Iklan: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Fungsi, dan Contohnya

Pengertian dan Contoh Iklan

Kamu sering gak sih liat iklan di internet, televisi, atau majalah? Tapi, pengertian iklan tuh apa? Artikel ini akan membahas tentang pengertian, tujuan, ciri, jenis, fungsi, kaidah kebahasaan, serta contoh dari iklan. Yuk disimak!

Kalo kamu lagi scrolling sosial media, pernah gak muncul postingan yang isinya mempromosikan suatu produk tertentu? Produknya bisa berupa barang atau jasa. Nah, postingan tersebut termasuk dalam kategori iklan.  

Mungkin kamu sering dengar ya tentang iklan. Tapi, apa sih pengertian dari iklan?

 

Pengertian Iklan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, iklan punya dua pengertian nih. Pertama, iklan merupakan berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Kedua, iklan adalah pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

Kalau dilihat dari pengertian iklan, yaitu pesan untuk menawarkan sebuah produk tertentu, tentunya iklan memiliki tujuan untuk dibuat. Apa ya tujuan dari dibuatnya iklan?

 

Tujuan Iklan

Pembuatan iklan memiliki beberapa tujuan, di antaranya: 

1. Memasarkan sebuah produk atau jasa.

2. Memberikan informasi terkait produk yang akan dijual.

3. Membujuk konsumen.

4. Mengingatkan konsumen.

5. Menghasilkan penjualan langsung.

6. Membangun citra perusahaan.

Dapat terlihat yaa dari keenam tujuan iklan ini, bahwa selain memperkenalkan produk yang dimiliki oleh perusahaan, iklan juga dimaksudkan agar khalayak membeli atau menyewa produk yang diiklankan. 

Supaya kamu semakin memahami iklan, kamu juga perlu mengetahui ciri-ciri dari iklan. Apa saja ciri-ciri iklan?

 

Ciri-Ciri Iklan

Ciri-ciri iklan antara lain:

1. Menggunakan kata-kata singkat

Kata-kata singkat dalam iklan bertujuan agar pesan dapat disampaikan secara efektif.

2. Pemilihan kata bersifat sugestif

Pemilihan kata atau diksi yang bersifat sugestif berkaitan erat dengan mempengaruhi para konsumen agar tertarik dengan produk yang ditawarkan.

3. Bersifat informatif

Penyampaian informasi secara padat, jelas, dan tidak menyinggung pihak lain.

4. Tertarget

Memiliki target pasar (segmentasi) yang jelas agar distribusi produk lebih efektif.

Setelah mengetahui ciri-ciri dari iklan, terdapat pula jenis iklan untuk mengetahui perbedaan antar satu jenis iklan dengan jenis iklan lainnya.

 

Jenis Iklan

Secara garis besar, iklan mempunyai dua jenis, yaitu iklan komersial dan  iklan nonkomersial

1. Iklan Komersial

Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah barang atau jasa. Biasanya, dalam iklan komersial terdapat beberapa poin yang memuat informasi terkait barang atau jasa yang sedang diiklankan, misalnya seperti:
a. Produk yang hendak dikenalkan,
b. penjelasan tentang produk,
c. keunggulan produk,
d. cara mendapatkan produk,
e. terkadang terdapat harga dan testimoni dari konsumen yang sudah pernah menggunakan produk tersebut.

 

2. Iklan Nonkomersial

Sementara, iklan nonkomersial bertujuan untuk memberitahukan sesuatu atau mengajak masyarakat melakukan sebuah tindakan. Beberapa jenis iklan nonkomersial antara lain:

a. Iklan pengumuman atau pemberitahuan

Tujuan dari iklan pengumuman atau pemberitahuan adalah menyampaikan informasi pada masyarakat tentang sesuatu hal. Misalnya, iklan tentang kompetisi tingkat nasional yang dapat diikuti oleh siswa SMP hingga SMA, atau menginformasikan tentang diluncurkannya moda transportasi baru di sebuah kota. 

b. Iklan layanan masyarakat

Iklan layanan masyarakat bertujuan untuk mengajak dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu sosial yang sedang terjadi. Misalnya, iklan tentang imbauan kepada masyarakat agar lebih baik menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi untuk menekan polusi udara.  

c. Iklan permintaan

Umumnya, iklan permintaan dibuat atas permintaan pribadi, instansi, atau lembaga tertentu yang ingin informasinya diketahui oleh khalayak, seperti iklan lowongan kerja.

Baca Juga: 10 Contoh Surat Lamaran Pekerjaan beserta Strukturnya

 

Fungsi Iklan

Setelah kamu mengetahui pengertian, tujuan, ciri-ciri, serta jenis iklan, kamu juga perlu tahu nih beberapa fungsi iklan. Melansir Merdeka.com, fungsi iklan antara lain:

  1. 1. Menginformasikan suatu produk atau jasa kepada khalayak
  2. 2. Memotivasi konsumen terhadap suatu barang atau jasa
  3. 3. Menarik perhatian konsumen terhadap suatu barang atau jasa
  4. 4. Mendukung komunitas bisnis yang ada
  5. 5. Membangun dan memelihara hubungan baik antara konsumen dengan perusahaan penyedia produk dan jasa.

 

Kaidah Kebahasaan Iklan

Oke, sekarang kita akan bahas kaidah kebahasaan dari iklan, ya. Iklan memiliki beberapa kaidah kebahasaan, antara lain: 

1. Persuasif

Persuasif maksudnya adalah, kata-kata yang terdapat dalam teks iklan harus mampu mengajak para konsumen agar yakin dan percaya terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. 

2. Imperatif

Iklan biasanya menggunakan kalimat imperatif. Imperatif adalah bersifat memerintah atau memberi komando. Dalam hal ini, maksudnya seperti kalimat permintaan, ajakan, dorongan atau larangan. Biasanya ditandai dengan kata-kata seperti ikutilah, hadirilah, wujudkan, nyatakan, nikmati, sebaiknya, marilah, ayo dan janganlah.

3. Berima

Biasanya kata-kata yang terdapat dalam sebuah iklan memiliki rima atau pengulangan nada yang sama, agar iklan tersebut menarik dan berkesan bagi konsumen. 

4. Berkesan Positif

Iklan yang baik akan mempromosikan produknya sebagai barang atau jasa terbaik. Tapi, dalam iklan sebaiknya tidak menggunakan kata-kata yang menghina atau menjelek-jelekkan produk atau jasa lain. 

5. Ringkas

Iklan yang menarik adalah iklan yang tidak bertele-tele, tetapi langsung menyampaikan maksud dan tujuannya. Iklan yang ringkas juga berfungsi untuk memberikan kesan yang kuat kepada konsumen, sehingga iklan tersebut bisa lebih mudah diingat.

6. Fakta

Iklan harus mengandung fakta. Misalnya seperti alamat perusahaan yang benar-benar ada, atau produk yang benar-benar ada. Biasanya, fakta ini berupa pernyataan yang bisa dibuktikan kebenarannya dan bukan berupa opini atau pendapat seseorang.

Sip. Sekarang, kita liat contoh-contoh iklan, yuk!

Baca Juga: Novel: Ciri, Struktur, Unsur, Jenis, Contoh & Kebahasaannya 

 

Contoh Iklan

Coba kamu perhatikan contoh iklan dari gambar di bawah ini!

 

1. Iklan Bimbingan Belajar Seleksi Kedinasan

Bimbingan Belajar Seleksi Kedinasan

 

2. Iklan Bimbingan Belajar Calon Aparatur Sipil Negara

Bimbel CASN

 

3. Iklan Minuman Segar

Iklan Minuman Segar


Kalau diperhatikan, tiga iklan barusan merupakan
contoh iklan komersial ya,Brainies. Nah, kalau contoh iklan nonkomersial seperti ini nih. 

 

4. Iklan Pengumuman atau Pemberitahuan

Iklan Pemberitahuan/Pengumuman

 

5. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat

Wah, mantap! Sekarang kamu udah tau tentang iklan nih, yaaa. Mulai dari pengertian, tujuan, ciri-ciri, jenis, fungsi, kaidah kebahasaan, sampai contoh-contoh iklan. 

Semoga abis ini kamu makin jago dalam memahami pelajaran. Nah tapi, kalo misalnya kamu mau belajar lebih dalam lagi tentang Iklan atau materi lainnya, boleh banget lho gabung di Brain Academy. Di sana kamu bakalan ketemu Master Teacher yang kece-kece dan kawan-kawan yang seru!

Brain Academy Center

Referensi:

5 Fungsi Iklan Secara Umum [daring]. Tautan: https://www.merdeka.com/trending/5-fungsi-iklan-secara-umum-ketahui-ciri-ciri-beserta-syarat-membuatnya-kln.html
(Diakses: 1 September 2023)

8 Tujuan Iklan, Ciri-Ciri, dan Pengertiannya Menurut Para Ahli. [daring]. Tautan: https://www.gramedia.com/literasi/tujuan-iklan-dan-ciri-cirinya/
(Diakses: 31 Agustus 2023)

Gusfitri, Maya Lestari.  (2021) Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 

Iklan: Pengertian, Struktur, Ciri, Jenis & Contohnya [daring]. Tautan: https://www.ruangguru.com/blog/pengertian-teks-iklan-dan-contohnya 
(Diakses: 31 Agustus 2023)

Kamus Besar Bahasa Indonesia [daring]. Tautan: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/iklan
(Diakses: 31 Agustus 2023)

Pengertian, Unsur, & Kaidah Kebahasaan Teks Iklan [daring]. Tautan: https://www.ruangguru.com/blog/pengertian-unsur-dan-kaidah-kebahasaan-teks-iklan  (Diakses: 31 Agustus 2023)

Pengertian Iklan: Tujuan, Sasaran, Jenis, dan Pemilihan Media [daring]. Tautan: https://www.hestanto.web.id/pengertian-iklan/#Tujuan_Iklan
(Diakses: 31 Agustus 2023)

Sumber Gambar:

pikisuperstar. Drink and Nature Watermelon Juice [daring]. Tautan: https://www.freepik.com/free-vector/drink-ad-nature-watermelon-juice_7009951.htm#query=advertising%20product&position=0&from_view=search&track=ais (Diakses: 1 September 2023)

Unicef Indonesia. Iklan Layanan Masyarakat tentang Iklim [daring]. Tautan: https://www.instagram.com/p/Cv1C7ooJxy8/?igshid=YTUzYTFiZDMwYg== (Diakses: 1 September 2023)

Laras Sekar Seruni