Jurusan Pendidikan Luar Biasa: Jadi Guru bagi Anak Berkebutuhan Khusus

BA - Pendidikan Luar Biasa-1-01

Artikel ini membahas tentang mata kuliah, prospek kerja, dan kampus yang menyediakan Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB)

---

Menjadi seorang guru memang salah satu pekerjaan yang sangat mulia. Sebab, untuk bisa mengajarkan ilmu dan memberikan pendidikan yang tepat kepada siswa bukan hal yang mudah, lho. Dibutuhkan dedikasi serta kebakaran yang luar biasa tinggi bagi seorang guru untuk bisa mendidik siswa dengan baik dan benar.

Bagi kamu yang bercita-cita untuk menjadi guru dan ingin mengarahkan semangat tersebut ke arah yang lebih positif, mungkin Jurusan Pendidikan Luar Biasa bisa masuk ke dalam list pilihan kamu, nih. Selain belajar tentang pendidikan, jurusan ini juga akan mengajarkan kamu tentang psikologi serta karakteristik anak-anak dengan kebutuhan khusus. Untuk mendapatkan pemahaman lebih dalam, yuk simak penjelasannya di bawah!

Tentang Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB)

Pada dasarnya, jurusan ini diadakan untuk membentuk tenaga pengajar yang memiliki kemampuan serta keahlian untuk menangani dan mendidik anak-anak dengan kebutuhan khusus. Mahasiswa yang menempuh pendidikan di Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) akan dibekali dengan berbagai ilmu yang dapat membentuk mereka menjadi tenaga pengajar yang dapat merancang program pembelajaran serta cara komunikasi yang tepat bagi anak dengan kebutuhan khusus.

menjadi pembimbing bagi anak dengan kebutuhan khususMenjadi pembimbing bagi anak dengan kebutuhan khusus (sumber: activekids.com)

Mata Kuliah Jurusan Pendidikan Luar Biasa

Mata kuliah yang ada di jurusan ini tidak hanya mengajarkan mahasiswa tentang kebutuhan anak berkebutuhan khusus dari aspek pendidikan saja, seperti membentuk kurikulum dan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai kebutuhan. Tetapi, mahasiswa juga akan diajarkan untuk memahami tentang ruang lingkup psikologi serta perspektif anak dengan kebutuhan khusus yang tentunya berbeda-beda, sesuai dengan karakter dan kendala masing-masing siswa. Misalnya, untuk memahami perspektif serta kebutuhan anak penyandang disabilitas, kamu akan menerima mata kuliah bahasa isyarat saat kuliah nanti.

Semester 1 dan 2

  • Pendidikan Agama
  • Pendidikan Pancasila
  • Pendidikan Kewarganegaraan
  • Pengantar Ilmu Kependidikan
  • Perkembangan Peserta Didik
  • Psikologi Pendidikan
  • Sosiologi & Antropologi Pendidikan
  • Ortopedagogik
  • Ortodidaktik

Semester 3 dan 4

  • Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus
  • Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus
  • Pembelajaran Seni Anak Berkebutuhan Khusus
  • Pendidikan Anak dengan Hambatan Pendengaran
  • Huruf Braille
  • Okupasi Terapi
  • Statistika Pendidikan
  • Pendidikan Multikultural

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Biasa akan diberikan pengkhususan dan pilihan konsentrasi ketika telah menginjak semester akhir perkuliahan. Pilihan tersebut sudah pasti disesuaikan dengan minat serta ketertarikan kamu terhadap salah satu kategori anak berkebutuhan khusus. Dengan demikian, mahasiswa akan lebih paham dan mendalami karakteristik serta kebutuhan siswa dengan treatment yang berbeda.

Semester 5 dan 6

  • Metodologi Penelitian Pendidikan Khusus
  • Penilaian Pembelajaran Pendidikan Khusus
  • Bina Persepsi Bunyi dan Wicara
  • Bimbingan dan Konseling Bakat
  • Komunikasi Alternatif Anak Autis
  • Kebutuhan Psikososial Anak Berkebutuhan Khusus
  • Ortodidaktik Anak dengan Gangguan Emosi dan Perilaku
  • Ortodidaktik Anak dengan Hambatan Majemuk

Semester 7 dan 8

  • Magang
  • KKN
  • Seminar Pendidikan Khusus
  • Skripsi

Baca Juga: 20 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan di Masa Depan

belajar memahami anak dengan kebutuhan khususBelajar untuk memahami perspektif, psikologi, serta kebutuhan akademik (sumber: unitedwaypbc.org)

Kemudian, seperti kuliah pada umumnya, kamu akan menerapkan semua ilmu yang telah dipelajari selama masa kuliah dengan melakukan praktek lapangan sebagai pengajar di sekolah dengan anak berkebutuhan khusus. Apalagi untuk bisa membimbing anak dengan kebutuhan khusus, yang terpenting adalah kamu bisa menangani mereka dengan tepat secara langsung.

Baca Juga: Kuliah Jurusan PG-PAUD, Emang Beneran Gampang??

Dulu, jurusan ini dapat dikatakan masih sangat asing bagi sebagian orang. Namun kini, kehadirannya sudah mulai dilirik. Sebab, telah banyak universitas ternama yang mulai membuka Jurusan Pendidikan Luar Biasa, dan semakin ketat juga persaingan untuk bisa menjadi bagian dari mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Biasa.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Pendidikan Luar Biasa

Biasanya, mahasiswa yang telah menempuh pendidikan di jurusan Pendidikan Luar Biasa akan bekerja sebagai guru di Sekolah Luar Biasa. Tapi, tidak menutup kemungkinan juga bagi lulusan dari jurusan ini untuk bisa bekerja sebagai terapis di pusat rehabilitas atau menjadi guru pembimbing khusus di sekolah inklusif (sekolah yang menggabungkan anak berkebutuhan khusus dengan anak-anak reguler).

The-Benefits-of-Art-for-Students-with-Special-Needs-1200x624 (1)Lulusan Jurusan Pendidikan Luar Biasa menjadi terapis di pusat rehabilitas (sumber: blog.schoolspecialty.com)

Universitas yang Menyediakan Jurusan Pendidikan Luar Biasa

Untuk kamu yang tertarik untuk memilih Jurusan Pendidikan Luar Biasa, ada beberapa universitas ternama nih yang menyediakan pendidikan tersebut. Dilansir dari situs idntimes.com, ini dia daftar 7 universitas di Indonesia yang membuka Jurusan Pendidikan Luar Biasa:

1. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Peminat: 458

Daya Tampung: 42

 

2. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Peminat: 349

Daya Tampung: 51

 

3.Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Peminat: 650

Daya Tampung: 33

 

4. Universitas Negeri Malang (UM)

Peminat: 381

Daya Tampung: 49

 

5. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Peminat: 294

Daya Tampung: 45

 

6. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Peminat: 410

Daya Tampung: 29

 

7. Universitas Negeri Padang (UNP)

Peminat: 451

Daya Tampung: 105

---

Setelah membaca sekilas tentang Jurusan Pendidikan Luar Biasa, apa kamu jadi semakin tertarik untuk menjadi guru dan pembimbing bagi adik-adik dengan kebutuhan khusus? Tapi perlu diingat juga ya, mengembangkan kemampuan serta potensi mereka yang “berbeda” dengan kita bukanlah hal yang mudah. Maka, matangkan lah niat kamu agar bisa menjalani kuliah dan merintis karier di bidang ini sebaik mungkin. Selain mematangkan niat, kamu juga harus meningkatkan kemampuan akademis kamu bersama Brain Academy agar bisa diterima di jurusan Pendidikan Luar Biasa milik Perguruan Tinggi Negeri impian kamu, ya!

Paket UTBK Brain Academy

Referensi:

Mata Kuliah Pendidikan Luar Biasa [Daring]. Tautan: http://plb.fip.uny.ac.id/sites/pendidikan-luar-biasa.fip.uny.ac.id/files/Struktur%20Kurikulum%202014.pdf 

http://plb.fip.um.ac.id/kurikulum-program-studi-pendidikan-luar-biasa/ (Diakses 26 November 2021)

10 Peluang atau Prospek Kerja Pendidikan Luar Biasa dan Gajinya. renesia.com. 19 Mei 2019. [Daring]. Tautan: https://www.renesia.com/10-peluang-atau-prospek-kerja-pendidikan-luar-biasa/ (Diakses: 4 Februari 2021)

5 Hal Yang Dipelajari di Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB). meenta.net. 1 Februari 2018. [Daring]. Tautan: https://meenta.net/5-dipelajari-di-jurusan-pendidikan-luar-biasa-plb/#:~:text=Pendidikan%20luar%20biasa%20(PLB)%20merupakan,anak%20berkebutuhan%20khusus%20(ABK). (Diakses: 4 Februari 2021)

Nita Nurfitria. 7 PTN yang Membuka Jurusan Pendidikan Luar Biasa. idntimes.com. 3 Agustus 2019. [Daring]. Tautan: https://www.idntimes.com/life/education/nita-nurfitria-1/7-ptn-yang-membuka-jurusan-pendidikan-luar-biasa-exp-c1c2/7 (Diakses: 4 Februari 2021)

Sumber gambar:

Menjadi pembimbing bagi anak dengan kebutuhan khusus. activekids.com. [Daring]. Tautan: https://www.activekids.com/parenting-and-family/articles/4-benefits-of-summer-camps-for-special-needs-children (Diakses: 4 Februari 2021)

Belajar untuk memahami perspektif, psikologi, serta kebutuhan akademik. unitedwaypbc.org. [Daring]. Tautan: https://unitedwaypbc.org/special-needs-equipment-fund/ (Diakses: 4 Februari 2021)

Lulusan Jurusan Pendidikan Luar Biasa menjadi terapis di pusat rehabilitas. blog.schoolspecialty.com. [Daring]. Tautan: https://blog.schoolspecialty.com/benefits-art-students-special-needs/ (Diakses: 4 Februari 2021)

Profile

Tiara Syabanira Dewantari

Freelance writer at Brain Academy. My life consist of kucing, koyo, and K-pop.