Jurusan Perikanan, Menjanjikan Namun Sedikit Peminat

Jurusan Perikanan

Artikel ini membahas tentang jurusan perikanan, mulai dari mata kuliah, jumlah peminat, daya tampung, kampus dengan jurusan perikanan terbaik di Indonesia, hingga prospek kerja.

Indonesia dijuluki sebagai negara maritim, yaitu negara yang sebagian besar wilayahnya merupakan perairan dan memanfaatkan wilayah lautnya secara optimal dalam konteks pelayaran. Bisa dikatakan, Indonesia termasuk negara maritim terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Itulah mengapa, jurusan kuliah yang berhubungan dengan kelautan dan perikanan bisa menjadi jurusan yang menjanjikan. Salah satu jurusan yang bisa menjadi pilihan yaitu Jurusan Perikanan.

Jurusan Perikanan? Nanti setelah lulus, kerjanya apa? Jadi tukang ikan?

Eits! Gak gitu konsepnya!

Jurusan Perikanan mempelajari tentang berbagai aspek perikanan dan kelautan. Mulai dari budidaya ikan hias maupun ikan konsumsi, mencegah dan menanggulangi penyakit pada ikan, memformulasikan pakan, mengelola lingkungan perairan, mengelola industri pengolahan hasil perikanan, hingga meningkatkan nilai ekonomis limbah perikanan.

 

Belajar Apa Aja di Jurusan Perikanan?

Ilmu yang dipelajari di Jurusan Perikanan sangatlah luas. Saking luasnya, bahkan beberapa perguruan tinggi sampai menaikkan status Jurusan Perikanan menjadi Fakultas Perikanan dan Kelautan (Fisheries and Marine Science Department), seperti misalnya di Universitas Diponegoro.

Sama dengan jurusan lain pada umumnya, tahun pertama kuliah kamu akan lebih fokus pada mata kuliah umum seperti pendidikan kewarganegaraan, fisika dasar, sampai ilmu dasar manajemen. Selain itu, kamu juga akan mempelajari teori-teori dasar perikanan dan kelautan seperti ekologi, ikhtiologi (mempelajari tentang morfologi ikan), dan avertebrata air (mempelajari tentang biota air), dan sosiologi perikanan.

 

mata kuliah di jurusan perikanan

Baca Juga: Seluk-beluk Jurusan Oseanografi untuk Kamu yang Ingin Tahu Lebih Banyak tentang Laut

Memasuki tahun kedua, barulah kamu dapat memilih mata kuliah yang sesuai dengan minat kamu. Jurusan Perikanan ini memiliki banyak bidang, beberapa di antaranya yaitu:

  • Bidang Pengolahan/Teknologi Hasil Perikanan
  • Bidang Budidaya Perikanan
  • Bidang Manajemen Sumberdaya Perikanan

Selama kuliah, kamu akan banyak melakukan praktikum dan kerja kelompok. Bahkan katanya, laboratorium akan terasa seperti rumah kedua karena banyaknya waktu yang kamu habiskan di ruangan tersebut. Uniknya lagi, di Jurusan Perikanan ini ada mata kuliah renang, lho. Karena adanya mata kuliah ini, salah satu kegiatan praktikum dari perkuliahannya adalah snorkeling!

mata kuliah renang

mata kuliah renang dan kegiatan praktikum snorkeling di Jurusan Perikanan (gifer.com)

 

Asik banget gak sih, Brainies? Di mana lagi kamu bisa kuliah sambil berenang kalau bukan di Jurusan Perikanan.

Baca Juga: Jurusan ini Sepi Peminat Tapi Prospek Kerjanya Menjanjikan? Mungkin Cocok Untukmu!

 

Setelah Lulus, Kerja Jadi Apa?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Indonesia merupakan negara maritim. Sehingga, lulusan dari Jurusan Perikanan tentunya memiliki keuntungan serta peluang karier yang sangat menjanjikan. 

Seorang lulusan Jurusan Perikanan dapat berkarier sebagai Anak Buah Kapal atau ABK, peneliti perikanan, menjadi konsultan perikanan, pendidik dan penyuluh perikanan, wirausahawan bidang perikanan, maupun sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai staf Kementerian Perikanan dan Kelautan Indonesia.

 

Universitas dengan Jurusan Perikanan Terbaik di Indonesia

Gimana Brainies? Setelah membaca perkenalan singkat tentang Jurusan Perikanan, apakah kamu mulai tertarik untuk mengambil jurusan ini? Kalau jawabannya adalah iya, Brain Academy punya list 5 Universitas dengan Jurusan Perikanan terbaik dan terakreditasi A yang ada di Indonesia, lengkap dengan jumlah peminat serta daya tampungnya. Coba disimak, siapa tau, salah satunya bisa jadi jodoh kamu!

  • Fakultas Perikanan Institut Pertanian Bogor

    Jurusan Teknologi & Manajemen Perikanan Budidaya
    Peminat 2021: 583
    Daya Tampung 2022: 120

  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Padjadjaran

    Jurusan Perikanan
    Peminat 2021: 467
    Daya tampung 2022: 70

  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Brawijaya

    Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
    Peminat 2021: 180
    Daya tampung 2022: 63
    Teknologi Hasil Perikanan
    Peminat 2021: 237
    Daya tampung 2022: 63
    Agrobisnis Perikanan
    Peminat 2021: 318
    Daya tampung 2022: 63
    Sosial Ekonomi Perikanan (PSDKU Kediri)
    Peminat: 63
    Daya tampung: 42

  • Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau


    Teknologi Hasil Perikanan
    Peminat 2021: 129
    Daya tampung 2022: 64
    Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
    Peminat 2021: 90
    Daya tampung 2022: 32
    Sosial Ekonomi Perikanan
    Peminat 2021: 141
    Daya tampung 2022: 48

  • Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin

    Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
    Peminat 2021: 159
    Daya Tampung 2022: 62
    Agrobisnis Perikanan
    Peminat 2021: 144
    Daya Tampung 2022: 50
    Teknologi Hasil Perikanan
    Peminat 2021: 70
    Daya tampung 2022: 26

Gimana, Brainies? Apakah kamu tertarik untuk mengambil Jurusan Perikanan? Meskipun jurusan ini termasuk jurusan yang kurang diminati dan dianggap sepele, enggak berarti persaingannya tidak ketat ya! Kamu tetap membutuhkan persiapan yang matang agar dapat diterima Jurusan Perikanan di perguruan tinggi terbaik.

Yuk segera bergabung dengan Brain Academy! Khusus untuk kamu siswa kelas 12, ada paket persiapan menjelang tes masuk perguruan tinggi, lho. Dengan bantuan STAR Master Teacher Brain Academy, pasti belajar kamu akan terasa lebih mudah. Tunggu apa lagi? Klik banner di bawah ini, Brainies!

[IDN] CTA Blog Brain Academy

Sumber:

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNPAD. Program Studi Perikanan. [Daring]. Tautan: https://fpik.unpad.ac.id/program-studi-perikanan/. Diakses 6 April 2022.

PSDKU UNPAD. Struktur Mata Kuliah PSDKU Pangandaran

Nur. (2020). Mengenal Apa Itu Jurusan Perikanan. [Daring]. Tautan: https://tambahpinter.com/jurusan-perikanan/. Diakses 6 April 2022.

Rahmadila Eka Putri. (2018). Ini 8 Program Studi Ilmu Kelautan Terbaik di Indonesia. [Daring]. Tautan: https://www.idntimes.com/life/education/rahmadila-eka-putri/8-program-studi-ilmu-kelautan-terbaik-di-indonesia-c1c2. Diakses 6 April 2022.

Sumber gambar:

Ada mata kuliah renang dan kegiatan praktikum snorkeling di Jurusan Perikanan. [Daring]. Tautan: https://gifer.com/en/g33h. Diakses 7 April 2022.

Tiara Syabanira Dewantari