Lengkap! 15 Contoh Teks Deskripsi & Penjelasan Strukturnya

contoh-teks-deskripsi-dan-penjelasan-strukturnya

Apa saja objek yang bisa ditulis dalam teks deskripsi? Yuk, simak contoh dan penjelasan strukturnya di artikel ini.

Di artikel sebelumnya kita sudah mempelajari pengertian, ciri, struktur, dan kaidah kebahasaan teks deskripsi. Tetapi, terkadang kita masih bingung untuk menentukan objek yang ingin ditulis dalam teks tersebut. Padahal banyak sekali benda maupun makhluk hidup di sekitar yang bisa kita deskripsikan.

Coba deh, kamu baca beberapa contoh teks deskripsi dengan berbagai tema dan objek berikut ini. Analisis juga strukturnya agar lebih mudah untuk memahaminya. Selamat belajar!

 

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah teks yang berisi penggambaran suatu objek, baik makhluk hidup, benda, tempat, atau peristiwa secara terperinci, sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, merasakan, atau mengalami sendiri hal yang dideskripsikan oleh penulis.

 

Struktur Teks Deskripsi

Ada 4 struktur teks deskripsi, yaitu judul, identifikasi, deskripsi bagian, dan simpulan/kesan. Oke, kita bahas satu per satu, ya.

1. Judul

Judul adalah bagian yang menggambarkan isi teks.

2. Identifikasi

Struktur identifikasi adalah bagian awal dari teks deskripsi yang berisi pengenalan nama objek, makna nama, lokasi, sejarah lahirnya, atau gambaran umum lainnya tentang objek yang dideskripsikan.

3. Deskripsi Bagian

Struktur deskripsi bagian adalah gambaran rinci dari sudut pandang penulis tentang suatu objek. Penulis menggambarkan apa yang telah ia lihat, dengar, dan rasakan selama mengamati objek pilihannya. Jadi, pada bagian ini, penulis bisa menggambarkan tiap bagian yang ada di objeknya.

4. Simpulan/Kesan

Struktur simpulan/kesan adalah bagian yang berisi kesimpulan atau kesan dari hasil pengamatan penulis terhadap objek. Namun, bagian ini bersifat opsional. Artinya, boleh dituliskan ataupun tidak.

 

Psst, udah tau belum kalau di Aplikasi belajar Ruangguru, ada fitur Drill Soal? Aplikasi ini berisi kumpulan contoh soal latihan beserta pembahasannya, loh. Pas banget buat kamu mempersiapkan ujian. Langsung aja cobain dengan klik banner di bawah ini!

Drill Soal

 

Contoh Teks Deskripsi dan Penjelasan Strukturnya

Yuk, sekarang kita lihat beberapa contoh teks deskripsi beserta penjelasan strukturnya berikut ini.

1. Teks Deskripsi tentang Keindahan Alam

Pantai Melasti Ungasan

Sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia, Bali mempunyai ratusan pantai cantik yang wajib dikunjungi. Salah satunya Pantai Melasti yang terletak di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Tepatnya berada di semenanjung bukit Ungasan.

Pantai ini disebut sebagai pesaing Pantai Pandawa karena keindahannya. Daya tarik Pantai Melasti sudah terlihat dari akses jalan menuju pantai. Jalan berliku dan tebing menjulang justru membuat wisatawan tak bisa menahan diri untuk mengabadikan momen. Sesampainya di sana, kamu akan disambut dengan pemandangan laut yang jernih, gua-gua kecil, dan pasir putih yang bersih.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Melasti. Selain menikmati sunset, kamu bisa snorkeling dan berenang karena ombaknya tidak terlalu besar. Meskipun masih dalam pengembangan, Pantai Melasti menyediakan toilet, tempat membilas kaki, serta ruang ganti yang nyaman.

Untuk menikmati suasana Pantai Melasti, kamu tidak dikenakan biaya alias gratis. Maka dari itu, pengunjung diharapkan terus menjaga kebersihan dan kelestarian di area pantai.

Penjelasan Struktur:

  • Judul: Dari judul, kita sudah menebak teks deskripsi tersebut menjelaskan mengenai Pantai Melasti.
  • Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks menjelaskan gambaran umum dan lokasi Pantai Melasti sebagai salah satu destinasi wisata di Bali.
  • Deskripsi Bagian: Penjelasan rinci mengenai keindahan Pantai Melasti. Di paragraf 2-3, penulis menyebutkan secara detil gambaran akses menuju lokasi, suasana pantai, dan aktivitas yang bisa dilakukan.
  • Simpulan/Kesan: Simpulan serta kesan dari teks di atas terdapat di paragraf 4 dengan mengajak pembaca untuk sama-sama menjaga kebersihan Pantai Melasti.

 

2. Teks Deskripsi tentang Hewan

Love, Si Kucing Mainecoon

Aku memiliki seekor kucing bernama Love. Ia berjenis kelamin betina dan keturunan ras Mainecoon. Love adalah kesayangan keluargaku. Ia selalu membuat kami gemas dengan tingkah lakunya.

Love berusia 1 tahun. Bulunya halus, lebat, berwarna abu-abu. Biru cerah adalah warna matanya. Ekornya panjang dan bergoyang setiap kali aku memanggil namanya. Love mempunyai dua telinga yang meruncing layaknya serigala.

Love suka sekali makan. Itu sebabnya ia cepat membesar. Sekarang, beratnya mencapai 5 kilogram. Meski begitu, Love tetap lincah bergerak kesana-kemari. Tetapi, aku harus waspada saat mengajaknya bermain, karena Love sesekali suka mencakar.

Aku sangat sayang dengan Love. Semenjak ada dia, aku lebih bersemangat dalam menjalani hari. Semoga Love selalu sehat dan menemaniku hingga tua nanti.

Penjelasan Struktur:

  • Judul: Dari judul, kita sudah menebak penulis akan menceritakan tentang kucing peliharaannya.
  • Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks menjelaskan gambaran umum kucing tersebut, mulai dari nama, ras, dan tingkah lakunya.
  • Deskripsi Bagian: Di paragraf 2-3, penulis menjelaskan secara rinci ciri-ciri fisik dan tingkah laku kucingnya.
  • Simpulan/Kesan: Penulis menyampaikan harapan agar kucingnya panjang umur. Hal ini terdapat di paragraf 4.

Baca juga: Memahami Teks Deskripsi dari Ciri, Struktur, dan Jenisnya

 

3. Teks Deskripsi tentang Seseorang

Ibu Guru

Tak semua guru di sekolah galak dan menyebalkan. Contohnya, Ibu Sari, seorang guru Matematika yang menjadi idola bagi semua murid. Jam pelajarannya selalu dinanti oleh kami.

Bu Sari sangat sabar dan bertutur kata lembut setiap mengajar. Di akhir kelas, ia akan memberikan kuis untuk menguji sejauh mana pemahaman kami terhadap materi. Jika benar, ia mentraktir seluruh siswa dengan segelas es jeruk di kantin.

Meski usianya sudah kepala 5, Bu Sari tetap mencintai pekerjaannya. Ia selalu tersenyum, membalas candaan, bahkan mendengar keluh kesah para siswa. Tak heran, wajah Bu Sari terlihat awet muda karena aura positif yang terpancar dari hatinya. Uban dan keriput di matanya pun tak nampak.

Jika kami lulus nanti, kami sepakat untuk membelikan Bu Sari kenang-kenangan. Bu Sari adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Semoga akan ada penerus Bu Sari agar pelajaran Matematika terasa lebih menyenangkan.

Penjelasan Struktur:

  • Judul: Teks deskripsi di atas bercerita tentang seorang guru.
  • Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks menjelaskan gambaran umum guru tersebut, mulai dari nama, mata pelajaran yang diajarkan, serta kehadirannya yang selalu ditunggu.
  • Deskripsi Bagian: Di paragraf 2-3, penulis menjelaskan secara rinci karakter, usia, dan penggambaran fisik dari gurunya.
  • Simpulan/Kesan: Penulis menyampaikan harapan agar guru-guru lain bisa mencontoh Bu Sari. Hal ini terdapat di paragraf 4.

 

4. Teks Deskripsi tentang Makanan

Seblak Jeletot

Seblak adalah salah satu makanan khas Bandung yang berbahan dasar kerupuk. Seiring berjalannya waktu, varian seblak mulai bermunculan. Salah satunya, Seblak Jeletot.

Dalam bahasa Sunda, Jeletot artinya pedas. Kuah seblak Jeletot berwarna merah, bahkan cenderung kecoklatan. Warna ini diperoleh dari sambal atau bubuk cabai. Aromanya menggelitik hidung sampai membuat kita bersin.

Tak hanya kerupuk, topping atau isian Seblak Jeletot lebih beragam. Ada bakso, sosis, mie kuning, ceker, telur, hingga otak-otak. Rasanya gurih, pedas, dan cocok disantap saat cuaca dingin. Dijamin membuat ketagihan.

Namun, hidangan ini tidak disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Pedasnya cabai bisa membuat sakit perut dan tentunya berbahaya bagi penderita asam lambung.

Penjelasan Struktur:

  • Judul: Teks deskripsi di atas bercerita tentang Seblak.
  • Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks deskripsi menjelaskan gambaran umum Seblak Jeletot yang merupakan makanan khas Bandung,
  • Deskripsi Bagian: Di paragraf 2-3, penulis menjelaskan tampilan seblak secara rinci, mulai dari asal usul nama, warna, aroma, rasa, dan bahan yang terkandung dalam Seblak.
  • Simpulan/Kesan: Penulis menghimbau bahaya mengonsumsi seblak terlalu sering. Hal ini terdapat di paragraf 4.

Baca juga: Apa itu Teks Eksplanasi? Begini Ciri, Struktur, dan Cara Membuatnya

 

5. Teks Deskripsi tentang Suatu Tempat atau Acara

Pekan Raya Jakarta

Pekan Raya Jakarta (PRJ) adalah acara tahunan yang diselenggarakan sebelum, saat, dan sesudah hari ulang tahun kota Jakarta yang jatuh pada tanggal 22 Juni. Acara ini pertama kali diadakan tahun 1968 di kawasan Monas, sebelum akhirnya dipindahkan ke Kemayoran sejak 1992 sampai sekarang.

Pekan Raya Jakarta menghadirkan ribuan merek lokal dan internasional, mulai dari pakaian, gadget, otomotif, aksesoris, makanan, minuman, hingga obat-obatan dengan harga miring. Tak ketinggalan acara hiburan seperti pesta kembang api dan penampilan dari musisi tanah air.

Luas area Pekan Raya Jakarta sekitar 10 hektar, yang dibagi menjadi indoor dan outdoor. Meski terdapat pendingin udara, pengunjung disarankan untuk menggunakan baju yang longgar agar tak kepanasan, terutama  saat menonton acara musik. Jika lelah berjalan, ada shuttle bus gratis yang siap mengajak pengunjung berkeliling.

PRJ adalah acara yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Tak hanya bagi warga Jakarta, tetapi juga masyarakat yang datang dari luar daerah. PRJ cocok dijadikan destinasi tempat hiburan, kuliner, sekaligus belanja di Jakarta.

Penjelasan Struktur:

  • Judul: Teks deskripsi di atas bercerita tentang acara Pekan Raya Jakarta.
  • Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks deskripsi menjelaskan pengertian dan sejarah PRJ.
  • Deskripsi Bagian: Di paragraf 2-3, penulis menjelaskan secara detail apa saja yang ada di Pekan Raya Jakarta. Penulis juga menjelaskan situasi dan suasana selama acara tersebut berlangsung.
  • Simpulan/Kesan: Penulis memberikan kesan terhadap PRJ. Hal ini terdapat di paragraf 4.

 

6. Contoh Teks Deskripsi tentang Ruangan

Kost Nyaman

Mencari kost di Jakarta memang tak mudah. Beruntungnya, aku menemukan kost yang nyaman dan sesuai kebutuhan. Kost ini juga memiliki fasilitas lengkap serta berada di pusat kota, sehingga aku bisa menghemat ongkos transportasi.

Dari luar, kost ini terlihat asri dengan cat monokrom dan tanaman gantung yang dipasang di pagar depan. Begitu masuk, kita akan bertemu dengan area parkir yang luas, taman kecil, dan pos satpam. Kost ini mempunyai 3 lantai dengan masing-masing dapur yang bisa dipakai bersama. Ada kulkas, peralatan masak, dan dispenser.

Kamarku berada di lantai 2 dengan luas 3×4 meter persegi. Ada kamar mandi dalam yang dilengkapi WC duduk, air panas, dan shower. Aku menaruh lemari, ranjang berukuran sedang, serta meja kerja. Tak ketinggalan, kost ini mempunyai jendela besar agar sirkulasi udara tetap terjaga. Kalau cuaca sedang panas, aku bisa menyalakan AC.

Selama satu tahun tinggal di sini, aku merasa betah. Ditambah lingkungannya yang strategis, sejuk dan tidak berisik. Semoga saja, harga sewanya tidak naik.

Penjelasan Struktur:

  • Judul: Teks deskripsi di atas bercerita tentang kost penulis.
  • Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks deskripsi menjelaskan bahwa kost tersebut nyaman dan berada di pusat kota.
  • Deskripsi Bagian: Di paragraf 2-3, penulis menjelaskan secara detail fasilitas, luas, dan barang-barang yang ada di kostnya.
  • Simpulan/Kesan: Penulis memberikan kesimpulan dan harapan tentang kostnya. Hal ini terdapat di paragraf 4.

Baca juga: Ciri, Syarat, dan Contoh Kalimat Efektif dalam Kehidupan Sehari-hari

 

7. Contoh Teks Deskripsi tentang Tanaman

Kunyit

Kunyit adalah salah satu tanaman herbal yang mudah ditemui. Kunyit dimanfaatkan masyarakat Indonesia sebagai bumbu dapur maupun obat-obatan. Kunyit memiliki nama latin Curcuma Longa.

Tinggi batang kunyit mencapai 40-100 cm. Memiliki daun berwarna hijau pucat dengan panjang 20-40 cm dan lebar 8 cm. Daun kunyit mempunyai struktur yang mirip dengan sirip ikan. Satu batang tumbuhan kunyit menghasilkan 3 sampai 8 helai daun.

Bunga kunyit berwarna putih atau kuning muda dengan bentuk kerucut. Bagian utama tanaman ini terletak pada rimpang yang merupakan tempat tumbuhnya tunas. Rimpang dilapisi kulit berwarna kecoklatan dan bagian dalamnya berwarna kuning tua, kuning jingga, atau kuning jingga kemerahan sampai kecoklatan.

Kunyit mempunyai manfaat sebagai antioksidan, anti inflamasi, obat malaria, obat sakit perut, hingga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Kamu bisa menanam tanaman ini di rumah dengan memecah rimpang menjadi tunas-tunas kecil.

Penjelasan Struktur:

  • Judul: Teks deskripsi di atas bercerita tentang tanaman kunyit.
  • Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks deskripsi menjelaskan bahwa kunyit merupakan tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat.
  • Deskripsi Bagian: Di paragraf 2-3, penulis menjelaskan secara detail ciri-ciri fisik tanaman kunyit.
  • Simpulan/Kesan: Penulis memberikan kesimpulan mengenai manfaat dan cara menanam kunyit. Hal ini terdapat di paragraf 4.

 

8. Contoh Teks Deskripsi tentang Produk atau Benda Kesayangan

Ponsel

Aku memiliki ponsel iPhone XS Max. Ponsel ini adalah hadiah ulang tahun ke 17 dari orangtuaku. Tak terasa, sudah 3 tahun aku menggunakannya dan masih tetap awet meski pernah terjatuh beberapa kali.

Ponselku berwarna abu-abu mengkilat. Terdapat dua kamera di bagian belakang dan satu kamera depan. Layarnya berukuran 6,5 inci sehingga nyaman untuk menonton film, bermain games, atau menyunting foto.  Walaupun mempunyai layar yang lebar, iPhone XS Max tidak terasa berat saat digenggam. Aku sering memasukannya di saku celana atau jaket. 

Selain itu, ada dua speaker di bagian bawah dengan kualitas audio yang sangat jernih. Kapasitas penyimpanannya pun besar, yaitu 128 GB. Baterainya awet dan yang terpenting tidak mudah ngehang ketika membuka banyak aplikasi. Ponsel ini juga tahan air hingga kedalaman 2 meter, lho!

Ponselku menyimpan berbagai kenangan. Foto SMA, kelulusan, momen bersama keluarga, teman, pacar, serta berbagai tempat yang pernah aku datangi. Namun, jika mempunyai rezeki lebih, aku ingin menggantinya dengan seri terbaru agar tak ketinggalan zaman.

Penjelasan Struktur:

  • Judul: Teks deskripsi di atas bercerita tentang ponsel penulis.
  • Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks deskripsi menjelaskan seri dan waktu pemakaian ponsel penulis.
  • Deskripsi Bagian: Di paragraf 2-3, penulis menjelaskan secara detail desain dan spesifikasi dari ponsel tersebut.
  • Simpulan/Kesan: Penulis memberikan kesan dan harapan untuk mengganti ponselnya dengan seri terbaru. Hal ini terdapat di paragraf 4.

Baca juga: Apa Perbedaan Kalimat Aktif dan Pasif? Perhatikan Cirinya, Yuk!

 

9. Contoh Teks Deskripsi tentang Kendaraan

KRL Commuterline

Siapa yang tak kenal Commuterline? Kereta listrik ini telah menjadi moda transportasi bagi warga Jabodetabek dengan tarif yang terjangkau. Commuterline melayani 6 rute meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cikarang.

KRL Commuterline memiliki 3 jenis kereta dengan jumlah gerbong yang berbeda. Ada yang berjumlah 8, 10, dan 12. Di setiap gerbong pertama dan terakhir dikhususkan untuk perempuan dengan interior berwarna merah muda. Sedangkan gerbong lainnya dapat diisi oleh penumpang laki-laki maupun perempuan.

Gerbong KRL Commuterline dilengkapi dengan pendingin udara dan televisi mini yang memutarkan jadwal, iklan, dan informasi terkini. Di sebelah pintu awal dan akhir gerbong, terdapat bangku khusus ibu hamil, lansia, serta penyandang disabilitas. Total ada 8 bangku panjang di setiap gerbong yang dapat menampung 56 penumpang. Disediakan pula handstrap atau pegangan tangan bagi penumpang yang berdiri.

Sayangnya, jadwal KRL masih suka terlambat. Hal ini mengakibatkan penumpukan penumpang sehingga gerbong menjadi penuh sesak. Semoga pelayanan KRL Commuterline lebih baik lagi.

Penjelasan Struktur:

  • Judul: Teks deskripsi di atas bercerita tentang KRL Commuterline.
  • Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks deskripsi menjelaskan bahwa KRL Commuterline merupakan transportasi dengan harga terjangkau.
  • Deskripsi Bagian: Di paragraf 2-3, penulis menjelaskan secara detail interior dan fasilitas yang ada di KRL Commuterline.
  • Simpulan/Kesan: Penulis memberikan kesimpulan dan harapannya terhadap pelayanan KRL. Hal ini terdapat di paragraf 4.

 

10. Contoh Teks Deskripsi tentang Kesenian

Tari Jaipong

Tari Jaipong adalah kesenian khas Sunda yang berkembang di daerah Karawang dan Bandung. Tarian ini merupakan gabungan dari Tari Banjet, Tari Pencak Silat, Tari Ketuk Tilu, Tari Wayang Golek, dan Tari Topeng. Tari Jaipong ditampilkan pada acara-acara penting, seperti penyambutan tamu dari luar negeri.

Tari Jaipong dapat ditampilkan seorang diri, berpasangan, maupun grup. Tarian ini tak terbatas pada gender, artinya bisa dilakukan oleh laki-laki serta perempuan. Para penari menggunakan properti yang terdiri dari selendang (sampur), baju atasan (apok), kain panjang (sinjang), dan aksesoris di kepala.

Tari Jaipong diiringi dengan musik gendang, kecrek, gong, rebab, ketuk ketuk, serta alunan lagu dari seorang sinden. Tarian ini dibawakan dengan enerjik dengan ketukan tempo yang cepat. Ciri khas gerakan Tari Jaipong terletak pada hentakan pinggul, ayunan tangan, dan sorotan mata yang tajam.

Meski tergolong tari tradisional, Jaipong masih digemari oleh semua kalangan. Bahkan tarian ini beberapa kali dipentaskan di negeri tetangga. Semoga tarian ini tak dilupakan oleh anak cucu kita kelak.

Penjelasan Struktur:

  • Judul: Teks deskripsi di atas bercerita tentang Tari Jaipong.
  • Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks deskripsi menjelaskan asal usul Tari Jaipong.
  • Deskripsi Bagian: Di paragraf 2-3, penulis menjelaskan secara detail properti, gerakan, dan siapa saja yang bisa membawakan Tari Jaipong.
  • Simpulan/Kesan: Penulis memberikan kesimpulan dan harapannya tentang Tari Jaipong. Hal ini terdapat di paragraf 4.

 

11. Contoh Teks Deskripsi tentang Pemandangan Pantai

Parangtritis nan Indah

Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yogyakarta.

Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.

Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari. Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa. Lukisan alam yang sungguh memesona. Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh.

Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai ini kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir. Tua muda menikmati hembusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda atau angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah.

Penjelasan struktur:

  • Judul: Judul langsung menjelaskan mengenai isi teks yaitu tentang keindahan Pantai Parangtritis.
  • Identifikasi/Gambaran Umum: paragraf pertama menjelaskan tentang gambaran umum Pantai Parangtritis.
  • Deskripsi Bagian: paragraf 2 dan 3 menjelaskan tentang deskripsi detail Pantai Parangtritis, seperti tebing tinggi, pantai yang bersih, dan sebagainya.
  • Simpulan/Kesan: kesimpulan dari teks di atas terdapat pada paragraf 4.

 

12. Contoh Teks Deskripsi tentang Ayah

Ayah, Panutanku

Ayahku bernama Abu Salman. Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Di dagunya terdapat bekas cukur jenggot putih. Kulit ayahku kuning langsat. Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang India.

Meskipun kelihatannya mengerikan, ayahku orang yang sabar. Wajahnya teduh dan selalu tersenyum menghadapi masalah apa pun. Ya, ayahku adalah orang yang paling sabar yang pernah aku kenal. Tidak pernah terlihat marah-marah atau membentak. Beliau selalu menunjukkan perasaannya lewat gerakan bermakna di wajahnya. Jika melihat anaknya membandel, ayah hanya menggeleng sambil berkata lirih untuk membujuknya.

Tidak seperti orang Batak yang logatnya agak keras, ayahku sangat pendiam. Beliau yang irit kata, lebih suka memberi contoh langsung kepada anaknya tanpa perlu menggurui. Bagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam. Beliau adalah teladan bagi anak-anaknya.

Penjelasan struktur:

  • Judul: Judul langsung menjelaskan mengenai isi teks yaitu membahas tentang ayah.
  • Identifikasi/Gambaran Umum: paragraf pertama menjelaskan tentang gambaran umum Ayah, mulai dari nama hingga penampilannya.
  • Deskripsi Bagian: paragraf 2 menjelaskan tentang deskripsi detail Ayah, seperti sifat ayah yang penyabar.
  • Simpulan/Kesan: kesimpulan dari teks di atas terdapat pada paragraf 3 bahwa sifat ayah inilah yang menjadi panutan bagi anak-anaknya.

 

13. Contoh Teks Deskripsi tentang Ibu

Ibu, Inspiraku

Ibuku bernama Wulandari. Wajahnya selalu bersinar seperti rembulan. Cocok sekali dengan namanya yang berarti bulan bersinar. Wajah ibuku bulat dengan alis tipis. Kulit ibuku sawo matang. Ibuku tidaklah tinggi, tidak pula pendek. Rambutnya hitam bergelombang. Pandangan matanya yang kuat, kini sudah mulai sayu termakan usia. Namun, mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.

Ibuku adalah wanita yang sangat baik. Ia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa saja. Ia sangat suka membantu orang lain, terutama yang sedang mengalami kesusahan.

Ibuku adalah seorang guru. Menurutku, itu lah yang membuatnya punya prinsip untuk selalu mengajarkan kebaikan kepada sesama. Belajar terus sepanjang masa adalah semboyannya.

Penjelasan struktur:

  • Judul: Judul langsung menjelaskan mengenai isi teks yaitu membahas tentang Ibu.
  • Identifikasi/Gambaran Umum: paragraf pertama menjelaskan tentang gambaran umum Ibu, mulai dari nama hingga penampilannya.
  • Deskripsi Bagian: paragraf 2 menjelaskan tentang deskripsi detail Ibu, seperti sifat Ibu yang baik, lembut, dan suka membantu orang lain.
  • Simpulan/Kesan: kesimpulan dari teks di atas terdapat pada paragraf 3 bahwa sifat Ibu inilah yang membuat penulis ingin selalu mengajarkan kebaikan pada sesama.

 

14. Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan Peliharaan Kelinci

Si Bagas, Kelinciku

Kelinciku bernama Bagas. Kunamakan Bagas karena saya berharap kelinci kesayanganku itu selalu sehat dan bugar. Bagas memiliki bulu yang lebat dan putih bersih. Matanya cokelat seperti madu. Matanya jernih menyejukkan untuk dipandang. Bibir mungilnya yang merah muda sungguh menggemaskan. Telinganya panjang dan melambai-lambai kalau dia berlari.

Bagas sangatlah manja. Hampir tiap malam, Bagas tidur di ujung kakiku.Sebelum kuelus-elus dia akan selalu menggangguku. Kalau waktunya makan dia berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan telinganya yang panjang. Mulutnya berkomat-kamit seperi orang sedang berdoa. Kemanjaannya membuat aku selalu rindu.

Bagas memiliki perilaku unik. Kalau marah, Bagas melakukan atraksi yang menarik. Dia menggunakan kaki belakangnya dan melompat dalam jangkauan yang begitu jauh. Buk! Sering terdengar dia menjatuhkan diri. Kadang dia melompat sampai sejauh tiga meter. Kalau tidak dipedulikan, kakinya dientak-entakkan seperti anak kecil yang merajuk minta dibelikan mainan. Dengan menggunakan kaki belakangnya pula, dia berdiri sangat tinggi seperti sedang menunjukkan bahwa dia bisa menarik perhatian kita.

Penjelasan struktur:

  • Judul: Judul langsung menjelaskan mengenai isi teks yaitu membahas tentang kelinci peliharaan bernama Bagas.
  • Identifikasi/Gambaran Umum: paragraf pertama menjelaskan tentang gambaran umum kelinci, mulai dari nama hingga deskripsi tubuhnya.
  • Deskripsi Bagian: paragraf 2 menjelaskan tentang deskripsi detail kelinci, seperti kebiasaannya kelinci tersebut setiap hari.

 

15. Contoh Teks Deskripsi tentang Rumah Adat

Rumah Tongkonan

Tongkonan adalah warisan rumah adat Sulawesi Selatan. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang bermakna menduduki atau tempat duduk. Rumah adat ini dikatakan sebagai tempat duduk karena dahulu rumah tongkonan menjadi tempat bangsawan Toraja berkumpul untuk berdiskusi. Rumah ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan, kekuasaan adat, sekaligus perkembangan kehidupan sosial budaya masyarakat Toraja.

Atap Rumah Tongkonan melengkung menyerupai perahu atau tanduk kerbau. Atapnya tersusun dari bambu. Di bagian depan terdapat deretan dekorasi sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan. Atapnya ditutupi dengan ijuk hitam. Bagian bawah rumah biasanya digunakan sebagai kandang kerbau. Bagian dalam rumah dijadikan tempat tidur dan dapur. Ukiran di sekujur bagian rumah menambah cantik bangunan ini. Ukiran ini bermotif garis-garis lengkung yang harmonis.

Perbedaan jumlah ruangan suatu Tongkonan mengandung makna sosial dan ekonomi. Semakin banyak ruangannya, semakin tinggi kedudukan Tongkonan tersebut. Posisi atau letak tangga dan pintu disesuaikan dengan konsep kepercayaan masyarakat Toraja. Selain itu, pola hias yang ada pada tongkonan juga mengandung makna sosial, ekonomi, dan religius magis terutama yang berhubungan dengan realitas kehidupan masyarakat Toraja.

Sungguh kaya warisan budaya Indonesia. Kita bangga memiliki warisan budaya dengan nilai artistik yang tinggi dan unik. Rumah adat Tongkonan adalah warisan budaya yang perlu kita jaga.

Penjelasan struktur:

  • Judul: Judul langsung menjelaskan mengenai isi teks yaitu membahas tentang Rumah Tongkonan.
  • Identifikasi/Gambaran Umum: paragraf pertama menjelaskan tentang gambaran umum Rumah Tongkonan, mulai dari asal usul hingga sejarahnya.
  • Deskripsi Bagian: paragraf 2 dan 3 menjelaskan tentang deskripsi detail Rumah Tongkonan, seperti bahan rumah, ukiran, hiasan atap, hingga pembagian ruang.
  • Simpulan/Kesan: pada paragraf 4 dituliskan mengenai kesan penulis terhadap Rumah Tongkonan yang perlu dijaga sebagai warisan budaya Indonesia.

Tuh, ternyata membuat contoh teks deskripsi nggak sesulit yang kamu kira kok. Sekarang, coba lihat sekelilingmu, kira-kira objek apa nih yang mau kamu tulis? Kalau pengen belajar lebih banyak, ikut kelas gratis Brain Academy aja, yuk. Bisa online atau datang langsung ke cabang terdekat di kotamu.

[IDN] CTA Blog Cabang Brain Academy Center

Referensi:

Harsianti, Titik. 2014. Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pantai Melasti [Daring]. Tautan: https://www.water-sport-bali.com/pantai-melasti-ungasan/

Kunyit [Daring]. Tautan: https://ccrc.farmasi.ugm.ac.id/?page_id=345

Jakarta Fair [Daring]. Tautan: https://jakartafair.co.id/

Tari Jaipong [Daring]. Tautan: https://regional.kompas.com/read/2022/08/22/225214478/tari-jaipong-gerakan-pola-lantai-properti-iringan-dan-maknanya?page=all

(Diakses 25-26 September 2022)

Salsabila Nanda