Memahami Apa itu Geografi Menurut Para Ahli Beserta Cabang Ilmunya

Pojok Sekolah - Apa itu Geografi

Di artikel ini, kita akan membahas pengertian ilmu geografi, objek kajian ilmu geografi, dan cabang-cabang ilmunya.

---

Mengapa bintang bersinar?

Mengapa air mengalir?

Mengapa dunia berputar?

Lihat segalanya lebih dekat

Dan kau akan mengerti~

 

Di atas adalah penggalan lirik lagu Lihatlah Lebih Dekat dari Sherina. Kalau kamu perhatikan, lirik tersebut mengandung makna bahwa segala hal yang terjadi di alam semesta bisa kita ketahui jawabannya jika mau belajar sungguh-sungguh, salah satunya lewat Ilmu Geografi. Apakah kamu sudah mempelajarinya di sekolah? Yuk, pahami lebih lanjut di artikel ini!

 

Pengertian Ilmu Geografi

Eratosthenes adalah tokoh yang pertama kali memperkenalkan kata 'Geografi' dalam bukunya yang berjudul Geographika. Secara etimologi, nama geografi diambil dari dua kata bahasa Yunani, yaitu geo yang berarti bumi, dan graphein yang artinya tulisan. 

Sedangkan geografi menurut harfiah adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi, penduduk, flora, fauna, udara, iklim, dan segala hal yang berinteraksi dengannya. Meskipun disebut sebagai 'ilmu bumi' atau 'tulisan tentang bumi', geografi tidak hanya mengkaji hal-hal yang berada di permukaan bumi, tetapi juga di luar angkasa.

 

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui definisi geografi secara etimologis dan harfiah, berikut definisi Ilmu Geografi menurut para tokoh di dunia. Jangan lupa dihafal dan dipahami ya, siapa tau muncul di soal ujian, hihihi.

 

1. Bintarto

Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mencitrakan, menerangkan sifat sifat bumi, menganalisis gejala-gejala alam, dan penduduk, serta mempelajari corak yang khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur unsur bumi dalam ruang dan waktu. 

 

2. Daldjoeni

Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mengajarkan kepada manusia mengenai beberapa cangkupan yang terdiri atas tiga hal pokok, yaitu cangkupan spasial (ruang), cangkupan ekologi (kondisi), dan cangkupan region (wilayah).

 

3. Vernor E. Finch dan Glen Trewartha

Geografi adalah deskripsi dan penjelasan yang menganalisis permukaan bumi dan pandangannya tentang hal yang selalu berubah dan dinamis, tidak statis dan tetap. 

 

4. Hartshorne

Geografi adalah ilmu yang berkepentingan untuk memberikan deskripsi yang teliti, beraturan, dan rasional tentang sifat variabel permukaan bumi. 

 

5. Eratosthenes

Geografi adalah penulisan tentang bumi.

Pojok Sekolah - Geografi Menurut Para Ahli

 

6. Immanuel Kant

Geografi merupakan ilmu dan objek studinya adalah benda-benda, hal-hal, atau gejala-gejala yang tersebar pada wilayah di permukaan bumi.

 

7. Ikatan Geografi Indonesia (IGI)

Geografi sebagai ilmu tentang persamaan dan perbedaan gejala geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan.

 

8. Karl Ritther

Geografi adalah suatu telaah mengenai bumi sebagai tempat hidup manusia. Dalam kajiannya, studi geografi mencakup semua fenomena yang terdapat di permukaan bumi, baik alam organik maupun alam anorganik yang terkait dengan kehidupan manusia, termasuk aktivitas manusia juga turut dibahas.

 

9. Alexander

Geografi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam pada aktivitas manusia. 

 

10. Paul Vidal de La Blace

Geografi adalah studi tentang kualitas negara-negara, di mana penentuan suatu kehidupan tergantung bagaimana manusia mengelola alam ini.

 

Objek Kajian Ilmu Geografi

Objek kajian adalah hal-hal yang menjadi fokus penelitian ilmu pengetahuan. Geografi mempunyai dua objek kajian, yaitu Objek Material dan Objek Formal.

 

1. Objek Material

Objek material geografi adalah geosfer (lapisan bumi) yang terdiri atas litosfer, hidrosfer, atmosfer, biosfer, dan antroposfer. Dengan kata lain, objek material geografi meliputi semua gejala-gejala yang ada di luar dan permukaan bumi.

  • Litosfer (lapisan keras). Litosfer merupakan lapisan luar dari bumi kita. Lapisan ini disebut kerak bumi dalam ilmu geologi.

  • Atmosfer (lapisan udara), terutama adalah lapisan atmosfer bawah yang dikenal sebagai troposfer.

  • Hidrosfer (lapisan air), baik yang berupa lautan, danau, sungai dan air tanah.

  • Biosfer (lapisan tempat hidup), yang terdiri atas hewan, tumbuhan, dan manusia sebagai suatu komunitas bukan sebagai individu.

  • Pedosfer (lapisan tanah), merupakan lapisan batuan yang telah mengalami pelapukan, baik pelapukan fisik, organik, maupun kimia.

Baca juga: Asal Mula, Klasifikasi, Arah Gerak, dan Bentuk Awan

 

2. Objek Formal

Objek formal geografi adalah cara berpikir manusia terhadap fenomena alam dan sosial yang muncul di sekitar. Di dalamnya terdapat unsur pertanyaan 5W + 1 H untuk menguraikan sebab akibat terjadinya suatu fenomena.

  • What?

    Apa yang terjadi?

  • Who?

    Siapa yang terlibat, bertanggung jawab, atau menjadi korban dalam peristiwa tersebut?

  • When?

    Kapan terjadinya?

  • Where?

    Dimana peristiwa itu terjadi?

  • Why?

    Mengapa peristiwa itu terjadi?

  • How?

    Bagaimana pencegahan atau penyelesaian peristiwa tersebut?

 

Cabang Ilmu Geografi

Berdasarkan bidang kajian, geografi terbagi menjadi 3 cabang ilmu sebagai berikut:

 

1. Geografi Fisik

Geografi fisik adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari bentang lahan (landscape). Fokus utama dalam geografi fisik adalah zona darat dan lautan yang di dalamnya dihuni oleh makhluk hidup. Geografi fisik terdiri dari:

  • Meteorologi dan Klimatologi, merupakan ilmu yang mempelajari gejala cuaca di atmosfer.

  • Oceanografi, adalah ilmu pengetahuan dan studi eksplorasi mengenai lautan dan aspek di dalamnya, meliputi sedimen batuan, interaksi antara laut dengan atmosfer, pergerakan air laut, serta tenaga yang menyebabkan terjadinya gerakan tersebut.

  • Hidrologi, adalah ilmu yang mempelajari gerakan dan distribusi air di bumi.

  • Hidrografi, adalah ilmu yang berhubungan dengan penelitian dan pemetaan air di permukaan bumi.

  • Geologi, adalah ilmu yang menjelaskan bagaimana bumi terbentuk dan berubah dari waktu ke waktu.

  • Geomorfologi, adalah ilmu yang mempelajari bentuk permukaan lahan dan sejarahnya.

  • Ilmu Tanah, adalah ilmu yang mempelajari ihwal atau sifat-sifat tanah.

  • Biogeografi, adalah ilmu yang mempelajari penyebaran organisme dalam ruang dan waktu, serta faktor yang mempengaruhi, membatasi, atau menentukan pola penyebaran jarak.

Pojok Sekolah - Cabang Ilmu Geografi

 

2. Geografi Manusia

Geografi manusia adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari manusia dalam ruang, meliputi jumlah penduduk, penyebaran penduduk, dinamika penduduk, aktivitas ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Geografi manusia terdiri dari:

  • Geografi Ekonomi, membahas bagaimana manusia menggunakan sumber daya alam, menghasilkan barang, pola lokasi, persebaran kegiatan industri, serta seluk beluk komunikasi.

  • Geografi Politik, membahas unit-unit politik seperti wilayah, perbatasan, dan ibukota berdasarkan kekuatan nasional dan politik internasional.

  • Demografi, membahas persoalan dan keadaan perubahan-perubahan penduduk.

  • Geografi Penduduk, membahas variasi-variasi kualitas ruang dalam demografi dan non demografi. 

Baca juga: Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli dan Permasalahannya


 

3. Geografi Teknik

Geografi teknik adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari cara-cara memvisualisasikan dan menganalisis data dalam bentuk peta, diagram, foto udara, dan citra hasil penginderaan jauh. Cabang geografi teknik meliputi:

  • Kartografi, adalah gabungan ilmu dan seni dalam membuat peta yang berisi ukuran dan data berbagai unsur permukaan bumi yang diperoleh dari hasil penelitian surveyor, geograf, kartograf, dan lain-lain.

  • Penginderaan Jauh, adalah cara untuk memperoleh informasi berupa objek, daerah, atau gejala dengan menggunakan alat tertentu.

  • Sistem Informasi Geografis (SIG), adalah sistem informasi berbasis komputer yang dapat menyimpan, mengelola, memproses, dan menganalisis data geografis dan non geografis. SIG juga menyediakan informasi dan grafis secara terpadu.

---

Sekian pembahasan singkat mengenai definisi ilmu geografi, cabang ilmu, dan objek kajian yang diteliti. Selanjutnya, mau bahas apalagi nih? Tulis di kolom komentar ya. Kalau mengalami kesulitan saat belajar, coba kelas gratis Brain Academy aja. Gurunya ramah, penjelasannya mudah, dan bikin betah. Aku tunggu!

Live Teaching Brain Academy Online

Referensi:

Waluya, Bagja. 2009. Memahami Geografi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. (diakses 1 Agustus 2022)

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!