Teks Pidato: Pengertian, Struktur, Ciri, Metode dan Contoh

teks pidato

Apa sih teks pidato itu? Yuk, kita belajar bersama tentang seluk-beluk teks pidato hingga contohnya yang bisa kamu jadikan referensi!

Siapa yang di sekolahnya lagi dapet tugas bikin teks pidato? Pasti kamu lagi bingung dan bertanya-tanya kan, seperti apa sih contoh teks pidato itu? Lalu, bagaimana struktur teks pidato yang benar? Nah, biar nggak makin penasaran, langsung aja yuk, simak artikel tentang teks pidato berikut ini.

 

Pengertian Pidato

Menurut KBBI, pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Selain itu, disebutkan juga arti lain dari pidato yaitu wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. 

Jika disimpulkan, pidato merupakan aktivitas berbicara di depan umum yang dilakukan untuk menyatakan pendapat atau memberikan gambaran mengenai suatu topik. Dengan begitu, teks pidato adalah sebuah teks yang berisi gagasan, pendapat, dan pengetahuan terhadap suatu topik yang nantinya akan disampaikan di depan umum.

 

Tujuan Pidato

Pidato memiliki beberapa tujuan yang berbeda, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Informatif

Pidato yang disampaikan bertujuan untuk memberikan informasi atau pemahaman kepada audiens.

2. Sambutan

Pidato yang disampaikan bertujuan untuk menyambut atau menyapa para tamu yang hadir dalam sebuah kegiatan, contohnya pidato peresmian gedung atau pidato pembukaan suatu acara.

3. Rekreatif

Pidato yang disampaikan bertujuan untuk membuat orang lain senang dengan pidato yang disampaikan karena bersifat menghibur.

4. Persuasif 

Pidato yang disampaikan bertujuan untuk memberikan pengaruh kepada orang lain agar bersedia mengikuti kemauan yang diinginkan oleh orator atau orang yang berpidato.

Baca juga: Contoh Teks Drama beserta Unsur, Ciri, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan

 

Ciri-Ciri Teks Pidato

Teks pidato juga memiliki ciri-ciri yang perlu kamu tahu. Ciri-ciri teks pidato di antaranya yaitu:

  • Memiliki tujuan yang jelas
  • Isi materi jelas dan mudah dimengerti
  • Materi harus objektif
  • Berisi wawasan yang menarik perhatian
  • Memiliki kesimpulan

 

Struktur Teks Pidato

Lalu, seperti apa sih, struktur teks pidato itu? Yuk, simak struktur teks pidato pada penjelasan berikut ini.

1. Pembukaan

Pada bagian pembukaan, umumnya mengandung salam pembuka, sapaan kehormatan, ucapan syukur, dan pengantar mengenai isi pidato.

2. Isi

Pada bagian isi, umumnya mengandung informasi penting yang ingin disampaikan dan diselingi dengan data atau fakta pendukung agar pendengar antusias.

3. Penutup

Pada bagian penutup, umumnya mengandung kesimpulan dari pidato yang disampaikan, harapan, ucapan terima kasih, dan salam penutup.

Baca juga: Pengertian Teks Inspiratif, Ciri, Struktur, Jenis, dan Kebahasaannya

 

Metode Penyampaian Pidato

Terdapat beberapa metode atau cara yang bisa digunakan ketika menyampaikan pidato di depan umum, antara lain yaitu:

1. Impromptu

Metode impromptu adalah metode pidato yang dilakukan secara langsung atau spontan tanpa adanya persiapan terlebih dahulu.

2. Memoriter

Memoriter adalah metode berpidato dengan cara menghapalkan naskah teks pidato terlebih dahulu sebelum menyampaikannya di depan umum.

3. Naskah

Metode naskah adalah metode berpidato dengan cara membawa naskah pidato yang telah disiapkan, lalu membacakan naskah tersebut saat berpidato.

4. Ekstemporan

Ekstemporan adalah metode berpidato dengan membuat dan membawa catatan kecil yang berisi poin penting atau garis besar isi pidato. Catatan kecil ini berguna sebagai pengingat saat sedang berpidato agar tidak lupa.

 

Contoh Teks Pidato

Berikut beberapa contoh teks pidato singkat yang dapat kamu jadikan sebagai referensi. Perhatikan berikut ini, ya.

 

1. Contoh Teks Pidato tentang Manfaat Teknologi

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua siswa dan guru SMA Negeri 1 Bandung.

Yang saya hormati, Ibu Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bandung, ibu Nanan Nurhanani S.Pd. Yang saya hormati, bapak dan ibu guru beserta para staf SMA Negeri 1 Bandung, dan juga teman-teman seperjuangan saya yang saya cintai.

Puji dan syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan yang baik. 

Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato tentang manfaat teknologi. Seperti yang kita tahu, sudah banyak teknologi-teknologi canggih yang diciptakan untuk mempermudah cara hidup kita di zaman modern ini.

Dengan adanya kecanggihan teknologi, kita dapat mempersingkat waktu dan mempercepat penyelesaian kerja. Namun, tetap ada yang menerima dan meresponsnya secara negatif dengan berbagai alasan, seperti kemunculan teknologi-teknologi ini secara tidak langsung telah menyingkirkan budaya sehari-hari yang telah ada.

Hadirin sekalian, sebenarnya, banyak manfaat yang telah dan akan kita dapatkan dengan penggunaan teknologi. Sebagai contoh, kita dapat berkomunikasi dengan kerabat, meskipun lokasi kita terpaut jauh menggunakan telepon, HP, atau internet. Kita juga dapat lebih mudah menyelesaikan pekerjaan rumah, seperti mencuci baju menggunakan mesin cuci, memasak nasi menggunakan rice cooker, dan masih banyak lagi. Kita pun dapat belajar apapun dari mana saja melalui internet.

Baik dan buruknya teknologi itu tergantung dari orang yang memanfaatkannya. Saya harap kita dapat memanfaatkan teknologi sesuai dengan tujuan teknologi itu dibuat. Supaya tidak terjadi penyalahgunaan yang dapat merugikan kita maupun orang lain.

Demikian pidato ini saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Baca juga: Contoh Teks Persuasi beserta Ciri dan Strukturnya

 

2. Contoh Teks Pidato tentang Kebersihan

Selamat pagi

Bapak/Ibu yang saya hormati,

serta teman-teman yang saya sayangi.

Seperti kita tahu, lingkungan telah menjadi cerminan budaya sekolah kita. Alangkah tidak bijaknya jika lingkungan sekitar kita terkesan tidak enak dipandang dan terasa tidak nyaman.

Apalagi sekolah ini sudah menjadi rumah kedua kita semua, tempat kita singgah setiap hari untuk belajar. Lingkungan sekolah harus selalu terjaga dan memiliki suasana yang sejuk agar kita dapat lebih fokus dalam proses belajar mengajar.

Oleh karena itu, sebagai anggota keluarga besar sekolah ini, saya sangat berharap kita dapat terus menjaga kebersihan lingkungan sekolah yang kita sayangi.

Setiap kelas harus memiliki kedisiplinan tersendiri tentang pentingnya kebersihan. Seperti yang telah disebutkan, setiap siswa memiliki jadwalnya masing-masing, selalu datang lebih awal untuk membersihkan kelas terlebih dahulu agar saat pelajaran pertama dimulai, lingkungan kelas kita bersih dan nyaman. 

Perlu diingat, kita sebagai pelajar harus selalu sadar bahwa keberadaan tong sampah bukan tanpa tujuan. Mari belajar dengan patuh membuang sampah pada tempatnya agar sekolah dan kelas kita selalu bersih dan bebas dari sampah.

Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.

Saya berharap dengan tindakan kecil yang saya sebutkan tadi dapat mengingatkan kita untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Kebersihan akan berpengaruh terhadap kesehatan. Dengan demikian, kebersihan harus dijaga oleh kita.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan pesan dalam pidato singkat ini.

 

3. Contoh Teks Pidato tentang Pentingnya Kesehatan

Yang terhormat Bapak/Ibu, dan teman-teman yang saya cintai.

Pada kesempatan yang sangat baik ini, izinkan saya untuk menyampaikan pidato tentang mengenai “Pentingnya Menjaga Kesehatan Sejak Dini” agar kita sadar akan kesehatan tubuh kita.

Bapak/Ibu dan temanku sekalian, mungkin pernah mendengar pepatah yang mengatakan bahwa “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”.

Kata pepatah ini secara tidak langsung telah memberikan pemahaman kepada kita bahwa memiliki tubuh yang sehat tentu akan membuat pikiran dan jiwa kita menjadi sehat.

Ada pula slogan yang mengatakan bahwa “Kesehatan itu mahal”. Secara tidak langsung, slogan ini juga menyadarkan kita bahwa betapa mahalnya harga untuk menjadi sehat.

Bapak/Ibu dan teman-teman, coba bayangkan keadaan kita sekarang. Bukankah kita harus bersyukur karena masih diberikan napas untuk dapat menikmati hidup?

Coba bayangkan jika tiba-tiba kita terkena penyakit berat, seperti stroke atau serangan jantung. Menyeramkan, bukan?

Karena selain harus mengeluarkan biaya besar untuk mengobati penyakit tersebut, kita juga akan membuang banyak waktu karena harus dirawat di rumah sakit.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan tubuh harus menjadi satu hal yang penting untuk kita lakukan agar terhindar dari berbagai penyakit.

Bapak/Ibu dan teman-teman, jika kita dapat menjaga kesehatan sejak sedari sekarang, kita akan bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan nyaman.

Tubuh yang sehat secara tidak langsung akan membuat kita lebih berkonsentrasi dalam belajar atau  bekerja serta dapat membuat daya tangkap dan ingat kita menjadi lebih baik.

Mengapa demikian? Karena tubuh sehatlah yang memacu otak kita untuk dapat bekerja secara optimal. Menjaga kesehatan juga tidak hanya baik untuk diri kita, tetapi juga untuk masa depan bangsa kita.

Bangsa yang kuat adalah bangsa yang masyarakatnya sehat baik secara jasmani maupun secara rohani.

Namun, jika suatu bangsa masyarakatnya yang tidak sehat, apalagi rohani, masa depan bangsa tersebut akan hancur karena ulah masyarakatnya sendiri.

Bapak/Ibu dan teman-teman, sekian yang dapat saya sampaikan pada hari ini.

Semoga pesan ini berguna buat kita terutama dalam menjaga kesehatan. Terima kasih.

Demikian penjelasan lengkap mengenai teks pidato, mulai dari pengertian pidato, tujuan, ciri-ciri, struktur, metode penyampaian, hingga contoh teks pidato yang dapat digunakan sebagai referensi. Jika kamu ingin belajar materi Bahasa Indonesia lainnya, yuk gabung sekarang juga dengan Brain Academy Center!

Brain Academy Center

Referensi:

https://www.ruangguru.com/blog/mengenal-teks-pidato 

https://www.ruangguru.com/blog/contoh-teks-pidato 

https://www.gramedia.com/best-seller/pidato-singkat/ 

https://www.detik.com/sumut/berita/d-6618380/10-contoh-teks-pidato-singkat-lengkap-cocok-buat-tugas 

Kenya Swawikanti