Bahas Jurusan Kehutanan, Cocok Buat Kamu yang Suka Mengeksplor Alam

info lengkap jurusan kehutanan di indonesia

Kamu senang bermain di alam dan ingin melestarikan sumber daya yang ada di dalamnya? Kalau begitu, jurusan Kehutanan cocok untukmu.

---

Brainies, kamu tahu nggak kalau luas hutan di Indonesia mencapai 50,9% dari daratan yang kita tempati? Kementerian Lingkungan Hidup dan Kesehatan mengklaim bahwa luas lahan berhutan di Indonesia yaitu 95,6 juta hektare (ha) pada tahun 2020.

Kamu sendiri sudah pernah main ke hutan belum? Bagi yang suka mendaki gunung dan berkemah, pasti sudah tak asing lagi dengan keindahan flora dan fauna yang ada di dalamnya. Eits, jangan cuma ngeliatin bagusnya aja, sebagai manusia kita juga harus menjaga kelestarian ekosistem hutan, lho.

Nah, kalau kamu tertarik untuk mempelajari ekosistem, pelestarian, dan pemanfaatan sumber daya hutan, kamu bisa masuk ke Jurusan Kehutanan nih.

 

Apa itu Jurusan Kehutanan?

Sebelum membahas tentang jurusan, kita perlu tahu definisi Hutan itu sendiri. Menurut UU No 41 Tahun 1999 Pasal 1, Hutan merupakan kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya, yang tidak dapat dipisahkan.

Sedangkan Kehutanan adalah sistem pengurusan yang bersangkut paut dengan hutan, kawasan hutan, dan hasil hutan yang diselenggarakan secara terpadu.

Jadi, dapat disimpulkan, jurusan Kehutanan adalah ilmu yang mempelajari pelestarian kawasan hutan termasuk cara pengelolaan hasil hutan.

 

Belajar Apa di Jurusan Kehutanan?

Jurusan Kehutanan memiliki mata kuliah yang beragam. Mahasiswa tak hanya belajar seluk beluk hutan, tetapi juga ekonomi, ilmu tanah, biologi, fisika, matematika, dan ilmu sosial. Pada semester awal, kamu akan mendapatkan mata kuliah pengantar kehutanan dan ilmu dasar lainnya.

Jurusan Kehutanan juga belajar mengenai Silvikultur, yaitu teknik pembangunan hutan yang dimulai dari pembibitan, regenerasi, pembinaan , pengaturan pertumbuhan dan kesehatan hutan. Lalu, ada mata kuliah Ilmu Kayu yang membahas karakteristik macam-macam kayu sebagai hasil hutan. 

Baca juga: Jurusan Kuliah IPA dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Apa Saja?

Bukan cuma teori, pada mata kuliah Inventarisasi Hutan dan Lahan, kamu diharuskan survei langsung untuk mengetahui kondisi hutan dan masyarakat yang tinggal di dekatnya. Ngomong-ngomong soal masyarakat, ada mata kuliah Sosiologi Kehutanan yang membahas hubungan antara hutan dengan manusia dari segi ekonomi, konflik kepentingan, dan pelestarian.

Biar terbayang, aku kasih bocoran mata kuliah Jurusan Kehutanan di UGM, UNILA, UNHAS, dan UNMUL, ya. Kurang lebih seperti ini!

mata kuliah kehutanan di ugm, unila, unhas, dan unmul

 

Oh iya, di beberapa kampus, jurusan Kehutanan dibagi menjadi 4 peminatan yang dapat dipilih berdasarkan kuota dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa. Contohnya Jurusan Kehutanan Universitas Gadjah Mada mempunyai peminatan, yaitu:

  • Manajemen Sumber Daya Hutan

  • Silvikultur

  • Teknologi Hasil Hutan

  • Konservasi Sumber Daya Hutan

Bicara soal hasil hutan, kamu juga dibekali dengan mata kuliah Ekonomi Sumber Daya HutanEkowisata, dan Pemanenan Hasil Hutan. Diharapkan setelah lulus, mahasiswa bisa berwirausaha di bidang mebel atau pariwisata.

Jurusan Kehutanan ditempuh selama 4 tahun dengan 144 SKS. Gelar yang diperoleh yaitu S.Hut. Gimana? Kamu tertarik nggak masuk ke jurusan ini?

 

Pilihan Profesi untuk Sarjana Kehutanan

Mempunyai pengetahuan tentang alam, skill berwirausaha yang baik, tangguh, berani, dan empati tinggi, membuat lulusan Kehutanan cocok untuk bekerja di bidang berikut:

 

1. Ahli Konservasi Hutan

Sebagai ahli konservasi hutan kamu bertugas untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan hutan, membantu ilmuwan untuk meneliti, dan memberi bantuan berupa konservasi sumber daya yang ada pada hutan. Gaji ahli konservasi hutan berkisar di angka 5 juta rupiah per bulan.

 

2. Auditor VLK

Siapa sangka Sarjana Kehutanan bisa menjadi auditor? Kamu akan menyandang titel Auditor Verifikasi Legalitas Kayu yang bertanggungjawab untuk mengurangi pembalakan liar dan meningkatkan daya saing produk hasil hutan. Gaji auditor VLK berkisar di angka 7-8 juta per bulan.

 

3. Pegawai Negeri Sipil

Prospek kerja Sarjana Kehutanan selanjutnya yaitu sebagai PNS. Ada bermacam-macam profesi yang bisa kamu coba. Diantaranya Polisi Hutan (Polhut). staf Kementerian Lingkungan Hidup, atau dosen. Gaji PNS Kehutanan tergantung jabatan dan pengalaman kamu selama bekerja.

4. Wirausaha

Buat yang berjiwa entrepreneur, nggak ada salahnya lho membuka lapangan kerja sendiri. Kamu bisa merintis usaha mebel dari kayu, kerajinan tangan, atau membuka tempat wisata. Selain memanfaatkan hasil hutan, kamu juga turut membantu perekonomian warga di sekitar.

Disamping 4 pekerjaan di atas, lulusan Kehutanan dapat berkarir  di industri pertambangan, kelapa sawit, hingga perusahaan swasta seperti bank. Jadi, nggak usah takut susah dapat kerja, ya!

 

Jurusan Kehutanan Terbaik di Indonesia

Makin yakin kuliah di jurusan ini? Berikut daftar universitas dengan jurusan Kehutanan terakreditasi A, beserta daya tampung, jumlah peminat, dan biaya kuliah per semester:

 

1. Universitas Gadjah Mada

Peminat: 980

Daya Tampung: 76

Biaya kuliah: 500.000 - 11.500.000 sesuai golongan UKT.

 

2. Universitas Lampung

Peminat: 257

Daya Tampung: 94

Biaya kuliah:  500.000 - 7.650.000 sesuai golongan UKT.

 

3. Universitas Hasanuddin

Peminat: 801

Daya Tampung: 150

Biaya kuliah: 500.000 - 4.000.000 sesuai golongan UKT.

 

4. Universitas Mulawarman

Peminat: 276

Daya Tampung: 164

Biaya kuliah: 500.000 - 8.000.000 sesuai golongan UKT.

 

5. Universitas Riau

Peminat: 436

Daya Tampung: 49

Biaya kuliah: 500.000 - 5.300.000 sesuai golongan UKT.

 

6. Universitas Brawijaya

Peminat: 456

Daya Tampung: 30

Biaya kuliah: 500.000 - 6.500.000

 

7. Universitas Sumatera Utara

Peminat: 1.209

Daya Tampung: 94

Biaya kuliah: 500.000 - 6.000.000

---

Sudah siap mendaftar ke jurusan dan kampus favorit? Tingkatkan pemahamanmu dengan ribuan soal, tryout berkala, klinik PR, live teaching bersama STAR Master Teacher terbaik, serta konsultasi jurusan dengan psikolog di Brain Academy. Bisa coba gratis dulu kok!

Brain Academy Center

Referensi:

Definisi Hutan [Daring]. Tautan: http://www.bphn.go.id/data/documents/99uu041.pdf

Mata Kuliah Jurusan Kehutanan UGM [Daring]. Tautan: https://fkt.ugm.ac.id/id/kurikulum-dan-silabus/

Mata Kuliah Jurusan Kehutanan UNILA [Daring]. Tautan: https://hutan.fp.unila.ac.id/tri-dharma-perguruan-tinggi/pendidikan/

Mata Kuliah Jurusan Kehutanan UNHAS [Daring]. Tautan: https://forestry.unhas.ac.id/kurikulum-program-sarjana-kehutanan-s1-2018/

Mata Kuliah Jurusan Kehutanan UNMUL [Daring]. Tautan: https://fahutan.unmul.ac.id/kurikulum

Luas Hutan di Indonesia Tahun 2020 [Daring]. Tautan: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/07/berapa-luas-lahan-berhutan-indonesia-pada-2020 

(diakses 22-24 Agustus 2022)

 

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!