Yuk Intip Jurusan Langka di Indonesia dan Prospek Karirnya

Elisabeth Garnistia Feb 4, 2021 • 12 min read


02022021_Intip_Jurusan_Langka_HEADER_BLOG_Draft1

Artikel ini akan membahas mengenai beberapa jurusan langka yang ada di Indonesia berikut prospek karir yang ditawarkan

---

Kamu pasti punya dong cita-cita sedari kecil yang pengen banget kamu wujudin saat dewasa nanti.

Mungkin cita-cita kamu terinspirasi dari orang terdekat kamu, cerita-cerita orang lain, atau bahkan dari film yang pernah kamu tonton saat kecil. 

Untuk mencapainya, kamu membutuhkan kerja keras, tekad untuk melewati proses panjang dalam mewujudkannya. Meskipun cita-cita kamu terlihat mustahil, bukan berarti kamu tidak bisa mewujudkannya lho

Nah, bagi kamu yang sudah memiliki cita-cita apakah kamu sudah tau cara mewujudkan cita-citamu? Kira-kira kamu akan masuk jurusan apa saat kuliah nanti?

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai jurusan-jurusan di Indonesia, Brain Academy ingin memberitahu kamu nih beberapa jurusan langka di Indonesia yang mungkin bisa sejalan dengan cita-cita kamu. 

Selain langka jurusan ini juga menawarkan pengalaman kerja yang pastinya akan berbeda dari mahasiswa jurusan lain. 

Kira-kira apa saja ya jurusan langka yang ada di Indonesia, apa yang dipelajari, dan prospek kerja yang ditawarkan oleh jurusan-jurusan ini?

Kalau kamu penasaran, yuk simak daftar jurusan berikut!

1. Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Jurusan Teknik Robotika

Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan (Sumber: Merdeka.com). 

Sebagian dari kamu pasti masih asing dengan jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan. Yup, jurusan ini memang baru dibuka oleh Universitas Airlangga pada tahun 2020 lalu. 

Lalu jurusan ini belajar apa aja sih? 

Sesuai dengan namanya Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, yang mempelajari beberapa gabungan ilmu seperti elektronika, komputer, hingga sistem mekanika. Program studi ini  mengembangkan integrasi antara robotika dengan kecerdasan buatan untuk menghasilkan sistem yang cerdas yang dapat diaplikasikan ke berbagai bidang.

Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari dari sains dasar (matematika,fisika), teknologi informasi (jaringan komputer, pemrograman, IoT), dasar sistem siber-fisik (elektronika, mekatronika, sistem embedded, sistem kontrol dan otomasi), metodologi penelitian, komunikasi profesional, hingga desain aplikasi robotika dan kecerdasan buatan juga integrasinya.

Prospek Pekerjaan

Lulusan jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan dapat bekerja menjadi data scientist pada perusahaan software atau teknologi.

Universitas yang Menyediakan Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Jurusan ini sayangnya hanya tersedia di Universitas Airlangga saja.

Baca Juga: Bedah Jurusan Komputer: Bedanya Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika

2.Teknobiomedik

Jurusan Teknik Biomedik

Jurusan Teknobiomedik (Sumber: Goodnewsfromindonesia.id)

Mendengar nama jurusan Teknobiomedik mungkin terasa sedikit asing ya. Karena jurusan ini hanya tersedia di beberapa universitas di Indonesia saja.

Jurusan Teknobiomedik ini adalah jurusan yang menggabungkan ilmu kedokteran dengan ilmu keteknikan yang digunakan untuk merancang alat-alat mekanis dan elektronis di dunia medis. 

Dalam jurusan ini akan mempelajari ilmu elektronika, fisika medis, hingga anatomi tubuh.

Nantinya, lulusan teknobiomedik diharapkan dapat menjadi pemecah masalah (problem solver) atas permasalahan di dunia kedokteran sehingga alat atau outcome yang dihasilkan oleh lulusan teknobiomedik  dapat meningkatkan kesehatan manusia. 

Prospek Pekerjaan

Lulusan jurusan Teknobiomedik dapat bekerja di laboratorium kesehatan, perusahaan obat atau farmasi, rumah sakit hingga lembaga penelitian. 

Universitas yang Menyediakan Jurusan Teknobiomedik

Universitas Indonesia, Universitas Sepuluh November, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada. 

3.Teknik Nuklir

Suasana Pekerjaan Teknik Nuklir

Bangunan Tenaga Nuklir (Sumber: idntimes.com)

Teknik nuklir juga termasuk jurusan yang langka di Indonesia karena hanya tersedia di dua perguruan tinggi dan satu sekolah tinggi di Indonesia

Jurusan teknik Nuklir adalah jurusan yang mempelajari penerapan praktis ilmu inti atom yang diambil dari prinsip-prinsip fisika nuklir dan interaksinya dengan radiasi dan material.  Secara garis besar, teknik nuklir mempelajari tentang ilmu-ilmu rekayasa yang memanfaatkan energi nuklir serta turunanya. 

Selama berkuliah, mahasiswa teknik nuklir akan mempelajari tentang pengembangan teknologi nuklir dalam bidang energi dan nonenergi, percobaan, operasi, perawatan sistem dan komponen fisi nuklir, aplikasi nuklir dalam berbagai bidang,keselamatan nuklir, teknologi pembuatan bahan bakar nuklir, hingga pengelolaan limbah radioaktif. 

Prospek Pekerjaan

Lulusan teknik nuklir dapat bekerja di perusahaan bidang pertambangan, perusahaan bidang energi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). 

Universitas yang Menyediakan Jurusan Teknik Nuklir 

Universitas yang menyediakan jurusan Teknik Nuklir adalah Universitas Gadjah Mada, lalu Sekolah Tinggi Teknik Nuklir (BATAN), dan Institut Teknologi Bandung (khusus program pasca-sarjana). 

Baca Juga: Kamu Ingin Kuliah di Jurusan Musik? Ini 10 Kampus dengan Jurusan Musik Terbaik di Indonesia

4. Teknik Pengairan

Pekerjaan Teknik PengairanTeknik Pengairan (Sumber: idntimes.com)

Teknik pengairan juga termasuk jurusan sangat langka di Indonesia karena hanya ada 2 universitas yang menyediakan jurusan ini. 

Jurusan teknik pengairan mempelajari ilmu-ilmu dari teknik sipil mengenai perencanaan desain, pengoperasian, dan pemeliharaan bangunan yang berkaitan dengan sumberdaya air

Mahasiswa pada jurusan teknik pengairan diharapkan dapat menjadi pemecah masalah atas permasalahan keairan yang terjadi di Indonesia. Seperti permasalahan di lahan pertanian, permasalahan drainase di perkotaan, penurunan muka air tanah dan intrusi air laut, kekeringan, hingga pengelolaan wilayah administrasi dan Daerah Aliran Sungai (DAS).

Mahasiswa teknik pengairan akan mempelajari tentang sedimentasi sungai, teknik irigasi dan sistem drainase, penatagunaan sumber daya air wilayah sungai, rekayasa teknik sumber daya air, konservasi lahan daerah aliran sungai, pengendalian daya rusak air, pemanfaatan sistem informasi geografis, hingga bangunan teknik seperti waduk, dan bendungan.

Prospek Pekerjaan

Lulusan teknik pengairan dapat bekerja di instansi pemerintahan seperti kementerian Pekerjaan Umum, Dinas Pengairan Daerah, Dinas Pertanian, PDAM. Atau bisa menjadi ahli hidrologi, ahli konservasi tanah dan air, pengawas konstruksi dan bangunan. 

Universitas yang Menyediakan Jurusan Teknik Pengairan

Jurusan Teknik Pengairan hanya tersedia di dua universitas di Indonesia yaitu Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Bandung. Meskipun hanya tersedia terbatas, kualitas jurusan Teknik Pengairan di Indonesia sudah setara internasional, lho.

Baca Juga: Jurusan PGSD: Jurusan Untukmu yang Mau Jadi Guru

Gimana, menarik banget kan jurusan langka yang ada di Indonesia ini? Kalau kamu masuk ke salah satu jurusan langka di Indonesia, kamu pasti akan mendapatkan pengalaman dan ilmu yang sangat berharga untuk masa depan kamu!

Ingat ya, jika kamu memiliki cita-cita untuk masuk jurusan langka di Indonesia kamu harus belajar lebih giat lagi dari siswa yang lainnya. Kamu juga bisa belajar dengan  Brain Academy Online yang akan selalu siap menemani kamu belajar kapan pun, di mana pun kamu berada. 

BA online

Referensi: 

Arthasalina, S. 7 Peluang Kerja Lulusan Teknik Nuklir, Bidang Tambang Hingga Medis. Tautan: https://www.idntimes.com/life/career/dian-arthasalina/7-peluang-kerja-lulusan-teknik-nuklir-bidang-tambang-hingga-medis/4 (daring). (Diakses: 11 Januari 2021). 

Dewi, K. 5 Hal Unik Teknik Pengairan, Jurusan Langka di Indonesia. 22 Juni  2020 Tautan: https://www.idntimes.com/life/education/vita-ayu-kusuma-dewi/5-hal-unik-teknik-pengairan-jurusan-langka-di-indonesia-c1c2/3 (daring). (Diakses: 11 Januari 2021). 

Kenal Lebih Dekat dengan Jurusan Kuliah Teknik Nuklir. 12 Oktober 2016. Tautan: https://rencanamu.id/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/kenal-lebih-dekat-dengan-jurusan-kuliah-teknik-nuklir (daring). (Diakses: 11 Januari 2021). 

Gutierrez, D. Hal Menarik tentang Jurusan Langka Teknik Pengairan. 19 Maret 2020. Tautan: https://lpjk.info/teknik-pengairan/ (daring). (Diakses: 11 Januari 2021). 

Teknik Nuklir. Tautan: https://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_nuklir (daring). (Diakses: 11 Januari 2021). 

Program Studi Sarjana Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air. Tautan: https://ftsl.itb.ac.id/program-studi/sarjana-teknik-dan-pengelolaan-sumber-daya-air/ (daring). (Diakses: 11 Januari 2021). 

Purbowati, D. Teknik Nuklir, Ada Lagi Selain di UGM?. Tautan:https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/teknik-nuklir-ada-lagi-selain-di-ugm- (daring). (Diakses: 11 Januari 2021).  

Purbowati, D. Teknik Pengairan UB dan Teknik Sumber Daya Air ITB – Pilih yang Mana, Nih?. Tautan: https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/teknik-pengairan-ub-dan-teknik-sumber-daya-air-itb-pilih-yang-mana-nih- (daring). (Diakses: 11 Januari 2021). 

Prospek Kerja Jurusan Teknik Biomedik. 12 September 2018. Tautan: https://biomedik.eng.ui.ac.id/2018/09/12/prospek-kerja-teknik-biomedik/ (daring). (Diakses: 11 Januari 2021). 

S1 Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan. Tautan: https://unair.ac.id/site/article/read/2851/s1-teknik-robotika-dan-kecerdasan-buatan.html (daring). (Diakses: 11 Januari 2021). 

Teknik Sumberdaya Air (Teknik Pengairan). Tautan: https://rencanamu.id/cari-jurusan/teknik/teknik-sumberdaya-air-teknik-pengairan- (daring). (Diakses: 11 Januari 2021). 

Teknik Biomedik (Teknobiomedik). Tautan: https://rencanamu.id/cari-jurusan/teknik/teknik-biomedik-teknobiomedik- (daring). (Diakses: 11 Januari 2021). 

Sumber Gambar

Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan.  Tautan: https://www.merdeka.com/jatim/5-program-studi-baru-di-universitas-airlangga-siap-terima-mahasiswa-baru-tahun-2020.html?page=4 (daring). (Diakses: 11 Januari 2021). 

Jurusan Teknobiomedik. Tautan: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2019/06/27/kontribusi-teknik-biomedis-untuk-indonesia (daring). (Diakses: 11 Januari 2021). 

Teknik Nuklir. Tautan: https://www.idntimes.com/life/career/dian-arthasalina/7-peluang-kerja-lulusan-teknik-nuklir-bidang-tambang-hingga-medis/4 (daring). (Diakses 11 Januari 2021). 

Teknik Pengairan. Tautan: https://www.idntimes.com/life/education/vita-ayu-kusuma-dewi/5-hal-unik-teknik-pengairan-jurusan-langka-di-indonesia-c1c2 (daring). (Diakses: 11 Januari 2021). 

 

Profile

Elisabeth Garnistia

Beri Komentar