Mengenal Manajemen: Pengertian, Tujuan, Unsur, dan Fungsinya

a1d65df5-b762-4a22-a4d9-b651792b2ca1

Melalui artikel ini, kamu akan mengenal lebih jauh tentang manajemen, mulai dari pengertian, tujuan, unsur, hingga fungsinya. Yuk, simak selengkapnya! 

Siapa di sini yang punya keinginan kuliah di jurusan manajemen? Sejak dahulu hingga saat ini, jurusan manajemen menjadi salah satu jurusan yang tidak pernah “out of style” alias selalu hits dan digemari oleh banyak orang dari waktu ke waktu. Salah satu alasannya adalah karena jurusan ini dianggap sebagai jurusan yang timeless dan dapat diterapkan pada banyak bidang kehidupan.

Tapi, sebenarnya manajemen itu apa sih? Apakah hanya sekedar “merencanakan” dan “mengelola” saja, atau lebih dari itu? Yuk, kita bahas lebih mendalam!

 

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Apa itu manajemen? Pertama-tama, kita mulai dari mempelajari definisi manajemen menurut para ahli. Beberapa di antaranya yakni sebagai berikut:

 

1. Hersey dan Blanchard

Menurut Hersey dan Blanchard, manajemen adalah proses bekerja sama antara individu dan kelompok beserta sumber daya lainnya, dalam mencapai tujuan organisasi. Proses ini dimaknai sebagai fungsi dan aktivitas yang dilaksanakan oleh pemimpin dan para anggotanya dalam bekerja sama agar tujuan organisasi dapat tercapai.

 

2. Kamars

Menurut Kamars, manajemen adalah usaha-usaha memanfaatkan berbagai sumber daya yang bersifat fisik maupun non fisik, untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau masalah dengan baik.

 

3. Terry

Menurut Terry, manajemen adalah kemampuan mengarahkan dan mencapai hasil yang diinginkan dengan menggunakan usaha-usaha manusia dan sumber daya lainnya.

 

4. Winardi

Menurut Winardi, manajemen adalah sebuah proses yang khas dan terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, serta pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lain.

 

5. Follet dan Danim

Menurut Follet dan Danim, manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain, dalam hal ini seorang manajer, yang bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

Baca juga: Jurusan Ilmu Ekonomi, Nggak Kalah Keren dari Manajemen dan Akuntansi!

 

Berdasarkan pengertian manajemen menurut para ahli di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa pengertian manajemen adalah suatu proses merencanakan, mengelola, mengatur, serta mengontrol berbagai sumber daya, termasuk manusia, keuangan, dan material, untuk mencapai tujuan organisasi.

Manajemen juga meliputi kegiatan koordinasi dan pengawasan untuk memastikan hal-hal yang telah dilakukan dapat terlaksana secara efektif dan efisien.

Secara umum, aktivitas manajemen tidak hanya sekedar merencanakan dan mengelola saja, namun juga melibatkan aktivitas lainnya seperti mengambil keputusan, menentukan tujuan, mengalokasi sumber daya, berkomunikasi dengan stakeholder, serta memonitor progress.

Karena lingkup kerjanya yang cukup umum namun luas, para manajer dapat bekerja di berbagai bidang dalam organisasi, seperti keuangan, pemasaran, operasional, hingga sumber daya manusia.

Tujuan Manajemen

Secara umum, tujuan dari manajemen meliputi beberapa poin penting berikut ini:

  • Untuk memaksimalkan efektivitas dan efisiensi.
  • Untuk meminimalisir cost atau biaya yang harus dikeluarkan.
  • Untuk memotivasi karyawan atau anggota organisasi secara positif.
  • Untuk menentukan dan mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.
  • Untuk memastikan kualitas yang dihasilkan selalu bagus dan sesuai harapan.
  • Untuk mengembangkan kemampuan karyawan atau anggota organisasi sesuai bidangnya.
  • Untuk memudahkan proses adaptasi terhadap terjadinya perubahan dalam berbagai bidang.

 

[IDN] CTA Blog Kelas Gratis Brain Academy Online

 

Unsur-Unsur Manajemen 

Manajemen memiliki unsur-unsur yang terdiri atas 6M, yaitu Man, Method, Machine, Material, Money, dan Market. Keenam unsur manajemen tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:

 

1. Man

Unsur manajemen yang pertama adalah man atau sumber daya manusia. Seorang manajer harus memiliki kemampuan untuk memanajemen sumber daya manusia, dalam hal ini yaitu karyawan atau anggota organisasi. Untuk dapat memanajemen sumber daya manusia dengan baik, seorang manajer harus memiliki kemampuan interpersonal yang baik pula.

 

2. Method

Unsur manajemen yang kedua adalah method atau metode. Dalam melakukan kegiatan manajemen, seseorang dapat menerapkan berbagai macam metode yang telah tersedia ataupun mencoba menciptakan metode manajemen tersendiri. Untuk menemukan metode mana yang paling cocok dengan kondisi organisasi tentunya perlu dilakukan riset terlebih dahulu. Selain itu, para manajer juga dapat melakukan trial and error untuk benar-benar tahu metode seperti apa yang paling works untuk organisasi mereka.

 

Baca juga: 20 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Dibutuhkan di Masa Depan

 

3. Machine

Unsur selanjutnya yakni machine atau mesin. Mesin yang dimaksud di sini meliputi segala macam teknologi yang digunakan oleh organisasi, mulai dari mesin berat, hingga komputer, laptop, maupun segala macam resources yang melibatkan teknologi termasuk dalam unsur machine. Seorang manajer harus mampu mengalokasikan kebutuhan mesin atau teknologi seperti apa yang cocok untuk organisasi. Jangan sampai ada mesin atau teknologi yang ujung-ujungnya tidak terpakai atau terbengkalai karena akan menimbulkan kerugian.

 

4. Material

Seiring dengan machine, unsur selanjutnya dalam manajemen adalah material, seperti bahan baku. Misalnya, manajer perusahaan konveksi untuk bagian produksi, harus bisa mengelola material yang dibutuhkan selama proses produksi, seperti kapas, benang, kain, serta bahan baku lainnya yang dibutuhkan. Manajer tersebut harus memastikan material yang digunakan cukup dan memiliki kualitas yang sesuai dengan keinginan perusahaan.

 

5. Money

Next, ada unsur yang tidak kalah krusial yaitu money alias uang. Dalam hidup, kita sebagai individu pun juga harus pandai memanajemen uang, apalagi seorang manajer perusahaan bidang keuangan. Mereka harus memastikan money flow perusahaan berjalan dengan lancar dan baik, demi keberlangsungan bisnis di masa depan.

 

6. Market

Unsur manajemen yang terakhir yaitu market atau pasar. Manajemen pasar melibatkan kegiatan riset pasar, hingga analisis dan pengelompokan data pasar sesuai kebutuhan perusahaan. Dengan melakukan manajemen pasar, perusahaan dapat memasarkan atau menjual produk mereka kepada target market yang lebih sesuai, sehingga kemungkinan terjadinya pembelian dapat lebih tinggi.

 

Fungsi Manajemen 

Selain terdiri atas berbagai unsur, manajemen juga memiliki berbagai fungsi. Fungsi-fungsi manajemen adalah sebagai berikut:

 

1.  Perencanaan

Fungsi manajemen yang pertama yakni fungsi perencanaan. Pada tahap awal kegiatan manajemen, dilakukan perencanaan untuk menentukan target yang ingin dicapai organisasi beserta langkah-langkah atau prosedur yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Proses perencanaan di awal penting untuk dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan.

 

Baca juga: 20 Jurusan Kuliah IPS dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Mana Pilihanmu?

 

2. Pengorganisasian

Fungsi manajemen selanjutnya yaitu pengorganisasian atau pengelompokan sesuai dengan kebutuhan. Pengorganisasian ini dapat diterapkan pada unsur-unsur manajemen yang ada. Misalnya, pengorganisasian sumber daya manusia (man) sesuai bidang keahliannya masing-masing atau pengorganisasian bahan baku (material) sesuai kebutuhan organisasi.

 

3. Pengarahan

Fungsi manajemen berikutnya yaitu pengarahan. Fungsi pengarahan penting untuk dilakukan agar proses pencapaian tujuan dapat dilaksanakan sesuai dengan arah yang telah direncanakan dan tidak keluar dari scope.

 

4. Pengawasan

Fungsi manajemen yang terakhir adalah fungsi pengawasan atau monitoring. Fungsi ini perlu dilakukan untuk memastikan proses pencapaian tujuan organisasi tetap keep on track dan sesuai dengan timeline yang telah direncanakan di awal.

 

Demikian pembahasan mengenai pengertian manajemen, tujuan, unsur-unsur, serta fungsi manajemen. Untuk dapat melakukan proses manajemen yang efektif, seorang manajer harus memiliki kemampuan teknikal, interpersonal, konseptual, serta kemampuan beradaptasi dengan berbagai macam kondisi organisasi yang kompleks dan sering berubah-ubah.

Jika kamu ingin kuliah di jurusan manajemen dan bekerja di bidang manajemen, kamu bisa mulai mengembangkan kemampuan-kemampuan yang diperlukan sejak sekarang. Selain itu, kamu juga bisa melakukan persiapan dengan bergabung bersama Brain Academy agar persiapanmu lebih matang!

[IDN] CTA Blog Kelas Gratis Brain Academy Online

Kenya Swawikanti