Kutub Utara dan Kutub Selatan, Apa Bedanya?

Kak Ali MT Soshum Des 31, 2021 • 6 min read


Apa bedanya Kutub Utara dan Kutub Selatan?

Kutub Utara dan Kutub Selatan bedanya apa, ya? Simak pembahasannya sampai akhir untuk cari tahu jawabannya!

--

Kamu pasti udah familiar sama Kutub Utara dan Kutub Selatan, kan? Ituloh, suatu tempat di ujung utara dan selatan bumi yang dinginnya ngalahin gerobak abang es puter. Brrr.

Eits, tapi jangan salah, ya. Kutub Utara dan Kutub Selatan itu bukan layaknya kembar siam yang serba mirip, loh. Malah, sebenarnya mereka memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Yuk, kita bahas bareng apa aja perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan! Let’s go~

Baca juga: Fakta Menarik Awan: Asal Mula, Bentuk, Klasifikasi dan Arah Gerak

 

Kutub Utara dan Kutub Selatan

Kutub Utara adalah titik paling utara bumi. Kebalikannya, Kutub Selatan adalah titik paling selatan bumi. Jadi selain sama-sama dingin, kedua kutub ini letaknya sama-sama di titik ujung bumi, yakni di utara dan selatan. 

Oh iya, daerah di sekitar Kutub Utara dan Kutub Selatan ini punya nama panggilan juga, loh. Kamu pasti pernah dengar kan, Arktika dan Antartika? Nah, Kutub Utara disebut juga sebagai Arktika, sedangkan Kutub Selatan disebut juga sebagai Antartika. Penamaan ini ada asal-usulnya, loh.

Arktika berasal dari kata arktos yang dalam bahasa Yunani artinya “beruang”. Ini karena konstelasi beruang besar atau ursa major yang selalu terlihat di langit daerah Kutub Utara. Sedangkan Antartika artinya adalah “tidak ada beruang”. Ini diambil dari kata yang sama, hanya saja ditambahkan kata anti yang artinya berlawanan, makanya jadinya Antartika, deh.

Apa Itu Kutub Utara dan Kutub Selatan?

Perbedaan Temperatur Kutub Utara dan Kutub Selatan

Kamu tahu, nggak? Kutub Selatan itu lebih dingin dibanding Kutub Utara, loh. Kira-kira kenapa, ya? Padahal kan letaknya sama-sama di ujung bumi. Bedanya yang satu di ujung utara, satunya lagi di ujung selatan.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu melihat dari letak geografisnya, nih. Kamu pasti pernah dengar Benua Antartika, kan? Kalo Benua Arktika, gimana? Pasti kamu nggak pernah denger, deh. Karena memang nggak ada itu Benua Arktika, ehe.

Sesuai namanya, yakni Benua Antartika, sebenarnya Kutub Selatan adalah sebuah benua, loh. Karena memang pada dasarnya, Kutub Selatan adalah sebuah daratan yang di atasnya terdapat lapisan es yang tebal. Karena merupakan sebuah benua, Kutub Selatan juga memiliki gunung, lembah, dan danau.

Berbeda halnya dengan Kutub Utara atau Arktika. Kutub Utara hanyalah sebagian laut yang membeku menjadi es. Jadi di bawah es tersebut tidak ada daratan, ya. Karena pada dasarnya Kutub Utara adalah lautan yang membeku.

Pembeda utama dari kedua kutub ini adalah letak geografisnya, ya. Kutub Utara atau Arktika adalah lautan yang dikelilingi oleh daratan. Sedangkan Kutub Selatan atau Antartika adalah sebuah benua yang dikelilingi oleh lautan.

“Ohh oke paham. Terus kalo gitu yang menyebabkan Kutub Selatan lebih dingin dari Kutub Utara apa jadinya dong Kak Aliku?”

Oke gini, masih ingat kan tadi aku bilang ini berhubungan sama letak geografisnya? Nah, yang menyebabkan Kutub Utara tidak sedingin Kutub Selatan adalah karena letaknya yang berada di tengah Samudra Arktik.

Karena hanya berupa bongkahan es di tengah laut, es yang berada di Kutub Utara lebih mudah mencair, loh. Ini karena Samudra Arktik bertindak sebagai penyimpan panas yang efektif. Samudra Arktik menghangatkan atmosfer Kutub Utara di musim dingin, dan menyerap panas dari atmosfer sewaktu musim panas.

Kutub Selatan juga lebih dingin dari Kutub Utara dikarenakan oleh topografi atau permukaannya, nih. Benua Antartika merupakan benua tertinggi di dunia. Ini menyebabkan es yang berada di atas daratan terletak jauh di atas permukaan laut sekitarnya, makanya lebih dingin di Kutub Selatan, nih.

Perbedaan Kutub Utara dan Kutub SelatanBaca juga: Perbedaan Garam Himalaya dengan Garam Dapur: Serupa Tapi Tak Sama

 

Kehidupan di Kutub Utara vs di Kutub Selatan

Sampai di sini, berarti kamu sudah paham perbedaan utama dari kedua kutub, ya. Tapi masih ada pembeda lain loh antara keduanya. Perbedaan ini bisa dilihat dengan jelas pada kehidupan yang ada di masing-masing kutub.

Kamu masih ingat, kan? Di awal tadi aku bilang kata Arktika berasal dari bahasa Yunani yang artinya beruang. Nah, ini juga kebetulan sesuai sama binatang yang ada di kutubnya, loh. Walaupun namanya beruang kutub, beruang ini hanya hidup di Kutub Utara, loh. Di Kutub Utara juga banyak mamalia darat lainnya seperti serigala, karibu, dan lain-lain. Sedangkan hewan yang hidup di Kutub Selatan salah satunya adalah penguin

Kehidupan manusia di sekitar kedua kutub ini juga berbeda, loh. Di sekitar Kutub Utara, masih terdapat beberapa penduduk yang tinggal di negara-negara seperti Kanada dan Greenland. Tapi bukan berarti mereka tinggal langsung di atas bongkahan es Kutub Utara, ya. Mereka hanya tinggal di sekitar daerah tersebut, karena negara mereka masuk di dalam daerah Kutub Utara.

Lain halnya di Kutub Selatan, tidak ada manusia yang menetap di Antartika. Ini tentunya dipengaruhi oleh temperatur udara yang ekstrim. Dalam setahun, rata-rata temperatur di Kutub Selatan pada musim dingin mencapai -60 derajat celsius, sedangkan Kutub Utara hanya mencapai -28 derajat celsius.

Kehidupan di Kutub Utara dan KutubSelatan

Jadi, gimana? Udah paham kan, apa bedanya Kutub Utara sama Kutub Selatan? Mulai sekarang jadi keduanya jangan dianggap sama lagi, yaa. Ehehe.

Kamu ada pertanyaan lain seputar topik yang asik dibahas, nggak? Kalo ada, boleh langsung komen di bawah aja, yaa. Nanti kalo ada yang menarik kita bahas bareng lagi di artikelnya berikutnya, xixixi. Sampai jumpa di bahasan berikutnya, ya! Dadah~

CTA Blog Brain Academy Brainies Bertanya

Referensi

Eavers, J. ‘North Pole’, 21 Januari 2011 [daring]. Diakses pada: https://www.nationalgeographic.org/encyclopedia/north-pole/ (28 Desember 2021)

Bindschadler, R. ‘Why is the South Pole colder than the North Pole?’, 27 Juni 2005 [daring]. Diakses pada: https://www.scientificamerican.com/article/why-is-the-south-pole-col/ (28 Desember 2021)

Viktor, R.K. ‘What Are The Origins Of The Names Arctic And Antartica?’, 24 April 2018 [daring]. Diakses pada: https://www.worldatlas.com/articles/what-are-the-origins-of-the-names-arctic-and-antarctica.html (29 Desember 2021)

Ask NASA Climate. ‘Arctic and Antarctic Sea Ice: How Are They Different?’, 10 April 2019 [daring]. Diakses pada: https://climate.nasa.gov/ask-nasa-climate/2861/arctic-and-antarctic-sea-ice-how-are-they-different/ (29 Desember 202

Profile

Kak Ali MT Soshum

Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Jakarta. Hobi berkebun, menulis, dan membaca (yang fiksi aja tapi hehe). Suka ngajar dan ngelatih juga. Pelatih Paskibra favoritmu.

Beri Komentar