Tips Meningkatkan Semangat Belajar: Nonton Video Kucing!

02022021_Tips_Meningkatkan_Semangat_Belajar_Content_Blog_820x410_Draft1Artikel ini membahas tentang manfaat positif yang diperoleh dari menonton video kucing

--

Yup! Kamu tidak salah baca. Sesuai dengan yang kamu lihat di judul, menonton video kucing dapat meningkatkan semangat kamu lho! Ketika kamu sedang merasa penat karena tugas yang ‘tak kunjung selesai, atau telah belajar seharian tapi tidak juga paham dengan materi tertentu, coba deh luangkan sedikit waktu untuk healing dengan menonton video kucing di internet.

Mungkin diantara teman-teman ada yang suka mengisi waktu luangnya dengan menonton keluarga kucing CreamHeroes di YouTube? Saat kamu menonton episode di mana Lulu si kucing dimandikan, kamu pasti tertawa ‘kan melihat gelagat panik Lulu. Wah, jahat juga sih tertawa di atas penderitaan kucing. Tapi sadarkah kamu bahwa saat kamu menertawakan Lulu, tubuh kamu akan memompa energi dan emosi positif dan menekan perasaan negatif.

maxresdefault (1)-Jan-28-2021-09-52-49-25-AMMenonton tingkah lucu kucing bisa naikin mood (sumber: youtube.com)

Bisa dibilang, menonton video kucing serupa dengan melakukan terapi, namun lebih simpel, mudah, dan murah pastinya. Memang terkesan seperti kegiatan yang sepele. Tapi siapa sangka? Kegiatan sepele ini dapat memberikan banyak efek positif terhadap mood serta kesehatan kita!

Baca juga: 5 Penyebab Munculnya Rasa Bosan Dalam Belajar

Masih tidak percaya? Hal ini sudah dibuktikan lho oleh seorang peneliti bernama Jessica Gall Myrick dari Indiana University. Melalui survei yang dilakukannya, Myrick berhasil menemukan bahwa hanya dengan menonton video kucing di internet, manusia dapat merasa jauh lebih positif dan energetic dari sebelumnya. Tidak cukup sampai disitu, ternyata dengan menonton video kucing di internet juga dapat menstabilkan mood dan meredakan emosi negatif seseorang - termasuk kesedihan, anxiety, dan rasa kesal.

Adapun sebuah studi dari Hiroshima University, Jepang, yang menguatkan argumen milik Myrick dengan membuktikan bahwa melihat gambar bayi binatang yang menggemaskan tidak hanya memberikan rasa bahagia, tetapi juga dapat membantu meningkatkan kualitas dalam melakukan pekerjaan yang membutuhkan tingkat ketelitian serta fokus yang tinggi. 

Baca juga: 5 Tips Lawan Rasa Malas Belajar Selama di Rumah Aja

Hasil survey yang dilakukan oleh Myrick juga menunjukkan bahwa ternyata rata-rata manusia menonton video kucing saat mereka sedang melakukan aktivitas penting, seperti saat mereka sedang bekerja atau belajar. Yaaa.. ini sih bisa dibilang sebuah bentuk procrastination atau menunda-nunda pekerjaan, hehehe. Tapi tidak apa-apa, sebab terbukti lho kalau setelah ‘penundaan’ tersebut, kamu bisa jadi lebih semangat dan fokus dalam mengerjakan tugas yang harus kamu selesaikan selanjutnya. Asal jangan sampai bablas dan keenakan menunda ya, bisa numpuk deh nanti kerjaan!

maxresdefault-Jan-28-2021-09-52-50-71-AMMemandangi foto bayi binatang dapat meningkatkan fokus (sumber: youtube.com)

Video kucing sendiri ternyata menjadi salah satu video paling populer di internet, khususnya di YouTube. Setidaknya ada 2 juta video kucing yang diunggah ke YouTube pada tahun 2014 dan memiliki views sebesar 26 miliar! Bahkan, video kucing ternyata mendapatkan jumlah views lebih banyak dari video lain yang ada di YouTube! Wow! Siapa sangka, ternyata banyak dari kita yang senang melihat tingkah aneh dan random kucing ya.

Nah, kalau sudah merasa sangat fresh dan termotivasi setelah menonton video kucing, segera lanjutkan belajarnya dan kerjakan tugas yang harus segera diselesaikan ya teman-teman. Agar belajar kamu juga semakin berkualitas, ayo segera daftarkan diri kamu untuk ikut bimbel di Brain Academy, satu-satunya bimbel yang menawarkan kombinasi antara bimbel online dengan offline!

BA online

Referensi:

Elizabeth Palermo. livescience.com. 18 Juni 2015. [Daring]. Tautan: https://www.livescience.com/51257-watching-cat-videos-good-for-health.html (Diakses: 28 Desember 2020)

Megan Gannon. livescience.com. 27 September 2012. [Daring]. Tautan: https://www.livescience.com/23515-cute-animal-images-boost-work-performance.html (Diakses: 28 Desember 2020)

Utami Widowati. Manfaat Sehat Menonton Video Aktivitas Kucing. cnnindonesia.com. 21 Juni 2015. [Daring]. Tautan: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150620082951-255-61252/manfaat-sehat-menonton-video-aktivitas-kucing (Diakses: 28 Desember 2020)

Sumber Gambar:

Lulu CreamHeroes dimandikan (sumber: youtube.com). [Daring]. Tautan: https://www.youtube.com/watch?v=m08K2l6ANVc&ab_channel=%ED%81%AC%EB%A6%BC%ED%9E%88%EC%96%B4%EB%A1%9C%EC%A6%88 (Diakses: 28 Desember 2020)

Gambar bayi binatang dapat meningkatkan fokus (sumber: youtube.com). [Daring]. Tautan: https://i.ytimg.com/vi/xFNDNfeffEc/maxresdefault.jpg (Diakses: 28 Desember 2020)

Profile

Tiara Syabanira Dewantari

Beri Komentar