Tips Belajar Menghadapi PTS, Dijamin Sukses!

Salsabila Nanda Sep 9, 2021 • 4 min read


Tips Belajar Menghadapi Penilaian Tengah Semester

Penilaian Tengah Semester (PTS) sudah di depan mata nih. Persiapkan diri kamu dengan 5 tips belajar berikut ini supaya memperoleh nilai yang bagus.

---

Wah, nggak kerasa kita sudah memasuki pertengahan semester. Gimana kabar kamu? Masih belajar di rumah atau kembali ke sekolah? Apapun itu, tetap patuhi protokol kesehatan ya, karena sebentar lagi kita akan menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS).

Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), mungkin kamu mengalami kesulitan dalam memahami konsep pelajaran. Tenang, 5 tips berikut bantu kamu untuk menghadapi soal PTS nanti. Yuk, disimak!

1. Buat rencana belajar

Rencana belajar adalah daftar materi yang harus kamu pelajari selama 2 minggu menjelang PTS. Rencana ini dibuat supaya kamu dapat menguasai konsep pelajaran secara teratur dan menghindari Sistem Kebut Semalam. Tentukan skala prioritas mapel, mulai dari yang sulit, sedang, sampai mudah. Gimana cara buatnya? Kamu bisa mendapatkan rencana belajar di fitur playlist belajar aplikasi Ruangguru atau membuatnya sendiri di buku catatan.

2. Perbanyak latihan soal dan diskusi

Rumus dan catatan belum cukup untuk memperoleh hasil yang maksimal. Luangkan waktu untuk berlatih soal sebanyak-banyaknya. Mulailah dari soal yang mudah, sedang, sampai rumit. Dengan begini, kamu lebih siap jika menghadapi tipe soal yang berbeda.

Baca Juga: Trik Belajar untuk Anak IPA dan IPS, Wajib Dicoba!

Selain itu, diskusi juga membantu kamu untuk memahami konsep yang sulit dimengerti. Terkadang, penjelasan teman lebih mudah dipahami karena disampaikan dengan bahasa sehari-hari. Jangan pelit-pelit sharing ilmu ya, Brainies!

3. Batasi penggunaan smartphone

Hp memang bikin gagal fokus, dikit-dikit ada notif. Biar nggak ganggu waktu belajar, kamu bisa mengurangi pemakaian gadget selama masa PTS. Kalau perlu, nonaktifkan akun media sosial agar konsentrasi kamu tidak terpecah. Minta bantuan orang tua untuk menyimpan ponsel di tempat yang sulit dijangkau. Tenang, kamu tetap bisa mengakses video belajar dan  Brain Academy dengan aplikasi Ruangguru for Desktop.

4. Atur suasana belajar yang nyaman

Tips selanjutnya yaitu membuat suasana belajar yang nyaman dan damai hehe. Kenapa damai? Supaya kamu bebas dari gangguan selama PTS berlangsung. Sampaikan ke orangtua, kakak, dan adik, bahwa kamu butuh waktu untuk fokus. Pasang aromaterapi, siapkan stabilo warna-warni, dan gunakan alas duduk yang empuk supaya badan kamu nggak sakit karena kelamaan belajar.

5. Tentukan durasi belajar

Kelamaan belajar bisa bikin burnout alias stress. Nggak mau, kan, hal ini terjadi sama kamu? Cukup belajar 2-3 jam dalam sehari. Usahakan belajar di waktu pagi, agar otak lebih optimal dalam menyerap informasi. Malam hari bisa kamu gunakan untuk berlatih soal atau merapikan catatan. Semangat!

6. Jaga kesehatan fisik dan mental

Virus dan bakteri ada di mana-mana. Jangan sampai kamu tumbang sebelum PTS datang. Konsumsi multivitamin, makan makanan bergizi, dan tidur 8 jam sehari. Kesehatan mentalmu juga perlu diperhatikan nih, kurang-kurangin julid di media sosial, percaya pada kemampuan diri sendiri, dan sebarkan energi positif untuk orang-orang di sekeliling.

Baca Juga: Self Acceptance, Cara Ampuh Terhindar dari Insecure

7. Ikut live teaching Brain Academy Online

Nah, ini yang ditunggu-tunggu. Kamu bisa ikutan live teaching gratis di Brain Academy Online. Setiap hari, banyak pilihan kelas dari jenjang SD hingga SMA. Materinya disampaikan oleh STAR Master Teacher lulusan universitas ternama loh. Bebas tanya jawab, diskusi, dan yang terpenting rekaman kelasnya bisa ditonton ulang. Auto cepat paham!

---

Itu dia 7 tips belajar menghadapi Penilaian Tengah Semester. Semoga bisa membantu kamu memperoleh hasil terbaik meskipun harus ujian di tengah pandemi. Good luck, Brainies!

Live Teaching Brain Academy Online

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!

Beri Komentar