Soal & Pembahasan PTS Kelas 10 IPS Semester Ganjil 2023

Latihan Soal PTS Kelas 10 IPS

Sedang belajar untuk Penilaian Tengah Semester? Intip soal dan pembahasan PTS kelas 10 SMA IPS berikut ini

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

BAHASA INGGRIS

Topik : Basic English in Introduction

Subtopik : Family members

Level : MOTS

1. Julian has one brother and one sister. His brother is Aisyah and his sister is Jasmine. Julian married Jane and they have 2 children, Juan and Julliete. Aisyah married Melisa and they have 2 children, Mila and Maura. Jasmine is still single.  The correct statement based on the description above is … 

  1. Aisyah is Juan’s uncle.
  2. Julian is Julliete’s uncle.
  3. Mila is Aisyah’s niece.
  4. Maura is Jasmine’s sister.
  5. Julian is Maura’s father.

Kunci: A

Pembahasan:

Julian memiliki satu saudara laki-laki dan satu saudara perempuan. Saudaranya adalah Aisyah dan saudara perempuannya adalah Jasmine. Julian menikahi Jane dan mereka memiliki 2 anak, Juan dan Julliete. Aisyah menikahi Melisa dan mereka memiliki 2 anak, Mila dan Maura. Jasmine masih sendiri. Berdasarkan deskripsi tersebut, dapat kita ketahui bahwa Julian merupakan ayah dari Juliette, jadi opsi jawaban B kurang tepat. Kemudian, Mila adalah anak perempuan (daughter) dari Aisyah, jadi opsi jawaban C juga kurang tepat. Lalu Maura merupakan keponakan perempuan (niece) dari Jasmine, maka opsi jawaban D juga kurang tepat.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Basic English in Introduction

Subtopik : Verb

Level : MOTS

2. Mrs. Nura: How was the concert, Nia?

  Nia: It was so incredible. The band, stage act, lighting, I love it! Like, seriously, I really _______ it.

  1. saw
  2. enjoyed
  3. bored
  4. fed-up
  5. hate

Kunci: B

Pembahasan:

Pada kalimat tersebut, Nia ingin mengatakan bahwa ia sangat menikmati konser semalam, dibuktikan dengan I love it! Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah enjoyed.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Basic English in Introduction

Subtopik : Present Continuous Tense

Level : MOTS

3. The following sentences are correct, except…

  1. I am talking to my brother right now.
  2. My sister is taking care of our niece now.
  3. Jean is attending a debate competition at the moment.
  4. Look! Selena is singing on the 64th Grammy Award.
  5. Justin talking politely to his parents on the phone.

Kunci: E

Pembahasan:

Dalam Present Continuous Tense, Subject harus diikuti dengan am/is/are + V-ing. Sehingga, jika kita cermati, opsi jawaban E memiliki struktur kalimat yang kurang tepat, seharusnya Justin is talking politely to his parents on the phone.

Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Basic English in Introduction

Subtopik : Simple Present Tense

Level : MOTS

4. Caca: What do you usually do on the weekend, Ris?

Riska: ____________________________________

The correct response to complete the dialog is…

  1. On the weekend, I did yoga.
  2. I usually just hang out with my friends on the weekend.
  3. I usually relaxing my mind.
  4. I am watching YouTube all day long.
  5. On the weekend, I will go to the swimming pool.

Kunci: B

Pembahasan:

Subject yang ditanyakan di atas adalah Riska. Caca bertanya apa yang biasa Riska lakukan pada saat weekend. Untuk merespon pertanyaan tersebut, opsi jawaban yang paling tepat adalah B, karena menjelaskan tentang kebiasaan yang biasa Riska lakukan pada saat weekend.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Basic English in Introduction

Subtopik : Pronoun

Level : LOTS

5. Choose an option that consists of reflexive pronouns!

  1. I, you, he, she, it, we, you, they
  2. Me, you, him, her, it, us, you, them
  3. My, your, his, her, its, our, your, their
  4. Mine, yours, his, hers, ours, yours, theirs
  5. myself, yourself, himself, herself, itself, ourselves, yourselves, themselves

Kunci: E

Pembahasan:

Kita diminta untuk mencari yang mana yang merupakan reflexive pronoun, pilihan jawaban A merupakan subject pronoun, pilihan jawaban B merupakan object pronoun, pilihan jawaban C merupakan possessive adjectives, pilihan jawaban D merupakan possessive pronoun, pilihan jawaban E merupakan reflexive pronoun.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah E.

Baca Juga: Contoh Soal & Pembahasan PTS Kelas 10 IPA Semester 1

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

BAHASA INDONESIA

Topik : Teks Laporan Hasil Observasi

Subtopik : Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Level : MOTS

Tanaman ini dinamakan bunga bangkai karena ia mengeluarkan bau busuk yang amat menyengat. Meski begitu, bau ini memiliki dua peran yang sangat penting, yaitu sebagai perlindungan dan penarik perhatian serangga yang membantu proses penyerbukan.

Habitat asli bunga bangkai adalah di hutan Sumatera. Namun, karena terancam punah, ia mulai dikonservasi di banyak tempat. Salah Satunya adalah di taman hutan raya Ir. Djuanda yang terletak di bandung Jawa Barat.

Sumber: https://notepam.com/contoh-teks-laporan-hasil-observasi/

 

1. Pada paragraf pertama teks di atas terdapat adjektiva sebanyak . . .

  1. Satu
  2. Dua
  3. Tiga
  4. Empat
  5. Lima

Kunci : C

Pembahasan :

Adjektiva adalah kata sifat. Cara menandakannya iala dapat dibubuhi dengan kata sangat atau tidak. Adjektiva pada teks tersebut terdapat tiga buah, yaitu busuk, menyengat, dan penting.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Teks Laporan Hasil Observasi

Subtopik : Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Level : MOTS

Tanaman ini dinamakan bunga bangkai karena ia mengeluarkan bau busuk yang amat menyengat. Meski begitu, bau ini memiliki dua peran yang sangat penting, yaitu sebagai perlindungan dan penarik perhatian serangga yang membantu proses penyerbukan.

Habitat asli bunga bangkai adalah di hutan Sumatera. Namun, karena terancam punah, ia mulai dikonservasi di banyak tempat. Salah Satunya adalah di taman hutan raya Ir. Djuanda yang terletak di bandung Jawa Barat.

Sumber: https://notepam.com/contoh-teks-laporan-hasil-observasi/

2. Kalimat simpleks terdapat pada . . .

  1. Paragraf pertama kalimat pertama
  2. Paragraf pertama kalimat kedua
  3. Paragraf pertama kalimat ketiga
  4. Paragraf kedua kalimat pertama
  5. Paragraf kedua kalimat kedua

Kunci : D

Pembahasan :

Kalimat simpleks adalah kalimat yang terdiri dari satu predikat dan tidak memiliki konjungsi. Dari dua paragraf tersebut kalimat simpleks hanya terletak pada paragraf kedua kalimat pertama.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Teks Laporan Hasil Observasi

Subtopik : Analisis Teks Laporan Hasil Observasi

Level : HOTS

Perhatikan teks berikut!

Lingkungan RT 03 kurang bersih, karena kurangnya kesadaran masyarakatnya untuk menjaga kebersihan dan kurangnya keberadaan fasilitas kebersihan, seperti tong sampah. Menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat RT 03. Kerja sama antara pengurus RT dan masyarakat akan lebih meningkatkan upaya kebersihan lingkungan tersebut. Pengurus RT berperan dalam penyediaan fasilitas kebersihan bersinergi dengan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

3. Pada teks di atas kalimat opini terdapat pada …

  1. Kalimat satu
  2. Kalimat dua
  3. Kalimat tiga
  4. Kalimat empat
  5. Kalimat satu dan empat

Kunci : A

Pembahasan :

Opini adalah ide atau pendapat seseorang mengenai suatu hal. Sementara, fakta adalah keadaan atau peristiwa yang benar-benar terjadi di kehidupan nyata. Dalam teks tersebut opini terdapat pada kalimat satu.

Dengan demikian, jawaban yang sesuai adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Bacalah kutipan berikut ini!

(1) Saat ini, penerapan konsep pembangunan berkelanjutan dapat disebut jauh dari harapan. (2) Kesulitan penerapannya terutama terjadi di negara berkembang, salah satunya Indonesia. (3) Setiap tahun di negara kita kehilangan 684.000 hektar hutan karena pembalakan liar, pengalihan fungsi hutan, kebakaran hutan, dan perambahan hutan. (4) Hal ini diikuti oleh punahnya flora dan fauna langka. (5) Kenyataan ini sangat jelas menggambarkan kehancuran alam yang diikuti bencana bagi manusia. (Sumber: www.beritadaerah.co.id dengan pengubahan seperlunya)

Topik : Teks Eksposisi

Subtopik : Analisis Teks Eksposisi

Level : MOTS

4. Pada kutipan teks di atas, kata teknis ditunjukkan oleh kata ….

  1. jauh
  2. kesulitan
  3. flora dan fauna
  4. negara
  5. kita

Kunci : C

Pembahasan :

Kata teknis adalah istilah yang tidak cukup umum untuk digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kata teknis berkaitan erat dengan suatu bidang tertentu. Pada kutipan teks di atas, kata teknis ditunjukkan dengan kata flora dan fauna.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Teks Eksposisi

Subtopik : Analisis Teks Eksposisi

Level : HOTS

5. Kata yang pada kalimat kelima di atas termasuk penanda kalimat majemuk ….

  1. hubungan penjelasan
  2. hubungan sangkalan
  3. hubungan atributif
  4. hubungan akibat
  5. hubungan cara

Kunci : C

Pembahasan  :

Kalimat majemuk terdiri dari 7 jenis, salah satunya kalimat majemuk hubungan atributif. Kalimat majemuk hubungan atributif ditandai dengan kata yang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

MATEMATIKA IPS

Topik : Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak

Subtopik : Nilai Mutlak

Level Kognitif : MOTS

matematika ips pts 1a

Jawaban : B

Pembahasan :

matematika ips pts 1b

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak

Subtopik : Persamaan Nilai Mutlak Linear I

Level Kognitif : MOTS

2. Himpunan penyelesaian dari persamaan matematika ips pts 2aadalah

matematika ips pts 2b

Jawaban : D

Pembahasan :

matematika pts 2c

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak

Subtopik : Persamaan Nilai Mutlak Linear II

Level Kognitif : HOTS

3. Himpunan penyelesaian dari persamaan matematika ips pts 3a adalah ….

matematika ips pts 3b

Jawaban : E

Pembahasan :

matematika ips pts 3c

matematika ips pts 3d

matematika ips pts 3e

matematika ips pts 3f

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak

Subtopik : Pertidaksamaan Nilai Mutlak

Level Kognitif : MOTS

4. Himpunan penyelesaian dari pertidaksamaanmatematika ips pts 4aadalah

matematika ips pts 4b

Jawaban : B

Pembahasan :

matematika ips pts 4c

matematika ips pts 4d

matematika ips pts 44e

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Nilai Mutlak

Subtopik : Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear

Level : HOTS

5. Banyak bilangan bulat positif yang memenuhi penyelesaian dari pertidaksamaan matematika ips pts 5aadalah…

  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5

Kunci : B

Pembahasan

matematika ips pts 5b

matematika ips pts 5c

matematika ips pts 5d

Maka gabungkan kedua penyelesaiannya:

matematika ips pts 5e

Sehingga bilangan positif yang memenuhi hanyalah {6, 7} , banyak nya adalah 2 bilangan.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

EKONOMI

Topik : Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

Subtopik : Kebutuhan dan Alat Pemenuhnya

Level : MOTS

1. Keluarga Pak Wijaya memenuhi beberapa kebutuhan diantaranya:

  1. Membeli obat-obatan di sebagai stok di apotek Pak Wijaya
  2. Makan mie ayam bersama keluarganya
  3. Membeli laptop untuk keperluan kuliah anaknya yang masih TK
  4. Pergi bertamasya bersama keluarga ke Pantai Ancol
  5. Membeli baju baru untuk lebaran Idul Fitri

Jika ditinjau dari sifatnya, pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Pak Wijaya adalah…

  1. (1), (2), dan (3)
  2. (1), (3), dan (5)
  3. (2), (4), dan (5)
  4. (2), (3), dan (5)
  5. (3), (4), dan (5)

Kunci : C

Pembahasan :

Kebutuhan merupakan sesuatu yang memerlukan pemenuhan agar manusia tetap biasa hidup dan menjaga eksistensinya. Berdasarkan sifatnya, kebutuhan terbagi menjadi 2, yaitu kebutuhan jasmani dan rohani. Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan fisik manusia, contohnya makan dan olahraga. Sedangkan kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan pemuasan jiwa (batin) manusia, contohnya ibadah dan rekreasi. Maka pilihan yang tepat adalah (2), (3), dan (5)

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

Subtopik : Biaya Peluang

Level : MOTS

2. Kaila seorang tenaga kerja berpeluang menjadi penjaga toko dengan gaji Rp 1.500.000,00/bulan, menjadi sales barang kosmetik dengan gaji Rp1.200.000,00/bulan, dan berpeluang menjadi karyawan swasta dengan gaji Rp2.000.000,00. Apabila Kita memilih menjadi wirausaha maka biaya peluang yang dikorbankan adalah ….

  1. Rp 1.200.000,00
  2. Rp 1.500.000,00
  3. Rp 2.000.000,00
  4. Rp 3.500.000,00
  5. Rp 4.700.000,00

Kunci : C

Pembahasan :

Jadi, total biaya peluang yang dikorbankan Fani adalah Rp2.000.000,00 yaitu kesempatan tertinggi yang hilang karena memilih salah satu alternatif.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Sistem Ekonomi

Subtopik : Sistem Ekonomi Pasar

Level : HOTS

3. Dalam sistem ekonomi dikenal sebutan free fight liberalism yang dapat memberikan dampak kepada masyarakat berupa …

  1. Mendorong masyarakat berusaha dan berinovasi
  2. Menjadikan masyarakat lebih modern didukung pendidikan yang baik
  3. Mewujudkan kemakmuran masyarakat
  4. Menghindari kemiskinan masyarakat
  5. Menimbulkan penindasan terhadap orang miskin oleh orang kaya

Kunci : A

Pembahasan :

Free Fight Liberalism adalah nilai kebebasan berusaha dan bersaing antar individu yang dijamin oleh sistem ekonomi pasar, yang dapat memicu adanya inovasi dan keunggulan produk di pasar.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Kegiatan dan Pelaku Kegiatan Ekonomi

Subtopik : Produksi

Level : MOTS

4. Diketahui bahwa fungsi produksi adalah Q = 500 + 20X + 0,50X2, Q adalah output dan X adalah input. Pada saat input X sebesar 200 unit, maka besarnya produksi marginal (marginal productivity) adalah …

  1. 210
  2. 220
  3. 230
  4. 240
  5. 250

Jawaban : B

Pembahasan :

Fungsi produksi atau Q sama dengan fungsi Total Productivity (TP), maka:

TP = 500 + 20X + 0,50X2

Lalu, Marginal Productivity (MP) merupakan turunan pertama dari Total Productivity (TP)

MP = TP’

MP = 20 + X

MP = 20 + 200

MP = 220

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Kegiatan dan Pelaku Kegiatan Ekonomi

Subtopik : Biaya Produksi

Level : MOTS

5. Diketahui fungsi penerimaan PT Makmur Sentosa adalah TR = 80Q dan fungsi biayanya adalah TC = 320 + 40Q. Jika Q adalah jumlah unit produksi yang dijual, berapakah barang yang harus diproduksi PT Makmur Sentosa untuk mencapai kondisi Break Even Point (BEP)?

  1. 8 unit
  2. 18 unit
  3. 80 unit
  4. 180 unit
  5. 800 unit

Jawaban : A

Pembahasan :

Kondisi Break Even Point (BEP) terjadi saat penerimaan = biaya, atau saat TR = TC, maka:

TR = TC

80Q = 320 + 40Q

80Q – 40Q = 320

40Q = 320

Q = 320/40

Q = 8 unit.

Jadi, PT Makmur Sentosa harus berproduksi pada Q = 8 unit untuk memperoleh kondisi Break Even Point (BEP), dimana perusahaan tersebut tidak untung dan tidak rugi atau disebut sebagai titik impas.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Kegiatan dan Pelaku Kegiatan Ekonomi

Subtopik : Produksi

Level Kognitif : HOTS

6. Pernyataan yang tepat jika terjadi kenaikan UMR adalah …

A. Kurva isocost akan berotasi ke dalam karena biaya produksi meningkat.
B. Biaya produksi meningkat sehingga kurva isocost akan bergeser ke kiri.
C. Kurva isoquant akan bergeser ke kanan karena adanya kenaikan gaji.
D. Gaji pegawai meningkat sehingga kurva isoquant berotasi ke dalam.
E. Kurva isocost akan berotasi ke luar karena terjadi production cost.

Kunci Jawaban : A

Pembahasan :

Kurva isocost merupakan kurva yang menggambarkan kombinasi dua macam faktor produksi dengan biaya yang sama. Adanya kenaikan UMR maka production cost akan meningkat karena gaji yang harus dibayarkan oleh perusahaan meningkat. Kurva isocost akan berotasi ke dalam seperti berikut.

Dalam kurva tersebut, kenaikan upah tenaga kerja menyebabkan jumlah tenaga kerja yang digunakan berkurang sehingga kurva isocsot berotasi ke dalam dari kurva Isocost 0 menjadi kurva Isocost 1.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

GEOGRAFI

Topik : Pengetahuan Dasar Geografi

Subtopik : Prinsip Geografi

Level : MOTS

1. Fenomena pandemik penyakit COVID-19 yang terjadi di seluruh dunia pada tahun 2020 hingga saat ini dapat dikaji dengan menggunakan prinsip ….

  1. deskripsi
  2. distribusi
  3. interelasi
  4. korologi
  1. 1, 2, dan 3 saja yang benar
  2. 1 dan 3 saja yang benar
  3. 2 dan 4 saja yang benar
  4. Hanya 4 yang benar
  5. Semua pilihan benar

Kunci : D

Pembahasan :

Penyakit COVID-19 telah ditetapkan menjadi pandemi pada tahun 2020. Informasi penyakit ini dapat dijelaskan melalui deskripsi yang jelas seperti masa inkubasi virus, gejala penyakit, cara penularan, dan lain-lain. Kajian terhadap penyakit ini juga memerlukan pola persebarannya di dunia, seperti episentrum COVID-19 yang banyak terdapat di kota-kota besar yang secara cepat menyebar ke berbagai daerah. Hal ini tentu menimbulkan dampak dari peristiwa ini. Berdasarkan pemaparan di atas, maka fenomena pandemi COVID-19 ini harus dikaji dengan prinsip korologi yang bersifat holistik karena memadukan prinsip deskripsi, distribusi, dan interelasi.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Pengetahuan Dasar Geografi

Subtopik : Konsep Geografi

Level : MOTS

2. Peristiwa komutasi di kawasan metropolitan seperti Jabodetabek dapat dikaji dengan konsep ….

  1. pola
  2. jarak
  3. aksesibilitas
  4. diferensiasi area
  1. 1, 2, dan 3 benar
  2. 1 dan 3 benar
  3. 2 dan 4 benar
  4. Hanya 4 yang benar
  5. Semuanya benar

Kunci : A

Pembahasan :

Komutasi adalah perpindahan penduduk yang bersifat nonpermanen dan sementara karena berlangsung pada hari yang sama (<24 jam). Di Jabobedatabek, banyak masyarakat yang di luar Jakarta yang bergantung nasib di Jakarta, sehingga akan melakukan aktivitas komutasi. Peristiwa komutasi ini memiliki pola berulang setiap harinya, di waktu pagi dan sore hari akan pergi dan pulang sesuai dengan jarak dari masing-masing komuter. Para pelaku komutasi (komuter) ini dapat menjangkau Ibukota lewat tersedianya fasilitas seperti KRL.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Pengetahuan Dasar Geografi

Subtopik : Ruang Lingkup dan Paham Geografi

Level : MOTS

3. Saat ini, banyak negara-negara di dunia yang berlomba-lomba untuk membuat teknologi terbarukan. Salah satunya membuat lahan pertanian di kawasan gurun yang kering kerontang, seperti yang dilakukan oleh Negeri Tirai Bambu. Fenomena ini merupakan inti dari pengembangan paham ….

  1. posibilisme
  2. ekologi
  3. determinisme
  4. keruangan
  5. kompleks wilayah

Kunci : A

Pembahasan :

Terdapat dua paham yang berkembang dalam ilmu geografi, yaitu paham posibilis dan paham determinis. Paham posibilis menyatakan bahwa manusia dapat mempengaruhi alam. Sementara paham determinis menyatakan bahwa alam dapat mempengaruhi kehidupan manusia. Kemampuan Tiongkok untuk mengubah kawasan gurun pasir (alam) menjadi sebuah lahan pertanian merupakan kemampuan manusia untuk mempengaruhi alam dan sesuai dengan pengembangan paham posibilisme.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Pengetahuan Dasar Pemetaan

Subtopik : Dasar-Dasar Pemetaan

Level : MOTS

4. Kontur-kontur dalam peta topografi memiliki beberapa karakteristik, seperti:

  1. setiap titik pada satu garis kontur mempunyai ketinggian yang sama;
  2. garis-garis kontur tidak mungkin berpotongan satu dengan yang lainnya;
  3. makin rapat jarak antargaris kontur, maka makin landai lerengnya; dan
  4. makin renggang jarak antargaris kontur, maka makin terjal lerengnya.

Pernyataan yang sesuai dengan karakteristik garis kontur pada peta topografi ditunjukkan oleh nomor ….

  1. (1) dan (2)
  2. (1) dan (3)
  3. (1) dan (4)
  4. (2) dan (4)
  5. (3) dan (4)

Jawaban : A

Pembahasan :

Garis kontur adalah garis pada peta yang menghubungkan tempat-tempat dengan ketinggian yang sama, berikut karakteristik dari garis kontur:

  1. Setiap titik pada satu garis kontur mempunyai ketinggian yang sama;
  2. Garis-garis kontur tidak mungkin berpotongan satu dengan lainnya;
  3. Makin rapat jarak antargaris kontur, maka makin terjal lerengnya; dan
  4. Makin renggang jarak antargaris kontur, maka  makin landai lerengnya.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Kegiatan dan Pelaku Kegiatan Ekonomi

Subtopik : Biaya Produksi

Level : MOTS

5. Alvin mendapatkan peta penggunaan lahan Kota Samarinda pada tahun 2021. Peta ini memiliki skala sebesar 1:25.000 sehingga informasinya cukup betail. Berdasarkan informasi yang ditampilkan dan skalanya, peta tersebut termasuk dalam jenis peta ….

  1. umum dan kadaster
  2. tematik dan skala kecil
  3. umum dan skala besar
  4. tematik dan skala besar
  5. umum dan skala menengah

Jawaban : D

Pembahasan :

Peta tematik adalah peta yang menggambarkan suatu tema tertentu saja, misalnya peta penggunaan lahan. Skala yang digunakan pun memiliki skala besar yakni 1:25.000, artinya informasi yang ditampilkan detail. Sementara itu, peta dunia memiliki skala kecil, sehingga informasi yang ditampilkan bersifat umum dan tidak mendetail.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Pengetahuan Dasar Geografi

Subtopik : Prinsip Geografi

Level Kognitif : HOTS

6. Prinsip geografi yang tepat digunakan dalam kajian upaya penanganan wabah penyakit cacar monyet adalah prinsip korologi karena ….

A. tidak dapat ditemukan di semua tempat di bumi
B. berhubungan erat dengan interaksi antarmanusia
C. peristiwanya terjadi secara berulang dalam waktu dekat
D. memiliki hubungan sebab akibat dengan wilayah sekitar
E. bersifat kompleks dan membutuhkan banyak pertimbangan

Kunci Jawaban : E

Pembahasan :

Cacar monyet (monkeypox) merupakan penyakit menular yang awalnya berasal dari hewan dan kemudian menular ke manusia. Penyakit ini dapat menular dengan cepat jika ada kontak langsung dengan orang yang terjangkit/memiliki gejala penyakitnya. Oleh sebab itu, penyakit ini memerlukan penanganan yang tepat agar tidak merebak lebih cepat dan lebih luas lagi.

Prinsip geografi yang tepat digunakan dalam kajian upaya penanganan penyakit cacar monyet adalah prinsip korologi yang merupakan perpaduan dari prinsip deskripsi, distribusi, dan interelasi. Hal ini terjadi karena penanganan penyakit cacar monyet ini bersifat kompleks dan perlu mempertimbangkan berbagai hal (komprehensif) agar bisa efisien dan efektif, seperti:

● deskripsi klinis penyakit dan gejalanya yang berhubungan dengan prinsip deskripsi,
● distribusi wilayah yang rawan penyakit ini yang berkaitan dengan prinsip distribusi,
● analisis kondisi lingkungan yang dinilai mendukung penyebaran penyakit yang
berhubungan dengan prinsip interelasi,
● dan lain-lain.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

SOSIOLOGI

1. Berikut ini yang merupakan pengertian sosiologi adalah ….

  1. ilmu yang mempelajari interaksi sosial manusia
  2. ilmu yang mempelajari totalitas manusia dengan segenap aspeknya
  3. ilmu yang mempelajari norma kehidupan dalam masyarakat
  4. ilmu yang mempelajari struktur sosial, proses sosial dan masalah sosial
  5. ilmu yang mempelajari hubungan sosial dalam kekerabatan

Jawaban : E

Pembahasan :

Sosiologi adalah ilmu yang membahas tentang berbagai aspek dalam masyarakat serta pengaruhnya bagi kehidupan manusia.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

2. Manusia sebagai makhluk individu tetap harus bersosialisasi, hal ini dikarenakan….

  1. manusia membutuhkan waktu dalam bersosialisasi
  2. manusia membentuk kepribadian melalui proses sosialisasi
  3. manusia harus melakukan aktivitas sehari-hari
  4. manusia berinteraksi hanya dipengaruhi oleh sosialisasi
  5. manusia makhluk yang dapat berdiri sendiri

Jawaban : B

Pembahasan :

Sosialisasi adalah usaha memasukkan nilai-nilai kebudayaan terhadap individu sehingga individu tersebut menjadi bagian masyarakat. Proses sosialisasi merupakan pendidikan sepanjang hayat melalui pemahaman dan penerimaan individu atas peranannya di dalam suatu kelompok.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

3. Adit adalah pribadi yang dibesarkan dalam keluarga yang demokratis, ia bebas mengemukakan pendapatnya tapi harus tetap bertanggung jawab. Dia juga diajarkan oleh orang tuanya untuk menghormati dan menghargai pendapat orang lain yang berbeda dengan dirinya, sehingga Adit tumbuh menjadi anak yang suka bergaul, ramah, dan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan. Dalam pernyataan tersebut, Adit dikatakan sebagai ….

  1. Makhluk publik
  2. Makhluk unik
  3. Makhluk otonom
  4. Makhluk individu
  5. Makhluk sosial

Jawaban : E

Pembahasan :

Manusia sebagai makhluk sosial adalah makhluk yang berhubungan secara timbal-balik dengan manusia lain.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

4. Menurut teori hukum tiga tahap Auguste Comte, tahap dimana manusia berusaha menemukan hukum-hukum kesamaan dan urutan yang terdapat pada fakta-fakta yang disajikan kepadanya, yaitu dengan “pengamatan dan memakai akalnya” merupakan tahap ….

  1. Teologis
  2. Metafisik
  3. Metodologis
  4. Positivistik
  5. Rasionalis

Jawaban : D

Pembahasan : 

  1. Tahap teologis : Tahap ini meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi di Dunia ini dikendalikan oleh kekuatan supranatural yang dimiliki oleh para dewa, roh, atau Tuhan. Jadi pada tahap ini pemikiran manusia cenderung irasional.
  2. Tahap metafisik : Pada tahap ini manusia kemudian mengalami pergeseran cara berpikir. Muncul konsep-konsep abstrak atau kekuatan abstrak selain Tuhan seperti “alam”.
  3. Tahap positivisme : Pada tahap ini suatu pemikiran yang menganggap bahwa semua gejala alam dan segala isinya hanya dapat diterangkan dan dipahami melalui kenyataan-kenyataan obyektif atau positif. Dapat dibuktikan secara empiris, sosial dan fisik dalam upayanya menemukan hukum yang mengaturnya.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

5. Sosiologi adalah ilmu yang masih muda dan pengembangan ilmu pengetahuan ini bersifat ….

  1. Campuran
  2. Terapan
  3. Applied science
  4. Murni
  5. Science

Jawaban : B

Pembahasan :

Sebagai ilmu terapan, sosiologi dapat membantu manusia memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat. Masih sama tentang kemiskinan, apabila kajiannya ditujukan untuk menemukan langkah-langkah praktis guna mengatasi kemiskinan, disinilah sosiologi disebut sebagai ilmu terapan.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Fungsi Sosiologi untuk Mengenali Gejala Sosial di Masyarakat I

Subtopik : Objek Studi Sosiologi

Level Kognitif : MOTS

6. Perhatikan uraian berikut!

Kemajuan teknologi telah membuat kegiatan tindak langgar (tilang) dapat dilakukan secara elektronik atau tidak langsung. Kegiatan tersebut dilakukan dengan menggunakan kamera pengawas yang tersebar di berbagai jalan. Meski metode yang digunakan berbeda, tujuan dari tilang tetap sama, yaitu meningkatkan rasa disiplin para pengendara saat berkendara di jalan raya.

Di bawah ini pernyataan yang berhubungan dengan studi sosiologi statika sosial milik Auguste Comte dan sesuai dengan uraian di atas adalah …

A. Berkurangnya tindakan tidak tertib dalam pengendara akibat adanya dua metode tilang yang berbeda.
B. Adanya aturan atau tuntutan kepada pengendara untuk selalu tertib dalam berkendara di jalan raya.
C. E-tilang digunakan untuk meminimalisir kejahatan pemerasan yang dilakukan oknum kepolisian.
D. Meningkatkan tindakan pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara akibat adanya e-tilang.
E. Munculnya kemajuan teknologi yang mengakibatkan modernisasi di bidang kepolisian.

Kunci Jawaban : B

Pembahasan :

Statika sosial adalah objek studi sosiologi milik Auguste Comte yang menjelaskan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan berbagai hal yang bisa menjaga kestabilan masyarakat, seperti nilai, norma, lembaga, atau sistem hukum. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pernyataan yang sesuai adalah pernyataan pada opsi B. Hal ini disebabkan hanya opsi B lah yang menjelaskan mengenai aturan yang bertujuan dan berhubungan dengan kestabilan masyarakat. Meskipun di soal dikatakan bahwa saat ini terdapat dua metode tilang yang digunakan oleh kepolisian, namun tujuan dari dua metode tilang tersebut tetap sama, yaitu membuat pengendara selalu tertib dalam berkendara di jalan raya.

Opsi A dan D tidak tepat karena di dalam soal tidak ada keterangan mengenai berkurangnya atau meningkatnya tindakan tidak tertib yang dilakukan oleh para pengendara. Selain itu, statika sosial tidak berhubungan dengan dampak yang dihasilkan dari sebuah peraturan atau sistem sosial. Dia hanya membahas mengenai aturan dan sistem sosial itu sendiri.

Opsi C tidak tepat karena hal ini berhubungan dengan salah satu tujuan dari e-tilang. Statika sosial berhubungan dengan aturan tentang kestabilan. Peraturan atau sistem sosial yang berhubungan dengan metode tilang adalah tuntutan untuk selalu tertib berkendara di jalan raya.

Opsi E tidak tepat karena hal ini berhubungan dengan objek studi sosiologi dinamika sosial Auguste Comte.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

SEJARAH

Topik : Cara Berpikir Sejarah

Subtopik : Cara Berpikir Diakronik dalam Mempelajari Sejarah

Level : MOTS

1. Perhatikan pernyataan di bawah ini!

1) Kesultanan Cirebon

2) Kesultanan Banten

3) Kesultanan Gowa-Tallo

4) Kesultanan Samudera Pasai

5) Kesultanan Aceh

Berdasarkan pernyataan di atas, susunan Kerajaan masa Islam di Nusantara sesuai dengan cara berpikir diakronik ditunjukkan oleh nomor…

  1. 3-1-4-5-2
  2. 3-2-5-1-4
  3. 4-2-1-3-5
  4. 4-3-5-1-2
  5.  4-5-3-2-1

Kunci : D

Pembahasan :

Berdasarkan pernyataan di atas, susunan Kerajaan masa Islam yang sesuai dengan cara berpikir diakronik, antara lain :

  1. Kesultanan Samudera Pasai berdiri tahun 1267-1521
  2. Kesultanan Gowa-Tallo berdiri tahun 1300-1960
  3. Kesultanan Cirebon berdiri tahun 1430-1677
  4. Kesultanan Aceh berdiri tahun 1496-1903
  5. Kesultanan Banten berdiri tahun 1526-sekarang

Jadi, jawaban yang benar D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Cara Berpikir Sejarah

Subtopik : Cara Berpikir Sinkronik dalam Mempelajari Sejarah

Level : MOTS

2. Sebuah teks membahas mengenai peristiwa reformasi di tahun 1998. Teks tersebut mengkaji penyebab, kondisi saat terjadi peristiwa, dan dampak peristiwa terhadap berbagai bidang di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa teks tersebut menggunakan cara berpikir ….

  1. Diakronik
  2. Sinkronik
  3. Kritik
  4. Objektif
  5. Subjektif

Kunci : B

Pembahasan :

Teks tersebut menggunakan cara berpikir sinkronik, karena membahas peristiwa reformasi dari segala jenis bidang dan tidak hanya melihat kronologi peristiwa terjadi.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Manusia dan Sejarah

Subtopik : Konsep Ruang dan Waktu

Level : MOTS

3. Perhatikan pernyataan di bawah ini!

  1. Sejarah daerah
  2. Sejarah lokal
  3. Sejarah dunia
  4. Sejarah nasional

Dari penyataan di atas yang merupakan pengkategorikan peristiwa-peristiwa sejarah berdasarkan tempat adalah ….

  1. 1, 2, dan 3
  2. 1 dan 3
  3. 2 dan 4
  4. 4 saja
  5. Semua benar

Kunci : E

Pembahasan :

Adanya konsep ruang ini, para penulis sejarah kemudian mengkategorikan peristiwa-peristiwa sejarah berdasarkan tempat, misalnya sejarah daerah, sejarah lokal, sejarah dunia, sejarah nasional, dan masih banyak lagi.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Ruang Lingkup Ilmu Sejarah

Subtopik : Sejarah Sebagai Peristiwa, Ilmu, Kisah dan Seni

Level : HOTS

4. Perhatikan pernyataan di bawah ini!

  1. Sejarah daerah
  2. Sejarah lokal
  3. Sejarah dunia
  4. Sejarah nasional

Dari penyataan di atas yang merupakan pengkategorikan peristiwa-peristiwa sejarah berdasarkan tempat adalah ….

  1. 1, 2, dan 3
  2. 1 dan 3
  3. 2 dan 4
  4. 4 saja
  5. Semua benar

Kunci : C

Pembahasan :

Sejarah sebagai seni berkaitan erat dengan berbagai cara penyampaian kisah sejarah dalam bentuk tulisan. Sejarah membutuhkan imajinasi dan juga di dalamnya melibatkan emosi dengan gaya bahasa yang khas sehingga kisah sejarah yang disampaikan menjadi jauh lebih menarik dan tidak terkesan kaku. Paragraf tersebut merupakan contoh dari sejarah sebagai seni.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Sumber Sejarah

Subtopik : Sejarah Lisan

Level : MOTS

5. Dito sedang melakukan penelitian sejarah peristiwa perang revolusi fisik di daerahnya. Namun karena keterbatasan sumber tertulis, akhirnya Dito melakukan wawancara kepada para pelaku sejarah dari peristiwa tersebut. Apakah wawancara Dito ini dapat menjadi sumber penelitiannya?

  1. Tidak, karena sumber lisan bukan sumber primer
  2. Tidak, karena sumber lisan keakuratannya rendah
  3. Tidak, karena sumber tertulis tetap sumber utama dari sebuah penelitian
  4. Iya, karena sumber lisan dapat mengisi kekosongan informasi pada sumber tertulis
  5. Iya, karena sumber lisan tetap selalu ada di masyarakat

Kunci : D

Pembahasan :

Seiring berkembangnya waktu, sumber sejarah lisan sudah banyak diterima dan digunakan oleh para sejarawan. Hal ini disebabkan karena sumber lisan dapat mengisi kekosongan informasi pada sumber tertulis.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Topik : Cara Berpikir Sejarah

Subtopik : Cara Berpikir Sinkronik dalam Mempelajari Sejarah

Level Kognitif : LOTS

6. Mengkaji peristiwa sejarah dengan memahami sebab-sebab terjadinya sebuah peristiwa secara menyeluruh dan mendalam merupakan penerapan dari cara berpikir ….

A. kronologis
B. diakronis
C. analisis
D. ahistoris
E. sinkronis

Kunci Jawaban : E

Pembahasan :

Sinkronis merupakan cara berpikir dalam sejarah yang menekankan pada keluasan aspek ruang. Artinya, cara berpikir sinkronis mengharuskan peristiwa sejarah ditulis dengan melakukan analisis mendalam dan menyeluruh. Cara berpikir sinkronis memungkinkan kita menulis peristiwa sejarah yang dikaji dari segala sudut pandang keilmuan. Contohnya adalah karya sejarah Pemberontakan Petani Banten 1888 yang berusaha mengungkap latar belakang terjadinya pemberontakan dari berbagai aspek keilmuan secara mendalam.

Dengan demikian, mengkaji peristiwa sejarah secara mendalam dan menyeluruh merupakan penerapan dari cara berpikir sinkronis.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA

Itu dia soal dan pembahasan PTS kelas 10 IPS tahun tahun 2023. Kalau belum ngerti sama pembahasan di atas, kamu bisa langganan Brain Academy Online. Gurunya super sabar dan asyik banget. Lagi ada diskon PTS juga hingga 46%, loh! Buruan jangan sampai ketinggalan ya.

Promo diskon PTS Brain Academy Online

 

Salsabila Nanda