6 Tips Memilih Bimbel Offline Terbaik untuk Anak

Counseling dan Parenting - Cara Memilih Bimbel Bagi Anak-01

Bagaimana cara memilih bimbingan belajar yang sesuai dengan kebutuhan anak? Berikut 6 tips yang bisa dicoba!

---

Memiliki anak yang berprestasi di bidang akademik adalah dambaan setiap orang tua. Tak heran, banyak orang tua yang berupaya mencapai hal tersebut dengan mendaftarkan buah hatinya ke tempat bimbel offline terbaik.

Bimbel offline telah menjadi solusi bagi banyak orang tua dalam membantu anak untuk lebih memahami materi pembelajaran yang mereka dapat di sekolah. Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk memilih bimbel yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih tempat bimbingan belajar terbaik untuk anak:

 

1. Fasilitas Bimbel 

Fasilitas bimbel yang lengkap dapat menunjang perkembangan belajar anak. Orang tua harus memperhatikan fasilitas yang dimiliki pihak bimbel seperti komputer, internet, ruang kelas yang nyaman, modul belajar, serta tentunya pengawasan pihak tempat bimbel terhadap siswa. Brain Academy menawarkan konsep smart classroom dengan WiFi dan tablet untuk mendukung pembelajaran digital. Ruang kelas senantiasa dibersihkan dengan cairan disinfektan serta terdapat protokol kesehatan sebelum kegiatan belajar dimulai.

 

2. Perhatikan Kenyamanan Tempat

Hal yang tak kalah penting dalam memilih tempat bimbel anak adalah kenyamanan. Orang tua dapat mengajak anak berkeliling untuk melihat suasana tempat bimbel secara langsung. Dengan begitu, orang tua bisa mengetahui apakah anak merasa nyaman atau justru sebaliknya.

Seperti di Brain Academy, calon siswa bisa mengikuti sesi Trial Class. Di sini, mereka akan mencoba pengalaman baru belajar dengan STAR Master Teacher yang berpengalaman. Untuk mengikuti trial class, orang tua hanya perlu mengisi data diri, lokasi, dan tanggal booking. Sesi ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Siswa juga berhak memperoleh diskon pendaftaran sebesar 60% dan merchandise menarik dari Ruangguru.

 

3. Kurikulum dan Metode Pembelajaran

Perlu kita ketahui, terdapat 3 gaya belajar, yaitu: Visual, Auditori, dan Kinestetik. Sebelum mengikuti kelas, calon siswa Brain Academy akan dites terlebih dahulu untuk menemukan metode pengajaran yang paling sesuai dengan karakter mereka (diagnostic test). Selain itu, siswa akan memperoleh modul PTS/PAS, bank soal, modul semester 1 dan 2, modul TPS dan TKA, serta materi HOTS. Tidak hanya mendukung prestasi akademik, Brain Academy juga mengembangkan soft skills para siswa lewat kelas pengembangan diri. Mereka diajarkan public speakingleadership, teamwork, creative thinking, emotional management, dan self love.

 

4. Perhatikan Jumlah Siswa Dalam Kelas Bimbel

Jumlah siswa berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Semakin banyak murid di dalam kelas, kemungkinan akan sulit untuk berkonsentrasi. Sebaliknya, proses belajar justru lebih efektif jika jumlah siswanya sedikit. Jangan khawatir, Brain Academy membatasi jumlah siswa maksimal 12 orang dalam setiap sesi belajar. Diharapkan, siswa lebih cepat memahami penjelasan dari STAR Master Teacher.

Baca Juga: Sharing Soal, Tanya Jawab Soal Bareng Teman dan Master Teacher

 

5. Jarak Lokasi Bimbingan Belajar

Hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan oleh orang tua adalah jarak antara rumah dengan lokasi bimbingan belajar. Orang tua perlu pintar-pintar mencari tempat bimbel terdekat tetapi dengan kualitas yang baik. 

Lokasi bimbel yang terlalu jauh dari rumah justru membuat anak menjadi cepat lelah sebelum mulai belajar. Bukannya konsentrasi, mood anak malah jelek dan kehilangan semangat. Masalah ini tentu bisa diatasi dengan memilih tempat bimbel terdekat seperti Brain Academy yang memiliki 36 cabang di Indonesia. 

Lokasi bimbel offline Brain Academy berada di pusat kota sehingga dapat diakses dengan mudah. Jika siswa berhalangan hadir, kegiatan belajar bisa dilakukan secara online melalui fitur live teaching aplikasi Ruangguru.   

 

6. Tenaga Pengajar yang Berkualitas dan Berpengalaman 

Guru yang berpengalaman akan mencetak siswa yang berprestasi. Biasanya, mereka sudah terlatih dan memahami perbedaan karakter tiap siswa sehingga proses belajar terasa menyenangkan. Brain Academy memiliki tenaga pengajar yang disebut STAR Master Teacher. Mereka adalah alumni terbaik dari PTN dan kampus luar negeri. Tidak hanya sebagai guru, mereka memposisikan diri sebagai teman belajar bagi siswa. Siswa pun akan merasa nyaman dan tidak canggung selama berada di kelas.

---

Pastikan anak menemukan bimbingan belajar terbaik yang bisa meningkatkan prestasi akademik dan non akademik mereka. Brain Academy adalah satu-satunya bimbingan belajar kombinasi offline dan online terlengkap di Indonesia. Didukung oleh fasilitas modern, STAR Master Teacher berpengalaman, serta materi pelajaran terupdate sesuai kurikulum nasional.

BA offline

Referensi:

Tips Memilih Bimbel [Daring]. Tautan: https://www.cermati.com/artikel/7-tips-memilih-tempat-bimbel-yang-bagus-untuk-anak

https://www.renesia.com/10-tips-memilih-tempat-bimbel/

(diakses 12 Desember 2022)

 

Profile

Brain Academy