Minum Air Es Bikin Pilek, Mitos atau Fakta?

BA Brainies Bertanya - Minum air es bikin pilek Mitos atau fakta-01

Minum dingin sering dituduh penyebab utama pilek, apakah ini benar? Yuk cari tau kebenaran di artikel ini!

--

“Ya ampun, panas banget siang ini, butuh yang seger-seger buat dinginin tenggorokan deh,"

“Es jeruk akang sebelah sabi nih.”

“Ide menarik, kuy gas!!”

Di musim kemarau maupun musim hujan, godaan minum es selalu susah untuk dilawan. Nggak hanya menghilangkan rasa haus, melainkan bisa memberikan efek segar dan dingin di badan kita. Akan tetapi, makanan dan minuman dingin sering banget dituduh jadi penyebab kita sakit. Bahkan kita sering dimarahin kalo terus-terusan minum es.

“Es terus, nanti kalo pilek nangissss,”

Apakah benar minum dingin bikin kita pilek? Sebenarnya tidak ada hubungan langsung antara mengkonsumsi minuman dingin atau es dengan pilek. Suhu tubuh yang rendah bukanlah penyebab pilek. Kondisi ini memang bisa disebabkan oleh banyak hal, tapi yang paling sering akibat virus dan bakteri

Pilek adalah penyakit umum yang pasti pernah dialami oleh semua orang. Pilek biasanya disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang hidung dan tenggorokan. Tidak jarang, pilek juga bisa timbul dari infeksi bakteri. 

Pilek bukanlah penyakit berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu seminggu sampai sepuluh hari. Penyakit ringan ini sering menyerang anak-anak berusia di bawah enam tahun ketimbang orang dewasa.

Baca Juga: Virus dan Bakteri Itu Beda, Jangan Salah Minum Obat

Perlu diketahui virus dan bakteri ini ada di mana-mana, tangan kita yang kotor, udara yang tidak bersih, atau ditularkan orang lain. Apalagi jika kamu daya tahan tubuh kamu lagi lemah, alhasil jadi rentan terkena gejala batuk pilek. Selain itu, virus dan bakteri juga dapat ditulari dari jajanan yang tidak bersih yang kita beli di pinggir jalan.

Pilek disebabkan oleh bakterivirus dan bakteri menjadi penyebab utama pilek

Diketahui bahwa yang memperburuk kondisi pilek bukan es, melainkan kandungan bakteri di dalamnya. Jika air yang digunakan untuk membuat es benar-benar bersih dari kuman, maka boleh-boleh saja mengonsumsi es. 

Namun, apabila es tersebut terbuat dari air mentah atau air yang tidak bersih, lendir di hidung dan tenggorokan akan bertambah, sehingga  sulit untuk bernafas. Agar terhindar dari kontaminasi bakteri, ketika ingin membeli es di sebuah kedai, perhatikan dengan seksama cara pembuatannya dan tempat penyimpanannya untuk memastikan es tersebut benar-benar bersih. Lebih baik lagi jika kamu membuat es sendiri di rumah yang telah terjamin kualitasnya.

Jadi, tidak ada pantangan untuk minum es saat sedang pilek, asalkan es yang kamu minum sudah terjaga kebersihannya. Pastinya, kamu harus mengkonsumsi makanan yang sehat serta istirahat yang cukup untuk mempercepat proses penyembuhan. Kalau pileknya semakin parah, coba konsultasi ke dokter agar diberi antibiotik dan obat-obatan.

"Berarti kalau lagi panas nggak ada larangan buat minum es kan?"

Nah, dalam sebuah penelitian di tahun 2013, menunjukkan bahwa suhu optimal air minum adalah 16 derajat celcius bagi mereka yang mengalami dehidrasi setelah berolahraga atau saat cuaca panas dan lembab

BA Brainies Bertanya - Minum air es bikin pilek Mitos atau fakta-10Tidak baik minum minuman terlalu dingin disaat cuaca terlalu panas

Manfaat Minum Air Dingin/Es

Beberapa orang percaya bahwa minum air dingin atau air es adalah kebiasaan buruk yang sebenarnya dapat membahayakan kesehatan jangka panjang. Nyatanya minum air es tak selalu buruk. Ada beberapa manfaat yang didapat saat minum air es, seperti:

  • Meningkatkan selera minum air

  • Menormalkan detak jantung

  • Melawan Heat Stroke

  • Meningkatkan produksi adrenalin

  • Mencegah kram otot

  • Menyehatkan ginjal

  • Membakar kalori

  • Mencegah infeksi

  • Membersihkan usus

  • Menyegarkan tubuh

  • Membantu proses pencernaan

Nah, sekilas sudah paham bukan? Ternyata minum dingin atau es bukan penyebab utama sakit pilek, melainkan virus dan bakteri. Terus apa ada penyebab lain pilek?

Penyebab Pilek

Penyebab pilek sangat bervariasi, yang meliputi:

1. Infeksi

Pilek dapat terjadi ketika virus menginfeksi hidung, tenggorokan, atau sinus.

2. Alergi

Seseorang dapat mengalami pilek bila terpapar zat yang memicu alergi, misalnya debu, bulu binatang, atau serbuk sari bunga. Kondisi ini disebut juga rinitis alergi.

3. Paparan udara dingin atau kering

Udara dingin dan kering dapat mengubah keseimbangan cairan di dalam saluran hidung, sehingga memicu sistem saraf di hidung untuk mengeluarkan cairan.

4. Konsumsi makanan pedas

Pilek dapat dipicu oleh konsumsi makanan pedas. Misalnya makanan yang dibumbui cabai, bawang, dan lada hitam.

5. Efek samping obat

Sejumlah obat dapat menimbulkan efek samping pilek, misalnya obat tekanan darah tinggi, pil KB, dan obat penyakit jantung.

6. Ketidakseimbangan hormon

Pilek dapat terjadi akibat ketidakseimbangan hormon, misalnya dalam masa kehamilan.

Baca Juga: Pewangi Jeruk Bukan Penyebab Mabuk Perjalanan, Tetapi....

Pencegahan Pilek

Pilek dapat dicegah dengan menjaga kebersihan tubuh dan menghindari zat pemicu alergi. Layaknya pepatah “mencegah lebih baik dari pada mengobati”. Berikut beberapa langkah supaya kamu terhindar dari pilek:

  • Rutin mencuci tangan agar terhindar dari kuman.
  • Hindari berdekatan dengan orang yang sedang pilek.
  • Gunakan tisu saat mengeluarkan lendir dari hidung, dan cuci tangan setelahnya.
  • Konsumsi makanan bergizi dan rutin berolahraga untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Kenakan masker untuk menghindari zat yang dapat memicu alergi, seperti debu atau serbuk sari.
  • Berhenti merokok untuk mencegah iritasi dan radang pada rongga hidung.
  • Rutin menerima vaksin flu setiap tahun.

--

Sekarang jadi tau kan kalau penyebab utama pilek bukan minum air dingin? Melainkan virus dan bakteri serta beberapa penyebab lainnya. Pilek dapat dicegah dengan menjaga kebersihan tubuh dan menghindari zat pemicu alergi. 

Semoga pembahasan kali ini menambah wawasan baru buat kita semua ya. Kamu juga bisa belajar hal seru lainnya lewat live teaching di Brain Academy Online. Penasaran? Klik banner di bawah ini yaaa!

Live Teaching Brain Academy Online

Referensi:

Alodokter. 2019. Penyebab pilek. https://www.alodokter.com/pilek. Diakses tanggal 25 Oktober 2021

Alodokter. 2019. Manfaat Minum air es atau air dingin untuk tubuh. https://www.alodokter.com/menilik-manfaat-air-es-bagi-kesehatan. Diakses tanggal 27 Oktober 2021

Halodoc. 2019. Saat Pilek Harus Hindari Minum Es, Benarkah. https://www.halodoc.com/artikel/saat-pilek-harus-hindari-minum-es-benarkah. Diakses tanggal 25 Oktober 2021

IndMedis.com. Benarkah Minuman Dingin Menyebabkan Pilek dan Batuk https://idnmedis.com/benarkah-minuman-dingin-menyebabkan-pilek-dan-batuk. Diakses tanggal 25 Oktober 2021

Kathryn Watson, Natalie Olsen, R.D., L.D., ACSM EP-C. What Are the Risks and Benefits of Drinking Cold Water? Healthline; 2018.

Profile

Kak Nazirah MT Saintek

Beri Komentar