5 Jurusan Kuliah Untuk Pecinta Hewan

jurusan kuliah yang cocok untuk pecinta hewanArtikel ini membahas tentang jurusan-jurusan kuliah yang bisa menjadi pilihan bagi para pecinta hewan

 

Wah, enak ya jika kamu bisa merintis karier sesuai dengan kesukaan kamu. Kalau suka menggambar, kamu bisa mengambil jurusan DKV dan bekerja sebagai graphic designer. Kalau suka dengan drama musikal, kamu bisa mengambil jurusan performing arts dan bekerja di bidang seni & musik.

“Hmm, kalau suka dengan hewan, harus ambil jurusan apa ya? Apakah pilihannya hanya jurusan kedokteran hewan saja?”

Eits, tentu tidak! Ada banyak pilihan jurusan kuliah yang bisa kamu ambil jika kelak ingin banyak berinteraksi dan bekerja dengan hewan. Lantas, apa saja jurusan yang cocok bagi para animal lovers? Yuk simak 5 jurusan di bawah ini!

1. Kedokteran Hewan

Jika ingin banyak berinteraksi dengan hewan, jurusan kedokteran hewan tentu bisa menjadi pilihan! Saat kuliah nanti, kamu akan mempelajari cara mencegah, mendiagnosis, serta perawatan terhadap gangguan dan penyakit yang ada pada hewan.

dokter hewan

Jurusan kuliah kedokteran hewan (sumber: goodtimes.sc)

Sama seperti dokter manusia, dokter hewan juga sangat dibutuhkan lho dalam kehidupan sehari-hari. Tugas mereka juga bisa dikatakan sama dengan dokter manusia, yaitu mengobati yang sakit. Apalagi, hewan ‘kan tidak bisa memberi tahu kita ketika mereka tidak enak badan, sehingga sangat dibutuhkan seorang ahli yang dapat memahami serta menolong mereka.

2. Ilmu Peternakan

Di jurusan ini, kamu akan mendalami tentang ilmu & teknologi pangan berdasarkan aspek kimia-biokimia, bioteknologi, rekayasa, serta nilai gizinya. Selain itu, kamu juga akan diajarkan tentang tata cara perkembangbiakan serta pengolahan hewan-hewan ternak yang baik dan benar.

ilmu peternakan

Kuliah jurusan Ilmu Peternakan (sumber: akupintar.id)

Peluang kerja bagi lulusan ilmu peternakan sangat luas, lho. Dengan dibekali dengan ilmu-ilmu di atas, kamu dapat bekerja di lembaga milik pemerintah seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Lingkungan Hidup, Lembaga Riset, dan Lembaga Pendidikan. Eits, ketika lulus nanti kamu bisa juga kok tidak bekerja untuk orang lain. Artinya, kamu bisa menjadi wirausahawan dengan membuka usaha seperti usaha pakan ternak, obat hewan, bahkan kamu dapat membuka usaha peternakan sendiri. Wah, keren!

3. Ilmu Binatang (Zoologi)

Secara garis besar, Zoologi merupakan cabang ilmu biologi yang membahas segala hal yang berkaitan dengan hewan. Mulai dari organisme, perilaku, anatomi dan susunan internalnya, hingga habitat alami, adaptasi, cara berinteraksi, dan evolusinya.

Steve Irwin dan Istrinya

Steve Irwin, salah satu zoologist terkenal (sumber: wbur.org)

Apakah kamu familiar dengan nama Stephen Robert Irwin? Yup, Stephen Robert Irwin – atau yang lebih dikenal dengan Steve Irwin – adalah salah satu tokoh zoologist ternama di dunia. Jika kalian bertanya-tanya tentang bagaimana peran seorang zoologist, Steve Irwin bisa menjadi salah satu contoh terbaik untuk menjawab hal tersebut.

Zoologist memiliki tugas untuk memberikan informasi kepada dunia tentang alam sekitar dan habitatnya, khususnya hewan. Namun, ada juga zoologist  yang bekerja untuk membantu program pengembangbiakan populasi hewan liar dan membantu mengelola perawatan di kebun binatang, pusat satwa liar, taman margasatwa, dan akuarium. 

4. Ilmu Kelautan

Kamu tertarik dengan hal-hal berkaitan dengan dunia laut? Mungkin kamu harus ambil jurusan ini! Di jurusan Ilmu Kelautan, kamu akan mempelajari tentang biota laut, pengelolaan sumber daya pesisir, hingga pemodelan laut. Bahkan di beberapa universitas, mereka turut mempelajari hukum kelautan dan perikanan juga, lho

Perbincangan tentang laut pasti tidak akan lepas dari ikan. Sehingga di jurusan ini, kita juga tentunya akan turut mempelajari tentang perikanan. Makanya, jurusan ini juga sering kali disebut sebagai Ilmu Kelautan dan Perikanan.

Ilmu kelautan

Kuliah jurusan ilmu kelautan (sumber: educenter.id)

Bagian terseru dengan berkuliah di jurusan ini adalah kamu akan banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Yup, karena kamu akan banyak berurusan dengan laut, kamu akan banyak melakukan diving! Tenang saja, bagi kamu yang tidak bisa atau bahkan belum pernah melakukan diving, program studi ini menyediakan kelas berenang kok. Asik, bisa menjadi kesempatan nih untuk mengeksplor keindahan dunia laut milik Indonesia, hihi~

Setelah lulus nanti, umumnya lulusan dari Ilmu Kelautan akan bekerja di lembaga riset dan teknologi seperti BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) dan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

5. Oseanografi

“Apa sih bedanya Ilmu Perikanan dengan Ilmu dan Teknologi Kelautan? Bukannya sama-sama belajar tentang ikan dan laut ya?”

Bisa dikatakan, dua jurusan ini serupa tapi tak sama. Jika Ilmu Kelautan menekankan dari segi studi ilmiah (fisika, kimia, geologi, dan biologi), oseanografi berfokus pada eksplorasi dan kondisi fisik laut. Di jurusan oseanografi, kamu akan diajak untuk mengeksplorasi beragam fenomena laut yang kemudian diaplikasikan pada bidang rekayasa, bencana laut, mitigasi bencana, lingkungan, hingga perikanan.

Jurusan oseanografi

Kuliah jurusan oseanografi (Sumber: idntimes.com)

Menariknya lagi, jurusan ini masih sedikit peminatnya dan hanya ada di 4 universitas di Indonesia, yaitu Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Halu Oleo, dan Universitas Hang Tuah. Padahal, peluang kerjanya besar!

Baca Juga: Seluk-beluk Jurusan Oseanografi, Untuk Kamu yang Ingin Tahu Lebih Banyak Tentang Laut

Gimana, siap untuk mendedikasikan diri kamu untuk kesejahteraan satwa-satwa yang ada di bumi? Agar kamu bisa diterima di salah satu jurusan di atas, yuk asah dan persiapkan kemampuan akademik kamu terlebih dahulu bersama Brain Academy Online! 

BA online - Brain Academy

 

Referensi:

Jurusan Peternakan. campus.quipper.com. [Daring]. Tautan: https://campus.quipper.com/majors/id-peternakan (Diakses: 21 Desember 2020)

Ilmu Peternakan. unpad.ac.id. [Daring]. Tautan: https://www.unpad.ac.id/?post_type=fakultas&p=389/ (Diakses: 21 Desember 2020)

Jurusan Ilmu Kelautan. rencanamu.id. [Daring]. Tautan: https://rencanamu.id/cari-jurusan/pertanian/ilmu-kelautan (Diakses: 21 Desember 2020)

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi – Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya. rencanamu.id. [Daring]. Tautan: https://rencanamu.id/index.php/post/jurusan-dan-perkuliahan/serba-serbi-jurusan-oseanografiuntuk-kamu-yang-ingin-kenalan-lebih-jauh-dengan-laut-dan-seisinya (Diakses: 21 Desember 2020)

Melody Raymond. 15 Sekolah Tinggi Terbaik Untuk Zoologi di Dunia | Peringkat 2020. 9 September 2020. worldscholarshipforum.com. [Daring]. Tautan: https://worldscholarshipforum.com/id/perguruan-tinggi-terbaik-untuk-zoologi/ (Diakses: 21 Desember 2020)

Bernetta. Mengenal Program Studi Zoologi. 25 Agustus 2020. kuliahdiaman.id. [Daring]. Tautan: https://kuliahdimana.id/index.php/berita/read/289/Mengenal-Program-Studi-Zoologi (Diakses: 21 Desember 2020)

Steve Irwin. famousscientist.org. [Daring]. Tautan: https://www.famousscientists.org/steve-irwin/ (Diakses: 21 Desember 2020)

 

Sumber Foto:

Dokter hewan. [Daring]. Tautan: https://goodtimes.sc/special-publications-inserts/meet-the-best-veterinary-clinics-in-santa-cruz-county/ (Diakses: 21 Desember 2020)

Jurusan Ilmu Peternakan. [Daring]. Tautan: https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/kuliah-peternakan-yang-kaya-potensi (Diakses: 21 Desember 2020)

Steve Irwin, salah satu zoologist terkenal. [Daring]. Tautan: https://www.wbur.org/endlessthread/2018/10/16/steve-irwin-stingray (Diakses: 21 Desember 2020)

Jurusan ilmu kelautan. [Daring]. Tautan: https://www.educenter.id/5-jurusan-kuliah-kelautan-ini-ternyata-punya-prospek-kerja-yang-bagus/ (Diakses: 21 Desember 2020)

Jurusan oseanografi. [Daring]. Tautan: https://www.idntimes.com/life/education/dian-arthasalina/5-fakta-menarik-program-studi-oseanografi-1 (Diakses: 21 Desember 2020)

Tiara Syabanira Dewantari