesan. Oke, kita bahas satu per satu, ya.

Struktur Teks Deskripsi

1. Identifikasi

Struktur identifikasi adalah bagian awal dari teks deskripsi yang berisi pengenalan nama objek, makna nama, lokasi, sejarah lahirnya, atau gambaran umum lainnya tentang objek yang dideskripsikan.

Misalnya, kamu memiliki objek pantai, maka kamu bisa menginformasikan nama dan lokasi dari pantai tersebut. Kamu juga bisa menggambarkan tentang betapa terkenalnya pantai tersebut.

2. Deskripsi Bagian

Struktur deskripsi bagian adalah bagian yang menggambarkan kondisi objek dari sudut pandang penulis secara rinci. Penulis menggambarkan apa yang telah ia lihat, dengar, dan rasakan selama mengamati objek pilihannya. Jadi, pada bagian ini, penulis bisa menggambarkan tiap bagian yang ada di objeknya.

Misalnya, ketika mendeskripsikan pantai, kamu bisa menggambarkan bahwa pantai merupakan tempat yang sangat indah dengan deburan ombak yang ramai, tetapi udaranya sangat panas, sehingga membuatmu harus terus memakai topi agar tetap bisa menikmati pemandangan. Bahkan, kamu juga bisa mendeskripsikan kondisi pasir dan keadaan saat senja di pantai itu, lho.

3. Simpulan/Kesan

Struktur simpulan/kesan adalah bagian yang berisi kesimpulan atau kesan dari hasil pengamatan penulis terhadap objek. Namun, bagian ini bersifat opsional. Artinya, boleh dituliskan ataupun tidak.

--

Gimana, udah siap membuat teks deskripsi belum setelah memahami teks deskripsi, mulai dari pengertian, ciri-ciri, dan strukturnya? Masih kurang yakin buat mulai menulis? Yaudah, ikuti kelas interaktif Brain Academy Online bersama Star Master Teacher dulu, yuk! Setelahnya, kamu pasti lebih berani deh buat menulis teks deskripsi. Buruan!

BA online

Referensi:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Modul 1 “Indahnya Negeriku” Bahasa Indonesia Paket B Setara SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Profile

Tri Janarti

Beri Komentar